9 Hal yang Dapat Kamu Syukuri Ketika Memiliki Kendaraan Pribadi

Hari ini kita akan belajar bersyukur tatkala memiliki kendaraan pribadi. Tentunya apa yang kita miliki hari ini merupakan kepercayaan yang Allah berikan kepada kita.Karena tidak semua orang memiliki kendaraan seperti yang kita miliki hari ini bukan? So, Kita akan mencoba bertanggung jawab atas rezeki yang Allah berikan tersebut kepada kita. Setuju?

Jika nanti kamu punya hal selain dari 9 hal yang kamu syukuri jika memiliki kendaraan pribadi ini. Kamu bisa menambahkan apa yang kurang dari artikel ini melalui kotak komentar di bawah artikel ini.

Apa saja ya kira-kira 9 hal yang kamu syukuri jika memiliki kendaraan pribadi? Berikut adalah jawabannya:

1. Menjadikan kendaraan sebagai alat untuk mempermudah untuk beribadah

Bagi seorang muslim apa lagi dia adalah seorang laki-laki dan memiliki kendaraan pribadi. Salah satu cara bersyukur yang dapat dilakukan olehnya adalah dengan menggunakan alat transportasi tersebut untuk sebagai sarana ibadah.

Sebagai contohnya, apabila hari jumat dan tepat ketika ingin berangkat solat jumat. Ia bisa mengajak sahabat atau rekan-rekannya pergi ke masjid secara bersama-sama dengan kendaraan yang ia miliki. InsyaAllah ada pahala tersendiri bagi mereka yang membantu sesama, apa lagi dalam hal ibadah. Setuju?

2.Menjadikan kendaraan sebagai alat untuk mempermudah silaturahmi

Nah ini dia salah satu cara kita bersyukur atas kendaraan yang kita miliki dengan cara menggunakan kendaraan tersebut untuk menjalin silaturahmi dengan kerabat, teman-teman lama, lalu saudara dekat, maupun saudara jauh.

Menjalin silaturahmi juga ga perlu nunggu lebaran aja kok. Kamu bisa mempergunakan waktu liburan weekend atau pas lagi liburan nasional juga bisa. Tapi niatnya tetap untuk menjalin silaturahmi ya. Bukan untuk pamer karena kamu punya kendaraan. 🙂

3. Kamu bertanggung jawab atas kebersihan dari kendaraan yang kamu miliki

Jika kamu memiliki kendaraan pribadi maka salah satu wujud tanggung jawab kamu adalah membersihkan kendaraan kamu skala berkala. Sekarang ada pertanyaan jika dalam keluarga saya memiliki dua motor.

Motor pertama adalah motor ayah sedangkan motor kedua adalah motor saya. Apakah saya juga bertanggung jawab atas kendaraan ayah saya? Jawabannya apa kira-kira? Iya betul, kamu juga bertanggung jawab atas dua kendaraan itu.

4. Melakukan service berkala wujud kamu mensyukuri kendaraan yang kamu punya

Salah satu bentuk rasa syukur yang kamu harus miliki manakala memiliki kendaraan sendiri adalah melakukan perawatan skala berkala.

Perawatan tidak hanya untuk kendaraan bermotor saja seperti motor dan mobil ya. Jika kamu memiliki sepeda sekalipun tetap ada yang namanya perawatan berkala.

Jika kamu hanya bisa memakai tanpa bisa merawat. Maka yang ada kendaraan akan cepat rusak. Perawatan perlu dilakukan agar usia pemakaian dari kendaraan itu sendiri bisa semakin panjang.
Semakin sering dipakai sebuah kendaraan untuk berpergian, maka sebanding lurus dengan perawatan yang dilakukan.

5. Berpergian ke tempat yang menunjang produktivitas

Ketika mensyukuri kendaraan yang dimilikinya. Orang tersebut akan menggunakan kendaraan yang dimilikinya guna mempermudah pekerjaannya. Misalnya untuk pergi ke kantor, sekolah, kampus, dan seterusnya.

Orang itu berpikir bahwa kendaraan yang dimilikinya harus meningkatkan kemampuannya untuk lebih berproduktivitas karena ia merasa mendapatkan kemudahan dalam berpergian.

6. Mempermudah pekerjaan orangtua

Ya, cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan cara membantu orang tua, manakala mereka berbelanja di pasar. Kamu bisa membantu sedikit pekerjaan orangtua dengan kendaraan yang kamu miliki. Misalnya mengantar ibu ke pasar, menjemput beliau usai dari pasar, dan seterusnya.

Klo kamu ingin mendapatkan keberkahan hidup, sering-seringlah membantu orang tua. Jika orangtua sudah ridha dengan apa yang kamu kerjakan dalam aktivitas mu. InsyaAllah akan ada selalu kemudahan-kemudahan yang Allah persiapkan untuk kamu. So, sederhanakan bersyukur itu?

7. Membantu teman pergi kantor

Kamu juga bisa menggunakan kendaraan yang kamu miliki untuk membantu teman-teman mu yang belum memiliki kendaraan pribadi untuk pergi ke kantor bersama-sama. Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika pergi ke kantor bersama-sama.

Pertama, kamu bisa saling bertukar pikiran ketika di jalan menuju kantor, lalu kamu juga akan merasa lebih aman apabila kamu pulang kerja di malah hari. Kamu juga bisa saling patungan untuk biaya bensin dan tol. Intinya saling bahu membahu  untuk tolong menolong. Setuju kan?

8. Berpergian bersama orang-orang yang kita sayangi ke tempat-tempat rekreasi

Hal kedelapan yang kamu bisa lakukan sebagai wujud rasa syukur atas kendaraan yang kamu miliki adalah ketika weekend atau ketika hari libur, kamu bisa mengajak keluarga kamu untuk pergi ke tempat-tempat wisata bersama mereka. Jadikan momen kendaraan pribadi yang kamu miliki dapat merekatkan hubungan anggota keluarga kamu.

9. Mengantar tetangga yang sedang sakit

Hal lain yang bisa kamu lakukan dengan kendaraan yang kamu miliki adalah membantu orang lain. Misalnya ada tetangga kamu yang sedang sakit dan butuh diantar ke rumah sakit. Kamu bisa menggunakan kendaraan kamu untuk mengantarkannya ke rumah sakit.

Kejadian insiden tertentu juga terkadang membutuhkan tindakan yang cepat. Misalnya ada orang kecelakaan di jalan dan harus segera dibawa ke rumah sakit.

Kan tidak mungkin harus menunggu ambulance datang. Kamu bisa mempergunakan kendaraan kamu untuk membantu orang tersebut. Namun dalam membantu orang yang sedang terluka, cidera, atau sakit harus berhati-hati ya.

Baik kita sudah membahas 9 hal yang dapat kamu syukuri ketika memiliki kendaraan pribadi. Penulis merasa bahwa tidak hanya 9 hal saja tentunya.

Ada banyak hal lain yang bisa kita syukuri. Jika para pembaca punya hal lainnya. Mohon sampaikan hal tersebut di kotak komentar di bawah artikel ini ya.

About The Author

Gabung Bersama +30.000 Pembaca Kami!

Daftarkan email anda untuk mendapatkan artikel terbaru dari Situstarget.com.

Proses pendaftaran hampir selesai, mohon cek email Anda dan Klik tombol konfirmasi.

Pin It on Pinterest

Share This