7 Daftar Peluang Usaha dengan Modal Kecil

Ingin Punya Usaha Sendiri? Berikut Ini 7 Daftar Peluang Usaha dengan Modal yang Tidak Besar

Bicara tentang bisnis, kebanyakan orang mungkin akan langsung berpikir bahwa bisnis hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang memiliki banyak uang.

Padahal, ada banyak peluang usaha yang tidak membutuhkan modal besar, bahkan beberapa di antaranya bisa langsung dilakukan di rumah.

Modal sebenarnya bukanlah penentu utama kesuksesan dalam berbisnis. Tak peduli apapun jenis bisnisnya dan seberapa besar modalnya, kerja keraslah yang nantinya akan menentukan apakah bisnis tersebut bisa lebih maju dan berkembang. Mental seperti ini sangat diperlukan jika anda berniat untuk menjadi seorang pengusaha.

Lalu bisnis apa saja yang bisa dijalankan tanpa banyak modal? Ini dia 7 jenis usaha yang bisa Anda coba. Jika ini adalah usaha pertama anda, berhati-hatilah karena hampir setiap bisnis pertama itu selalu gagal lho.

1. Peluang Usaha Bisa Dimulai dari Menawarkan Jajanan Kekinian

Peluang usaha berjualan seblak kekinian
Cobalah berjualan makanan yang kekinian seperti seblak ini via dapurkobe

Peluang bisnis pertama adalah berjualan jajanan kekinian. Seperti yang Anda ketahui, saat ini kue atau minuman sederhana bisa disulap menjadi makanan spesial yang terlihat menarik dan berkelas.

Peminat jenis kuliner inipun terbilang cukup banyak, termasuk anak-anak muda yang suka eksis di media sosial dengan cara mengunggah foto makanan.

Ada banyak jenis makanan dan minuman yang bisa dijual, yang terpenting adalah mampu melihat pasar dan tahu tentang hal-hal yang sedang jadi tren di masyarakat.

Baca juga : Business Model Canvas untuk Penggiat Startup Indonesia

Jajanan kekinian yang bisa dijual misalnya seblak, kentang goreng, thai tea, martabak manis berbagai rasa, atau makanan dari luar negeri seperti takoyaki dan tteokbokki.

Untuk teknis penjualannya, Anda bisa membuka outlet di tempat-tempat tertentu atau membuka stand khusus di berbagai acara, misalnya pameran dan car free day.

Bila memiliki modal tipis, maka produk bisa dijual secara online dengan memanfaatkan media sosial. Promosikan usaha anda juga dengan mention ke para pengguna medsos yang menggunakan hashtag #MakanSiang.

2. Peluang Usaha dari Berjualan Katering Kue dan Masakan

Anda bisa memulai usaha dari peluang usaha berjualan kue cubit yang manis dan enak ini
Si kecil yang manis dan lembut via happykarnivor.blogspot.co.id

Punya kemampuan memasak atau membuat kue? Sebaiknya manfaatkan saja untuk membuka katering dan menerima pesanan makanan.

Usaha ini tidak butuh tempat khusus seperti kedai atau warung dan cukup memanfaatkan dapur pribadi Anda. Namun Anda harus rajin melakukan promosi agar usaha ini bisa dikenal oleh banyak orang.

Untuk langkah awal, bisa gunakan promosi dari mulut ke mulut lewat tetangga terdekat. Misalnya ada acara arisan atau pengajian, Anda bisa menawarkan diri untuk menangani masalah konsumsi.

Daftarkan juga usaha anda melalui aplikasi ojek online seperti GoFood dan Grabfood. Pembeli tidak perlu datang ke kedai atau warung, tinggal menunggu di rumah saja. Anda sebagai pemilik juga tidak perlu sewa juga kan?

Well, usaha di atas apabila dilakukan secara rutin dan serius, bukan tidak mungkin Anda akan menerima pesanan makanan dalam jumlah yang lebih besar.

3. Berjualan Pulsa dan Token Listrik Tidak Membutuhkan Modal yang Besar

Usaha kecil dengan modal kecil yang menjanjikan adalah dengan berjualan pulsa
Usaha dengan modal kecil namun tetap menjanjikan yaitu jualan pulsa via airengine-indonesia.com

Sama seperti kuliner, bisnis pulsa dan listrik termasuk bisnis yang tidak akan mati karena selalu dibutuhkan orang. Menariknya, memulai bisnis ini sangat mudah dan tidak membutuhkan banyak modal.

Cukup bermodal ponsel dan mengeluarkan uang puluhan ribu hingga Rp100 ribu, Anda sudah bisa mulai berjualan. Kelebihan lain dari berbinis ini adalah resiko kerugian yang sangat kecil, bahkan mungkin tidak ada.

Hal ini karena produk yang dijual bukanlah berupa barang yang bisa membusuk. Kalaupun bisnis ini nantinya tidak berjalan baik alias tidak laku, pulsa yang seharusnya dijual bisa Anda pakai sendiri.

4. Tempat Potong Rambut Pria Bisa Dijadikan Peluang Usaha yang Menjanjikan

Usaha dengan modal kecil yang menguntungkan salah satunya adalah pangkas rambut
Beli alat satu kali, pelanggan datang berkali-kali!

Salah satu peluang usaha yang juga tidak membutuhkan modal besar adalah membuka usaha pangkas rambut. Namun agar bisnis ini bisa berhasil, Anda tentunya harus memiliki kemampuan memotong rambut yang memadai.

