Mengungkap Peluang Tersembunyi Dibalik Kelebihan Perak Dibandingkan Emas

Beberapa Hal yang Menjadi Kelebihan Perak Dibandingkan Emas

Kita tentu lebih sering mendengar investasi emas daripada perak. Namun tak banyak yang tahu, bahwa perak memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan emas.

Tak sedikit juga orang yang memandang sebelah mata si perak ini. Padahal kelebihan perak, bisa dibilang tidak bisa dianggap remeh. Banyak segi kehidupan manusia yang ternyata sangat membutuhkan perak sebagai bahan baku utamanya.

Baca juga: Peran dan Manfaat Emas dalam Berbagai Segi Kehidupan Manusia

Tulisan ini bertujuan membuka wawasan dan pikiran Anda mengenai investasi perak. Jujur, saya sendiri baru menyadari kelebihan perak belum lama ini, setelah saya membaca beberapa artikel yang saya cantumkan pada sumber di akhir tulisan.

Yuk kita simak terkait perak ini dan apa saja kelebihan perak dibanding emas yang bisa membuat Anda berpikir beda.

Tingkat Kemurnian Perak

Tingkat Kemurniaan Perak
Tingkat Kemurniaan Perak via moneymetals.com

Seperti emas, perak memiliki tingkat kemurnian. Bila emas sering memiliki kadar 99.9%, perak yang biasa dipakai dalam perhiasan memiliki tingkat kemurnian 92.5%, dan tembaga 7.5%. Hal ini ada alasannya, perak dengan tingkat kemurnian tinggi, sifat logamnya menjadi lunak dan tidak cocok sebagai perhiasan.

Baca juga: Kelebihan Berinvestasi Emas dalam Bentuk Perhiasan

Sementara perak batangan ada 2 jenis perbedaan tingkat kemurniannya, yaitu 99.9% dan 99.95%. Semakin tinggi tingkat kemurnian, semakin baik. Perak produksi PT. Antam biasanya dengan tingkat kemurnian 99.95%. Saran saya, jangan membeli perak dengan tingkat kadar kemurnian perak yang terlalu rendah.

Adapun perak yang dipergunakan untuk perhiasan antara lain, yaitu Perak Sterling, Silvadium, dan Argentium. Pada perak streling, adalah jenis yang paling umum dipergunakan untuk kerajinan dan perhiasan. Di Indonesia sendiri dikenal dengan perak 925. Keunggulan dari perak streling adalah beratnya yang ringan serta mudah dibentuk.

Baca juga: 7 Fungsi Dinar dan Dirham “Kekinian”

Silvadium adalah paduan logam perak dengan logam mulia lainnya yaitu emas dan palladium. Campuran logam perak membuat warna silvadium menjadi lebih terang dari emas atau platinum, dan memiliki kemiripan dengan warna yang terdapat pada emas putih berkarat 14 dan memiliki tingkat kekerasan yang lebih dari perak sterling. Keunggulan dari logam silvadium yaitu tahan dari oksidasi atau pemudaran.

Argentium merupakan logam campuran yang memiliki kandungan 970 kadar perak murni. Dibandingkan sterling silver, Argentium memiliki kilau yang lebih putih dan menyerupai emas putih, akan tetapi dengan harga yang lebih murah. Logam ini diperkenalkan dan dipatentkan oleh Argentinum Silver Company pada tahun 2009.

Apa yang Memengaruhi Harga Perak?

Hal-hal yang mempengaruhi pergerakan harga perak via blog.goldeneaglecoin.com
Hal-hal yang mempengaruhi pergerakan harga perak via blog.goldeneaglecoin.com

1. Harga Emas

Pergerakan harga perak cenderung mengikuti harga emas. Sehingga bisa dikatakan bahwa harga emas berkorelasi positif pada peningkatan harga perak. Terkait hal ini Anda dapat membaca tulisan saya sebelumnya yang membahas tentang harga emas di sini.

2. Volume Persediaan Emas

Jika terdengar berita bahwa persediaan emas merosot, para investor akan beralih membeli perak. Jadi bisa saja berkorelasi negatif dengan volume persediaan emas, meski jarang terjadi.

Dari segi ketersediaan, data dari Sistem Integrasi Neracana Lingkungan dan Ekonomi Indonesia di tahun 2006 – 2010, yang diterbitkan oleh BPS, menyatakan bahwa cadangan akhir perak pada kurun waktu 2006 – 2010 mengalami tren peningkatan sebesar 8,23% tiap tahun.

Peningkatan tren terbesar tercatat ada di tahun 2008 sebesar 73,27% menjadi 26,19 juta kilogram di akhir tahun. Sedangkan di tahun 2009, turun menjadi 48,38%, dan di tahun 2010 mengalami peningkatan tipis sebesar 3,72% menjadi 14,02 juta kilogram.

