7 Cara Menggunakan Whatsapp Business Sebagai Jalur Komunikasi Bisnis Online

Aplikasi WhatsApp Business untuk Jalur Komunikasi Bisnis Online Anda

Miliaran pengguna ponsel di seluruh dunia mengobrol dengan aplikasi messenger. Bahkan, dalam dua tahun terakhir jumlah pengguna WhatsApp hampir dua kali lipat dari tahun sebelumnya.

Selain itu, siapa pun yang menggunakan WhatsApp biasanya akan menggunakannya setiap hari dengan intensitas waktu yang cukup besar.

Terlebih lagi, saat ini tidak hanya remaja saja yang menggunakan layanan ini. Namun, aplikasi ini juga telah digunakan oleh semua generasi.

Bagi kebanyakan pengguna, WhatsApp adalah sebuah pusat komunikasi karena dapat menghubungkan mereka dengan orang-orang yang ada di sekitar mereka seperti keluarga dan teman-teman.

Banyaknya pengguna WhatsApp tentu bisa menjadi peluang tersendiri bagi pegiat bisnis online. Jika Anda belum mengetahui bagaimana cara memaksimalkan penggunaan WhatsApp untuk bisnis online, Anda dapat menyimak artikel ini.

Berikut kami berikan beberapa tips untuk menggunakannya sebagai jalur komunikasi bisnis.

1. Gunakan WhatsApp Business

Aplikasi whatsapp business untuk para pebisnis dalam berinteraksi dengan pelanggannya
Aplikasi whatsapp business untuk pengguna android, IOS akan segera menyusul

Saat ini aplikasi WhatsApp memiliki dua versi. Pertama adalah WhatsApp Messenger dan yang kedua yaitu WhatsApp Business.

Anda dapat menggunakan WhatsApp versi bisnis sebagai jalur komunikasi online. Untuk mendapatkan aplikasinya, Anda bisa mengunduhnya melalui PlayStore.

WhatsApp versi bisnis sangat pas sekali untuk Anda gunakan dalam mempromosikan produk Anda dan berkomunikasi dengan pelanggan.

Hal ini karena WhatsApp versi bisnis memiliki banyak fitur-fitur yang akan membantu Anda untuk memasarkan produk. Tentunya fitur tersebut tidak akan ada pada WhatsApp versi satunya.

Fitur-fitur yang ada pada WhatsApp versi bisnis diantaranya adalah profil bisnis dan pesan otomatis. Hal yang perlu Anda perhatikan adalah tentang nama bisnis Anda.

Hal ini karena nama tersebut bersifat permanen atau tidak bisa diganti. Jadi, pikirkanlah baik-baik terlebih dahulu sebelum menuliskan namanya.

2. Gunakan fitur profil bisnis pada WhatsApp Business

Tampilkan profil bisnis anda di aplikasi WhatsApp Business
Website milik anda bisa tampil di profil WA

Profil bisnis sangat baik untuk branding bisnis Anda karena orang akan melihatnya secara langsung ketika membuka profil Anda.

Anda bisa mengisikan beberapa data mengenai bisnis Anda pada bagian profil bisnis ini. Data-data tersebut seperti nama bisnis, alamat bisnis, deskripsi bisnis, email bisnis, URL bisnis, dan lain-lain.

3. Gunakan fitur pesan otomatis pada WhatsApp Bussines

Kirim pesan otomatis kepada pelanggan melalui whatsapp business
Anda bisa kirim pesan otomatis kepada pelanggan

Anda bisa menggunakan fitur pesan otomatis untuk mengirim pesan secara langsung kepada pelanggan. Fitur ini tentunya akan sangat berguna ketika Anda sedang nonaktif atau toko Anda sedang tutup.

Dengan mengirimkan pesan otomatis, pelanggan akan merasa jika Anda penjual yang profesional karena merespon pesan dengan cepat.

Jenis-jenis pesan yang ada pada fitur pesan otomatis adalah Away Message, Quick Replies, dan Greeting Message. Away Messages dapat Anda gunakan ketika Anda sedang tidak aktif pada WhatsApp.

Baca juga : 7 Daftar Peluang Usaha dengan Modal Kecil

Fitur ini akan sangat berguna ketika ada orang yang mengirim pesan di luar jam kerja atau sedang libur. Sedangkan Quick Replies berfungsi seperti sebuah shortcut.

Jadi, ketika pembeli mengetikkan angka 1 atau 2 yang ada pada template, maka pesan akan terkirim sesuai angka yang diketik.