Bila tidak, Anda juga bisa merekrut orang atau tenaga kerja yang memiliki keahlian di bidang ini. Untuk memulainya, Anda cukup menyediakan tempat dan peralatan mencukur.

Baca juga : Pengusaha Sukses Memiliki 10 Kebiasaan Baik Ini

Bahkan bila Anda tidak punya banyak uang untuk membeli atau menyewa tempat, Anda bisa manfaatkan ruangan kosong yang ada di rumah Anda.

Mengingat bisnis ini termasuk bisnis jasa, maka jangan lupa untuk memberikan pelayanan terbaik. Tak hanya soal berinteraksi dengan pelanggan, menjaga kebersihan ruangan juga termasuk salah satu hal yang harus selalu diperhatikan.

5. Peluang Usaha di Rumah bisa dengan Membuka Kursus Bimbel

Peluang usaha di rumah dengan modal kecil berikutnya adalah dengan membuka kursus atau bimbel
Jadi mentor atau guru bimbel tidak perlu memerlukan modal yang besar

Membuka jasa kursus maupun bimbingan belajar juga termasuk bisnis yang membutuhkan sedikit modal. Anda bisa membuka usaha ini di rumah atau menawarkan untuk datang langsung ke rumah orang yang memerlukan pendampingan pembelajaran dari Anda.

Yang perlu diketahui, modal terbesar dalam usaha ini justru bukan uang, melainkan ilmu, kemampuan, serta passion untuk mengajar dengan baik.

Ilmu yang dimaksud tidak hanya terbatas pada pendidikan formal yang biasa diajarkan di sekolah, tapi juga keahlian-keahlian khusus seperti bermain alat musik, menari, keterampilan membuat barang kerajinan, atau olah raga.

6. Peluang Usaha Daring Melalui Sistem Dropship Online

Peluang usaha baru dengan sistem dropship
Peluang usaha baru dengan cara dropship via bloglampuaromaterapi.blogspot.co.id

Bisnis online kini menjadi bisnis yang paling banyak dilirik orang, pasalnya bisnis jenis ini cukup mudah dijalankan, bisa dilakukan kapan saja, dan tentunya tidak membutuhkan banyak modal.

Salah satu yang bisa dicoba adalah menjadi dropshipper, yaitu berjualan tanpa harus mengulak barang. Konsep atau cara kerja bisnis dropship sangat mudah, Anda hanya perlu mencari penyuplai barang dan memasarkannya secara online.

Baca juga : 5 Kebiasaan Warren Buffett yang Ia Lakukan Seusai Bekerja

Bila ada seseorang yang ingin membeli barang tersebut, Anda tinggal menghubungi penyuplai sehingga penyuplai akan mengirimkan barang itu pada konsumen atas nama Anda.

Saat bertransaksi, konsumen akan mentransfer uang langsung kepada Anda, lalu Anda tinggal membayarkan sejumlah uang pada penyuplai sesuai harga grosir atau kesepakatan sebelumnya.

Jadi, selain tidak perlu menyetok dan mengemas barang, keuntungan lain menjadi dropshipper adalah bisa menentukan harga dan keuntungan sendiri.

7. Usaha dengan Keuntungan Besar dari Modal yang Kecil Adalah Usaha Menjahit Salah Satunya

Usaha modal kecil dengan keuntungan yang besar adalah menjahit
Bisnis fashion ga ada matinya deh.

Sebanyak apapun toko pakaian yang bermunculan, jasa penjahit tampaknya akan selalu dibutuhkan oleh banyak orang. Karena prospeknya yang sangat bagus, membuka usaha menjahit bisa jadi pilihan pas bagi Anda yang ingin berbisnis tapi memiliki modal yang minim.

Seperti bisnis jasa lainnya, keberhasilan usaha menjahit juga sangat tergantung pada kepuasan konsumen. Karena itu sebelum memulai bisnis ini, pastikan Anda memiliki kemampuan menjahit yang baik.

Selain itu Anda juga harus bisa menyelesaikan pesanan tepat waktu agar tidak mengecewakan pelanggan. Itulah 7 peluang usaha dengan modal kecil tapi memiliki prospek yang menjanjikan.

Apapun bisnisnya, jalankan dengan semangat dan kerja keras sehingga peluang Anda untuk menjadi pengusaha sukses juga bisa semakin besar.

Menurut anda dari ketujuh peluang di atas? Mana yang kira-kira akan anda pilih? Atau adakah peluang usaha baru yang belum disebutkan di atas? Yuk kita sharing di kotak komentar di bawah artikel ini.

Jika anda menyukai artikel di atas, bagikan tulisan ini dengan cara mengklik tombol share dan pilih sosial media yang anda gunakan seperti Google Plus, Facebook, Twitter, LinkedIn, dan Path.

Tidak ingin ketinggalan tulisan terbaru dari blog ini? Anda bisa berlanggan artikel dengan memasukkan alamat email anda di kotak berlangganan artikel. Setiap ada artikel terbaru, anda akan mendapatkan notifikasi melalui email.

About The Author

Gabung Bersama +30.000 Pembaca Kami!

Daftarkan email anda untuk mendapatkan artikel terbaru dari Situstarget.com.

Proses pendaftaran hampir selesai, mohon cek email Anda dan Klik tombol konfirmasi.

Pin It on Pinterest

Share This