101 Daftar Istilah Web Hosting Populer

Pada saat mempelajari istilah digital marketing, sering kali bersingunggan dengan istilah web hosting.

Berikut ini adalah beberapa istilah web hosting yang sering digunakan.

A

Apache web server adalah aplikasi atau perangkat yang digunakan untuk menjalankan atau mengatur suatu situs web atau aplikasi di jaringan internet. Apache web server biasanya terdiri dari beberapa bagian, di antaranya antarmuka atau tampilan, fitur atau tools, dan konfigurasi atau pengaturan. Apache web server bisa menjadi cara yang efektif bagi perusahaan atau individu untuk menjalankan atau mengatur situs web atau aplikasi yang berkualitas atau handal, dan untuk membantu meningkatkan visibilitas atau daya tarik mereka di mata audiens atau pengguna.

Addon domains adalah nama domain tambahan yang dapat ditambahkan ke sebuah akun hosting. Addon domains memungkinkan Anda menambahkan lebih dari satu situs web pada akun hosting yang sama. Setiap addon domain akan menjadi alamat web yang terpisah dan dapat diakses secara terpisah dari primary domain. Addon domains biasanya digunakan jika Anda memiliki beberapa situs web yang berbeda namun ingin mengelola semuanya melalui akun hosting yang sama. Hal ini juga berguna jika Anda ingin memiliki alamat web yang berbeda untuk bagian-bagian tertentu dari situs web Anda. Sebagai contoh, jika Anda memiliki situs web dengan nama www.situstarget.com sebagai primary domain, Anda dapat menambahkan addon domain bernama toko.situstarget.com.com untuk bagian toko online dari situs web Anda.

Alias domains adalah nama domain yang dapat ditautkan ke primary domain atau addon domain. Alias domain merupakan nama domain tambahan yang dapat diakses dari primary domain atau addon domain, tetapi tidak memiliki ruang penyimpanan atau pengaturan email yang terpisah. Alias domain biasanya digunakan jika Anda memiliki beberapa nama domain yang berbeda namun ingin semuanya mengarah ke primary domain atau addon domain yang sama. Sebagai contoh, jika Anda memiliki situs web dengan nama www.situstarget.com sebagai primary domain, Anda dapat menambahkan alias domain bernama robierwinsetiawan.com yang akan mengarah ke situs web dengan nama www.situstarget.com ketika diakses. Ini akan memungkinkan Anda untuk mengakses situs web menggunakan kedua nama domain tersebut.

Amazon Web Services (AWS) adalah platform cloud computing yang dikembangkan oleh Amazon. AWS menyediakan berbagai layanan cloud, seperti penyimpanan data, pemrosesan data, dan banyak lagi. AWS memungkinkan Anda untuk membuat dan menjalankan aplikasi di cloud, sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang pemeliharaan hardware atau infrastruktur. AWS juga menyediakan banyak fitur keamanan dan manajemen untuk membantu Anda mengelola aplikasi dan layanan cloud dengan mudah.

Autoresponder adalah sebuah fitur yang biasanya disertakan dalam aplikasi email, yang memungkinkan pengguna untuk mengirimkan pesan otomatis kepada pengirim email, yang mengirimkan email ke alamat email pengguna. Autoresponder biasanya digunakan untuk memberikan informasi kepada pengirim email bahwa email mereka telah diterima, atau untuk memberikan informasi tentang status email yang dikirimkan. Autoresponder juga dapat digunakan untuk mengirimkan pesan-pesan yang disusun secara otomatis kepada pengirim email, seperti pesan yang menyatakan bahwa penerima email sedang tidak ada di tempat atau tidak dapat membalas email saat ini.

B

Backup adalah aktivitas yang dilakukan untuk menyimpan atau mencadangkan data atau informasi yang disimpan dalam suatu perangkat atau sistem. Backup biasanya terdiri dari beberapa bagian, di antaranya jenis atau format, lokasi atau tempat, dan frekuensi atau interval. Backup bisa menjadi cara yang efektif bagi perusahaan atau individu untuk mengamankan atau menjaga data atau informasi yang disimpan dalam perangkat atau sistem, dan untuk membantu meningkatkan keamanan atau kontrol atas perangkat atau sistem yang digunakan.

Bandwidth adalah jumlah data yang dapat ditransfer oleh sebuah jaringan dalam satuan waktu tertentu. Bandwidth biasanya dinyatakan dalam bit per detik (bps), kilobit per detik (kbps), atau megabit per detik (Mbps). Bandwidth yang lebih tinggi berarti jaringan dapat mentransfer data dengan kecepatan yang lebih tinggi. Bandwidth merupakan faktor penting dalam hosting web, karena semakin tinggi bandwidth yang disediakan, semakin banyak data yang dapat ditransfer oleh situs web, dan semakin cepat situs web Anda akan berpeluang diakses oleh banyak pengunjung. Beberapa contoh aplikasi yang membutuhkan bandwidth yang tinggi adalah streaming video, download file, dan aplikasi online multiplayer.

C

cPanel adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membantu pengguna dalam mengelola atau mengatur suatu server web atau hosting. cPanel biasanya berisi berbagai macam fitur atau tools yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai macam tindakan atau aktivitas, seperti mengelola file atau data, mengatur akun atau pengguna, atau mengkonfigurasi atau mengoptimalkan server web atau hosting. cPanel bisa menjadi cara yang efektif bagi pengguna untuk mengelola atau mengatur server web atau hosting secara lebih mudah dan efisien, dan untuk membantu meningkatkan performa atau kinerja server web atau hosting tersebut.

cPanel version adalah nomor versi cPanel yang sedang digunakan. cPanel versi yang lebih tinggi biasanya mencakup fitur-fitur baru dan perbaikan-perbaikan yang dibuat oleh pengembang cPanel. Anda dapat mengecek versi cPanel yang sedang digunakan dengan menggunakan fitur yang disediakan oleh cPanel. Ini berguna jika Anda ingin memastikan bahwa Anda menggunakan versi cPanel yang terbaru dan paling stabil.

Cron jobs adalah sebuah fitur yang memungkinkan Anda menjalankan skrip atau perintah pada server secara otomatis pada waktu-waktu tertentu. Cron jobs biasanya digunakan untuk menjalankan tugas-tugas rutin seperti backup situs web, memperbarui data, dan mengirim email otomatis. Anda dapat mengatur waktu dan frekuensi jalannya cron jobs sesuai dengan kebutuhan, sehingga Anda dapat mengelola tugas-tugas rutin pada server dengan lebih efektif. Cron jobs biasanya digunakan oleh pengembang web untuk membantu mengelola dan mengoptimalkan situs web yang dikembangkan mereka.

Contact information adalah informasi tentang cara menghubungi seseorang atau suatu perusahaan. Contact information biasanya berisi informasi seperti nama, alamat email, nomor telepon, dan alamat fisik. Contact information biasanya disertakan pada situs web atau dokumen-dokumen penting lainnya sebagai cara untuk memudahkan orang lain menghubungi Anda atau perusahaan. Contact information berguna bagi orang lain untuk mencari tahu cara terbaik untuk menghubungi Anda atau perusahaan, sehingga mereka dapat berkomunikasi dengan Anda tentang hal-hal yang berhubungan dengan bisnis atau lainnya.

Cloudmin adalah sebuah platform manajemen hosting virtual yang dapat digunakan untuk mengelola server virtual, seperti server yang dijalankan di dalam mesin virtual atau di dalam cloud. Cloudmin menyediakan antarmuka yang intuitif dan mudah digunakan yang memungkinkan Anda untuk mengelola berbagai aspek dari server virtual, seperti penambahan dan pengelolaan pengguna, pengaturan keamanan, dan banyak lagi. Cloudmin juga memungkinkan Anda untuk mengelola beberapa server virtual dari satu tempat, sehingga memudahkan pengelolaan jika Anda memiliki lebih dari satu server virtual.

