Cara Mahir Bahasa Inggris dalam Sebulan Khusus Untuk Pemula

Tips Belajar Bahasa Inggris Hingga Mahir untuk Pemula

Salah satu bahasa yang saat ini paling banyak digunakan di dunia adalah bahasa Inggris yang telah lama didapuk sebagai salah satu bahasa internasional.

Dimana hal itu berarti bahasa Inggris wajib digunakan sebagai bahasa utama di dalam rapat-rapat penting yang bertaraf internasional.

Oleh karena itu mahir bahasa Inggris merupakan salah satu keterampilan yang wajib dimiliki oleh setiap orang saat ini.

Namun sebelum mempelajari cara mahir berbahasa inggris, mari kita simak terlebih dahulu sejarah awal penggunaan bahasa Inggris hingga ditetapkannya bahasa ini menjadi salah satu bahasa internasional di seluruh dunia secara singkat.

Sejarah Bahasa Inggris dan Perkembangannya

Bahasa Inggris sendiri merupakan salah satu bahasa Jermanik yang pertama kali digunakan di negara Inggris pada abad pertengahan awal.

Bahasa Inggris pertama kali dikenal pada abad ke 5 disaat salah satu pendatang bernama Anglo-Saxons yang merupakan kebangsaan Jermanik datang pertama kali ke pulau Britania Raya.

Seiring dengan berkembangnya waktu, bahasa Inggris lambat laun juga terpengaruh oleh salah satu dialek kuno yang dinamakan bahasa Norse Kuno yang bertepatan dengan penaklukan kaum Viking terhadap Inggris pada abad ke 9 dan abad ke 10.

Kemudian pada abad ke 11 bahasa Inggris mendapatkan pengaruh baru dari kata Perancis Norman akibat adanya penaklukan Inggris oleh Normandia kala itu.

Selain kedua pengaruh tersebut, sebagian kosa kata yang terdapat di dalam bahasa Inggris juga mendapatkan pengaruh dari bahasa Latin yang pada saat itu banyak digunakan oleh kalangan intelektual di Eropa.

Sehingga dengan beragam percampuran jenis dialek dari berbagai negara maka bahasa Inggris sendiri sedikitnya memiliki 250.000 kosa kata dasar dimana sebagian besar bersifat tidak beraturan terutama di dalam hal vokal atau pengucapannya.

Salah satu alasan kuat bahasa Inggris akhirnya didapuk menjadi salah satu bahasa Internasional yang wajib dipelajari karena bangsa Inggris pada perkembangan pembentukan dunia memiliki pengaruh yang kuat dalam hal politik dan imperialisme.

Selain itu pada masa awal pembentukan Perserikatan Bangsa-Bangsa negara Inggris telah tergabung di dalamnya sehingga memiliki kesempatan yang besar untuk menjadikan bahasa tersebut sebagai bahasa utama yang digunakan di dalam pertemuan resmi.

Hal tersebut dikarenakan bahasa Inggris memiliki struktur kata yang teratur namun mudah untuk dipelajari karena tidak ada peraturan lain selain mengetahui kosa kata dasar, susunan kalimat, serta penggunaan kosa kata berdasarkan waktu terjadinya suatu hal.

Baca juga : Cara Mengetahui NIM untuk Mahasiswa yang Lupa

Oleh karena itu, di berbagai negara bahasa Inggris telah dimasukkan ke dalam kurikulum resmi pendidikan di berbagai taraf jenjang pendidikan mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi.

Tujuan utama dari hal tersebut tidak lain adalah mempersiapkan sumber daya manusia yang mahir bahasa Inggris agar dapat memiliki peran penting di dalam dunia karier maupun dunia sosialnya.

Mempelajari suatu hal yang baru seperti di dalam hal pekerjaan, hobi ataupun bahasa akan sangat membutuhkan komitmen yang kuat dari dalam diri kamu.

Terutama di dalam belajar bahasa asing yang baru, maka hal tersebut akan menuntut keseriusan dari diri kamu. Sehingga kamu tidak akan merasa bosan dan memutuskan untuk berhenti di tengah jalan.

Saat ini masih banyak sekali orang yang berpikir bahwa seseorang yang mengerti bahasa asing dan bisa menggunakannya dengan baik saat berbicara maka orang tersebut pasti pintar dan hal itu sangat sulit dicapai jika tidak memiliki kemampuan otak di atas rata-rata.

Jika kamu ingin mahir bahasa Inggris maka sekarang adalah saat yang tepat untuk menghapus pemikiran tersebut sebab hal itu sepenuhnya tidak benar. Mempelajari sebuah bahasa asing dapat dilakukan oleh siapapun yang memiliki niat dan minat yang kuat.

Niat yang Kuat Sangat Diperlukan untuk Mahir dalam Berbahasa Inggris

Niat merupakan salah satu komponen penting yang sebelumnya harus tertanam di dalam diri kamu sebab dengan niat yang kuatm apapun bisa kamu kerjakan, bahkan kamu dapat menyelesaikan pekerjaan asing yang sama sekali belum pernah kamu lakukan sebelumnya.

Selanjutnya adalah minat, perlu kamu sadari bahwa bahasa merupakan salah satu alat berkomunikasi yang paling penting di dunia.

Oleh sebab itu kamu harus menemukan minat di dalam bahasa yang akan kamu pelajari. Sebab tanpa minat kamu tidak akan mungkin tertarik untuk mempelajari bahasa tersebut.

Sebelum mempelajari bahasa Inggris kamu harus memiliki prinsip-prinsip utama yang wajib kamu tanamkan di dalam diri. Sebab hal inilah yang akan terus membakar semangat di diri kamu untuk selalu memperdalam bahasa Inggris.

Prinsip pertama, perlu kamu ingat bahwa bahasa Inggris merupakan salah satu jenis alat, yang dimana dalam hal ini berbentuk bahasa yang selalu digunakan di dalam kegiatan komunikasi sehari-hari.

Jika kita pikir hal tersebut sama saja sebenarnya dengan bahasa kita yaitu bahasa Indonesia yang juga dengan lancar dapat kita gunakan untuk berkomunikasi sebab kita selalu menggunakannya dimanapun, kapanpun, dan dengan siapapun.

Oleh karena itu, hal yang harus kamu tanamkan adalah bahasa inggris akan sangat mudah untuk dikuasai jika kamu menjadikannya sebagai sebuah kebiasaan.

Jangan pernah takut salah di dalam menggunakan bahasa ini untuk berbicara dengan orang lain sebab kesalahan justru akan menjadi guru terbaik kamu selama mempelajari bahasa Inggris ini.

Lakukan pembicaraan dengan orang lain menggunakan bahasa Inggris yang bisa saja kamu campurkan dengan bahasa Indonesia.

Lama-kelamaan hal tersebut akan menanamkan doktrin di pikiran kamu bahwa bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa yang sudah menjadi bagian di dalam hidup kamu.

Sehingga dengan berkembangnya waktu, kamu akan mahir bahasa Inggris.

Prinsip kedua yang harus selalu kamu miliki adalah menetapkan tujuan dan target di dalam diri kamu.

Hal ini tidak hanya harus soal mempelajari bahasa Inggris, namun harus selalu kamu terapkan di dalam kehidupan agar kamu dapat terus berkembang maju tanpa rasa lelah.

Sebelum kamu memutuskan ingin mempelajari bahasa Inggris terlebih dahulu kamu harus memiliki tujuan yang jelas mengapa kamu ingin mempelajarinya ?

Saat ini kamu bisa perhatikan bahwa tidak jarang anak-anak kecil telah banyak yang mempelajari dan bisa menggunakan bahasa Inggris dengan baik.

Hal tersebut terjadi karena di dalam dirinya anak-anak itu telah menetapkan tujuan mereka di dalam mempelajari bahasa ini sebagai contoh karena mereka ingin berpergian ke luar negri dimana bahasa yang selalu digunakan adalah bahasa Inggris atau bisa jadi karena mereka berpikir bahwa mereka akan terlihat keren jika bisa berbicara dengan orang asing menggunakan bahasa Inggris.

Baca juga : Lowongan Kerja Palsu Siap Mengincar Para Lulusan Baru

Nah bagi kamu yang saat ini baru ingin belajar bahasa Inggris, kamu juga harus memiliki tujuan seperti itu untuk menjadi bahan bakar motivasi.

Dimana pasti kamu menyadari bahwa saat ini beragam pekerjaan yang menjanjikan membutuhkan karyawan yang memiliki kompetensi berbahasa asing salah satunya adalah bahasa Inggris.

Setelah menetapkan tujuan selanjutnya kamu harus menetapkan target-target yang ingin kamu raih dalam mempelajari bahasa Inggris.

Sebagai contoh kamu dpaat menetapkan sebuah target dimana di dalam beberapa bulan kedepan sudah harus mampu berbicara bahasa Inggris dengan benar di dalam hal pengucapan kata.

Target semacam itu tanpa disadari dapat terus memompa semangat di dalam diri kamu, agar kamu tidak pernah merasa lelah di dalam mempelajari bahasa Inggris.

Sebab kamu selalu memiliki hal yang harus dicapai dengan begitu perpaduan yang sempurna dari adanya tujuan dan target akan menjadikan kamu mahir bahasa Inggris.

Prinsip ketiga yang harus kamu miliki adalah keberanian di dalam hal menginvestasikan sebagian waktu kamu untuk mempelajari bahasa Inggris.

Selain memiliki tujuan dan kemauan yang tinggi dalam belajar bahasa Inggris maka kamu harus memiliki komitmen yang kuat untuk rela meluangkan sebagian waktu yang kamu miliki secara konsisten untuk belajar bahasa Inggris.

Sebab banyak sekali kasus dimana seseorang tela memiliki kemauan yang kuat namun tidak dibarengi dengan konsistensi dalam hal kedisplinan waktu.

Akibatnya banyak sekali dari mereka yang berhenti di tengah jalan dalam mempelajari bahasa Inggris. Akhirnya bukan mahir bahasa Inggris yang di dapat melainkan waktu yang terbuang sia-sia namun tetap tidak mendapatkan pembelajaran dasar mengenai bahasa Inggris itu sendiri.