Dan tahukah Anda bahwa Indonesia merupakan salah satu negara produsen perak terbesar di dunia yang menyediakan 0,93% total produksi perak dunia.

Negara-negara produsen perak terbesar di dunia
Negara-negara produsen perak terbesar di dunia

3. Konsumsi Perak Oleh Sektor Industri

Berbeda dengan emas, perak menjadi komponen kunci di bidang industri, hingga mencapai 40%. Hal ini disebabkan sifat perak yang mudah menghantarkan listrik.

Perak ini berfungsi sebagai campuran berbagai macam produk, seperti komputer, kendaraan, elektronik, medis, fotografi, maupun campuran produk aplikasi pengawet, pakaian, pencegah kuman pada kayu, palastik, dan baja, industri makanan dan minuman, tekstil, alat pembersih air, hingga persenjataan.

Saat kegiatan produksi produk tersebut mengalami penurunan, harga perak pun ikut jatuh.

4. Para Investor

Oleh karena investasi perak juga diminati oleh kalangan investor, saat harga emas sudah terlalu tinggi, perak tak bisa dihindari menjadi alat investasi bagi para investor serta para trader dunia. Mulai dari Amerika, Swiss, Australia, Kanada, Tiongkok, serta Singapura.
Baca juga: Ini Dia 10 Negara yang Menguasai Sebagian Besar Cadangan Emas di Dunia

5. Pengaruh Ekonomi Dunia

Harga emas dan perak bisa tergantung pada ekonomi dunia, misalnya kondisi bangkitnya ekonomi Amerika yang berpotensi sebagai sentimen negatif yang kuat bagi harga emas dan perak.

Baca juga: Sejarah Emas Sebagai Simbol Kemakmuran dari Masa ke Masa

Kondisi ekonomi Amerika yang bagus, memberi potensi return yang lebih tinggi di pasar Amerika Serikat dibandingkan aset safe haven. Akibatnya, minat terhadap emas dan perak pun berkurang, serta terjadi pelemahan harga.

Sejarah Perak di Tanah Air Indonesia

Sejarah Perkembangan Perak di Indonesia via seputarukm.com
Sejarah Perkembangan Perak di Indonesia via seputarukm.com

Tahukah Anda bahwasannya sejarah di masa kolonial Belanda, telah mengantarkan Indonesia pada masa kejayaan dalam hal kerajinan perak, dan saat ini masih terus berkembang dengan kearifan budaya dari masa ke masa.

Adapun kota-kota di Indonesia yang menjadi setra industri perak, dari mulai Sabang hingga Merouke, yaitu Kota Gadang di Sumatera Barat, Kota Gede Di Yogyakarta, dan Banggil di Provinsi Jawa Timur, serta Celuk di Bali.

Meskipun banyak pengerajin perak di Indonesia, namun soal ukiran, motif, dan keunikan memiliki perbedaan tersendiri, bahkan perbedaan tersebut memiliki suatu filosofis tertentu.

Dalam proses pembuatan industri perak ini, ternyata para pengerajin tetap mempertahankan metode pembuatannya dengan cara tradisional.

Hal ini mendakan bahwa para pengerajin perak memiliki keahlian dan ketelitian yang tinggi. Sehingga harga yang ditetapkan tidak hanya berdasarkan berat dan ukuran perak, tetapi juga dilihat dari nilai seni dan tingkat kerumitan dalam proses pembuatan.

Adapun 10 negara yang menjadi tujuan ekspor perhiasan perak di Indonesia dan data tersebut bersumber dari BPS 2012, yaitu Hongkong, Singapura, Amerika Serikat, Belanda, Thailand, Jerman, Malaysia, Italy, Denmark, dan Turkey.

Adapun peluang pasar perhiasan perak sangat besar di Indonesia karena secara segmentasi pasar perhiasan perak menargetkan kelas menengah. Di Indonesia sendiri sebagai negara berkembang menuju negara maju banyak di dominasi oleh para kelas menengah. Apakah Anda tertarik berbisnis perhiasan perak?  🙂

Kelebihan Perak Dibandingkan Emas

Beberapa kelebihan perak dibandingkan emas via Youtube.com
Beberapa kelebihan perak dibandingkan emas via Youtube.com

Harga Lebih Rendah

Dari sisi harga, perak rata-rata lebih murah di bawah emas. Oleh karenanya perak lebih terjangkau sebagai investasi serta koleksi dalam jumlah yang lebih banyak. Sebagai komoditas pendamping emas, harga perak selalu mengikuti kenaikan atau penurunan harga emas.