Country Code Top-Level Domain (ccTLD) adalah jenis nama domain yang menggunakan kode negara sebagai bagian dari alamatnya. Misalnya, .uk adalah ccTLD untuk Inggris, .fr adalah ccTLD untuk Prancis, dan .jp adalah ccTLD untuk Jepang. ccTLD biasanya digunakan oleh organisasi atau individu yang berlokasi di negara yang sesuai dengan kode negara tersebut. Sebagai contoh, sebuah perusahaan di Inggris mungkin lebih memilih untuk menggunakan alamat website dengan ccTLD .uk daripada menggunakan TLD generik seperti .com atau .org. Penggunaan ccTLD dapat membantu meningkatkan relevansi website Anda bagi audiens yang berasal dari negara yang sesuai dengan ccTLD tersebut.

Cloudlet adalah sebuah konsep yang dikembangkan oleh sistem operasi mobile berbasis cloud, seperti Android. Cloudlet merupakan sebuah perangkat kecil yang menyediakan layanan-layanan cloud ke perangkat mobile. Cloudlet dapat dihubungkan ke internet melalui koneksi Wi-Fi atau koneksi seluler, dan dapat menyediakan layanan-layanan seperti penyimpanan data, streaming video, atau pengolahan data ke perangkat mobile yang terhubung ke cloudlet tersebut. Cloudlet biasanya digunakan untuk meningkatkan performa dan keandalan sistem operasi mobile yang berbasis cloud.

Cloudways adalah sebuah platform yang memungkinkan pengguna untuk mengelola server cloud mereka dengan mudah. Cloudways menawarkan berbagai fitur yang dapat membantu pengguna dalam mengelola server cloud mereka, seperti fitur untuk mengelola akun pengguna, membuat dan mengelola aplikasi web, dan mengelola database. Cloudways juga menawarkan fitur-fitur yang dapat membantu pengguna dalam meningkatkan keamanan server cloud mereka, seperti firewall, proteksi DDoS, dan pemindaian malware. Cloudways dapat dijalankan pada berbagai platform cloud, seperti DigitalOcean, Vultr, dan Linode.

D

DDoS Attack adalah segala bentuk serangan atau tindakan yang dilakukan oleh sekelompok orang atau entitas untuk memblokir atau mengganggu suatu jaringan atau sistem dengan mengirimkan jumlah permintaan atau lalu lintas yang berlebihan secara bersamaan. DDoS biasanya dilakukan dengan menggunakan banyak komputer atau perangkat yang terhubung ke internet secara bersamaan, yang disebut sebagai “zombie” atau “botnet”, untuk mengirimkan jumlah permintaan atau lalu lintas yang berlebihan ke suatu jaringan atau sistem. DDoS bisa menjadi ancaman serius bagi suatu jaringan atau sistem, karena dapat mengakibatkan kegagalan atau kerusakan pada jaringan atau sistem tersebut.

Dedicated server adalah server atau perangkat yang digunakan untuk menyediakan layanan atau akses ke suatu jaringan atau sistem, yang hanya ditujukan atau dialokasikan untuk digunakan oleh satu entitas atau pengguna saja. Dedicated server biasanya digunakan oleh perusahaan atau organisasi yang membutuhkan tingkat keamanan atau kontrol yang tinggi atas jaringan atau sistem yang disediakan, atau yang membutuhkan kapasitas atau performa yang tinggi dari jaringan atau sistem tersebut. Dedicated server bisa menjadi cara yang efektif bagi perusahaan atau organisasi untuk menyediakan layanan atau akses yang berkualitas atau handal kepada audiens atau pengguna, dan untuk membantu meningkatkan keamanan atau kontrol atas jaringan atau sistem yang disediakan.

Domain name adalah alamat atau identitas yang digunakan untuk mengidentifikasi atau mengakses suatu situs web atau aplikasi di internet. Domain name biasanya terdiri dari beberapa bagian, di antaranya protokol (seperti “http” atau “https”), nama domain utama (seperti “google” atau “facebook”), dan tipe domain (seperti “com” atau “org”). Domain name bisa menjadi cara yang efektif bagi perusahaan atau individu untuk membuat atau mengkustomisasi alamat atau identitas situs web atau aplikasi mereka, dan untuk membantu meningkatkan visibilitas atau daya tarik mereka di mata audiens atau pengguna.

Domain registration adalah proses pendaftaran nama domain. Nama domain adalah alamat unik yang digunakan untuk mengakses website di internet, seperti “google.com” atau “example.com”. Untuk dapat menggunakan nama domain, Anda harus mendaftarkannya ke salah satu registrar domain, yaitu perusahaan yang mengelola database nama domain di internet. Setelah mendaftarkan nama domain, Anda dapat menggunakannya untuk mengakses website yang Anda miliki melalui internet. Domain registration biasanya memiliki masa berlaku, dan Anda harus membayar biaya tahunan untuk mempertahankan hak atas nama domain tersebut.

Docker adalah sebuah platform yang memungkinkan Anda untuk mengembangkan, menyebarkan, dan menjalankan aplikasi dengan mudah. Docker menggunakan teknologi container, yaitu sekumpulan teknologi yang memungkinkan Anda untuk mengelompokkan aplikasi dan dependensinya menjadi satu unit yang dapat dijalankan di mana saja. Ini memudahkan proses pengembangan dan pengiriman aplikasi, karena Anda yakin bahwa aplikasi akan berjalan dengan baik di semua lingkungan yang mendukung Docker. Docker juga memungkinkan Anda untuk memisahkan aplikasi satu sama lain, sehingga meningkatkan keamanan dan mengurangi interferansi antara aplikasi yang berjalan.

Drupal adalah sebuah sistem manajemen konten (CMS) yang dapat digunakan untuk membuat dan mengelola website. Drupal dikembangkan sebagai proyek open source, sehingga tersedia secara gratis untuk digunakan. Drupal menyediakan banyak fitur yang memudahkan Anda untuk membuat dan mengelola website, seperti templating, menu navigasi, dan banyak lagi. Drupal juga memiliki banyak komunitas pengguna yang aktif, sehingga Anda dapat menemukan banyak sumber daya dan dukungan jika mengalami masalah. Drupal banyak digunakan oleh organisasi, perusahaan, dan individu untuk membuat website yang kompleks dan canggih.

E

Extensions adalah add-on atau plugin yang dapat ditambahkan ke sebuah aplikasi atau perangkat lunak untuk memberikan fitur tambahan atau meningkatkan fungsionalitas dari aplikasi tersebut. Banyak aplikasi dan perangkat lunak yang menawarkan ekosistem extensions yang dapat diunduh dan diinstal oleh pengguna untuk memenuhi kebutuhan khusus mereka. Dengan menggunakan extensions, pengguna dapat dengan mudah menyesuaikan aplikasi atau perangkat lunak untuk memenuhi kebutuhan unik mereka tanpa perlu memodifikasi kode sumber dari aplikasi tersebut.

Email Auto Responder adalah fitur yang memungkinkan Anda untuk mengirimkan balasan otomatis kepada orang yang mengirim email ke alamat email Anda. Ini berguna jika Anda sedang tidak dapat menanggapi email secara manual, misalnya jika sedang tidak ada di kantor atau sedang berlibur. Dengan menggunakan Email Auto Responder, Anda dapat mengirimkan pesan yang menginformasikan bahwa Anda sedang tidak dapat menanggapi email, atau bahkan memberikan informasi kontak penting lainnya. Email Auto Responder juga dapat membantu mengurangi jumlah email yang harus Anda respon ketika Anda kembali ke kantor.

Email Hosting adalah layanan yang menyediakan tempat untuk menyimpan dan mengelola email. Dengan menggunakan Email Hosting, Anda dapat membuat alamat email yang berakhiran dengan domain milik Anda, misalnya “nama@situstarget.com”. Email Hosting biasanya menyediakan aplikasi atau antarmuka web yang memudahkan Anda untuk mengirim, menerima, dan mengelola email. Beberapa layanan Email Hosting juga menyediakan fitur tambahan seperti kalender, kontak, dan banyak lagi. Menggunakan Email Hosting dapat membantu Anda mengelola email dengan lebih efisien dan professional.