Prinsip selanjutnya yang harus dimiliki adalah ketekunan dimana hal tersebut selalu menjadi aspek paling penting dalam melakukan kegiatan apapun termasuk dalam mempelajari bahasa Inggris.

Seperti yang kita ketahui bahwa bahasa merupakan salah satu komponen kompleks yang digunakan untuk berkomunikasi sehingga banyak sekali hal yang harus dipelajari dari dasar bahasa itu sendiri.

Oleh karena itu ketekunan yang kuat akan selalu membantu kamu dalam hal menjaga motivasi dan keinginan untuk terus belajar bahasa Inggris.

Belajar bahasa ini tidak harus selalu membutuhkan waktu yang lama namun yang terpenting adalah seberapa sering kamu menggunakannya.

Baca juga : 7 Bisnis Jasa yang Mudah Dijalankan Saat Jadi Mahasiswa

Oleh karena itu, berlatih bahasa Inggris secara rutin setiap hari adalah salah satu kunci utama untuk dapat mahir bahasa Inggris.

Sebelum memulai membahas berbagai cara yang dapat kamu gunakan untuk belajar bahasa Inggris terlebih dahulu kamu harus mengetahui hal-hal dasar apa saja yang harus kamu pelajari agar mahir bahasa Inggris.

Seperti yang kita ketahui bahwa pada umumnya untuk mempelajari suatu hal yang baru maka kita harus selalu memulainya dari tingkatan yang paling bawah sehingga kita benar-benar mengerti akan hal tersebut.

Jangan pernah merasa malu jika memang kita belum mengerti dasar-dasar di dalam bahasa Inggris sebab rasa malu hanya akan menurunkan kepercayaan diri kamu di dalam mempelajari bahasa ini.

Pada dasarnya bahasa Inggris memiliki dasar-dasar pembelajaran yang sangat mudah hanya saja terdapat satu hal yang selalu menjadi kendala banyak orang yaitu mengenai masalah kosa kata.

Banyak sekali yang mempelajari bahasa Inggris selalu mengalami kendala ketika di dalam hal berbicara sebab mereka selalu tidak tahu akan kata-kata yang ingin digunakan.

Kuncinya adalah selalu menambah kosa kata setiap hari melalui berbagai hal seperti membaca buku bahasa Inggris, menonton film berbahasa Inggris, atau mendengarkan musik berbahasa Inggris secara otomatis akan membantu kamu di dalam menambah kosa kata.

Dasar pertama yang paling penting adalah tenses yang bisa dikatakan keseluruhan ilmu dari bahasa Inggris itu sendiri.

Banyak pengajar bahasa Inggris yang mengatakan bahwa jika seseorang telah menguasasi tenses dengan baik maka dapat dikatakan bahwa ia telah menguasai 60% dari dasar bahasa Inggris itu sendiri dan memperbesar kemungkinan kita untuk mahir bahasa Inggris.

Nah, menarik bukan ? Oleh karena itu mempelajari tenses sudah mulai diajarkan bahkan pada tingkatan dasar sekalipun sebab tenses sendiri sangat berguna untuk membantu kamu di dalam menyusun sebuah kalimat bahasa Inggris dengan benar.

Tenses sendiri memiliki arti sebagai sebuah kata kerja yang digunakan di dalam kalimat bahasa Inggris dimana penggunaannya ditujukan untuk menjelaskan mengenai sebuah peristiwa yang dikaitkan dengan waktu kejadiannya baik di masa sekarang, masa mendatang, dan masa lalu.

Tenses biasanya akan ditemui di dalam berbagai buku pelajaran bahasa Inggris di dalam bentuk daftar kosa kata yang dapat digunakan sesuai dengan waktu terjadinya sebuah kejadian.

Tenses di bagi ke dalam dua jenis yaitu regular dan irregular yang terdiri dari kata kerja tingkat pertama (verb 1) yang digunakan untuk kejadian di masa sekarang dan masa mendatang serta kata kerja tingkat kedua (verb 2) dan ketiga (verb 3) yang digunakan untuk kejadian di masa lalu.

Kosa kata di dalam tenses akan membentuk sebuah gabungan struktur kalimat yang sering disebut sebagai Grammar yang pada dasarnya adalah struktur kalimat yang terjalin akibat adanya perpaduan antara waktu dengan sebuah peristiwa yang terjadi.

Dasar yang kedua adalah listening yang akan selalu melatih kita untuk dapat melafalkan kosa kata di dalam bahasa Inggris dengan benar

Selain membantu kita untuk memperdalam bahasa Inggris dari segi pengucapannya maka berlatih listening atau mendengarkan juga akan membantu kita untuk menambah kosa kata atau istilah-istilah di dalam bahasa Inggris yang dapat kita gunakan untuk berlatih agar mahir bahasa Inggris.

Listening sendiri merupakan dasar dari bahasa Inggris yang tidak bisa kamu abaikan sebab akan sangat berguna ketika kamu mulai berlatih speaking dengan orang lain atau bahkan dengan orang asing yang menggunakan bahasa Inggris.

Sebab ketika kamu tidak mengetahui kalimat bahasa Inggris yang diucapkan seseorang maka akibatnya kamu tidak akan pernah bisa membalas perkataanya.

Oleh karena itu listening sangat bermanfaat untuk membiasakan pendengaran kamu peka akan kata-kata atau kalimat yang diucapkan di dalam bahasa Inggris.

Dasar ketiga yang harus dipelajari setelah belajar mendengarkan adalah kamu harus mulai berlatih untuk reading atau membaca

Berlatih membaca kalimat-kalimat bahasa Inggris tidak harus selalu kamu mulai dengan membaca suatu hal yang serius, sebab hal tersebut justru berpotensi membuat kamu semakin bingung akan penggunaan kata-kata di dalam bahasa Inggris.

Bacaan awal yang dapat kamu gunakan adalah dengan membaca novel-novel singkat atau buku cerita singkat yang menggunakan bahasa Inggris dimana kata-kata yang digunakan biasanya lebih umum dan banyak digunakan di dalam percakapan sehari-hari.

Baca juga : 7 Cara Menghemat Uang Saku untuk Mahasiswa Tingkat Akhir

Karena tujuan utama dari berlatih reading adalah mematangkan skill pengucapan kamu serta memperbanyak kosa kata bahasa Inggris sehingga memilih bacaan yang ringan dan menarik menjadi salah satu cara yang dapat meningkatkan motivasi kamu untuk terus secara konsisten berlatih membaca.

Sembari membaca kamu juga dapat menandai kosa kata yang mungkin masih asing, hal tersebut akan membantu kamu untuk terus mengingat kosa kata tersebut sehingga kamu akan semakin mahir berbahasa Inggris.

Setelah berhasil berlatih bahasa Inggris dengan ketiga dasar sebelumnya maka hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah berani untuk berlatih writing atau menulis

Dengan menulis sebuah kalimat berbahasa Inggris kamu dapat mengetahui kelemahan kamu diantara ketiga dasar sebelumnya. Sehingga dengan berlatih menulis kamu akan mampu untuk mengevaluasi kemampuan kamu sendiri.

Menulis bahasa Inggris mungkin tidak akan semudah yang kamu pikirkan sebab kita harus memperhatikan beragam aspek untuk menyusun sebuah kalimat yang benar.

Aspek-aspek yang harus diperhatikan adalah penggunaan kata kerja berdasarkan dengan aturan tenses yang benar, kemudian penyusunan stuktur kalimat berdasarkan aturan grammar serta penulisan kata per kata yang benar di dalam bahasa Inggris sebab bunyi dari sebuah kata bahasa Inggris sangat berbeda dengan susunan huruf kata tersebut.

Sehingga dengan terus berlatih writing maka kamu dapat menyempurnakan kelemahan kamu di salah satu aspek penting di dalam belajar bahasa Inggris dan memperbesar kemungkinan kamu untuk mahir berbahasa Inggris.

Setelah menguasai empat dasar utama di dalam bahasa Inggris maka inilah saat yang tepat bagi kamu untuk menguasai dasar terakhir yaitu speaking atau berbicara

Mempelajari sebuah bahasa baru akan sangat sia-sia apabila kamu tidak memiliki keberanian untuk mengutarakannya dan menggunakannya sebab tanpa adanya sebuah percakapan maka bahasa tidak akan berfungsi dengan semestinya yaitu sebagai alat untuk berkomunikasi.

Sehingga dengan berlatih speaking kamu telah berlatih untuk membuat struktur kalimat bahasa Inggris secara cepat. Melatih speaking atau berbicara dalam bahasa Inggris dengan benar sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan sebab inti dari berkomunikasi adalah kebiasaan.

Kamu hanya perlu membiasakan diri untuk meluangkan satu hari penuh untuk hanya berkomunikasi di dalam bahasa Inggris. Ketika kamu telah menguasai speaking dengan baik maka kamu sudah dapat dikatakan mahir bahasa Inggris.

Sebab menggunakan bahasa Inggris untuk berbicara bukanlah sebuah hal yang mudah karena otak kita dipaksa untuk dengan cepat membentuk struktut kalimat yang baik dan mengucapkannya dengan benar.

Mempelajari bahasa Inggris agar dapat menguasainya dengan baik bukan hanya sekedar mengerti dasar-dasar di dalamnya namun kamu harus selalu mempraktikkannya di dalam kehidupan sehari-hari.

Sebab inti dari berlatih bahasa baru adalah membiasakan diri untuk selalu menggunakannya sebagai salah satu bahasa utama yang kita gunakan di dalam berkomunikasi dengan orang lain.

Namun hingga saat ini masih saja ada sebagian orang yang susah sekali untuk menemukan cara mudah di dalam membiasakan diri untuk melatih bahasa Inggrisnya.

Padahal saat ini dengan berkembangnya zaman maka sudah tersedia beragam cara yang mudah yang dapat kapan saja diterapkan.

Kamu tidak harus selalu perlu tergabung ke dalam institusi resmi khusus untuk mempelajari bahasa Inggris sebab bahasa dapat dengan mudah kamu pelajari apabila kamu membiasakan diri untuk menggunakannya.

