Ingin Kaya di Usia Muda? Investasi Emas Saja

Tips Investasi Emas untuk Kawula Muda

Menjadi sukses di usia muda merupakan impian banyak orang. Bahkan saat ini semakin banyak anak muda, yang meskipun masih berstatus mahasiswa, tetapi sudah memiliki bisnis dengan omset yang cukup fantastis.

Bisnis yang dijalankan pun beraneka ragam dan tentu menyesuaikan minat mereka. Sikap visioner dan semangat optimistis inilah yang patut dicontoh.

Apakah Anda termasuk ke dalam kumpulan anak-anak muda entrepreneur ini atau seorang mahasiswa yang memiliki cita-cita menjadi pengusaha sukses? Jika ya, maka Anda pasti tahu bahwa dalam menjalankan bisnis, Anda akan mendapatkan keuntungan atau profit.

Hasil keuntungan bisnis Anda ini dapat menjadi investasi berharga untuk masa depan Anda. Namun, investasi ini haruslah berupa investasi jangka panjang. Sayang rasanya jika hasil keuntungan yang didapatkan hanya Anda tabung di bank.

Dalam artikel ini, akan dibahas bagaimana Anda sebagai seorang entrepreuner muda, dapat memiliki investasi jangka panjang berupa emas. Ya, investasi emas memiliki keuntungan yang besar, karena nilai dan harga jualnya yang tinggi.

Semakin lama Anda memilikinya, semakin tinggi keuntungan yang akan Anda peroleh dari hasil jualnya. Hal ini tentu saja berguna bagi masa depan Anda nanti.

Disiplin, visioner, dan menghindari perilaku konsumtif adalah kunci keberhasilan dalam menabung. Tabungan inilah yang akan Anda gunakan untuk membeli emas. Mari simak ulasan mengenai tips investasi emas untuk para entrepreneur muda berikut ini.

Cara Pertama yaitu Menabung

Menabung secara konsisten
Menabung secara konsisten

Cara pertama tentu saja menabung dalam bentuk rupiah terlebih dahulu. Jika sudah mencukupi, maka Anda dapat membeli emas murni dalam bentuk batangan yang sudah Anda sesuaikan dengan jumlah tabungan yang Anda miliki. Buatlah target, berapa gram emas yang ingin Anda beli.

Katakanlah Anda ingin membeli emas murni 10 gram. Saat ini kisaran harga emas batangan 10 gram adalah Rp. 5.000.000,00. Maka, sisihkanlah misalnya Rp. 500.000,00 setiap bulannya, dari hasil keuntungan Anda selama 10 bulan, maka Anda sudah dapat membeli emas batangan 10 gram tersebut.

Ingatlah tiga kunci di atas; disiplin, visioner, dan tidak konsumtif. Ketiga hal ini harus Anda lakukan secara bersamaan. Percayalah, investasi emas ini akan bermanfaat nantinya. Jangan simpan emas murni batangan Anda secara sembarangan.

Sewalah safety deposit box di bank yang menyediakan jasa ini, agar emas Anda tetap aman dan meminimalkan kemungkinan pencurian. Namun jika Anda ingin menyimpannya sendiri, belilah brankas kecil dan simpan investasi emas Anda di tempat yang aman.

Mencicil Emas

Anda dapat menyicil emas sesuai dengan kemampuan finansial Anda
Anda dapat menyicil emas sesuai dengan kemampuan finansial Anda

Jika Anda merasa menabung itu sulit, maka cobalah cara kedua yaitu dengan mencicil emas tersebut di pegadaian atau perbankan. Biasanya layanan ini disediakan dalam bentuk tabungan emas. Syaratnya cukup mudah, yaitu memiliki identitas diri seperti KTP, sudah berusia 21 tahun (ke atas), dan sudah memiliki penghasilan, baik secara wiraswasta maupun profesional.

Namun, yang perlu Anda ketahui, metode kedua ini memiliki biaya tambahan seperti biaya penitipan dan biaya administrasi bulanan. Pertimbangkan dengan matang apakah cara kedua ini cocok untuk Anda. Pastikan Anda telah menyetujui syarat-syarat yang diberikan oleh pihak pegadaian atau perbankan.

Kedua pilihan di atas memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun berbahagialah, kini persyaratan untuk membuka tabungan emas sudah dipermudah. Cukup dengan KTP atau KTM, dan syarat mudah lainnya, maka Anda sudah bisa membuka tabungan emas. Setorannya pun tidak memberatkan. Sekarang, tergantung usaha dan kedisiplinan Anda dalam menabung.