Modal Investasi yang Lebih Kecil dan Terjangkau

Oleh karena harganya lebih murah, tentu investasi perak lebih terjangkau dibandingkan emas. Namun yang cukup mengejutkan, persentase lonjakan harga perak dalam pasar komoditas, sering lebih tinggi dibandingkan dengan harga emas itu sendiri. Perak bisa tiga kali lipat kenaikannya daripada harga emas yang hanya naik dua kali lipat.

Harga Lebih Stabil

Dari sejarahnya, harga perak dikenal lebih baik dan stabil. Hal ini disebabkan pasar global untuk perak lebih kecil, sehingga harganya sulit untuk dimanipulasi.

Selain itu, bank-bank sentral dunia tidak terlalu berminat menstabilkan harga perak, karena sejarahnya sebagai pemegang emas.

Kondisi makro ekonomi, membuat perak didulang untuk diproduksi menjadi barang elektronik, jam tangan, komputer dan tidak membuatnya sebagai sebuah aset.

Permintaan Lebih Luas

Dari sisi permintaan, perak lebih luas dibandingkan emas, hal ini mengingat penggunaan perak pada berbagai industri tersebut. Adapun dalam bidang industri yang membutuhkan bahan baku perak, yaitu cermin, plating, pewarna tinta, bahan peledak, fotografi, dan keramik yang menggunakan perak nitrat. Bahkan bidang kesehatan juga menggunakan senyawa perak nitrat untuk obat tetes mata dan kedokteran gigi.

Jumlah Terbatas

Dengan jumlah yang terbatas, perak dapat dijadikan alternatif investasi yang menguntungkan. Keterbatasan kuantitas akan memungkinkan harga perak terus naik dalam jangka panjang.

Kelebihan Perak Lainnya yaitu Terletak pada Model Perhiasan Perak

Dalam bentuk perhiasan, inilah kelebihan perak. Model perhiasan perak lebih beragam kombinasinya dibandingkan emas, misalnya dipadukan dengan liontin.

Atau setidaknya ada lima model perhiasan emas yang sempat menjadi trand di beberapa tahun kebelakang, yaitu model Model Etnik atau Tribal yang sempat booming di tahun 2012, Model dengan warna pastel yang sempat menjadi favorit di tahun 2010, Model perhiasan kalung dan perak yang memanjang dan menjuntai pada tahun 2012, Model perak yang besar dan menonjol di tahun 2012, dan model kalung pendek atau choker yang menjadi trand di tahun 2012. Hal ini bisa mendongkrak pamor perak di pasaran.

Lebih Luwes

Berbeda dengan emas perhiasan yang hanya bisa dipadukan dengan emas saja, perhiasan perak lebih luwes untuk dikombinasikan dengan perhiasan bahan lain.

Lebih Muda dan Trendy

Bagi generasi muda, lebih suka memilih perhiasan perak dibandingkan emas, karena terlihat lebih fleksibel, modern, dan lux.  Perak sendiri ditemukan lebih dari 6 abad yang lalu.

Pada mesir kuno, emas adalah logam mulia yang paling sempurna sehingga memiliki simbol lingkaran. Sedangkan perak dianggap logam yang mendekati kesempurnaan emas dan diberikan simbol setengah lingkaran.

Perhiasan perak biasanya dipasangkan dengan berlian atau batu mulia agar lebih mempesona. Selain untuk perhiasan, perak juga dipergunakan dalam pembuatan mata uang, medali olimpiade atau kejuaraan, dan beberapa instrumen alat musik berkualitas tinggi seperti flute, yang terbuat dari perak sterling.

Mudah Dijual Kembali

Dengan harga yang lebih terjangkau serta mudah dijual kembali dengan harga tak jauh dari harga beli, tentu menjadi nilai lebih tersendiri bagi perak dibandingkan emas. Biasanya pedagang perak telah menentukan harga jual kembali dari perak yang Anda beli.

Perhiasan Perak Boleh Dipergunakan untuk Pria Muslim

Kelebihan perak yang lain adalah diperbolehkannya pria muslim menggunakan perhiasan perak, seperti cincin. Selain itu, pedang dan mushaf juga diperbolehkan. Berbeda dengan emas dan sutra yang dilarang dipergunakan oleh pria muslim, perak diperbolehkah oleh rasulullah SAW.