Sehingga di dalam artikel ini selanjutnya akan dibahas mengenai bermacam-macam cara mudah dan ampuh untuk mempelajari bahasa Inggris yang cocok untuk pemula agar dengan cepat dapat mahir bahasa Inggris.

Cara pertama yang dapat kamu terapkan adalah mulailah dengan mempelajari hal-hal yang sangat mendasar terlebih dahulu

Salah satu hambatan bagi sebagian besar orang ketika ingin mulai belajar bahasa Inggris adalah selalu malu untuk memulai suatu hal dari dasar.

Karena mempelajari dasar-dasar bahasa Inggris seperti halnya memulai pendidikan lagi dari tingkat kanak-kanak namun hal tersebut justru merupakan langkah yang baik.

Sebab bukankah selama ini dalam memulai sesuatu kamu juga perlu mengambil langkah dari yang paling awal ?

Oleh karena itu kamu tidak perlu malu ketika  memang harus benar-benar belajar dari dasar seperti belajar kosa kata mudah seperti membuat kalimat sapaan, menghafal nama-nama buah, dan mempelajari perbedaan sifat kata di dalam bahasa Inggris.

Satu hal yang harus kamu pahami adalah ketika mempelajari bahasa Inggris dimulai dengan mengambil pokok-pokok dasarnya maka hal tersebut akan memperkuat konsep pemikiran kamu di dalam bahasa Inggris.

Sehingga nantinya akan semakin mempermudah proses di dalam diri kamu untuk segera mahir bahasa Inggris. Oleh karena itu di dalam artikel ini disertakan hal-hal dasar yang harus selalu kamu pahami di dalam mempelajari bahasa Inggris.

Cara kedua yang dapat kamu terapkan adalah mulai untuk mempelajari bahasa Inggris dari materi yang paling mudah untuk dipraktikkan dan dipahami

Sekali lagi kuncinya adalah selalu percaya diri dan jangan pernah malu untuk mempelajari hal-hal dasar meskipun materi yang harus kamu pelajari setingkat dengan materi pembelajaran di dalam sekolah dasar.

Hal tersebut justru akan memperbanyak wawasan kamu di dalam berbahasa Inggris. Sehingga nantinya kamu tidak hanya menguasai materi yang sulit namun juga dapat menguasai materi yang terbilang mudah.

Sebagai contoh kamu dapat mengawali pembelajaran di dalam bahasa Inggris dengan mempelajari pengucapan alpabet di dalam bahasa Inggris dengan benar.

Baca juga :  7 Peluang Bisnis Tanpa Modal Untuk Mahasiswa

Karena percuma saja jika kamu langsung belajar mengucapkan kata-kata yang rumit namun kamu tidak memiliki pengetahuan mengenai pengucapan yang benar dari setiap alpabet yang digunakan di dalam sebuah kata atau kalimat.

Sehingga perlu kamutanamkan di dalam diri bahwa belajar bahasa Inggris dari hal yang paling mudah bukan berarti kamu bodoh atau tidak mampu berbahasa Inggris dengan baik.

Namun justru kamu sudah mengambil langkah yang tepat karena mempelajari hal dasar justru akan mempercepat proses pemahaman kamu dan melatih diri kamu untuk mahir bahasa Inggris dengan cara yang tepat.

Cara ketiga yang harus selalu kamu terapkan dan menjadi salah satu prinsip utama dalam belajar adalah jangan pernah menghafal

Metode pembelajaran dengan menggunakan sistem menghafal membuat otak kita secara cepat dipaksa untuk memahami dan mengingat sesuatu namun tidak memahaminya dengan baik.

Akibatnya ketika hal tersebut sudah tidak kita pelajari dan tidak kita butuhkan maka otak kita akan secara otomatis menghapusnya dari memori sebab tidak ada proses pemahaman dan pembiasaan terhadap hal yang kita pelajari tersebut.

Bukti nyata adalah ketika saat mengenyam bangku pendidikan pasti kita sering dituntut untuk dapat menguasai berbagai rumus tertentu yang keesokan harinya diujikan di dalam soal-soal pertanyaan.

Sehingga di malam hari otak kita harus dipaksa untuk menghafal rumus-rumus secara cepat tanpa memiliki pemahaman yang mendalam mengenai rumus itu sendiri.

Akibatnya ketika ujian telah selesai dan kita merasa tidak membutuhkan rumus itu lagi maka dengan cepat otak kita menghapusnya dari penyimpanan memori.

Sehingga ketika dibutuhkan lagi kita harus mengulang hafalan lagi untuk dapat mengingatnya. Nah belajar bahasa Inggris tidak bisa menggunakan sistem seperti itu.

Sebab bahasa yang digunakan dalam berkomunikasi akan sempurna apabila dibiasakan untuk digunakan. Oleh karena itu latihan secara konsisten adalah kunci utama untuk mahir bahasa Inggris.

Cara selanjutnya yang dapat kamu gunakan adalah dengan mempelajari bahasa Inggris menggunakan cara yang menyenangkan. Salah satunya adalah dengan menonton film berbahasa Inggris.

Dimana dengan berkembangnya zaman saat ini hal itu bukan lagi menjadi sebuah momok menakutkan melainkan hal yang menyenangkan karena beragam film menarik yang ditawarkan.

Bahkan saat ini film berbahasa Inggris saat ini merupakan salah satu hal yang ditunggu-tunggu. Menonton film yang menggunakan bahasa Inggris sangat berguna untuk kamu yang ingin mempelajari bahasa Inggris dengan mudah.

Sebab secara otomatis kamu akan berlatih mendengarkan sekaligus membaca jika kamu mengaktifkan fitur subtitle saat menonton film.

Sehingga hal tersebut sangat baik untuk melatih ketajaman berbahasa kamu dalam hal listening yaitu mendengarkan kosa kata bahasa Inggris.

Dimana mendengarkan menjadi salah satu aspek yang penting jika ingin membentuk sebuah komunikasi yang lancar dan berjalan dengan baik.

Oleh karena itu menonton film berbahasa Indonesia sangat baik untuk selalu kamu terapkan sebagai salah satu latihan agar mahir bahasa Inggris sekaligus hal tersebut dapat menjadi sarana penyegaran pikiran untuk kamu.

Selain menonton film dalam bahasa Inggris ada hal lain yang bisa kamu lakukan untuk melatih kemampuan listening kamu dan menambah perbendaharaan kata bahasa Inggris.

Salah satu cara yang paling mudah adalah dengan mendengarkan musik yang berbahasa Inggris

Saat ini siapa yang tidak suka dengan musik, selain dapat menambah semangat kamu musik juga dapat membantu seseorang untuk menurunkan tingkat stres di dalam diri sebab beberapa jenis musik atau musik yang disenangi memiliki efek menenangkan.

Sembari mendengarkan musik kamu dapat melatih kemampuan mendengarkan kamu dan menerka-nerka kosa kata yang digunakan di dalam lagu tersebut.

Baca juga : 7 Peluang Bisnis Online yang Belum Banyak Diketahui Orang

Selain berlatih mendengarkan kamu juga bisa berlatih berbicara dengan bahasa Inggris ketika kamu ikut menyanyikan lagu yang kamu dengarkan.

Apabila kegiatan tersebut secara rutin kamu lakukan maka secara tidak sadar hal tersebut dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris kamu sehingga tanpa kamu sadari kamu sudah mahir bahasa Inggris.

Cara selanjutnya adalah dengan menumbuhkan komitmen kamu untuk mempelajari salah satu aspek penting di dalam bahasa Inggris yaitu Grammar

Namun saat ini masih banyak sekali orang-orang yang ingin belajar bahasa Inggris namun sangat membenci materi ini.

Padahal pada faktanya materi ini membantu kamu untuk menyusun kalimat di dalam bahasa Inggris dengan benar.

Sebagai contoh jika kamu menyusun kalimat di dalam bahasa Inggris tanpa memperhatikan grammar yang seharusnya kamu gunakan maka bisa jadi kalimat kamu tidak akan dimengerti dan tidak memiliki makna jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

Sebaliknya jika kamu menggunakan grammar yang benar maka dengan mudah kalimat yang kamu susun dapat dipahami.

Sehingga berlatih grammar adalah salah satu cara untuk mahir bahasa Inggris yang harus kamu pahami.

Cara yang keenam yang mudah untuk diterapkan adalah dengan memainkan game yang menggunakan bahasa Inggris

Game saat ini telah berkembang dengan sangat pesat bahkan telah banyak game yang bisa dimainkan bersama-sama dengan teman yang bersifat real time.

Dimana hal tersebut memungkinkan kita untuk bertemu dengan pemain lainnya secara online. Berbagai game yang ada saat ini telah tersedia ke berbagai ragam bahasa namun bahasa yang paling banyak tersedia adalah bahasa Inggris.

Salah satu permainan yang wajib kamu coba adalah Hangman Games. Dimana permainan tersebut akan melatih ingatan kamu akan kosa kata yang pernah kamu pelajari dan sekaligus memperbanyak perbendaharaan kata kamu di dalam bahasa Inggris.

Pada dasarnya untuk memainkan game ini kamu harus menebak sebuah kata dengan benar untuk menyelamatkan seseorang yang sedang terkena hukuman gantung.

Untuk memulai bermain kamu diminta menentukan pilihan tema kata seperti kata tentang buah-buahan, warna, hewan, dan lain-lain.

Setelah itu kamu diminta untuk melengkapi sebuah kata yang bersangkutan dengan tema yang sebelumnya kamu pilih, kemudian kamu diminta untuk memilih huruf yang tepat untuk mengisi kolom yang kosong.

Apabila jawaban kamu benar maka kamu akan menyelamatkan orang yang sedang di gantung namun jika jawaban kamu salah maka kesempatan hidup Hangman akan berkurang sedikit demi sedikit.

Dengan begitu hangman merupakan salah satu permainan yang patut kamu coba untuk bisa mahir bahasa Inggris. Permainan lainnya yang dapat dimainkan bersama teman atau keluarga adalah permainan Observe and Remember.

Dimana nantinya salah satu orang di dalam permainan akan berperan sebagai moderator dan menyiapkan berbagai macam barang-barang kecil di atas meja seperti pensil, pulpen, penghapus, penggaris, dan sebagainya.