Jika dari hasil keuntungan bisnis Anda dirasa kurang, atau Anda belum memiliki bisnis dan hanya seorang mahasiswa, mungkin Anda dapat mencoba untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Bagaimana caranya? Berikut beberapa tips investasi emas untuk mahasiswa yang dapat Anda coba.

Kerja Paruh Waktu

Kerja paruh waktu atau part time di Indonesia masih terdengar asing ya?
Kerja paruh waktu atau part time di Indonesia masih terdengar asing ya?

Di luar negeri, pelajar atau mahasiswa yang melakukan pekerjaan paruh waktu di restoran atau toko merupakan hal yang biasa. Akan tetapi, di Indonesia hal ini mungkin masih terdengar cukup asing dan aneh.

Meskipun begitu, saat ini sudah mulai banyak restoran dan toko yang membuka lowongan paruh waktu untuk pelajar maupun mahasiswa. Hilangkanlah gengsi dan segeralah mencoba untuk mendaftarkan diri.

Selain bisa mendapatkan penghasilan tambahan, Anda juga akan mendapatkan pengalaman bekerja yang nantinya bisa Anda masukkan ke dalam resume Anda. Jadi, sambil menyelam minum air. Menyenangkan bukan?

Lomba Wirausaha

Uji kreativitas berwirausaha Anda dengan mengikutsertakannya pada lomba
Uji kreativitas wirausaha Anda dengan mengikutsertakan business plan pada lomba nasional maupun internasional

Lomba ini dimaksudkan untuk Anda yang bercita-cita menjadi entrepreneur sukses dan memiliki visi misi untuk membantu kemajuan bangsa.

Baca juga: Tips Wirausaha/Bisnis pada Kategori Berikut Ini.

Tulislah business plan dan business canvas model Anda ke dalam sebuah buku, dan jika Anda beruntung memenangkan lomba, tentu saja hadiah uang yang Anda dapatkan bisa dijadikan modal untuk mewujudkan keberhasilan bisnis Anda atau untuk investasi emas.

Kerja sebagai Temporary Worker di Pameran

Jadilah temporary worker pada pameran untuk mendapatkan penghasilan tambahan
Jadilah temporary worker pada pameran untuk mendapatkan penghasilan tambahan

Industri pameran biasanya membuka lowongan kerja untuk temporary worker saat musim pameran tiba. Hal ini dapat Anda manfaatkan untuk mendapat penghasilan tambahan. Carilah info pameran di kota Anda dan cobalah mendaftar.

Mengajar Les Privat

Jadi guru les private juga bisa menghasilkan pendapatan, ayo dimulai!
Jadi guru les private juga bisa menghasilkan pendapatan, ayo dimulai!

Jika Anda memiliki bakat untuk mengajar dan senang membantu orang lain untuk belajar, maka Anda dapat mencoba metode yang satu ini. Menjadi guru les privat bagi anak-anak tetangga atau adik kelas, dapat menjadi pilihan menarik.

Pastikan Anda memang menguasai bidang yang akan Anda ajarkan. Sehingga, selain menambah penghasilan, Anda juga dapat bermanfaat bagi orang lain.

Bagaimana? Apakah Anda siap untuk bekerja lebih keras dari sebelumnya? Setiap keinginan pasti memiliki tantangan. Jika Anda sudah memulai langkah sukses Anda, maka teruskanlah berusaha.

Namun jika belum, ayo segera mulai. Lebih baik terlambat daripada tidak memulai sama sekali, karena kesuksesan diraih tidak dengan cara instan, namun dengan perlahan tapi pasti. Selamat berjuang.

Kami membutuhkan bantuan Anda, jika artikel ini dinilai bermanfaat bagi diri Anda. Bantu sebarkanlah tulisan ini melalui Facebook, Twitter, Google Plus, LinkedIn, dan Path.

Ada banyak anak-anak muda yang belum mengentahui informasi bermanfaat ini. Dengan Anda menyebarkan tulisan ini. Anda berarti telah mendukung karya-karya kami.

About The Author

Gabung Bersama +30.000 Pembaca Kami!

Daftarkan email anda untuk mendapatkan artikel terbaru dari Situstarget.com.

Proses pendaftaran hampir selesai, mohon cek email Anda dan Klik tombol konfirmasi.

Pin It on Pinterest

Share This