9 hal yang bisa kamu syukuri ketika kamu memiliki ponsel pintar

Bagi kamu yang telah terlahir di tahun 90 ke atas maka kamu memasuki dunia yang sudah mengenal teknologi komputerisasi. Pada era modern seperti ini, untuk sukses atau berhasil akan menjadi lebih mudah.
Mengapa? Karena kamu bisa mendapatkan banyak dukungan melalui internet. Sederhananya begini. Saat ini ketika kamu bingung ingin mencari sesuatu, saat ini sudah ada Mba Google.
Kamu bisa bertanya kepada dia kapanpun dan di manapun semau kamu. Selama ada koneksi internet ya. Hahaha. Nah selain itu juga, jika kamu butuh informasi mengenai berita tertentu.
Kamu bisa lihat twitter yang memberikan informasi secara real-time. Ga perlu kamu yang namanya nulis surat dan nunggu beberapa hari kemudian untuk mendapatkan balasan surat yang kamu kirimkan ke teman atau saudara di kampung. Lebih cepet, lebih hebat, lebih praktis bukan?
Nah sayangnya saat ini pemanfaat IT di Indonesia. Terutama dalam penggunaan smartphone atau ponsel pintar. Baru sebatas pemakaian yang konsumtif saja.
Artinya belum dipergunakan untuk hal-hal yang produktif dan bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. Asik dong jika kita beli ponsel pintar seharga lima juta rupiah, terus karena kita produktif pake ponsel pintar itu. Kita bisa menghasilkan sepuluh juta rupiah.
Wah klo gitu si asik. Bahasa anak ekonominya bukan lagi BEP (Break Even Point) lagi tapi udah surplus alias untung! Maka dari itu artikel ini ditulis agar anak-anak muda di Indonesia semakin banyak yang menggunakan ponsel pintarnya untuk hal-hal yang produktif. Yuk kita bahas apa saja hal yang bisa menghasilkan duit melalui ponsel pintar kita.

1. Menghasilkan duit melalui instagram

Punya akun instagram? Coba deh kamu banyangin mereka yang awalnya cuma pengen eksis terus alhasil jadi narsis. Eh bisa ngasilin duit lagi, enak ga?
Nah sebenarnya ga sesederhana itu si. Jadi yang mau saya beritahukan adalah jika teman-teman punya akun instagram. Coba deh buat konsep dulu tentang akun instagram yang teman-teman ingin buat atau yang sudah dibuat.
Di dalam konsep itu teman-teman rinciin, kira-kira mau diisi sama foto-foto atau video kreatif apa. Ada salah satu sahabat saya yang hobinya memang fotografi dan kebetulan suka jalan-jalan.
Alhasil dia cuma posting di instagram-nya hal-hal yang berunsur keindahan alam, travelling, dan kuliner saja. Saat ini sudah banyak perusahaan yang melirik akun instagramnya. Untuk meng-endorse produk-produk mereka di akun instagram teman saya ini.
Nah kurang lebih yang harus teman-temen lakuin hal yang kaya gitu. Klo emang hobinya misalnya foto-foto narsis. Coba jadiin hal unik dan menarik tentang konsep narsisnya itu.
Ingat di dalam pembuatan konsep ini juga harus menentukan kira-kira segmentasi dari followers kita itu seperti apa si. Apakah orang-orang dewasa, remaja, atau anak-anak. So, di awal buatlah konsep yang jelas tentang akun instagram kamu. 🙂