Kemudian selama 2 menit pemain lainnya harus mengingat benda apa saja yang ada di atas meja. Setelah waktu habis maka pemain akan memiliki waktu 2 menit berikutnya untuk menuliskan benda-benda yang ada di atas meja ke dalam bahasa Inggris.

Pemenangnya tentu saja yang bisa mengingat paling banyak serta menggunakan bahasa inggris yang tepat. Cara selanjutnya yang dapat kamu terapkan untuk mahir bahasa Inggris adalah dengan membuat daftar vocabulary secara rutin setiap hari.

Vocabulary sendiri merupakan salah satu pokok penting yang harus dipahami jika ingin segera mahir bahasa Inggris. Pasalnya untuk dapat melakukan percakapan dasar paling tidak kamu wajib mengetahui dan memahami 700 kosa kata dasar.

Vocabulary sendiri memiliki tiga arti dasar di dalam penerapannya. Pertama adalah semua jenis kata yang terdapat di dalam sebuah bahasa baik itu kata sifat, kata benda, kata kerja, dan lain-lain.

Sehingga seluruh kalimat di dalam bahasa Inggris pasti mengandung vocabulary yang berbeda sifat. Makna kedua dari sebuah vocabulary di dalam bahasa Inggris adalah Vocabulary dapat berperan menjadi salah satu kata benda di dalam bahasa Inggris yang biasanya digunakan di beberapa konteks kalimat tertentu.

Sebagai contoh terdapat sebuah kalimat bahasa Inggris yang berbunyi “ if you want to pass the language examination, you have to improve your vocabulary “ . Kalimat tersebut berarti “ jika kamu ingin lulus ujian bahasa, maka kamu harus meningkatkan kemampuan kosa kata mu “.

Dari kalimat tersebut memiliki makna bahwa kosa kata merupakan sebuah objek dimana di dalam kalimat tersebut berperan sebagai sebuah kata benda yang harus mendapatkan perhatian khusus di dalam sebuah ujian.

Makna terakhir dari vocabulary di dalam bahasa Inggris adalah sebuah objek yang telah diketahui dan dipahami oleh seseorang. Sebagai contoh terdapat sebuah kalimat berbahasa Inggris yang berbunyi “ my teacher said that I had a very good vocabulary in english “.

Kalimat tersebut berarti “ Guru saya berkata bahwa saya memiliki kemampuan kosa kata yang sangat baik di dalam bahasa Inggris “.

Sehingga di dalam kalimat tersebut dapat kita simpulkan bahwa vocabulary kembali menjadi sebuah objek yang telah diketahui dan dikuasai oleh seseorang.

Salah satu cara yang dapat digunakan untuk menguasai vocabulary dengan cepat adalah dengan menerapkan metode clustering.

Metode ini selain bertujuan untuk memperbanyak kosa kata yang kamu ketahui juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kamu di dalam mengembangkan sebuah kosa kata yang saling berkaitan.

Cara selanjutnya yang dapat kamu terapkan untuk segera mahir bahasa Inggris adalah dengan menjadikan bahasa Inggris sebagai salah satu bahasa yang sering kamu gunakan dengan membiasakan diri untuk selalu menggunakannya.

Di Indonesia sendiri upaya untuk menjadikan bahasa Inggris sebagai sebuah kebiasaan telah dilakukan oleh seluruh institusi pendidikan.

Cara yang paling utama digunakan adalah dengan menyertakan bahasa Inggris ke dalam salah satu pelajaran utama yang dikuatkan dengan keikutsertaan kompetensi bahasa Inggris dalam kuikulum pembelajaran.

Namun ternyata hal tersebut belum menjadi salah satu cara ampuh untuk membiasakan siswa menggunakan bahasa Inggris.

Sebab disetiap kelas bahasa Inggris masih sering dijumpai guru yang mengajar tidak menggunakan bahasa Inggris dan masih menggunakan bahasa Indonesia di dalam berkomunikasi dengan para siswa.

Kebiasaan yang dimaksud di dalam hal ini menuntun setiap orang yang mempelajari bahasa Inggris untuk terbiasa menggunakannya di dalam berkomunikasi.

Bahasa yang tidak digunakan di dalam proses komunikasi tentunya akan tidak berguna sehingga otak tidak akan menyimpannya ke dalam memori jangka panjang

Salah satu cara yang dapat kamu ambil untuk membiasakan diri kamu menggunakan bahasa Inggris di dalam berkomunikasi adalah dengan bergabung ke dalam sebuah komunitas.

Dengan begitu kamu dapat mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris kamu tanpa perlu malu jika melakukan kesalahan.

Karena di dalam sebuah lingkungan komunitas justru akan membantu kamu untuk menumbuhkan rasa percaya diri dan motivasi yang kuat untuk terus belajar bahasa Inggris.

Menerapkan metode clustering untuk mengembangkan kemampuan di dalam penguasaan kosa kata bahasa Inggris.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa belajar bahasa merupakan salah satu hal yang harus disertai dengan ketekunan sebab yang terpenting dari sebuah bahasa adalah kosa kata.

Tanpa pengetahuan kosa kata yang baik maka kita tidak akan pernah bisa mahir bahasa Inggris dan mengalami kesulitan jika ingin menggunakannya di dalam sebuah percakapan.

Salah satu metode untuk mempermudah mempelajari kosa kata adalah dengan menerapkan metode clustering atau metode yang menuntun kita untuk mengembangkan satu kata ke dalam kata yang lain yang saling memiliki keterkaitan.

Sebagai contoh kamu memulai menulis sebuah kata di dalam bahasa Inggris yaitu “ school “ yang berarti sekolah. Setelah itu kamu dapat mulai memikirkan dan mencatat kosa kata yang lain yang berkaitan dengan sekolah seperti “ teacher, student, book, library “.

Sehingga dengan begitu kosa kata yang kamu miliki akan berkembang setiap harinya. Perlu kamu ketahui bahwa di dalam mempelajari kosa kata terdapat beberapa langkah penting yang harus kamu miliki dan harus kamu jalani.

Pertama adalah pastikan bahwa kamu memiliki sumber atau media yang dapat kamu gunakan untuk menemukan kosa kata yang baru.

Di dalam hal ini kamu dapat menggunakan beragam sumber seperti artikel berbahasa Inggris, buku cerita berbahasa Inggris, menonton film yang menggunakan bahasa Inggris, dan lain-lain.

Bagi kamu yang baru memulai belajar bahasa Inggris, hal selanjutnya yang harus kamu perhatikan adalah pastikan bahwa kamu memilih sumber kosa kata yang tepat untuk dipelajari.

Sumber yang tepat harus menyediakan beragam kosa kata yang dapat kamu dengar dengan baik dan kamu lihat asal usul kosa katanya.

Salah satu sumber yang paling tepat untuk memenuhi syarat tersebut adalah dengan menonton film berbahasa Inggris dan mengaktifkan fitur subtitle bahasa Inggris selama kamu menontonnya.

Setelah mengetahui kosa kata baru yang dapat kamu lihat dan dengar, maka langkah selanjutnya adalah dengan mencatat kosa kata asing yang belum kamu ketahui lalu temukan arti dari masing-masing kosa kata tersebut.

Setelah menemukan artinya maka sebaiknya kamu membuat sebuah konstruksi pemikiran antara kosa kata dan arti yang terkandung agar kamu dapat dengan mudah mengingat kosa kata tersebut.

elain mencatat, mengingat, dan membuat konstruksi maka hal terakhir yang harus kamu lakukan adalah menggunakan kosa kata baru tersebut agar otak kamu secara otomatis akan terus mengingat kata baru yang kamu pelajari.

Hal selanjutnya yang dapat kamu lakukan untuk mengembangkan kemampuan bahasa Inggris kamu adalah dengan rutin membuat puisi dalam bahasa Inggris

Puisi sendiri merupakan salah satu karya sastra kuno dimana dalam pembuatannya terikat dengan adanya aturan rima, ritma atau jumlah baris yang sama disetiap baitnya.

Rima sendiri merupakan salah satu aturan mutlak dari setiap puisi sebab hal inilah yang merupakan salah satu faktor yang membuat puisi jadi lebih indah didengar.

Rima di dalam puisi memiliki arti sebagai sebuah kesamaan bunyi pada tiap-tiap akhir kalimat yang terdapat di setiap baris puisi.

Rima yang dimiliki puisi bisa berbeda-beda di setiap baitnya tergantung penggunaan bunyi huruf di masing-masing bait yang dapat disesuaikan dengan keinginan si penulis puisi.

Puisi sendiri memiliki dua jenis yang sampai saat ini masih banyak digunakan. Puisi jenis pertama biasa disebut sebagai puisi lama karena masih mengikuti aturan ketat yang sesuai dengan awal mula munculnya puisi.

Puisi jenis pertama memiliki beragam tipe seperti mantra ( sajak yang dipercaya memiliki kekuatan magis ) yang merupakan puisi paling pertama yang digunakan pada masa perkembangan kerajaan kuno, karmina ( pantun pendek ), seloka ( pantun berkait ), gurindam ( pantun yang berisi makna nasehat ), syair ( pantun yang berasal dari negeri Arab ), dan Talibun ( pantun genap ).

Bagi kamu yang memang tertarik untuk menggunakan pantun sebagai latihan agar mahir bahasa Inggris, maka kamu tidak perlu membuat pantun lama yang terkesan sulit untuk dibuat dengan benar.

Karena dengan berkembangnya zaman saat ini telah ada salah satu pantun jenis baru yang lebih bebas di dalam aturan pembuatannya.

Puisi baru ini lebih menyediakan kebebasan aturan di dalam pembuatannya serta memiliki jenis-jenis puisi bermakna dimana maknanya lebih sesuai dengan zaman saat ini.

Berikut beberapa jenis puisi yang dapat kamu buat mulai dari balada ( puisi yang bercerita akan suatu hal tertentu ), Himme ( puisi yang berisi pujaan dan pujian kepada Tuhan, tanah air, dan pahlawan ), Ode ( puisi yang berisi sanjugan ), Epigram ( puisi yang berisi tuntunan atau ajaran hidup ), Romance ( puisi yang bercerita tentang perasaan cinta dan kasih sayang ), Elegi ( puisi yang berisi tentang perasaan sedih ), dan Satire ( puisi yang berisi sindiran akan suatu hal tertentu ).