Error Pages adalah halaman yang ditampilkan oleh sebuah website ketika terjadi masalah atau kesalahan. Error Pages biasanya ditampilkan ketika website tidak dapat menampilkan halaman yang diminta oleh pengunjung, atau ketika terjadi kesalahan pada server atau sistem website. Error Pages biasanya menampilkan pesan kesalahan yang menjelaskan masalah yang terjadi, dan dapat memberikan informasi tentang cara mengatasi masalah tersebut atau cara menghubungi tim dukungan website. Error Pages juga dapat menyertakan informasi kontak atau alamat email yang dapat digunakan oleh pengunjung untuk menghubungi tim dukungan website jika mereka mengalami masalah.

F

FTP Access adalah fitur yang ditawarkan oleh beberapa hosting web yang memungkinkan pengguna untuk mengakses file yang disimpan di server web mereka menggunakan protokol File Transfer Protocol (FTP). Dengan FTP Access, pengguna dapat menggunakan aplikasi FTP seperti FileZilla untuk mengakses file di server web mereka secara langsung dan melakukan operasi seperti upload, download, atau mengedit file. Fitur ini berguna karena memungkinkan pengguna untuk dengan mudah mengelola file di server web mereka tanpa harus menggunakan antarmuka web hosting yang mungkin terbatas.

Fantastico adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan Anda untuk menginstal dan mengelola aplikasi web populer dengan mudah. Fantastico tersedia sebagai bagian dari banyak layanan hosting web, dan menyediakan antarmuka yang intuitif dan mudah digunakan yang memudahkan Anda untuk menginstal aplikasi web seperti WordPress, Joomla, dan banyak lagi. Fantastico juga menyediakan fitur untuk memperbarui dan mengelola aplikasi web yang telah diinstal, sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang pemeliharaan aplikasi web. Dengan menggunakan Fantastico, Anda dapat membuat website dengan cepat dan mudah, bahkan jika Anda tidak memiliki banyak pengalaman.

File Permission adalah sistem yang digunakan oleh sistem operasi untuk mengontrol akses pengguna ke file atau direktori di komputer. File Permission menentukan siapa yang dapat melakukan aksi seperti membaca, menulis, atau menghapus file atau direktori tersebut. File Permission juga dapat menentukan siapa yang dapat mengubah atau memodifikasi permission itu sendiri. Dengan menggunakan File Permission, Anda dapat mengatur hak akses pengguna ke file dan direktori secara lebih terperinci dan memastikan bahwa hanya pengguna yang memiliki hak akses yang tepat yang dapat mengakses file atau direktori tersebut.

Forum adalah sebuah platform online yang memungkinkan orang-orang untuk berkomunikasi dan bertukar ide dengan cara menulis dan membaca pesan-pesan yang diposting oleh orang lain. Forum biasanya terdiri dari beberapa sub-forum yang membahas topik-topik yang berbeda, dan setiap sub-forum biasanya memiliki beberapa thread yang membahas topik-topik spesifik dalam sub-forum tersebut. Forum biasanya digunakan oleh komunitas-komunitas yang memiliki minat yang sama untuk berkomunikasi dan bertukar informasi tentang topik-topik yang mereka minati.

G

Git adalah sistem pengontrol versi yang digunakan untuk mengelola proyek perangkat lunak. Git memungkinkan pengembang untuk menyimpan revisi dari kode mereka secara teratur, sehingga mereka dapat dengan mudah kembali ke versi sebelumnya jika diperlukan. Ini sangat berguna ketika bekerja dalam tim, karena dapat membantu mengelola perubahan yang dibuat oleh banyak orang secara bersamaan. Selain itu, Git juga memungkinkan pengembang untuk berkolaborasi dengan mudah, karena mereka dapat dengan mudah mengirim dan menerima perubahan kode dari rekan kerja mereka.

Google Authenticator adalah aplikasi ponsel yang menyediakan layanan autentikasi dua faktor untuk akun online Anda. Ini berarti bahwa untuk masuk ke akun, Anda harus mengkonfirmasi identitas dengan menggunakan kode verifikasi dua faktor yang diberikan oleh aplikasi Google Authenticator. Ini menambah lapisan keamanan ekstra untuk akun Anda, karena meskipun seseorang tahu nama pengguna dan kata sandi, mereka masih tidak dapat masuk ke akun Anda tanpa kode verifikasi dari Google Authenticator.

Green Hosting adalah layanan hosting web yang menggunakan sumber daya yang ramah lingkungan. Ini bisa berupa penggunaan energi bersih, seperti tenaga matahari atau angin, atau bisa juga berupa praktik-praktik yang membantu mengurangi emisi gas rumah kaca. Penggunaan Green Hosting dapat membantu mengurangi dampak lingkungan dari aktivitas hosting web, sehingga membantu memelihara lingkungan yang sehat dan lestari. Beberapa provider Green Hosting juga dapat memberikan sertifikat atau label yang menunjukkan bahwa mereka telah mengikuti standar dan praktik ramah lingkungan.

Guestbook adalah sebuah fitur yang biasanya disertakan pada sebuah website, yang memungkinkan pengunjung website tersebut untuk meninggalkan pesan atau komentar. Guestbook biasanya terletak pada halaman yang mudah ditemukan, seperti halaman depan website atau halaman kontak, dan biasanya meminta pengunjung untuk mengisi informasi seperti nama, alamat email, dan pesan yang ingin disampaikan. Guestbook biasanya digunakan sebagai cara untuk mengumpulkan umpan balik dari pengunjung website, atau sebagai cara untuk menjalin komunikasi dengan pengunjung website.

H

Hosting package adalah sebuah paket layanan hosting yang ditawarkan oleh perusahaan hosting. Paket hosting biasanya mencakup berbagai fitur dan layanan yang dibutuhkan untuk meng-host sebuah situs web, seperti ruang penyimpanan, bandwidth, dan alamat IP. Perusahaan hosting biasanya menawarkan berbagai paket hosting dengan berbagai tingkatan fitur dan harga yang berbeda, sehingga Anda dapat memilih paket yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda. Beberapa contoh paket hosting yang umum ditawarkan oleh perusahaan hosting adalah paket hosting shared, paket hosting VPS, dan paket hosting dedicated.

Hotlink protection adalah sebuah fitur yang digunakan untuk melindungi file-file multimedia yang disimpan pada situs web dari penggunaan tanpa izin oleh situs web lain. Hotlink protection akan mencegah situs web lain dari menyertakan atau menautkan file-file multimedia dari situs web Anda pada situs web mereka. Fitur ini berguna jika Anda ingin mencegah orang lain menggunakan file-file multimedia dari situs web tanpa izin, sehingga Anda dapat menjaga hak cipta atau kepemilikan file-file tersebut. Hotlink protection juga berguna jika Anda ingin mencegah situs web lain menggunakan bandwidth dari situs web untuk menampilkan file-file multimedia yang disimpan pada situs web Anda.

Home directory adalah direktori yang biasanya digunakan sebagai tempat penyimpanan default untuk file-file pengguna. Setiap pengguna biasanya memiliki home directory yang terpisah, yang berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan file pribadi mereka. Home directory biasanya dapat diakses melalui perintah “cd ~” di banyak sistem operasi. Hal ini berguna untuk memisahkan file pengguna satu sama lain, sehingga meningkatkan keamanan dan memudahkan pengelolaan file.

.htaccess adalah sebuah file konfigurasi yang dapat digunakan oleh web server Apache untuk mengatur akses pengguna ke website. File .htaccess berisi perintah yang dapat mempengaruhi bagaimana web server Apache menjalankan situs web Anda, seperti mengatur redirect, membatasi akses pengguna, atau mengatur cache. File .htaccess biasanya ditempatkan di dalam direktori root website, sehingga dapat mempengaruhi kinerja website secara keseluruhan. Karena file .htaccess memiliki kekuatan yang luas dalam mengatur akses pengguna, Anda harus berhati-hati dalam mengubah konfigurasi yang ada di dalam file tersebut.

