Blog Situstarget » Tips Tekno » Ini Alasan Mengapa Kamu Harus Menggunakan Hosting VPS

Ini Alasan Mengapa Kamu Harus Menggunakan Hosting VPS

Bagi developer, blogger, ataupun pemilik e-commerce, pastilah memerlukan web hosting untuk mendukung kegiatan yang berhubungan dengan website yang dimilikinya.

Salah satu pilihan web server yang bisa dijadikan sebagai pilihan yang tepat adalah menggunakan hosting VPS (Virtual Private Server). Yuk, kenalan lebih lanjut tentang apa itu VPS beserta kelebihannya. 

Apa Itu Virtual Private Server (VPS)

Virtual Private Server (VPS) ini merupakan web server yang memiliki harga yang sangat terjangkau. Oleh karena itu, sangatlah cocok bagi pengguna yang memiliki budget yang tidak terlalu besar.

Cara kerja dari VPS ini adalah dengan berperan seperti mesin server independen secara fisik tetapi bisa dipartisi secara virtual.

Ada banyak kelebihan dari VPS ini, diantaranya adalah keamanan dan fleksibilitas untuk para penggunanya, serta hak untuk mengontrol penuh lingkungan hosting yang dimiliki.

 

Perbandingan VPS dengan Layanan Server Lainnya

Virtual Private Server (VPS) bisa juga disebut sebagai server yang memiliki cara kerja dan layanan dari Dedicated Server Hosting dan Shared Hosting.

Sama seperti Dedicated Server Hosting, VPS menyediakan layanan server secara independen sehingga tidak ada pembagian sumber daya dalam pemakaiannya.

VPS yang menawarkan harga yang relatif murah. Bahkan harga VPS saat ini hampir sama dengan harga pemakaian layanan Shared Hosting.

Berdasarkan perbandingan tersebut, maka Virtual Private Server (VPS) sangatlah cocok bila digunakan oleh pemula. Selain itu, pemilik website kecil seperti WordPress juga sangat cocok menggunakan Virtual Private Server (VPS) ini.

 

Kelebihan Menggunakan Hosting VPS

Berikut ini merupakan beberapa kelebihan yang membuat VPS sangat cocok bagi banyak pengguna.

1. Memiliki Sifat Skalabilitas

Jika menggunakan VPS, pengguna bisa mengatur seberapa besar atau kecil layanan yang dibutuhkan. Jika traffic website masih sangat kecil, Anda dapat menggunakan layanan VPS dalam ukuran server yang kecil.

Kemudian, jika website Anda sudah berkembang dan menjadi besar, maka layanan dapat diatur sesuai dengan perkembangan tersebut. Pengguna dapat meningkatkan bahkan menurunkan versi sesuka hati sesuai dengan kebutuhan.

2. Pengguna Bisa Melakukan Kontrol Penuh Terhadap Server yang Digunakan

Jika menggunakan VPS, maka pengguna akan mendapatkan akses penuh terhadap root, pilihan menginstall ataupun memperbarui versi perangkat lunak sesuka hati, ataupun hal lainnya. Dengan demikian, pengguna dapat memiliki hak yang sangat besar terhadap servernya sendiri.

Namun jika terdapat masalah, pengguna dapat menghubungi penyedia layanan VPS kapan saja. Pihak penyedia tersebut akan segera membantu pengguna untuk mengatasi masalah dengan cepat dan tanggap.

3. Memiliki Waktu Efektif yang Handal

VPS menawarkan pengoptimalan yang dapat membuat website memiliki waktu pemuatan yang lebih cepat. Hal ini dikarenakan dapat dengan cepat menangani semua lalu lintas pada website, dan menjaga website dapat beroperasi seperti biasa.

Selain itu, VPS juga memiliki fitur sistem operasinya sendiri. Dengan demikian, pengguna dapat melakukan boot ulang secara terpisah. Sistem tersebut juga dikenal sebagai layanan portabilitas aplikasi yang dapat membuat pemuatan pada website menjadi lebih cepat.

4. Memiliki Keamanan yang Terjamin

Pengguna juga tidak perlu merasa khawatir dengan keamanan website ketika menggunakan VPS. Karena pada layanan VPS akan memberikan akses root secara penuh sehingga pengguna dapat menerapkan sistem keamanan sesuai yang dibutuhkan.

Penggunaan server secara independen dapat mencegah gangguan dari pihak lain. VPS Hosting juga memiliki alamat IP khusus, sehingga kemungkinan situs web kamu “terganggu” dengan yang lain menjadi sangat kecil.

Dengan demikian, pemilik bisnis kecil ataupun organisasi dengan jumlah staf yang sangat banyak sangat merasakan keuntungan dari VPS ini.

Masalah yang sering muncul pada layanan shared hosting adalah ketika ada situs yang memakai resource berlebih pada server. Maka performa situs kamu akan terdampak atau bahkan terganggu. Lain cerita, jika menggunakan hosting VPS.

5. Menggunakan Hosting VPS Dapat Menghemat Biaya

Seperti penjelasan sebelumnya, harga penggunaan VPS ini cukup murah bila dibandingkan dengan Dedicated Hosting. Walaupun dengan harga murah, tetapi layanan ini pun tak kalah bahkan mampu bersaing dengan Dedicated Hosting.

Baca juga: Mengenal Managed VPS dan Unmanaged VPS

Pada VPS juga tidak ada istilah investasi dengan membayar uang muka untuk layanan yang akan digunakan. Beberapa layanan dedicated hosting mengharuskan penggunanya untuk melakukan DP (Down Payment).

Pengguna dapat dengan bebas membayar dan menggunakan layanan sesuai dengan dengan kebutuhan dan bisa dirubah dengan mudah sewaktu-waktu.

6. Sesuai Dengan Banyak Skenario Kebutuhan Website

Penggunaan VPS sangatlah cocok dengan berbagai macam jenis kebutuhan website, diantaranya adalah:

  • Situs website dengan traffic tinggi: VPS dapat menahan dan mengatasi lonjakan traffic yang tinggi.
  • Situs website yang menggunakan sandbox: VPS juga berguna untuk menguji ataupun mensimulasikan apa yang diperlukan dan dapat kembali ke default dengan mudah setelah digunakan.
  • Situs website yang mengembangkan software sendiri: VPS memungkinkan pengguna untuk menguji dan mencoba berbagai skenario di berbagai environment untuk mengetahui mana yang terbaik.
  • Situs website yang membutuhkan penyimpanan terpisah: VPS memiliki jumlah ruang penyimpanan yang bisa dipilih oleh penggunanya.
  • Situs website untuk streaming: VPS adalah pilihan yang tepat jika Anda membuat vlog secara teratur, membuat kursus online, mengadakan konferensi digital, dan menyiarkan konten.
  • Situs website untuk menangani server email dan database: VPS memberi pengguna server email kendali penuh atas email keluar sembari mengatur filter lanjutan.

Bagaimana menggunakan hosting VPS sedangkan saya sendiri tidak mengerti hal-hal yang berkaitan dengan server? Kamu bisa menggunakan layanan jasa migrasi VPS dari Situstarget.com sob!

Dengan menggunakan jasa tersebut, kamu tidak perlu memikirkan proses maintenance server dan jaringan. Cukup fokus pada pengembangan blog atau website kamu saja. Sisanya biar kami yang urus! Asik kan?

Gabung Bersama +30.000 Pembaca Kami!

Daftarkan email anda untuk mendapatkan artikel terbaru dari Situstarget.com.

Proses pendaftaran hampir selesai, mohon cek email Anda dan Klik tombol konfirmasi.

Pin It on Pinterest

Share This