Cara selanjutnya yang dapat diterapkan untuk mahir bahasa Inggris adalah dengan berlatih menggunakan bahasa Inggris di dalam membuat catatan harian atau yang sering disebut dengan diary

Cara ini merupakan salah satu cara paling ampuh yang dapat melatih kemampuan menulis kamu di dalam berbahasa Inggris. Selain kemampuan menulis, kamu juga dapat berlatih mengembangkan kosa kata bahasa Inggris yang kamu miliki.

Penulisan diary sendiri pertama kali dilakukan oleh seorang administrator angkatan laut pada tahun 1963 sampai dengan 1703 dimana buku hariannya saat ini disimpan di Magdalene College di Cambrige sebagai benda bersejarah.

Buku harian sendiri dapat berisi berbagai hal selain kegiatan kamu sehari-hari, kamu dapat menuliskan target-target hidup kamu, ide-ide kreatif yang kamu miliki, perasaan kamu pada suatu waktu tertentu, atau kamu bisa membuat karya-karya tulisan pada buku harian kamu.

Selain melatih kemampuan menulis kamu di dalam bahasa Inggris, rutin membuat buku harian ternyata sangat berdampak positif bagi dir kamu.

Manfaat pertama yang dapat kamu rasakan adalah kamu akan menjadi salah satu pribadi yang lebih menghargai waktu.

Menulis buku harian di waktu senggang kamu akan memberikan dampak positif bagi diri kamu untuk lebih bisa mengekspresikan diri dan mengeluarkan hal-hal yang kamu rasakan saat menulis catatan.

Sehingga waktu luang yang kamu miliki dapat bermanfaat dan memberikan efek pengurang stress akibat perasaan yang tersimpan selama beberapa saat bisa kamu luapkan ke dalam bentuk catatan.

Manfaat selanjutnya yang dapat kamu rasakan adalah kemampuan kamu dalam melihat sesuatu berkembang menjadi beberapa sudut pkamung.

Catatan yang terdapat di buku harian akan menjadi guru yang tepat untuk kamu belajar berbagai macam cara memecahkan masalah.

Sebab secara tidak sadar pada setiap catatan kamu pasti kamu menggunakan beragam cara untuk memecahkan masalah tergantung jenis permasalahan yang kamu hadapi.

Dengan begitu menulis buku harian sangat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan di dalam mengembangkan diri dan mengembangkan kemampuan bahasa Inggris kamu.

Hal selanjutnya yang dapat kamu terapkan untuk mengembangkan kemampuan bahasa Inggris kamu adalah dengan berkomitmen untuk menentukan beberapa hari dalam satu minggu dimana kamu secara penuh menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi dengan orang disekitar kamu

Hal tersebut secara tidak langsung akan menumbuhkan kebiasaan di dalam diri kamu untuk terbiasa berbicara di dalam bahasa Inggris dan memperbesar kemungkinan kamu untuk mahir bahasa Inggris.

Salah satu hal penting untuk menerapkan cara ini adalah dengan memiliki komitmen yang besar. Sebab mudah saja bagi setiap orang untuk menentukan hari tertentu dan memiliki niat untuk menggunakan bahasa Inggris di hari yang telah ditentukan.

Namun tanpa dibarengi dengan komitmen yang kuat besar kemungkinannya rencana kamu tidak dapat berjalan dengan lancar. Selain komitmen yang kuat maka hal selanjutnya yang harus kamu miliki adalah kerelaan di dalam meluangkan waktu.

Sebagian besar orang-orang yang sedang mempelajari bahasa Inggris kurang memiliki kerelaan untuk selalu meluangkan beberapa waktu yang dimiliki untuk belajar bahasa Inggris.

Sehingga pada umumnya mereka akan berhenti di tengah jalan dan rencana pembelajaran yang telah dimiliki tidak dapat berjalan dengan baik.

Akibatnya penguasaan terhadap bahasa Inggrisnya tidak dapat berlanjut ke tahap yang lebih kompleks.

Hal selanjutnya yang dapat kamu lakukan adalah dengan memperbanyak teman yang berasal dari luar negri sehingga nantinya kamu akan terbiasa menggunakan bahasa Inggris

 

Salah satu keuntungan dari berkembangnya teknologi secara pesat adalah tersedianya beragam media sosial yang digunakan oleh seluruh orang dari berbagai belahan dunia.

Beberapa situs media sosial yang banyak digunakan adalah Facebook, Path, Instagram, dan Twitter sebagai situs teratas yang paling banyak digunakan saat ini.

Hal tersebut justru dapat kamu manfaatkan untuk menambah teman dengan mencari pengguna situs tersebut yang berasal dari luar negri seperti Amerika dan Inggris dimana penduduknya menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama di dalam komunikasi sehari-hari.

Setelah mendapatkan beberapa teman maka kamu sudah dapat memulai berlatih bahasa Inggris. Caranya sangatlah mudah karena kamu dapat memanfaatkan fitur Chatting yang memungkinkan kamu untuk melakukan percakapan dengan seluruh daftar teman yang kamu miliki.

Untuk memulai sebuah percakapan yang baik kamu dapat mengatakan beberapa kalimat sapaan dan perkenalan seperti “ Halo, How are you ? Nice to meet you “.

Salah satu tips di dalam memulai percakapan yang baik adalah selalu sertakan kalimat apa kabar di dalam kalimat sapaan kamu.

Sebab kalimat tersebut merupakan kalimat kesopanan di dalam bahasa Inggris untuk menyapa orang lain baik orang yang sudah kamu kenal maupun orang yang baru kamu temui.

Cara selanjutnya yang dapat kamu gunakan jika kamu merasa malu untuk memulai sebuah percakapan maka cobalah untuk membuat status pada media sosial yang kamu miliki dengan menggunakan bahasa Inggris.

Sehingga hal tersebut mungkin mengundang teman-teman kamu dari negara lain untuk ikut berkomentar di status yang kamu buat.

Dengan terus-menerus berbicara di dalam bahasa Inggris maka kamu akan dengan mudah untuk mahir bahasa Inggris.

Cara selanjutnya yang dapat kamu gunakan untuk mahir bahasa Inggris adalah coba luangkan waktu untuk berpergian ke negara yang menggunakan bahasa Inggris

Mengunjungi negara lain merupakan salah satu impian yang selalu ingin dicapai oleh setiap orang sebab hal ini merupakan salah satu kegiatan yang sangat menyenangkan.

Karena selain dapat menambah pengalaman kamu maka kegiatan liburan sangat bermanfaat untuk menurunkan tingkat stress di dalam diri kamu.

Seperti yang kamu ketahui bahwa tingkat stres tinggi di dalam diri seseorang akan berdampak buruk pada berbagai aspek kehidupannya seperti kesehatan, kehidupan sosial, dan lain-lain.

Kegiatan liburan ke negara yang menggunakan bahasa Inggris juga akan memiliki dampak yang baik pada kemampuan berbahasa Inggris kamu.

Sebab mau tidak mau kamu akan terus dipaksa untuk menggunakan bahasa Inggris agar bisa berkomunikasi dengan penduduk disana seperti menanyakan arah yang benar, membeli barang, serta menyapa orang-orang disekitar kamu.

Walaupun di waktu-waktu awal kamu berada di negara tersebut akan merasa kesulitan untuk menggunakan bahasa Inggris.

Justru hal tersebut akan terus memacu motivasi kamu untuk selalu membenarkan kesalahan kamu di dalam berkata-kata.

Sebab pada umumnya tidak jarang penduduk asli negara tersebut kurang paham dengan hal yang kita bicarakan karena aksen dari bahasa asli kita memang tidak dapat hilang.

Oleh karena itu dengan terbiasa berbicara bahasa Inggris justru kita dapat berlatih untuk memisahkan aksen kita dari cara berbicara selama menggunakan bahasa Inggris.

Cara yang satu ini memang sangat menyenangkan untuk diterapkan namun memiliki satu kekurangan yang bagi sebagian orang sangat menganggu.

Biaya yang mahal merupakan hal yang menghambat beberapa orang untuk menerapkan cara ini. Sebab untuk berpergian ke luar negri kamu harus menyiapkan biaya yang sangat besar untuk biaya hidup selama di negara tersebut. dan biaya transportasi serta pengurusan berbagai dokumen seperti visa dan paspor.  Sehingga cara ini tidak bisa diterapkan oleh semua orang.

Hal selanjutnya yang dapat kamu lakukan untuk melatih kemampuan bahasa Inggris kamu adalah dengan mengunjungi tempat-tempat wisata di kota kamu

Mengapa tempat wisata? Karena biasanya di tempat-tempat wisata seperti pantai, museum, dan situs bersejarah banyak dikunjungi oleh turis-turis asing yang pada umumnya menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi.

Namun cara ini tentu tidak dapat kamu lakukan seorang diri sebab hal tersebut justru akan menimbulkan kesan tidak sopan bagi turis asing yang kamu sapa.

Oleh karena itu pada umumnya kamu terlebih dahulu bergabung dengan sebuah komunitas yang khusus untuk mempelajari bahasa Inggris.

Komunitas tersebut biasanya memiliki kegiatan rutin yang sering disebut sebagai “ hunting bule“ di tempat-tempat wisata yang terkenal.

Jika kamu memang tidak dapat menemukan sebuah komunitas maka kamu dapat mengajak teman kamu untuk bersama-sama berlatih bahasa Inggris.

Untuk melakukan kegiatan ini kamu tidak perlu terlalu banyak melakukan persiapan. Salah satu hal yang harus terlebih dahulu kamu kuasai adalah dengan mempelajari kalimat-kalimat sapaan dan pertemuan dengan orang yang baru.

Sebab tidak semua kalimat dapat kamu gunakan karena kamu harus memilih dan menggunakan kalimat yang terkesan sopan.

Karena mungkin saja tidak semua turis yang kamu ajak untuk bercakap-cakap merasa nyaman dengan kamu karena kita tidak mungkin memaksakan untuk terus berkomunikasi dengan orang yang merasa tidak nyaman.

