7 Cara Mengetahui Apakah VPN Berfungsi Dengan Baik Atau Tidak

Menurut data yang dirilis oleh Website Rating pada tahun 2023, penggunaan Virtual Private Network atau VPN akan mencapai 1,2 miliar orang di seluruh penjuru dunia.

Hal ini menunjukkan betapa pentingnya privasi online dan perlindungan data bagi pengguna internet. Namun, terkadang pengguna mengalami masalah terkait koneksi VPN.

Artikel ini akan membantu kamu memeriksa apakah VPN yang kamu gunakan berfungsi dengan baik atau tidak dan memberikan solusi jika kamu mengalami masalah koneksi dengan VPN.

Cara Memeriksa Apakah VPN Berfungsi Dengan Baik

Sebelum proses troubleshoot lebih jauh hal yang pertama kali yang kamu harus cek adalah koneksi internet. Apakah ada masalah dengan koneksi internet yang kamu gunakan saat ini.

Jika koneksi internet kamu lambat atau tidak stabil, tentu saja hal ini dapat mempengaruhi koneksi VPN kamu. Saya menyarankan agar VPN dimatikan dahulu apabila koneksi internet kamu sedang tidak stabil atau lambat.

Setelah memastikan koneksi internet, kamu bisa cek juga status VPN.

1. Periksa Status Koneksi VPN

Cek Status Koneksi VPN Di Aplikasi VPN Apakah Terhubung Atau Tidak

Langkah troubleshoot berikutnya yaitu dengan cara memeriksa status VPN yang kamu gunakan. Pastikan VPN kamu aktif dan jika status VPN terputus atau tidak aktif, coba lakukan re-connect.

Permasalah status koneksi VPN ini bisa berawal dari koneksi internet yang tidak stabil sebelumnya sehingga memutus koneksi VPN. Dalam case lain ada juga yang disebabkan karena load server VPN yang penuh.

2. Periksa Alamat IP Device yang Terhubung VPN

Cara Mengetahui Apakah VPN Berfungsi Dengan Baik Atau Tidak

Periksa alamat IP device yang terhubung dengan VPN. Kamu dapat mengetahui alamat IP di situs Tool Situstarget. Jika alamat IP kamu berubah setelah mengaktifkan VPN.

Hal ini menunjukkan bahwa VPN berfungsi dengan baik, sebagai contoh seharusnya pada saat dicek di awal alamat IP kamu berasal dari Indonesia, saat VPN aktif maka IP kamu berubah menjadi IP dari server VPN tersebut.

3. Uji Coba Membuka Situs Web yang Diblokir

Untuk memastikan VPN berfungsi atau tidak, kamu bisa coba mengakses situs web yang diblokir di Indonesia.

Jika situs web tersebut dapat diakses setelah mengaktifkan VPN, maka hal ini menunjukkan bahwa VPN berfungsi dengan baik.

Selanjutnya jika kamu masih memiliki masalah dengan VPN, kamu juga bisa cek konfigurasi VPN di device yang kamu gunakan.

4. Periksa Konfigurasi VPN

Periksa Konfigurasi VPN yang Kamu Gunakan Apakah Sudah Sesuai Atau Belum

Setiap aplikasi VPN memiliki konfigurasi yang berbeda-beda, misalnya saja OpenVPN. Semua konfigurasi disimpan pada file yang berekstensi .ovpn.

Sedangkan untuk Wireguard VPN, kamu harus melakukan konfigurasi seperti Public Key, Addresses, Peer, dan Endpoint. Aplikasi seperti NordVPN, SurfShark, dan semisalnya kamu perlu login dengan username dan password.

Jadi bisa dikatakan beda aplikasi VPN, beda juga cara konfigurasi di device-nya.

5. Coba Lakukan Re-connect

Lakukan Re-connect VPN Untuk Mengetahui VPN Berfungsi Kembali Atau Tidak

Coba putuskan dan hubungkan kembali VPN kamu. Terkadang dengan cara sederhana ini pun dapat membantu memperbaiki masalah koneksi VPN. Jika belum berhasil, lakukan langkah berikutnya.

6. Uji Coba Koneksi Ke Server VPN yang Berbeda

Coba Koneksi Ke Server VPN yang Berbeda

Cobalah untuk terhubung ke server VPN yang berbeda. Masalah koneksi VPN dapat terjadi karena server yang digunakan sibuk karena dipakai oleh banyak orang di satu waktu bersamaan.

Kalau penyedia jasa VPN kamu memiliki banyak server, coba dan pilihlah server yang load-nya tidak terlalu padat atau sibuk. Sehingga kamu bisa terhindar dari masalah koneksi dengan VPN ini.

7. Periksa Firewall dan Antivirus:

Kadang-kadang, firewall dan antivirus dapat memblokir koneksi VPN kamu. Berdasarkan pengalaman, terkadang baik di MacOS maupun di Windows kita perlu melakukan allowing di level firewall agar koneksi VPN lancar.

Dari ketujuh cara di atas, mana yang menjadi solusi bagi kamu? Yuk share pengalaman kamu di Forum Situstarget. Semua komentar di blog ini bisa dilakukan melalui Forum Situstarget lho!

About The Author

Gabung Bersama +30.000 Pembaca Kami!

Daftarkan email anda untuk mendapatkan artikel terbaru dari Situstarget.com.

Proses pendaftaran hampir selesai, mohon cek email Anda dan Klik tombol konfirmasi.

Pin It on Pinterest

Share This