Horizontal Scaling adalah teknik yang digunakan untuk meningkatkan performa dan skala suatu sistem dengan menambahkan lebih banyak server atau perangkat ke dalam sistem tersebut. Cara ini biasanya dilakukan untuk mengatasi masalah performa yang diakibatkan oleh peningkatan jumlah pengguna atau data yang ditangani oleh sistem. Dengan menambahkan lebih banyak server atau perangkat ke dalam sistem, maka beban kerja dapat dibagi secara merata di antara semua server atau perangkat tersebut, sehingga dapat meningkatkan performa dan skala sistem secara keseluruhan. Horizontal Scaling biasanya digunakan bersama dengan load balancer untuk mengatur distribusi beban kerja di antara server atau perangkat yang terhubung ke dalam sistem.

I

IP address adalah segala bentuk alamat atau nomor yang digunakan untuk mengidentifikasi atau mengakses suatu perangkat atau komputer di jaringan internet. IP address biasanya terdiri dari beberapa bagian, di antaranya protokol (seperti “IPv4” atau “IPv6”), jenis atau tipe alamat (seperti “publik” atau “privat”), dan nomor alamat (seperti “192.168.1.1” atau “10.0.0.1”). IP address bisa menjadi cara yang efektif bagi perangkat atau komputer untuk terhubung atau berkomunikasi dengan perangkat atau komputer lain di jaringan internet, dan untuk membantu meningkatkan keamanan atau kontrol atas jaringan atau sistem yang digunakan.

IP Blocker adalah program atau perangkat yang digunakan untuk memblokir akses ke suatu jaringan atau server web berdasarkan alamat IP. IP adalah nomor unik yang diberikan kepada setiap perangkat yang terhubung ke internet, dan IP Blocker dapat digunakan untuk memblokir akses dari alamat IP tertentu ke jaringan atau server. Ini bisa dilakukan untuk berbagai alasan, seperti mengurangi serangan DDoS atau mencegah akses dari lokasi geografis tertentu. Namun, pastikan untuk tidak memblokir alamat IP yang seharusnya dapat mengakses jaringan atau server Anda, karena ini dapat menyebabkan masalah bagi pengguna yang diizinkan mengaksesnya.

ISPConfig adalah platform manajemen hosting web yang dapat digunakan untuk mengelola server web, hosting, dan domain. ISPConfig menyediakan antarmuka yang intuitif dan mudah digunakan yang memungkinkan Anda untuk mengelola berbagai aspek dari server web, seperti penambahan dan pengelolaan pengguna, pengaturan keamanan, dan banyak lagi. ISPConfig juga memungkinkan Anda untuk mengelola beberapa server web dari satu tempat, sehingga memudahkan pengelolaan jika Anda memiliki lebih dari satu server web.

ISPmanager adalah platform manajemen hosting web yang memungkinkan Anda untuk mengelola server web, hosting, dan domain. ISPmanager menyediakan antarmuka yang intuitif dan mudah digunakan, yang memungkinkan Anda untuk mengelola berbagai aspek dari server web, seperti penambahan dan pengelolaan pengguna, pengaturan keamanan, dan banyak lagi. ISPmanager juga memungkinkan Anda untuk mengelola beberapa server web dari satu tempat, sehingga memudahkan pengelolaan jika Anda memiliki lebih dari satu server web.

IMAP adalah singkatan dari Internet Message Access Protocol. Ini adalah sebuah protokol yang digunakan oleh aplikasi email untuk mengakses pesan-pesan yang disimpan di server email. IMAP memungkinkan pengguna untuk mengakses pesan-pesan email dari beberapa perangkat sekaligus, sehingga dapat memudahkan pengguna untuk mengatur dan mengelola pesan-pesan emailnya. Protokol ini juga memungkinkan pengguna untuk menyimpan pesan-pesan email di server sehingga dapat diakses dari beberapa perangkat sekaligus. IMAP merupakan protokol yang populer digunakan oleh aplikasi email modern.

ICANN adalah singkatan dari Internet Corporation for Assigned Names and Numbers. ICANN adalah sebuah organisasi nirlaba yang didirikan pada tahun 1998 untuk mengelola dan mengatur sistem nama domain dan nomor identifikasi jaringan internet. ICANN bertanggung jawab untuk mengelola daftar domain-domain yang ada di internet dan mengatur bagaimana domain-domain tersebut diberikan kepada pengguna. ICANN juga bertanggung jawab untuk mengatur bagaimana alamat IP diberikan kepada pengguna internet dan memastikan bahwa setiap alamat IP unik dan tidak terduplikasi.

J

Joomla adalah sebuah sistem manajemen konten (CMS) yang dapat digunakan untuk membuat dan mengelola website. Joomla dikembangkan sebagai proyek open source, sehingga tersedia secara gratis untuk digunakan. Joomla menyediakan banyak fitur yang memudahkan untuk membuat dan mengelola website, seperti templating, menu navigasi, dan banyak lagi. Joomla juga memiliki banyak komunitas pengguna yang aktif, sehingga Anda dapat menemukan banyak sumber daya dan dukungan jika Anda mengalami masalah. Joomla banyak digunakan oleh organisasi, perusahaan, dan individu untuk membuat website yang kompleks dan canggih.

K

Kernel adalah sebuah bagian dari sistem operasi yang bertanggung jawab untuk mengatur akses pengguna ke perangkat keras komputer. Kernel juga bertanggung jawab untuk mengelola sumber daya sistem, seperti memori, dan mengatur jalannya aplikasi yang terinstal pada komputer. Kernel version adalah nomor versi kernel yang sedang digunakan oleh sistem operasi. Kernel versi yang lebih tinggi biasanya mencakup fitur-fitur baru dan perbaikan-perbaikan yang dibuat oleh pengembang sistem operasi. Anda dapat mengecek versi kernel yang sedang digunakan oleh sistem operasi dengan menggunakan perintah yang disediakan oleh sistem operasi tersebut.

L

Leech Protection adalah fitur yang digunakan untuk mencegah pengguna yang tidak sah mengakses konten atau layanan yang diberikan oleh suatu jaringan atau server. Fitur ini biasanya digunakan pada layanan hosting web untuk mencegah pengguna yang mengunduh banyak data dari server dan menggunakan sumber daya server secara tidak wajar. Leech Protection biasanya mengatur batasan untuk jumlah data yang dapat diunduh oleh pengguna dalam jangka waktu tertentu, dan jika pengguna melebihi batasan tersebut, aksesnya akan diblokir. Ini bisa membantu menjaga performa server dan memastikan bahwa layanan yang diberikan tetap tersedia bagi pengguna yang sah.

Live Chat Support adalah fitur yang memungkinkan Anda untuk berkomunikasi langsung dengan pelanggan atau pengunjung website melalui obrolan teks. Ini biasanya dilakukan melalui sebuah widget yang terletak di website, yang memungkinkan pelanggan atau pengunjung untuk mengirim pesan kepada Anda secara langsung. Anda dapat menjawab pesan tersebut secara langsung, sehingga memungkinkan untuk menangani pertanyaan atau masalah pelanggan dengan cepat dan efisien. Live Chat Support dapat membantu meningkatkan pelayanan pelanggan dan kepuasan pelanggan, karena memudahkan pelanggan untuk mendapatkan bantuan yang mereka butuhkan dengan cepat.

Load Balancer adalah perangkat atau sistem yang bertugas untuk membagi beban kerja di antara beberapa server atau perangkat lainnya. Load Balancer biasanya digunakan untuk meningkatkan performa dan ketahanan suatu sistem dengan cara membagi beban kerja di antara beberapa server atau perangkat yang terhubung ke dalam jaringan. Load Balancer dapat dikonfigurasi untuk membagi beban kerja secara merata di antara server atau perangkat yang terhubung ke dalam jaringan, sehingga dapat meningkatkan performa dan ketahanan sistem secara keseluruhan.

M

ModSecurity adalah sebuah perangkat lunak open-source yang berfungsi sebagai firewall untuk aplikasi web. Ini dapat membantu melindungi aplikasi web dari berbagai jenis serangan, seperti injection SQL dan serangan Cross-Site Scripting (XSS). ModSecurity dapat diinstal pada server web dan beroperasi sebagai sebuah module yang menganalisis lalu lintas HTTP serta mengeksekusi aturan yang telah ditetapkan untuk mendeteksi dan mencegah serangan yang tidak diinginkan.