Untuk memulai sebuah percakapan yang baik adalah terlebih dahulu kamu harus memulai perbincangan dengan mengucapkan salam seperti selamat pagi atau selamat sore yang tentunya dengan menggunakan bahasa Inggris.

Setelah orang yang kamu ajak berbicara membalas sapaan kamu maka kamu dapat melanjutkan dengan mengatakan kalimat wajib di dalam sebuah percakapan bahasa Inggris yaitu “ how are you today, sir/mr/mrs/ms ? “ yang melambangkan kesopanan kamu.

Setelah itu kamu dapat melanjutkan percakapan dengan memperkanalkan diri dan tujuan kamu mengapa kamu mengajak mereka berbicara.

Dengan rutin melakukan kegiatan tersebut kamu akan terbiasa untuk berbicara di dalam bahasa Inggris dan melatih kamu untuk mahir bahasa Inggris.

Hal selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris kamu adalah dengan membaca novel yang menggunakan bahasa Inggris

Membaca merupakan salah satu cara yang dapat kamu gunakan untuk memperluas wawasan kamu dan menambah berbagai pengetahuan di berbagai bidang.

Namun manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dari kegiatan kamu membaca adalah kamu dpaat dengan mudah meningkatkan kemampuan kamu berbahasa Inggris dengan membaca novel berbahasa Inggris.

Membaca novel merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi banyak orang sebab novel memiliki beragam cerita yang menarik. Untuk menerapkan cara ini kamu dapat memulai dengan membaca novel yang memiliki cerita yang singkat dengan karakter yang tidak terlalu banyak.

Sehingga hal tersebut tidak akan membuat kamu pusing yang justru menimbulkan kelelahan di dalam membaca. Sembari membaca novel yang kamu pilih maka sediakan juga alat tulis untuk mencatat beragam kosa kata yang mungkin baru kamu ketahui.

Dengan begitu selain menyenangkan, kegiatan membaca novel juga akan membantu kamu memperbanyak kosa kata bahasa Inggris.

Karena seperti yang kita ketahui bersama bahwa kosa kata merupakan salah satu kunci utama untuk bisa mahir bahasa Inggris. Jika kamu merupakan tipe orang yang tidak terlalu gemar membaca novel maka kamu bisa memilih jenis bacaan lainnya yang lebih ringan seperti komik.

Seperti yang kita ketahui bahwa komik memiliki beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan novel. Selain harganya yang relatif lebih murah karena ukuran buku yang biasanya lebih kecil dan tipis, penyajian cerita di dalam komik juga disertai dengan beragam gambar kartun atau karikatur yang menarik untuk dilihat.

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa membaca buku dengan beberapa gambar di dalamnya tidak akan membuat otak kita cepat lelah karena terus-menerus melihat huruf.

Cara selanjutnya yang dapat kamu gunakan adalah dengan memainkan game online berjenis MMORPG di mana jenis game ini menjadi salah satu primadona bagi para pemain game online

MMORPG sendiri merupakan singakatan dari Massively Multiplayer Online Role Play Game. Dimana pada intinya setiap pemain yang memainkan jenis game tersebut nantinya secara online akan terhubung ke server utama yang digunakan untuk menjalankan game tersebut dimana secara real time dapat bertemu dengan pemain lainnya.

Untuk memulai memainkan game ini, sebelumnya kamu diwajibkan untuk menginstall aplikasi game secara gratis maupun berbayar.

Karena untuk beberapa game yang memiliki jaringan besar maka kamu diwajibkan untuk membayar agar bisa bermain sebab fitur yang disediakan cukup banyak.

Selanjutnya jika sudah terhubung dengan game maka kamu diwajibkan untuk membuat sebuah akun yang nantinya akan terkait dengan email yang kamu miliki.

Dalam proses pembuatan akun maka nantinya kamu juga harus membuat sebuah karakter yang akan kamu gunakan selama kamu memainkan game tersebut.

Sama seperti nama game role play game maka nantinya karakter yang kamu buat di dalam game tersebut digunakan untuk melakukan berbagai quest atau tantangan-tantangan di dalam game yang harus kamu selesaikan untuk dapat meningkatkan level karakter kamu.

Game ini pada intinya sama seperti sebuah game di kehidupan di mana kamu nantinya dapat memiliki sebuah rumah, memiliki pasangan, dan juga berperang melawan berbagai macam musuh agar kamu terus dapat bertahan hidup.

Di dalam game ini tersedia beragam jenis karakter yang dapat kamu mainkan seperti menjadi ahli pedang, penyihir, seorang tabib, dan lain-lain.

Pada umumnya game dengan jenis ini menggunakan bahasa Inggris sehingga hal tersebut akan melatih kemampuan berbahasa kamu karena kamu dituntut memahami berbagai macam tantangan dan perintah yang harus kamu lalui di dalam game tersebut.

Sehingga bermain game saat ini bukan lagi sesuatu yang bersifat negatif namun dapat kamu gunakan sebagai salah satu kegiatan yang bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris kamu. Sehingga di dalam kehidupan sehari-hari kamu akan mahir bahasa Inggris.

Cara lain yang dapat kamu gunakan untuk dapat mahir bahasa Inggris adalah dengan mengerjakan soal-soal latihan bahasa Inggris

Bagi kamu yang memulai belajar bahasa Inggris dari awal maka latihan untuk mengerjakan soal-soal bahasa Inggris sangat baik untuk dijadikan sebagai salah satu cara latihan untuk mahir bahasa Inggris.

Sebab soal-soal yang ada sekarang akan membantu kamu mengembangkan berbagai macam pemahaman terhadap jenis-jenis kalimat yang ada di dalam bahasa Inggris.

Berlatih mengerjakan soal-soal bahasa Inggris pada umumnya akan mengembangkan kemampuan kamu di dalam menambah kosa kata bahasa Inggris, meningkatkan kemampuan reading, dan memperluas pemahaman kamu mengenai penggunaan kosa kata di dalam berbagai macam konteks kalimat.

Berikut beberapa jenis soal-soal yang sangat bermanfaat untuk kamu untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kamu. Jenis pertama adalah related information dimana pada umumnya akan tersedia sebuah bahan bacaan yang akan menyajikan beragam informasi yang akan ditanyakan di dalam soal.

Sebagai contoh tersedia sebuah teks yang membahas mengenai pemanasan global maka pada umumnya soal yang akan ditanyakan adalah mengapa global warming bisa terjadi.

Soal semacam itu akan membantu kamu untuk meningkatkan pemahaman di dalam mengerti sebuah makna dari bahan bacaan yang ada.

Selain itu soal jenis ini dapat memberikan gambaran penggunaan grammar yang baik sehingga bisa kamu jadikan sumber untuk belajar grammar sebagai salah satu komponen penting untuk menyusun kalimat bahasa Inggris yang benar.

Jenis soal selanjutnya yang sangat bermanfaat untuk kamu adalah soal-soal yang menjadikan vocabulary sebagai objek pertanyaan.

Pada umumnya kamu juga akan disediakan sebuah bacaan yang sederhana yang berisi kata-kata yang mungkin jarang digunakan di dalam percakapan sehari-hari.

Sehingga pada soal yang akan kamu temui maka kamu pada dasarnya harus menemukan sinonim atau antonim dari kata yang dijadikan objek pertanyaan.

Bila di dalam soal menggunakan kata “ closest meaning “ maka kamu harus mencari sinonim yang tepat. Jika yang ditanyakan adalah “ the opposite “ maka kamu harus menemukan kalimat antonim atau yang berlawanan kata.

Cara selanjutnya untuk membantu kamu mempelajari bahasa Inggris adalah dengan memiliki alat bantu yang tepat untuk membantu kamu dalam menemukan kosa kata yang ingin kamu gunakan

Dalam hal ini kamus merupakan salah satu alat bantu yang paling sering digunakan sebab mudah didapat dimana saja serta tersedia di dalam berbagai macam ukuran sehingga dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Menggunakan kamus sebagai salah satu alat bantu akan membantu kamu untuk bisa mahir bahasa Inggris dengan cepat sebab kamu dengan mudah dapat menemukan kosa kata dengan mudah tanpa memerlukan waktu yang lama.

Selain kamus yang berbentuk buku, berkembangnya teknologi secara pesat juga mempengaruhi perkembangan kamus yang ada.

Sehingga saat ini dapat kamu jumpai kamus elektronik yang memiliki bentuk sebesar smartphone yang menyediakan beragam fitur yang membantu kamu untuk belajar bahasa Inggris.

Kamus elektronik tersebut saat ini biasa disebut sebagai Alpalink yang memiliki beragam fitur menarik. Untuk menemukan kosa kata bahasa Inggris kamu hanya perlu mengetikkan kata dalam bahasa Indonesia yang secara otomatis akan memunculkan kata di dalam bahasa Inggrisnya.

Selain itu Alpalink juga menyediakan fitur audio yang dapat kamu gunakan untuk dapat mempelajari pengucapan kosa kata secara benar.

Salah satu hal yang harus kamu pikirkan sebelum menggunakan sebuah kamus adalah tentukan prioritas penggunaan kamus kamu.

Jika bagi kamu yang masih dalam taraf pemula dalam mempelajari bahasa Inggris maka kamus yang kamu butuhkan adalah kamus biasa yang pada umumnya hanya terdiri dari bahasa Indonesia dan bahasa Inggris yang disertai dengan daftar lengkap regular dan irregular verb.

Namun jika kamu mempelajari bahasa Inggris karena tuntutan pekerjaan sebagai contoh akuntan, maka kamu membutuhkan kamus khusus yang menyediakan beragam kosa kata khusus yang biasa digunakan di dalam dunia akuntansi.

Cara lain yang dapat kamu gunakan untuk cepat mahir bahasa Inggris adalah dengan menjadi pribadi yang proaktif di dalam belajar bahasa Inggris

Salah satu latihan yang dapat kamu terapkan adalah dengan memulai story telling yaitu mendongeng di dalam bahasa Inggris.