2. Menghasilkan ratusan ribu bahkan jutaan rupiah dari akun Twitter

Nah sudah banyak sekali orang-orang yang tadinya biasanya saja tidak terkenal, tidak banyak yang tahu latar belakangnya dulu seperti apa. Sekarang menjadi artis melalui akun twitter yang dimilikinya.
Percaya deh, namanya orang mau mengikuti atau mem-follow twitter seseorang pasti ada maksud dan tujuannya.
Lebih lanjut lagi gini, seseorang mau mem-follow akun twitter seseorang lantaran ada yang namanya Value Propositions atau lebih sederhananya karena ada “sesuatu” di twitter yang ingin dia follow tersebut.
Misalnya ada twitter yang bernuansa motivasi, maka follower-nya adalah mereka yang butuh motivasi, atau mereka yang ingin menghiasi timeline mereka dengan hal-hal yang bermanfaat.
Ada juga twitter yang isinya galau, maka follower-nya juga pada suka galau. Intinya si, semakin seseorang memiliki value tertentu di akun twitter yang dimilikinya.
Maka semakin banyak follower yang sekiranya mengikuti karena butuh atas value tersebut atau karena ingin mendapatkan value tersebut. Saran saya, buatlah akun twitter yang bisa memberikan manfaat kepada sesama.
Berantas akun-akun galau yang mengajak kesesatan. Hehe.. Jika sudah memiliki banyak follower maka bisa dibilang bakal ada perusahaan atau individu yang ingin dipromosikan via twitter kamu.
Jika sudah seperti ini. Selamat kamu sudah bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah dari akun twitter kamu. 😀

3. Nulis blog bisa menghasilkan uang juga loh!

Saat ini untuk nulis blog ga perlu seribet kaya dulu. Harus buka dari komputer, laptop dan seterusnya. Sekarang lebih enak, kamu bisa nulis blog dari ponsel pintar yang kamu miliki. Internet juga ga sesusah dulu, saat ini kita bisa mendapatkan wi-fi gratisan di mana-mana. Klo sekedar cuma main pokopang saja sayang banget. Hehe.
Mendingan dipakai buat nulis blog, buat blog juga ga sampai lima menit kan? Apa-apa sekarang jamannya serba mudah deh. Nah di awal kamu bisa bikin blog untuk nulis tentang pengalaman hidup, informasi yang bermanfaat, atau apapun. Tetapi perlu diingat yang penting memiliki suatu hal yang bermanfaat bagi diri kamu minimal dan juga orang-orang lain.
Coba deh kamu kunjungi, blog yang tulisannya cuma galau, sedih-sedihan, putus cinta, dan seterusnya. Paling ga ada sepuluh detik udah kamu close tab browsert kamu kan? Hahaha.
Nah maka dari itu nulis pengalaman hidup sah-sah aja. Tapi pikiran juga gimana si dari pengalaman hidup kamu orang lain bisa mendapatkan motivasi atau inspirasi.
Jika semakin banyak pembaca blog kamu. Percaya deh. Bakal banyak orang yang mau pasang iklan di website kamu. So, dari sekarang komitmen lah untuk lebih produktif dengan menggunakan ponsel pintar kamu.
Nulis blog bisa ketika lagi nunggu teman, lagi sambil ngopi, atau ketika lagi di dalam taksi, dan seterusnya. Manfaatin bener-bener waktu yang kamu miliki buat nulis. Nanti hasilnya ketika blog kamu terkenal, kamu sendiri yang bakal nikmatin kok. Hehe.

4. Jadi reseller dan jualan di FJB Kaskus

Saya mau si belajar bisnis tapi saya ga punya modal buat usaha. Saat ini kan saya cuma pelajar, bisa dapet modal dari mana klo mau usaha? Siapa bilang untuk memulai usaha selalu membutuhkan modal usaha sendiri?
Bagi teman-teman yang belajar jadi seorang pengusaha dan saat ini berstatus masih seorang pelajar. Saya mau ajarin gimana caranya bisa mendapatkan modal, cuma dari modal dengkul.

Hari ini ada komunitas terbesar di Indonesia yang namanya KASKUS. Teman-teman pasti udah pada tau dong? Nah di Kaskus sendiri ada salah satu fitur yang bernama FJB (Forum Jual Beli).

Tugas kamu adalah mencari seller atau penjual yang baik hatinya yang mau diajak kerjasama. Kerjasama apa yang dimaksud? Teman-teman menawarkan diri untuk menjadi reseller.

Jadi posisi kamu membantu penjual untuk menjualkan atau memasarkan produk jualan mereka. Jika terjadi pembelian karena promosi yang kamu lakukan. Kamu berhak mendapatkan komisi dari penjual.

Biasanya sistem seperti tidak membutuhkan modal. Nah manfaatin juga Kaskus Mobile sehingga kamu bisa berjualan melalu ponsel pintar yang kamu miliki tersebut. Dari sini kamu bisa menghasilkan ratusan ribu rupiah. Di situ kadang saya merasa senang! Hehe.