MySQL adalah sebuah sistem manajemen basis data relasional (RDBMS) yang populer. RDBMS adalah sebuah sistem yang mengelola basis data dengan menggunakan struktur data tabel yang terkait dengan relasi antar tabel-tabel tersebut. MySQL dapat digunakan untuk menyimpan dan mengelola berbagai jenis data, seperti data transaksi, data inventori, data pelanggan, dan sebagainya. MySQL dapat diinstal pada berbagai sistem operasi seperti Linux, Windows, dan MacOS, dan dapat digunakan bersama dengan banyak bahasa pemrograman seperti PHP, Java, dan C++. MySQL sangat cocok digunakan untuk aplikasi web karena mudah diinstal dan dipelajari, serta memiliki performa yang sangat baik.

MySQL version adalah nomor versi MySQL yang sedang digunakan pada sistem. MySQL versi yang lebih tinggi biasanya mencakup fitur-fitur baru dan perbaikan-perbaikan yang dibuat oleh pengembang MySQL. Anda dapat mengecek versi MySQL yang sedang digunakan dengan menggunakan perintah MySQL yang disediakan oleh sistem operasi. Informasi ini berguna jika Anda ingin memastikan bahwa Anda menggunakan versi MySQL yang terbaru dan paling stabil.

MultiPHP Manager adalah fitur yang ditawarkan oleh beberapa hosting web yang memungkinkan pengguna untuk mengelola versi PHP yang digunakan oleh situs web mereka secara individu. Fitur ini berguna karena dapat membantu meningkatkan keamanan dan kinerja situs web dengan mengizinkan pengguna untuk menggunakan versi PHP yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka. Dengan MultiPHP Manager, pengguna juga dapat dengan mudah mengupgrade atau downgrade versi PHP yang digunakan oleh situs web mereka sesuai dengan kebutuhan.

Microsoft Azure adalah platform cloud computing yang dikembangkan oleh Microsoft. Azure menyediakan berbagai layanan cloud, seperti penyimpanan data, pemrosesan data, dan banyak lagi. Azure memungkinkan Anda untuk membuat dan menjalankan aplikasi di cloud, sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang pemeliharaan hardware atau infrastruktur. Azure juga menyediakan banyak fitur keamanan dan manajemen untuk membantu Anda mengelola aplikasi dan layanan cloud dengan mudah.

MX Record adalah entri dalam Domain Name System (DNS) yang menentukan server email yang digunakan oleh sebuah domain. MX Record menyimpan informasi tentang server email yang dapat digunakan untuk menerima email untuk domain tersebut. Ketika seseorang mengirim email ke alamat email yang berakhiran dengan domain tersebut, sistem email akan mengecek MX Record untuk menentukan server email yang akan digunakan untuk menerima email tersebut. Dengan mengatur MX Record dengan benar, Anda dapat memastikan bahwa email yang dikirim ke alamat email Anda akan diterima dan dapat diproses dengan benar.

MariaDB adalah sistem manajemen basis data (DBMS) yang merupakan fork dari MySQL, yang merupakan DBMS terpopuler yang tersedia secara gratis. MariaDB dikembangkan oleh sekelompok programmer yang tidak terikat pada perusahaan MySQL, dan mencoba untuk menyediakan solusi yang lebih terbuka dan terjangkau bagi para penggunanya. MariaDB memiliki kemiripan dengan MySQL dari sisi fitur dan syntax, sehingga mudah dipelajari bagi para pengguna MySQL. MariaDB juga menambahkan beberapa fitur baru yang tidak tersedia di MySQL, seperti penyimpanan data ColumnStore untuk data warehousing, dan fitur-fitur yang memudahkan pengelolaan database yang lebih besar. MariaDB juga memiliki komunitas yang lebih terbuka dan terlibat dalam pengembangannya, sehingga banyak pengguna yang merasa lebih nyaman menggunakan MariaDB daripada MySQL.

N

Node.js adalah platform pengembangan aplikasi web yang menggunakan bahasa JavaScript. Node.js memungkinkan pengembang untuk menulis aplikasi server-side menggunakan JavaScript, yang biasanya hanya digunakan untuk menulis kode client-side yang berjalan di dalam browser. Dengan menggunakan Node.js, pengembang dapat membuat aplikasi yang responsif dan scalable dengan mudah. Node.js juga memiliki ekosistem yang kaya akan pustaka (library) yang dapat membantu pengembang dalam proses pengembangan aplikasi.

Nginx adalah sebuah web server yang populer. Nginx dikenal karena kemampuannya dalam menangani banyak koneksi sekaligus dengan cepat, sehingga cocok untuk digunakan pada aplikasi web yang memiliki banyak traffic. Nginx juga dapat digunakan sebagai reverse proxy, yaitu sebagai perantara antara server web dengan internet. Hal ini memungkinkan Nginx untuk mengatur bagaimana permintaan dari internet diteruskan ke server web yang sesuai, sehingga membantu meningkatkan kinerja dan keamanan aplikasi web.

O

Operating system atau sistem operasi adalah sebuah perangkat lunak yang mengatur dan mengontrol akses pengguna ke perangkat keras komputer, seperti memori, hard disk, dan perangkat input/output lainnya. Operating system juga bertanggung jawab untuk mengatur jalannya aplikasi yang terinstal pada komputer, sehingga aplikasi dapat berjalan dengan lancar. Contoh sistem operasi yang populer adalah Windows, MacOS, dan Linux. Sistem operasi memainkan peran penting dalam mengatur dan mengontrol akses pengguna ke sumber daya komputer, sehingga pengguna dapat menggunakan komputer secara efektif.

osCommerce adalah sebuah aplikasi open source yang dapat digunakan untuk membuat dan mengelola toko online. osCommerce menyediakan banyak fitur yang memudahkan Anda untuk mengelola produk, kategori, dan pesanan di toko online. osCommerce juga menyediakan banyak modul dan ekstensi yang dapat Anda tambahkan untuk menambahkan fitur tambahan, seperti integrasi dengan sistem pembayaran, sistem pengiriman, dan banyak lagi. Dengan menggunakan osCommerce, Anda dapat membuat toko online yang professional dan mudah digunakan oleh pelanggan.

P

Plesk adalah platform manajemen hosting web yang memungkinkan pengguna untuk mengelola situs web, server, dan layanan hosting lainnya melalui antarmuka yang intuitif dan mudah digunakan. Plesk juga menyediakan berbagai fitur yang membantu pengguna mengelola dan mengoptimalkan performa situs web mereka, termasuk alat pengelolaan konten, pemantauan uptime, dan pemantauan keamanan.

phpMyAdmin adalah sebuah aplikasi web open-source yang memungkinkan Anda mengelola basis data MySQL melalui interfacenya yang intuitif. Dengan menggunakan phpMyAdmin, Anda dapat melakukan berbagai operasi basis data seperti menciptakan dan menghapus database, menambahkan atau menghapus tabel, dan mengelola data yang disimpan dalam database. phpMyAdmin juga menyediakan fitur-fitur seperti import dan export data, pemantauan prestasi dan keamanan, serta pengaturan hak akses pengguna. Ini adalah alat yang sangat berguna bagi pengembang web yang ingin mengelola basis data MySQL secara efektif.

Primary domain adalah nama domain utama yang ditetapkan untuk sebuah situs web atau aplikasi web. Ini adalah alamat web yang akan ditampilkan di browser ketika seseorang mengunjungi situs web Anda. Primary domain biasanya ditetapkan sebagai bagian dari konfigurasi hosting web, dan akan menjadi alamat web yang akan ditunjukkan pada pengguna ketika mereka mengakses situs web. Sebagai contoh, jika Anda memiliki situs web dengan nama www.situstarget.com, maka www.situstarget.com adalah primary domain dari situs web tersebut.

Password-Protected Directories adalah direktori yang dilindungi oleh password. Ini merupakan fitur keamanan yang memungkinkan hanya pengguna yang memiliki password yang tepat untuk mengakses konten di dalam direktori tersebut. Ini berguna untuk menjaga informasi sensitif atau privasi pengguna, seperti dokumen pribadi atau informasi akun.