Story telling sendiri memiliki pengertian sebagai sebuah cara di dalam bercerita menggunakan bahasa Inggris dimana kamu dapat menceritakan hal apa saja seperti memainkan sebuah adegan di dalam pagelaran teater, bercerita mengenai peristiwa besar atau cerita legenda yang terkenal.

Dalam berlatih story telling terdapat tiga metode penyampaian cerita yang dapat kamu gunakan sehingga hal tersebut dapat semakin membuat suasana berlatih kamu menjadi lebih menarik.

Teknik pertama yang dapat kamu gunakan adalah Monomyth yang dipopulerkan oleh Joseph Campbell. Teknik ini juga sering disebut sebagai sebuah teknik perjalanan pahlawan.

Dalam cara ini seseorang yang menyampaikan sebuah cerita diibaratkan sebagai seorang pahlawan yang dipanggil dari tempat asalnya menuju tempat lainnya yang jauh guna melakukan sebuah hal yang sulit untuk mencapai tujuan yang besar ditempat tersebut.

Sehingga jika diterapkan di dalam story telling maka biasanya cerita yang disajikan adalah tentang sebuah seseorang yang berhasil meraih pencapaian-pencapaian yang besar selama masa hidupnya.

Teknik selanjutnya yang bisa menumbuhkan motivasi di dalam diri kamu adalah teknik Start False. Sesuai dengan nama penyebutan teknik ini maka kamu yang berperan sebagai seseorang yang bercerita akan memulai jalan cerita kamu dari sebuah kegagalan.

Hal ini dapat menjadi salah satu sumber motivasi kamu bagi kamu yang baru memulai belajar bahasa Inggris sebab kamu dapat menumbuhkan motivasi dari sebuah kegagalan yang telah kamu lalui.

Pada umumnya seseorang yang paling sering menggunakan teknik ini adalah guru bahasa Inggris yang biasanya memiliki tujuan untuk menumbuhkan motivasi pada diri siswanya untuk giat dalam berlatih bahasa Inggris.

Hal selanjutnya yang dapat kamu lakukan untuk melatih kemampuan berbahasa Inggris kamu adalah dengan menonton video sketsa berbahasa Inggris yang dapat dengan mudah dijumpai di Youtube

Metode ini dapat kamu gunakan ketika kamu mulai lelah untuk berlatih dan lebih memilih untuk bersantai.

Namun bersantai tanpa melakukan hal yang bermanfaat bukan langkah yang tepat untuk bisa mahir bahasa Inggris.

Oleh karena itu kamu harus tetap mengisi waktu luang kamu dengan hal-hal yang berbau bahasa Inggris agar kemampuan kamu terus berkembang.

Menonton video sketsa di Youtube merupakan salah satu cara yang paling mudah dan dapat kamu lakukan di mana saja.

Sketsa sendiri merupakan salah satu karya seni yang pada umumnya disebut sebagai sebuah pertunjukkan teater dimana seseorang bermain peran di dalamnya sehingga biasanya cerita-cerita yang ditampilkan biasanya berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.

Sehingga dengan menonton sebuah sketsa berbahasa Inggris dapat meningkatkan kemampuan kamu di dalam memahami kosa kata yang sering digunakan di dalam komunikasi keseharian.

Untuk memulai belajar bahasa Inggris dengan menonton sketsa maka kamu dapat memulai menonton video dengan durasi dari 3 sampai dengan 4 menit. kamu juga dapat mengaktifkan fitur subtitle jika kamu belum bisa mengindetifikasi kata-kata yang digunakan dengan baik.

Namun untuk latihan selanjutnya maka kamu dapat mulai untuk menonaktifkan fitur subtitle agar kemampuan kamu dalam hal listening atau mendengarkan dapat berkembang dengan baik.

Cara selanjutnya yang dapat kamu lakukan untuk bisa mahir bahasa Inggris adalah dengan memiliki teman pena yang berasal dari negara dimana di dalam kegiatan kesehariannya menggunakan bahasa Inggris untuk kegiatan berkomunikasi

Mungkin kamu berpikir bahwa di zaman saat ini dimana semuanya serba menggunakan media sosial akan sangat sulit untuk bisa mendapatkan teman pena yang masih mau berkirim surat.

Sebelum mengetahui cara mendapatkan teman pena yang dapat dipercaya, kamu harus tahu dulu mengapa kegiatan berbalas surat dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris kamu.

Seperti yang kamu ketahui, di dalam kegiatan menulis dengan menggunakan bahasa Inggris kamu memerlukan beberapa keterampilan dasar yang sangat penting di dalam bahasa Inggris.

Keterampilan pertama yang harus kamu terapkan adalah kemahiran dalam memilih dan menggunakan kosa kata.

Keterampilan kedua yang wajib kamu gunakan jika ingin menulis sebuah surat adalah kemahiran di dalam menggunakan grammar sebagai sebuah struktur penting dalam menyusun kata-kata dasar menjadi sebuah kalimat yang mudah dimengerti.

Sehingga hanya dengan menulis sebuah surat dapat meningkatkan kemampuan kamu di dalam berbahasa Inggris secara signifikan. Pada saat ini menggunakan website khusus merupakan salah satu cara yang tepat dan mudah untuk menemukan teman pena. S

alah satu website yang telah terbukti aman adalah Student of the World di mana hampir seluruh penggunanya masih berstatus sebagai pelajar yang memang bertujuan untuk mencari teman pena pada website tersebut.

Dikarenakan pesertanya sebagian besar adalah pelajar maka pada saat mendaftar kamu juga harus melewati berbagai macam tahapan keamanan agar identitas kamu dapat dipercaya.

Selain mencari teman, menonton video, menonton film, dan mendengarkan lagu cara lain yang dapat kamu terapkan untuk mahir bahasa Inggris adalah dengan terus berlatih praktik menggunakan bahasa Inggris yang dapat kamu lakukan dengan berpidato

Sama halnya dengan bahasa Indonesia berpidato di dalam bahasa Inggris juga akan memberikan dampak positif bagi orang yang melakukannya.

Salah satu pengaruh yang dapat langsung dirasakan adalah rasa kepercayaan diri kamu dalam menggunakan bahasa Inggris dapat meningkat walaupun kamu masih membutuhkan teks di dalam berpidato.

Sebab mahir untuk membaca bahasa Inggris dengan lantang dan menggunakan intonasi bukanlah hal yang mudah yang dapat dilakukan oleh semua orang.

Setelah mahir membaca maka kamu dapat mencoba untuk membuat pidato kamu dimulai dari hal yang sederhana sebagai contoh pidato untuk mengajak teman kamu membuang sampah pada tempatnya.

Untuk dapat menghasilkan pidato yang baik maka kamu harus mengikuti beberapa langkah yang tepat di dalam menyusun sebuah pidato.

Hal pertama yang harus kamu cantumkan di dalam pidato kamu adalah ucapan sapaan kepada orang-orang yang hadir untuk mendengarkan pidato yang akan kamu bacakan. Kalimat sapaan yang dapat kamu gunakan seperti “ honorable …. / ladies and gentlemen “.

Penggunaan kata honorable atau yang terhormat biasanya ditujukan untuk para senior yang dituakan seperti guru, kepala sekolah, ketua di sebuah organisasi atau ketua di dalam perkumpulan sosial.

Hal selanjutnya yang harus kamu cantumkan adalah pengucapan rasa syukur dikarenakan acara pembacaan pidato dapat berjalan dengan baik yang dilanjutkan dengan menanyakan kabar para hadirin yang hadir di dalam pembacaan pidato.

Selanjutnya hal yang perlu kamu sampaikan adalah dengan mengucapkan rasa terimakasih kepada hadirin yang telah bersedia hadir di dalam pembacaan pidato yang dilanjutkan dengan perkenalan diri kamu secara singkat.

Selanjutnya kamu dapat mulai untuk menjabarkan pokok pidato yang ingin kamu sampaikan yang diakhiri dengan ucapan salam dan terimakasih karena hadirin telah bersedia mendengarkan pidato kamu dengan seksama.

Jika kamu mulai merasa bosan untuk belajar bahasa Inggris seorang diri maka inilah saat yang tepat untuk kamu belajar bersama orang lain

Namun terkadang mengambil kursus bahasa Inggris di beberapa lembaga yang tersedia terkesan kaku di dalam metode pembelajarannya sehingga banyak murid di lembaga tersebut yang mudah merasakan kebosanan yang akhirnya berdampak pada komitmen untuk mempelajari bahasa Inggris.

Sehingga saat ini telah tersedia program homestay khusus untuk mempelajari bahasa Inggris dimana kamu akan tinggal di sebuah perkampungan dimana kamu akan bertemu dengan siswa lainnya dan menjalankan kegiatan seperti biasa namun setiap harinya kamu harus selalu menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi.

Dengan menggunakan metode pembelajaran yang santai namun rutin justru akan mempercepat kamu untuk mahir bahasa Inggris dalam jangka waktu yang singkat.

Salah satu lokasi paling terkenal di Indonesia yang menyediakan jasa tersebut adalah kampung inggris yang terletak di Pare, Kediri.

Pendirian kampung ini dimulai pada tahun 1976 yang dipelopori oleh Mr. Kalend Olsen yang dikenal sebagai pria yang sangat ramah dan bersahaja.

Pria kelahiran 4 Februari 1945 ini memulai petualangan hidupnya sebagai seorang santri di Kutai Kartanegara di pulau Kalimantan yang akhirnya berlanjut untuk menimba ilmu keagaman di Pondok Pesantren Gontor di Ponorogo, Jawa Timur.

Namun karena adanya keterbatasan biaya pendidikan maka dipertengahan proses menimba ilmu ia harus dengan terpaksa berhenti menjadi siswa di pondok tersebut dan berkelana.

Di tengah proses berkelana seorang temannya memberikan informasi bahwa di kecamatan Pare, Kediri terdapat seorang ustadz yang juga mahir berbicara dalam delapan bahasa.

Sehingga ia menuju ke tempat ustadz tersebut dan akhirnya mempelajari beberapa bahasa disana. Hingga suatu saat datanglah dua orang murid yang ingin belajar bahasa Inggris namun ustadz yang bertugas mengajarkan bahasa Inggris sedang tidak berada di tempat.