Yang terakhir, Greeting Messages berfungsi untuk mengirimkan template pesan otomatis kepada pelanggan ketika mereka pertama kali menghubungi Anda.

4. Membuat grup pada WhatsApp

Membuat grup wa khusus berjualan
Menjaga loyalitas pelanggan melalui grup whatsapp

Tentunya Anda sudah mengetahui jika WhatsApp juga memiliki fitur grup. Sama seperti beberapa layanan messanger lainnya. Anda bisa membuatkan konsumen atau pelanggan Anda sebuah grup untuk berkumpul.

Di dalam grup tersebut, Anda bisa memasukan berbagai informasi terbaru mengenai produk Anda dan promo-promo diskon. Selain itu, berikan juga mereka tips-tips dan informasi menarik yang berhubungan dengan produk Anda.

Pengelolaan grup yang baik seperti itu tentunya akan mampu membuat para pelanggan Anda betah dan nyaman. Mereka juga tak akan segan untuk menjadi pelanggan setia Anda.

5. Perluas jaringan pertemanan Anda melalui WhatsApp Business

Perluas jaringan pertemanan melalui aplikasi whatsapp business
Banyak teman, banyak rezeki!

Anda bisa melakukan kegiatan soft selling melalui WhatsApp. Caranya adalah dengan menambahkan teman-teman baru ke dalam kontak WhatsApp pribadi Anda.

Hal ini mungkin terdengar sepele. Namun, yang perlu Anda ketahui adalah jaringan pertemanan sangat vital perannya dalam bisnis online.

Baca juga : 7 Cara Mecegah Diri dari Penipuan Belanja Online

Jaringan pertemanan yang baik tentunya akan mampu meningkatkan penjualan bisnis online Anda secara signifikan.

Anda bisa menambahkan beberapa kontak baru ke dalam WhatsApp Anda dengan bertanya secara manual, minta kontaknya pada teman, maupun melalui grup.

6. Manfaatkan foto profil dan status WhatsApp dengan maksimal

Buatlah status dan profil whatsapp yang menjual dan profesional
Bikin foto profil WA yang menjual dan terlihat profesional

Anda bisa menggunakan foto profil dan Anda sebagai media promosi. Caranya adalah dengan memperbarui foto profil Anda dengan gambar produk-produk yang Anda jual.

Namun Anda juga perlu ingat jika beberapa orang mungkin merasa tidak nyaman jika kontaknya berisi seseorang yang menggunakan WhatsApp untuk berbisnis.

Jadi, sebaiknya Anda jangan hanya memasang gambar produk yang Anda jual secara langsung. Namun, mungkin Anda bisa memasang gambar Anda yang sedang membawa produk tersebut atau menggunakan model untuk mengenakan produk yang Anda jual.

7. Pemasaran menggunakan WhatsApp

Pemasaran efektif menggunakan aplikasi whatsapp business
Jadikan layanan WhatsApp Business sebagai media markom

Anda bisa menggunakan WhatsApp sebagai satu-satunya media komunikasi untuk berbisnis. Dengan begitu, Anda telah mengerucutkan pilihan para konsumen.

Selain itu, dengan hanya menggunakan WhatsApp, Anda juga bisa mengoptimalkan seluruh chat yang masuk dengan follow up berkelanjutan.

Hal ini tentunya akan mampu mendatangkan lebih banyak pelanggan karena Anda telah memfokuskan jalur komunikasi bisnis Anda pada satu platform.

Baca juga : 7 Alasan Kenapa Hampir Setiap Bisnis Pertama Itu Selalu Gagal

Saat ini, hampir tidak ada orang yang belum menginstal WhatsApp pada ponsel mereka dan menggunakannya untuk mengirim pesan.Anda dapat mengirim pesan jenis apa pun melalui WhatsApp tanpa batas waktu.

Tak heran banyak sekali pengguna WhatsApp di seluruh penjuru dunia. Setelah membaca tips-tips di atas, sekarang pilihan ada di tangan Anda.

Apakah Anda akan mencoba untuk menggunakan WhatsApp sebagai salah satu jalur komunikasi baru bisnis online Anda, atau tetap hanya menggunakan platform yang sebelumnya saja.

Namun, mencoba sesuatu yang baru adalah inovasi yang bagus, bukan?

About The Author

Gabung Bersama +30.000 Pembaca Kami!

Daftarkan email anda untuk mendapatkan artikel terbaru dari Situstarget.com.

Proses pendaftaran hampir selesai, mohon cek email Anda dan Klik tombol konfirmasi.

Pin It on Pinterest

Share This