PHP Settings adalah konfigurasi yang dapat Anda atur untuk mengontrol bagaimana PHP, bahasa pemrograman web yang populer, beroperasi. PHP Settings dapat mengontrol hal-hal seperti batas waktu eksekusi skrip PHP, ukuran file yang dapat diunggah, dan banyak lagi. Pengaturan ini dapat membantu meningkatkan keamanan dan kinerja aplikasi web yang dibuat menggunakan PHP.

PHP Composer adalah alat paket manajemen PHP. Ini memungkinkan Anda untuk mengelola dependensi atau pustaka yang dibutuhkan oleh proyek PHP Anda. Dengan menggunakan PHP Composer, Anda dapat dengan mudah menambahkan dan memperbarui pustaka yang dibutuhkan oleh proyek Anda, sehingga memudahkan proses pengembangan. PHP Composer juga memungkinkan Anda untuk membagikan proyek Anda dengan mudah kepada orang lain, karena semua dependensi yang dibutuhkan akan disertakan secara otomatis.

Perl adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang digunakan untuk berbagai keperluan, termasuk pengolahan data, manipulasi teks, dan pengembangan aplikasi web. Perl dikembangkan pada tahun 1987 oleh Larry Wall, seorang programmer dan jurnalis komputer. Bahasa pemrograman ini memiliki fitur yang kuat dan fleksibel, sehingga banyak digunakan oleh programmer untuk menyelesaikan berbagai tugas yang kompleks. Perl juga dikenal karena kemampuannya dalam menangani data yang besar dan kompleks dengan cepat dan efisien.

POP3 adalah singkatan dari Post Office Protocol versi 3. Ini adalah sebuah protokol yang digunakan oleh klien email untuk mengambil pesan-pesan dari server email dan mengunduhnya ke komputer pribadi. POP3 biasanya digunakan oleh aplikasi email seperti Microsoft Outlook atau Mozilla Thunderbird untuk mengambil pesan-pesan yang tersimpan di server email dan menyimpannya di komputer pengguna. Protokol ini hanya mengunduh pesan-pesan dari server email dan menghapusnya dari server setelah selesai diunduh, sehingga tidak memungkinkan pengguna untuk mengakses pesan-pesan tersebut dari beberapa perangkat sekaligus.

Parked Domain adalah sebuah domain yang tidak digunakan untuk menampilkan website atau konten apapun. Parked Domain biasanya digunakan oleh orang-orang atau perusahaan yang memiliki lebih dari satu domain, tetapi tidak ingin atau belum siap untuk menggunakan semua domain tersebut untuk menampilkan website atau konten. Ketika pengunjung mengakses sebuah Parked Domain, mereka akan melihat halaman yang menyatakan bahwa domain tersebut tidak digunakan atau sedang tidak aktif. Parked Domain biasanya digunakan sebagai cara untuk menyimpan domain yang diperoleh oleh orang atau perusahaan tersebut tanpa harus mengeluarkan biaya untuk menyimpan domain tersebut.

R

Remote MySQL adalah sebuah fitur yang memungkinkan Anda mengakses basis data MySQL yang terinstal pada server yang berbeda dari komputer yang Anda gunakan. Fitur ini berguna jika Anda memiliki aplikasi web yang dihosting pada server yang berbeda dari server yang menjalankan basis data MySQL. Dengan mengaktifkan Remote MySQL, Anda dapat mengakses basis data MySQL tersebut menggunakan aplikasi yang terinstal pada komputer Anda, sehingga Anda dapat mengelola dan mengolah data secara efektif. Remote MySQL juga berguna jika Anda bekerja dalam tim dan ingin berbagi basis data MySQL dengan anggota tim lainnya yang berada di lokasi yang berbeda.

Ruby adalah bahasa pemrograman dinamis yang populer. Dikembangkan oleh Yukihiro “Matz” Matsumoto, Ruby memiliki sintaks yang mudah dipahami dan dipakai untuk membuat berbagai macam aplikasi, termasuk aplikasi web. Ruby biasanya digunakan bersama dengan framework seperti Ruby on Rails, yang memungkinkan pengembang untuk membangun aplikasi web dengan cepat dan mudah. Beberapa perusahaan terkenal yang menggunakan Ruby diantaranya adalah Airbnb, GitHub, dan Shopify.

RAID (Redundant Array of Independent Disks) adalah sebuah teknologi yang menggabungkan beberapa hard disk menjadi satu array untuk meningkatkan performa dan keamanan data. Ada beberapa level RAID yang berbeda, yang menawarkan solusi yang berbeda untuk meningkatkan performa dan keamanan data. Misalnya, level RAID 0 menggabungkan beberapa hard disk menjadi satu untuk meningkatkan performa, sedangkan level RAID 1 menggandakan data ke dua hard disk untuk meningkatkan keamanan data. Penggunaan RAID dapat membantu meningkatkan performa dan keamanan data di komputer atau server.

Reseller Hosting adalah layanan hosting web di mana pengguna dapat membeli paket hosting dari provider hosting dan kemudian menjual kembali layanan tersebut kepada klien mereka sendiri. Ini merupakan cara yang populer bagi orang-orang atau bisnis kecil untuk menjual layanan hosting tanpa harus mengelola server mereka sendiri. Reseller Hosting biasanya menawarkan fitur-fitur yang sama dengan layanan hosting biasa, seperti ruang penyimpanan, bandwidth, dan akses FTP, tetapi dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan klien.

RunCloud adalah sebuah platform yang memungkinkan pengguna untuk mengelola server cloud mereka dengan mudah. RunCloud menawarkan berbagai fitur yang dapat membantu pengguna dalam mengelola server cloud mereka, seperti fitur untuk mengelola akun pengguna, membuat dan mengelola aplikasi web, dan mengelola database. RunCloud juga menawarkan fitur-fitur yang dapat membantu pengguna dalam meningkatkan keamanan server cloud mereka, seperti firewall, proteksi DDoS dengan bantuan Cloudflare, dan sistem backup. RunCloud dapat dijalankan pada berbagai platform cloud, seperti DigitalOcean, Vultr, dan Linode.

S

Spam adalah pesan yang tidak diinginkan atau tidak relevan, yang dikirimkan secara masif atau berlebihan kepada banyak orang atau alamat email. Spam biasanya terdiri dari beberapa bagian, di antaranya subjek atau judul, isi atau konten, dan tautan atau lampiran. Spam bisa menjadi ancaman serius bagi perusahaan atau individu, karena dapat mengakibatkan kebingungan atau kekacauan dalam berkomunikasi atau bertransaksi melalui email, dan dapat mengakibatkan kerugian atau kerusakan pada jaringan atau sistem yang digunakan.

SSL (Secure Sockets Layer) adalah protokol atau standar yang digunakan untuk mengamankan atau menyandikan komunikasi atau transaksi yang dilakukan melalui jaringan internet. SSL biasanya terdiri dari beberapa bagian, di antaranya kunci atau sertifikat, algoritma atau enkripsi, dan autentikasi atau verifikasi. SSL bisa menjadi cara yang efektif bagi perusahaan atau individu untuk mengamankan atau menyandikan komunikasi atau transaksi yang dilakukan melalui jaringan internet, dan untuk membantu meningkatkan keamanan atau kontrol atas jaringan atau sistem yang digunakan.

Shared hosting adalah layanan atau akses yang ditawarkan oleh suatu provider atau penyedia hosting, di mana suatu server atau perangkat fisik dibagi atau dialokasikan untuk digunakan oleh beberapa pengguna atau klien secara bersamaan. Shared hosting biasanya digunakan oleh perusahaan atau organisasi yang membutuhkan layanan atau akses yang murah atau terjangkau, atau yang tidak membutuhkan tingkat kapasitas atau performa yang tinggi dari server atau perangkat yang digunakan. Shared hosting bisa menjadi cara yang efektif bagi perusahaan atau organisasi untuk menyediakan layanan atau akses yang berkualitas atau handal kepada audiens atau pengguna, dan untuk membantu meningkatkan efisiensi atau produktivitas dalam mengelola atau mengatur jaringan atau sistem yang disediakan.