Hingga akhirnya Mr. Kalend berperan sebagai pengajar yang tanpa disangka-sangka berkembang hingga berdirinya Kampung Inggris yang terkenal.

Setelah banyak berlatih bahasa Inggris maka langkah selanjutnya yang patut kamu coba adalah dengan mengikuti berbagai macam perlombaan bahasa Inggris yang ada

Sebab perlombaan di dalam bahasa Inggris dapat diikuti oleh semua jenis usia sebab perlombaan di dalam bahasa Inggris dapat diikuti oleh siapa saja asalkan memiliki minat dan kemauan yang tinggi.

Mengikuti perlombaan di dalam bahasa Inggris secara tidak sadar akan membuat kamu makin mahir bahasa Inggris karena ketika berlomba akan muncul perasaan kompetitif di dalam diri kamu agar dapat bersaing dengan peserta lainnya.

Jenis lomba pertama yang dapat kamu ikuti adalah News Reading dimana kamu dituntut untuk berperan sebagai seorang pembaca berita yang sedang mengadakan siaran langsung dan membacakan berita secara live dengan tepat.

Tantangan yang terdapat di dalam jenis lomba ini dimana kamu harus dapat menggunakan intonasi yang tepat untuk setiap kalimat yang kamu bacakan serta kamu harus tetap mampu menjaga kontak mata dengan kamera yang berperan sebagai orang yang menonton siaran kamu.

Jenis lomba selanjutnya yang dapat kamu ikuti adalah Debate Competition dimana biasanya di dalam lomba ini panitia akan menyajikan beberapa topik bahasan yang harus kamu perdebatkan dengan peserta lain untuk dapat memenangkan lomba.

Hal selanjutnya yang harus kamu terapkan di dalam diri kamu untuk dapat mahir bahasa Inggris adalah jangan pernah merasa lelah untuk terus mengembangkan kemampuan kamu di dalam berbahasa Inggris

Untuk menghindari rasa lelah yang bisa saja hadir di setiap waktu maka kamu perlu menemukan rutinitas atau cara-cara yang beragam di dalam mempelajari bahasa Inggris.

Fakta menarik yang perlu kamu ketahui adalah seseorang yang memilih untuk ikut serta di dalam sebuah lembaga kursus bahasa Inggris akan lebih cepat merasa lelah dan bosan untuk secara konsisten mempelajari bahasa Inggris dibandingkan dengan orang yang belajar secara otodidak.

Sebab belajar dengan cara otodidak akan memberikan kebebasan pada diri sendiri untuk menentukan cara apa yang sesuai dengan diri masing-masing.

Sehingga hal tersebut sangat ampuh untuk mencegah rasa lelah dalam proses belajar. Selain itu dalam mempelajari bahasa Inggris jangan pernah menentukan target yang terlampau susah di masa awal pembelajaran kamu.

Sebab untuk mencapai target tersebut maka kamu juga dituntut untuk mempelajari materi yang susah. Ketika kamu tidak terbiasa mempelajari hal-hal dasar terlebih dahulu dan langsung menuju ke hal yang rumit untuk dipelajari maka kamu dengan mudah dapat merasa lelah sebelum kamu memahami sebuah materi dengan baik.

Setelah mengerti bagaimana cara mengantisipasi rasa lelah yang mungkin saja muncul selama proses pembelajaran maka hal selanjutnya yang dapat kamu lakukan adalah menjaga hal itu.

Dimana salah satu cara yang paling ampuh untuk menjaganya adalah jangan terlalu sering mengeluhkan betapa susahnya belajar bahasa Inggris.

Sebelum mempelajari sebuah hal yang baru maka kamu wajib menetapkan sebuah pokok pemikiran dimana hal yang kamu pelajari nantinya akan memiliki manfaat yang besar untuk diri kamu.

Hal yang harus kamu pahami bahwa mengeluh merupakan salah satu perbuatan atau kebiasaan buruk yang juga dapat memberikan dampak negatif untuk diri kamu.

Keseringan mengeluh justru akan membuat tubuh kamu terprogram untuk lebih cepat merasakan rasa lelah dan bosan yang akan menghilangkan semangat di dalam diri untuk melakukan sebuah pekerjaan termasuk mempelajari bahasa Inggris.

Baca juga : 9 Hal yang Kamu Syukuri ketika menjadi Mahasiswa Tingkat Akhir

Salah satu hal yang dapat kamu lakukan ketika kamu mulai merasa lelah dalam belajar bahasa Inggris adalah memanfaatkan beberapa waktu untuk istirahat sejenak.

Namun sebelum beristirahat selalu usahakan diri kamu untuk tidak mengeluarkan kata-kata keluhan yang justru akan melemahkan motivasi kamu untuk mahir bahasa Inggris.

Selama beristirahat usahakan lakukan kegiatan lain yang menyegarkan pikiran kamu seperti mendengarkan musik kesukaan atau bahkan menonton film berbahasa Inggris sehingga kamu dapat tetap berlatih bahasa Inggris sembari bersantai.

Setelah memilih rutinitas yang beragam dan menjaga diri agar tidak terlalu sering mengucapkan kata-kata keluahan maka hal selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan menentukan tujuan yang jelas mengapa kamu ingin mahir bahasa Inggris.

Tujuan merupakan salah satu aspek penting yang wajib kita miliki sebelum melakukan hal apapun termasuk di dalam mempelajari sesuatu maka menetapkan tujuan yang jelas akan membantu kamu untuk terus termotivasi melakukan kegiatan tersebut.

Sama halnya dengan saat-saat dimana setiap orang harus mengenyam bangku pendidikan wajib selama 12 tahun. Jika kita memikirkannya dengan baik waktu 12 tahun bukanlah waktu yang singkat dimana setiap harinya kita harus selalu berangkat sekolah.

Belum lagi jika kita dibekali dengan segudang tugas yang wajib untuk dikerjakan dan harus melakukan serangkaian ujian-ujian berskala nasional. Dengan segala hal-hal yang susah tersebut kita tetap saja secara rutin selama 12 tahun bahkan bisa lebih selalu rajin untuk menimba ilmu.

Sebab ada hal kuat yang mendasari kita untuk selalu termotivasi melakukannya yaitu sebagian besar siswa pasti memiliki tujuan utama agar bisa segera lulus dari tahap pendidikan yang sedang dilalui.

Sama halnya dengan mengenyam pendidikan, dalam belajar bahasa Inggris kamu juga harus menetapkan tujuan yang jelas agar motivasi di dalam diri kamu terus membara.

Setelah mampu untuk menjaga motivasi kamu tetap membara maka hal selanjutnya yang wajib kamu tanamkan di dalam diri untuk bisa mahir bahasa Inggris adalah dengan selalu berusahan untuk menerapkan pemikiran yang positif selama proses belajar berlangsung.

Berpikiran positif tidak hanya mampu membentuk perasaan senang selama mempelajari bahasa Inggris namun juga meningkatkan minat dan niat kamu seiring dengan kemahiran kamu yang semakin meningkat.

Salah satu pikiran positif yang dapat kamu terapkan adalah dengan menganggap bahwa bahasa Inggris mudah untuk dipelajari karena merupakan salah satu jenis bahasa yang biasa digunakan di dalam proses komunikasi.

Dengan menetapkan pemikiran itu otak kamu secara otomatis akan lebih mudah menyerap materi-materi atau konsep baru yang kamu pelajari sebab kamu sudah berprinsip untuk menganggap bahasa Inggris sebagai sebuah hal yang mudah untuk dipahami.

Salah satu manfaat berpikir positif di dalam proses belajar adalah untuk meminimalkan tingkat stress yang mungkin kamu alami.

Stres dapat dengan mudah muncul apabila kamu sudah merasa lelah dan merasa bahwa beberapa materi yang kamu pelajari di dalam diri kamu sangat menyita waktu dan sulit untuk dipahami.

Oleh karena itu memiliki pikiran positif akan terus menjaga semangat kamu untuk belajar bahasa Inggris secara rutin hingga kamu dapat dengan mudah menggunakannya untuk berkomunikasi.

Hal terakhir yang harus kamu terapkan untuk dapat mahir bahasa Inggris walaupun kamu pemula adalah kamu harus memiliki keberanian yang tinggi untuk terus melanjutkan proses belajar walaupun selama berjalannya proses kamu menemui beberapa halangan.

Karena pada faktanya karakter diri yang kamu bangun akan mempengaruhi proses belajar dan kecepatan pemahaman kamu terhadap suatu hal.

Fakta mengatakan bahwa seseorang yang lebih membuka diri dan memiliki pemikiran yang terbuka akan lebih mudah menyerap dan mempelajari sesuatu hal yang baru.

Sedangkan seseorang yang menumbuhkan karakter diri sebagai orang yang tertutup, jarang bergaul dengan teman atau orang di lingkungannya, dan susah untuk berpikiran terbuka akan lebih sulit untuk menerima hal-hal baru serta membutuhkan waktu yang lama untuk memahami hal yang dipelajari.

Akibatnya orang dengan karakter diri yang tertutup biasanya memiliki tingkat stres yang lebih tinggi dibandingkan dengan orang dengan karakter yang membuka diri.

Menumbuhkan keberanian di dalam diri merupakan salah satu hal yang wajib kamu miliki untuk dapat dengan mudah menguasai bahasa Inggris.

Sebab bahasa ini adalah salah satu alat yang digunakan untuk berkomunikasi. Lalu bagaimana bisa kamu berkomunikasi dengan baik jika tidak dibarengi dengan keberanian dan kepercayaan diri yang mumpuni ?

Oleh sebab itu mulailah untuk membiasakan diri bergabung dan berperan serta ke lingkungan sekitar kamu. Demikian artikel mengenai cara-cara untuk mahir berbahasa Inggris ini, semoga dapat membantu kamu untuk sesegera mungkin dapat berbahasa Inggris dengan baik dan benar.

About The Author

Gabung Bersama +30.000 Pembaca Kami!

Daftarkan email anda untuk mendapatkan artikel terbaru dari Situstarget.com.

Proses pendaftaran hampir selesai, mohon cek email Anda dan Klik tombol konfirmasi.

Pin It on Pinterest

Share This