5. Dari Facebook bisa mempertebal isi dompet!

Pada poin kelima ini saya akan membahas bagaimana caranya menghasilkan rupiah melalui akun facebook yang kamu miliki. Tentunya klo jualan lalu men-tag orang dengan hal-hal yang berbau ponsel pintar murah dan kw, mungkin kamu bisa kena omel atau maksimal di unfriend. Hehe klo sudah gitu mah sedih. Maka jangan lagi berjualan dengan teknik men-tag seseorang.
Karena belum tentu apa yang kita mau jual dengan orang yang mau kita tag itu relevan dan sesuai pasar kita. Bisa jadi malah bikin jengkel orang yang kena tag barang promosi dagangan kita.
Oleh karena itu saya lebih menyarankan kamu untuk membuat Fans Page Facebook yang unik, menarik sehingga mengundang orang untuk like Fans Page yang kamu miliki tersebut.

Jika total like-nya sudah banyak. Nanti kamu dapat menjualnya kepada perusahaan atau para pedagang online. Dari situ kamu bisa mendapatkan untung, klo mau untungnya jangka panjang kamu bisa mencoba membuat Fans Page khusus untuk online shop kamu.

Terpenting adalah bagaimana menciptakan Fans Page yang menarik orang untuk men-like dan menjaga mereka supaya tetap memantau Fans Page online shop kamu terus. Di situ kamu perlu belajar tentang community engagement.

6. Atur jadwal meeting dengan client atau followup client

Jika kamu adalah seorang profesional atau pebisnis. Kamu bisa memanfaatkan salah satu fitur dari ponsel pintar kamu guna menunjang kegiatan kamu sehari-hari. Salah satu contohnya adalah dengan menggunakan fitur Google Calendar.
Kamu bisa men-setting agar kamu mendapatkan semacam pengingat ketika ingin meeting dengan klien, atau ingin mem-followup klien, dan seterusnya.
Kadang rutinitas yang banyak dan padat. Pada momen-momen berharga juga terlewatkan bukan? Seperti mengucapkan ulangtahun kepada anak, mengucapkan ulangtahun kepada pasang, dan seterusnya.
Oleh karena itu gunakanlah Google Calendar sebagai tool untuk mengingatkan kamu tentang momen-momen berharga itu. Sangat berguna bukan?

7. Menelpon tanpa mengurangi pulsa sedikitpun!

Nah menarik sekali, jika kamu hidup dengan wifi gratis. Baik di sekolah atau di kampus atau di kantor. Kamu bisa menggunakan ponsel pintar kamu untuk menelpon ke orang-orang sesama pengguna ponsel pintar secara gratis!
Caranya bagaimana? Kamu bisa menggunakan aplikasi seperti Line, Skype, Google Hangout, dan seterusnya.
Kamu tidak perlu mengeluarkan uang sedikitpun, asalkan dengan menggunakan wifi gratis ya.. Hehe.
Ehm hemat pulsa, hemat duit untuk pengeluaran bukan? So, maksimalkan dengan benar-benar ponsel pintar kamu untuk terus berproduktif ria.
Karena ada banyak fitur dan manfaat yang sangat membantu hidup kita baik untuk urusan pekerjaan, kehidupan sehari-hari, maupun dalam hal beribadah.
Besok saya akan tulis tentang bagaimana caranya ponsel pintar bisa membantu kita dalam kehidupan sehari-hari dan dalam beribadah.
Gimana serukan tujuh hal di atas? Semoga klo kamu jalanin bener-bener bisa bermanfaat untuk kamu di kemudian hari.
Ponsel pintar kamu bisa terus berganti dari waktu ke waktu klo kamu tetap berproduktif dengan apa yang sudah kamu punya. Jika ada pertanyaan, mohon tinggalkan komentar kamu di bawah artikel ini. Main juga ya ke Situstarget.com

About The Author

Gabung Bersama +30.000 Pembaca Kami!

Daftarkan email anda untuk mendapatkan artikel terbaru dari Situstarget.com.

Proses pendaftaran hampir selesai, mohon cek email Anda dan Klik tombol konfirmasi.

Pin It on Pinterest

Share This