SSH (Secure Shell) adalah protokol jaringan yang memungkinkan Anda mengakses komputer lain secara aman melalui jaringan. SSH menyediakan mekanisme enkripsi yang aman untuk mengirimkan perintah dan data melalui jaringan, sehingga Anda dapat dengan aman mengakses komputer jarak jauh dan menjalankan perintah pada komputer tersebut seolah-olah Anda sedang menggunakannya secara langsung. SSH juga sering digunakan untuk mengakses server web dan mengelola server dari jarak jauh.

Server information adalah informasi tentang server yang digunakan untuk menjalankan sebuah situs web atau aplikasi web. Informasi ini bisa mencakup berbagai hal, seperti sistem operasi yang digunakan, versi MySQL yang digunakan, dan lain-lain. Informasi server ini berguna bagi pengembang web yang ingin memastikan bahwa situs web atau aplikasi web yang dikembangkan mereka dapat berjalan dengan lancar pada server tersebut. Informasi server juga berguna bagi perusahaan hosting yang ingin memastikan bahwa server yang digunakan sesuai dengan spesifikasi yang diperlukan oleh situs web atau aplikasi web yang dihosting.

Subdomains adalah nama domain yang ditambahkan sebelum primary domain atau addon domain. Subdomains biasanya digunakan untuk memisahkan bagian-bagian dari situs web yang berbeda menjadi alamat web yang terpisah. Sebagai contoh, jika Anda memiliki situs web dengan nama www.situstarget.com sebagai primary domain, Anda dapat menambahkan subdomain bernama forum.situstarget.com untuk bagian forum dari situs web Anda. Subdomains biasanya digunakan untuk membuat struktur situs web yang lebih terorganisir dan mudah diakses.

Server Monitoring adalah proses yang melacak kinerja dan keadaan server secara terus-menerus. Ini berguna untuk memastikan bahwa server beroperasi dengan baik dan tidak mengalami gangguan atau masalah. Server Monitoring dapat mencakup hal-hal seperti memantau tingkat penggunaan sumber daya server, memonitor kinerja aplikasi yang dijalankan di server, dan memantau ketersediaan jaringan. Dengan menggunakan Server Monitoring, Anda dapat mengidentifikasi masalah segera setelah terjadi dan mengambil tindakan yang diperlukan untuk memperbaikinya sebelum menjadi masalah yang lebih besar.

SFTP (Secure File Transfer Protocol) adalah protokol yang digunakan untuk mentransfer file secara aman melalui jaringan. SFTP menggunakan enkripsi untuk mengamankan data yang dikirimkan, sehingga memastikan bahwa data tidak dapat diakses oleh orang yang tidak memiliki hak akses. SFTP juga menyediakan autentikasi untuk memastikan bahwa hanya pengguna yang memiliki akses yang sah yang dapat mengakses file yang dikirimkan. SFTP sering digunakan untuk mentransfer file antara komputer atau server, karena memungkinkan Anda untuk mentransfer file dengan aman dan efisien.

Spam Filter adalah sebuah sistem yang digunakan untuk mengidentifikasi dan memblokir email yang dianggap spam. Spam Filter biasanya menggunakan berbagai metode untuk mengidentifikasi spam, seperti menganalisis konten email, mengecek sumber email, atau mengecek daftar hitam email yang diketahui spam. Jika Spam Filter menemukan bahwa sebuah email dianggap spam, email tersebut biasanya akan diblokir atau dimasukkan ke folder spam agar tidak ditampilkan di inbox. Dengan menggunakan Spam Filter, Anda dapat memblokir email spam sebelum mereka mengganggu kmu, sehingga membuat kotak masuk Anda lebih rapi dan teratur.

ServerPilot adalah sebuah platform yang memungkinkan pengguna untuk mengelola server cloud mereka dengan mudah. ServerPilot menawarkan berbagai fitur yang dapat membantu pengguna dalam mengelola server cloud mereka, seperti fitur untuk mengelola akun pengguna, membuat dan mengelola aplikasi web, dan mengelola database. ServerPilot juga menawarkan fitur-fitur yang dapat membantu pengguna dalam meningkatkan keamanan server cloud mereka, seperti firewall, SSL, dan SFTP. ServerPilot dapat dijalankan pada berbagai platform cloud, seperti DigitalOcean, Vultr, dan Linode.

T

Terminal adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk mengakses sistem operasi dari command line atau interface perintah. Terminal memungkinkan Anda menjalankan perintah-perintah dasar sistem operasi, seperti menjalankan program, mengakses file, dan mengelola proses yang sedang berjalan. Terminal biasanya digunakan oleh pengembang atau administrator sistem untuk mengelola dan mengoptimalkan sistem operasi secara lebih detail. Terminal juga berguna bagi pengguna yang ingin mempelajari lebih dalam tentang sistem operasi dan cara menggunakannya.

TLD (Top-Level Domain) adalah bagian teratas dari domain internet. TLD biasanya berada setelah titik terakhir dalam sebuah domain, misalnya “.com” dalam “situstarget.com”. Ada berbagai macam TLD yang tersedia, seperti “.com” untuk perusahaan, “.org” untuk organisasi non-pemerintah, “.edu” untuk institusi pendidikan, dan banyak lagi. TLD menunjukkan jenis website yang dapat Anda temukan di domain tersebut, sehingga membantu pengguna internet menemukan website yang mereka cari. TLD juga dapat digunakan untuk menunjukkan negara asal domain tersebut, seperti “.uk” untuk Inggris, atau “.au” untuk Australia.

U

User Manager adalah sebuah fitur yang digunakan untuk mengelola pengguna yang terdaftar pada sebuah situs web atau aplikasi. User Manager biasanya memungkinkan Anda menambahkan, mengedit, dan menghapus pengguna yang terdaftar pada situs web atau aplikasi tersebut. User Manager juga biasanya menyediakan fitur-fitur seperti pengaturan hak akses, grup pengguna, dan lain-lain. User Manager berguna bagi administrator situs web atau aplikasi yang ingin mengelola pengguna yang terdaftar pada situs web atau aplikasi tersebut dengan lebih mudah. Fitur ini juga berguna bagi pengguna yang ingin mengelola akun pengguna mereka sendiri, seperti mengubah password atau mengatur pengaturan privasi.

Unlimited Hosting adalah layanan hosting web yang menawarkan kapasitas penyimpanan dan bandwidth yang tidak terbatas. Ini berarti bahwa Anda dapat menyimpan sebanyak mungkin file dan menggunakan sebanyak mungkin bandwidth tanpa batasan apa pun. Unlimited Hosting biasanya ditawarkan dengan harga tetap, sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang biaya tambahan yang mungkin terjadi jika menggunakan kapasitas atau bandwidth yang lebih banyak. Unlimited Hosting dapat berguna jika Anda memiliki website yang membutuhkan banyak penyimpanan atau menggunakan banyak bandwidth, seperti website yang menyediakan file download atau streaming video.

Uptime adalah jumlah waktu yang telah berlalu sejak sebuah server atau sistem menjalankan tanpa gangguan atau masalah. Uptime biasanya dinyatakan dalam persentase, misalnya “99,99% uptime”, yang berarti bahwa server atau sistem tersebut telah berjalan tanpa gangguan selama 99,99% dari waktu. Uptime yang tinggi sangat penting bagi website atau aplikasi yang membutuhkan ketersediaan yang tinggi, seperti website e-commerce atau sistem CRM. Beberapa layanan hosting web menyediakan garansi uptime, yang berarti bahwa mereka akan mengganti atau mengembalikan biaya hosting jika uptime yang ditawarkan tidak terpenuhi.

Uptime Guarantee adalah jaminan yang diberikan oleh sebuah provider hosting untuk menjamin bahwa website yang di-hosting oleh provider tersebut akan selalu online dan dapat diakses oleh pengunjung. Uptime Guarantee biasanya diberikan dalam bentuk persentase, misalnya 99,99%, yang berarti bahwa provider hosting tersebut menjamin bahwa website yang di-hosting oleh mereka akan selalu online selama 99,99% waktu dalam satu bulan. Uptime Guarantee biasanya merupakan salah satu faktor yang dipertimbangkan oleh pelanggan ketika memilih provider hosting, karena uptime yang tinggi akan menjamin bahwa website yang di-hosting oleh provider tersebut dapat diakses oleh pengunjung selama waktu yang lama.