Dalilnya adalah hadits berikut ini,
عَنْ أَبِي مُوسَى أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ أُحِلَّ الذَّهَبُ وَالْحَرِيرُ لِإِنَاثِ أُمَّتِي وَحُرِّمَ عَلَى ذُكُورِهَا
“Dari Abu Musa, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Emas dan sutra dihalalkan bagi para wanita dari ummatku, namun diharamkan bagi para pria’.” (HR. An Nasai no. 5148 dan Ahmad 4/392. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits inishahih)
نَهَى عَنْ خَاتَمِ الذَّهَبِ
“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang cincin emas (bagi laki-laki)”. (HR. Bukhari no. 5863 dan Muslim no. 2089). Sudah dimaklumi bahwa asal larangan adalah haram.
كَتَبَ النَّبِىُّ – صلى الله عليه وسلم – كِتَابًا – أَوْ أَرَادَ أَنْ يَكْتُبَ – فَقِيلَ لَهُ إِنَّهُمْ لاَ يَقْرَءُونَ كِتَابًا إِلاَّ مَخْتُومًا . فَاتَّخَذَ خَاتَمًا مِنْ فِضَّةٍ نَقْشُهُ مُحَمَّدٌ رَسُولُ اللَّهِ . كَأَنِّى أَنْظُرُ إِلَى بَيَاضِهِ فِى يَدِهِ
“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah menulis atau ingin menulis. Ada yang mengatakan padanya, mereka tidak membaca kitab kecuali dicap. Kemudian beliau mengambil cincin dari perak yang terukir nama ‘Muhammad Rasulullah’. Seakan-akan saya melihat putihnya tangan beliau.” (HR. Bukhari no. 65 dan Muslim no. 2092)
Sumber: https://muslim.or.id/11586-cincin-emas-dan-perak-bagi-pria.html

Mana yang Lebih Menguntungkan Investasi Perak atau Emas?

Untung investasi perak atau investasi emas via coinandbullion.com
Untung investasi perak atau investasi emas via coinandbullion.com

Nah, setelah mengenal kelebihan perak serta peluang tersembunyi di balik perak, yang selama ini jarang diungkap, pertanyaannya adalah mana yang lebih menguntungkan berinvestasi perak atau emas?

Menentukan pilihan berinvestasi perak bukan hal yang mudah, karena tergantung pada selera serta keyakinan Anda sebagai investor. Berikut ini bisa menjadi pertimbangan Anda.

Keuntungan Investasi Perak

  1. Perak lebih banyak dipakai sebagai bahan produksi. Jika kebutuhan produksi tersebut meningkat, aset investasi perak bisa jadi lebih menguntungkan di masa mendatang.
  2. Mengingat kenaikan harga perak lebih pesat dibandingkan dengan emas, tentu akan memberikan margin keuntungan yang lebih besar persentasenya.
  3. Dengan modal investasi yang lebih terjangkau, investor pemula bisa mencoba investasi perak terlebih dahulu.
  4. Sesuai sistem permintaan dan penawaran, apabila jumlah perak terbatas, akan semakin tinggi harganya. Ini mengingat aplikasi perak pada berbagai produk industri, sementara perak diambil dari perut bumi yang makin lama makin menipis.
  5. Dengan adanya krisis global, dampaknya adalah meningkatnya perak sebagai investasi lindung terhadap perlemahan mata uang US dolar. Sementara itu supply atau penawaran perak, kita ketahui jumlahnya terbatas.

Kerugian Investasi Perak

  1. Banyak yang telah mencoba membuat investasi perak layaknya emas, namun ekonomi perak tidak terlalu berpengaruh pada pergerakan harga perak itu sendiri.
  2. Investasi perak secara relatif memang belum dikenal di kalangan masyarakat, oleh karenanya masih ada keraguan.
  3. Tempat yang mau menerima penjualan kembali perak pun, masih kurang diketahui.
  4. Perawatan perak juga membutuhkan sedikit usaha, karena perak termasuk logam yang cepat mudah kusam atau kehitam-hitaman. Tapi hal ini dapat dibersihkan agar warna perak cerah kembali.

Nah, demikianlah untung rugi investasi perak serta kelebihan dan kekurangan perak dibandingkan emas. Saya yakin banyak yang akan menjawab “iya saya mau” untuk berinvestasi perak.

Tahukah Anda bahwa hanya dengan uang kurang dari Rp. 70.000,- Anda sudah dapat memiliki koin perak dirham?Oleh karenanya, selamat berburu perak ya!


Suka dengan artikel dari www.situstarget.com/blog? Subscribe saja dengan cara mendaftarkan nama lengkap dan email Anda pada kotak form di bawah artikel ini. Sebagai subscriber Anda akan kami kirimkan artikel-artikel terbaik dari www.situstarget.com/blog setiap minggunya melalui email.

Bagikan juga tulisan di atas melalui Facebook, Twitter, Google Plus, LinkedIn, dan Path untuk teman-teman Anda yang baru memulai berinvestasi emas dan perak. Punya dana yang minim? Coba berinvestasi dalam bentuk perak dulu saja, koin perak dirham misalnya. 🙂

About The Author

Gabung Bersama +30.000 Pembaca Kami!

Daftarkan email anda untuk mendapatkan artikel terbaru dari Situstarget.com.

Proses pendaftaran hampir selesai, mohon cek email Anda dan Klik tombol konfirmasi.

Pin It on Pinterest

Share This