V

Virtual Private Server (VPS) adalah server atau perangkat yang menggunakan teknologi virtualisasi untuk membagi atau mengalokasikan suatu fisik atau sumber daya server menjadi beberapa bagian atau segmen yang dapat diakses atau digunakan secara terpisah. VPS biasanya digunakan oleh perusahaan atau organisasi yang membutuhkan tingkat keamanan atau kontrol yang tinggi atas jaringan atau sistem yang disediakan, atau yang membutuhkan kapasitas atau performa yang tinggi dari jaringan atau sistem tersebut. VPS bisa menjadi cara yang efektif bagi perusahaan atau organisasi untuk menyediakan layanan atau akses yang berkualitas atau handal kepada audiens atau pengguna, dan untuk membantu meningkatkan keamanan atau kontrol atas jaringan atau sistem yang disediakan.

Virtualmin adalah platform manajemen hosting web yang dapat digunakan untuk mengelola server web, hosting, dan domain. Virtualmin menyediakan antarmuka yang intuitif dan mudah digunakan yang memungkinkan Anda untuk mengelola berbagai aspek dari server web, seperti penambahan dan pengelolaan pengguna, pengaturan keamanan, dan banyak lagi. Virtualmin juga memungkinkan Anda untuk mengelola beberapa server web dari satu tempat, sehingga memudahkan pengelolaan jika Anda memiliki lebih dari satu server web.

W

Webmail adalah layanan atau aplikasi yang menyediakan akses atau fitur untuk mengelola atau mengatur email melalui web browser atau peramban internet. Webmail biasanya terdiri dari beberapa bagian, di antaranya antarmuka atau tampilan, fitur atau tools, dan integrasi atau konektivitas. Webmail bisa menjadi cara yang efektif bagi perusahaan atau individu untuk mengelola atau mengatur email secara mudah dan efisien, dan untuk membantu meningkatkan kinerja atau produktivitas mereka dalam berkomunikasi atau bertransaksi melalui email.

WordPress adalah platform yang digunakan untuk membuat atau mengelola situs web atau aplikasi berbasis konten. WordPress biasanya terdiri dari beberapa bagian, di antaranya antarmuka atau tampilan, fitur atau tools, dan tema atau plugin. WordPress bisa menjadi cara yang efektif bagi perusahaan atau individu untuk membuat atau mengelola situs web atau aplikasi yang berkualitas atau handal, dan untuk membantu meningkatkan visibilitas atau daya tarik mereka di mata audiens atau pengguna.

Webmin adalah aplikasi web yang memungkinkan pengguna untuk mengelola server Linux melalui antarmuka web. Webmin menyediakan berbagai alat yang membantu pengguna mengelola berbagai aspek server, seperti konfigurasi jaringan, keamanan, dan layanan yang berjalan di server. Webmin juga memungkinkan pengguna untuk mengelola banyak aspek sistem operasi Linux, seperti pengguna, grup, dan hak akses ke file. Dengan menggunakan Webmin, pengguna dapat mengelola server mereka secara efisien dan efektif tanpa perlu mengetik perintah di terminal.

Webalizer adalah sebuah perangkat lunak open-source yang digunakan untuk menganalisis lalu lintas web dan menghasilkan laporan yang memberikan gambaran tentang bagaimana situs web Anda digunakan. Webalizer dapat membantu Anda mengetahui jumlah pengunjung yang datang ke situs web, halaman mana yang paling banyak dikunjungi, dan negara mana yang paling banyak mengakses situs Anda. Ini juga dapat memberikan informasi tentang alamat IP yang mengakses situs, serta tanggal dan waktu kunjungan. Webalizer dapat membantu Anda memahami bagaimana orang-orang menggunakan situs web, sehingga Anda dapat meningkatkan pengalaman mereka dan meningkatkan daya tarik situs web Anda.

WordPress Toolkit adalah sebuah plugin WordPress yang dikembangkan oleh Plesk. Plugin ini memungkinkan Anda mengelola situs WordPress dengan lebih mudah melalui antarmuka cPanel. Dengan menggunakan WordPress Toolkit, Anda dapat dengan mudah menginstall, memperbarui, dan mengelola tema dan plugin WordPress dari satu tempat. Plugin ini juga menyediakan fitur-fitur seperti cloning, staging, dan pemindaian keamanan untuk membantu Anda mengelola situs WordPress dengan lebih efektif. WordPress Toolkit sangat berguna bagi pemilik situs WordPress yang ingin mengelola situs mereka dengan lebih mudah dan efektif.

Website migration adalah proses memindahkan seluruh konten dari sebuah website ke domain atau server yang baru. Hal ini biasanya dilakukan jika website tersebut akan mengalami perubahan besar, misalnya perubahan desain atau platform yang digunakan. Melakukan website migration juga dapat membantu meningkatkan performa dan keamanan website jika dimigrasikan ke tempat hosting yang tepat.

Windows Hosting adalah layanan hosting web yang menggunakan sistem operasi Windows sebagai platformnya. Ini berbeda dari Linux Hosting, yang menggunakan sistem operasi Linux sebagai platformnya. Windows Hosting biasanya cocok untuk website yang menggunakan teknologi Microsoft, seperti ASP.NET atau Visual Basic. Hal ini karena sistem operasi Windows memiliki dukungan yang lebih baik untuk teknologi-teknologi tersebut. Jika Anda berencana untuk membuat website yang menggunakan teknologi Microsoft, maka Windows Hosting mungkin merupakan pilihan yang tepat untuk Anda.

WordPress Hosting adalah layanan hosting web yang didesain khusus untuk menjalankan website yang dibangun menggunakan platform WordPress. WordPress Hosting biasanya menawarkan fitur-fitur yang dapat memudahkan pelanggan dalam mengelola dan menjalankan website WordPress mereka, seperti instalasi WordPress yang mudah, pengelolaan plugin dan tema WordPress, dan dukungan teknis yang khusus untuk WordPress. WordPress Hosting biasanya juga menawarkan spesifikasi server yang dioptimalkan untuk menjalankan WordPress, sehingga dapat meningkatkan performa dan keandalan website WordPress yang di-hosting oleh provider tersebut.

Windows Server adalah sebuah sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft dan dirancang khusus untuk digunakan pada server. Windows Server menawarkan berbagai fitur dan teknologi yang dapat membantu administrator jaringan dalam mengelola dan menjalankan server, seperti fitur-fitur keamanan yang kuat, dukungan untuk virtualisasi, dan dukungan untuk berbagai jenis aplikasi. Windows Server juga menawarkan berbagai edisi yang sesuai dengan kebutuhan pengguna, seperti edisi Standar, Datacenter, dan Essentials. Windows Server biasanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar atau organisasi-organisasi yang memerlukan solusi server yang handal dan fleksibel.

Z

Zimbra adalah sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola email, kalender, dan tugas. Zimbra dikembangkan oleh perusahaan bernama Zimbra, Inc. yang berbasis di California, Amerika Serikat. Perangkat lunak ini tersedia dalam beberapa versi, termasuk versi gratis dan berbayar. Zimbra biasanya digunakan oleh perusahaan atau organisasi yang membutuhkan solusi manajemen email dan kalender yang kuat dan fleksibel.

Zen Cart adalah sebuah sistem e-commerce yang open-source. Ini adalah platform yang dikembangkan khusus untuk membantu bisnis online mengelola dan menjalankan toko online. Zen Cart menawarkan berbagai fitur seperti pengelolaan produk, integrasi dengan sistem pembayaran, dan dukungan untuk berbagai bahasa dan mata uang. Perangkat lunak ini gratis untuk diunduh dan digunakan, dan tersedia dalam banyak bahasa.

Pin It on Pinterest

Gabung Bersama +30.000 Pembaca Kami!

Daftarkan email anda untuk mendapatkan artikel terbaru dari Situstarget.com.

Proses pendaftaran hampir selesai, mohon cek email Anda dan Klik tombol konfirmasi.