7 Peluang Bisnis Tanpa Modal Untuk Mahasiswa

Bisnis Tanpa Modal Besar di Awal Memang Ada? Anda Baca Artikel Di Bawah Ini Hingga Tuntas untuk Menemukan Jawabannya

Bisnis bisa dilakukan oleh siapa saja, bahkan oleh seorang mahasiswa muda sekalipun. Walau mahasiswa selalu identik dengan kondisi keuangan yang pas-pasan, bukan berarti mereka tidak bisa memulai suatu usaha.

Kalau lebih jeli, ada banyak peluang bisnis tanpa modal yang patut untuk dicoba. Berbisnis tidak harus selalu membangun kantor, punya peralatan lengkap, atau merekrut karyawan.

Manfaatkan saja apa yang dimiliki seperti motor, laptop, atau keahlian khusus di bidang tertentu. Jika dilakukan dengan sungguh-sungguh, usaha apapun pasti akan memberikan hasil memuaskan bahkan bisa menjadi sumber penghasilan tetap di masa depan.

Penasaran tentang bisnis apa saja yang cocok untuk mahasiswa? Ini dia 7 bisnis yang bisa dilakukan mahasiswa untuk menambah pundi-pundi uang mereka. Tips bermanfaat lainnya bisa anda baca di kategori inspirasi ya.

1. Guru Bimbingan Belajar

Salah satu jenis usaha yang umum dilakukan oleh mahasiswa adalah menjadi guru di lembaga kursus atau menawarkan les privat.

Ilmu yang diajarkan biasanya berupa pelajaran formal dengan target konsumen mulai dari siswa SD hingga SMA.

Selain pelajaran formal, bisa juga membuka kursus untuk keterampilan tertentu, misalnya bermain gitar atau kursus komputer.

Bila dilakukan perorangan, bisnis ini nyaris tanpa modal. Anda hanya akan mengeluarkan sedikit biaya untuk keperluan promosi serta transportasi bila Anda disuruh datang langsung ke rumah konsumen.

Kesuksesan bisnis ini terletak pada 2 hal utama, yaitu ilmu yang benar-benar dikuasai serta kemampuan mengajar yang baik.

2. Penulis Lepas

Sebagian besar mahasiswa pasti memiliki komputer/laptop dan koneksi internet, dua barang ini sebenarnya bisa jadi modal untuk mencari uang secara online, salah satunya adalah dengan menjadi penulis lepas.

Seperti profesi lainnya, pekerjaan ini tidak hanya mengandalkan kemampuan menulis, tapi juga komitmen tinggi untuk selalu disiplin.

Peluang usaha yang satu ini masih terbuka lebar, apalagi saat ini banyak situs di internet yang butuh diisi dengan artikel-artikel berkualitas.

Selain itu, tidak semua pemilik situs punya kemampuan menulis sehingga mereka lebih suka merekrut penulis lepas. Di sinilah kesempatan Anda untuk mulai mencoba terjun ke bisnis ini dan meraup keuntungan.

3. Bisnis Dropship Online

Internet memudahkan siapa saja untuk berbisnis, termasuk mahasiswa yang ingin berjualan tapi tidak punya modal uang.

Dalam bisnis ini, Anda akan menjual barang milik orang lain (supplier) dengan harga yang bisa Anda tentukan sendiri, tentunya harga jual harus lebih tinggi dibandingkan harga dari supplier agar bisa mendapatkan laba.

Saat ada pembeli, pihak penyuplai yang akan mengemas dan mengirimkan barang ke konsumen atas nama Anda.

Jadi, bisnis ini sangat menguntungkan karena Anda tidak perlu membeli atau menyetok barang dari supplier, dan juga tidak perlu repot-repot melakukan pengiriman barang kepada pihak konsumen.

4. Jasa Pengetikan

Tidak semua orang memiliki komputer untuk mengetik. Kalaupun punya, mereka mungkin tidak punya waktu atau justru merasa kerepotan saat mengetik sebuah dokumen.

Kesulitan merekalah yang bisa menjadi peluang usaha bagi mahasiswa, khususnya mereka yang ingin menjalankan bisnis tanpa modal.

Untuk menjalankan bisnis ini, seorang mahasiswa harus memiliki perlengkapan yang memadai seperti seperangkat komputer dan printer.

Kunci kesuksesan bisnis ini terletak pada kepuasan pelanggan, jadi pastikan agar proses pengetikan bisa selesai tepat waktu dan hasil ketikannya pun memiliki kualitas yang sesuai dengan pesanan konsumen,

5. Bisnis Pulsa

Bisnis pulsa memang masih membutuhkan modal uang, tapi jumlah modal yang dibutuhkan sangatlah kecil.

Tak perlu mengeluarkan uang ratusan ribu atau jutaan rupiah, cukup dengan ponsel dan uang beberapa puluh ribu saja, Anda sudah bisa membeli deposit pulsa pada agen/distributor dan mulai menjalankan bisnis ini.

Berjualan pulsa juga tidak harus memiliki toko atau konter. Sebagai mahasiswa, Anda bisa menjual pulsa kepada orang-orang dekat terlebih dahulu, misalnya teman atau dosen.

Dalam satu kali transaksi, penjual bisa meraup untung sekitar Rp1.000. Bila dalam sehari bisa melakukan berkali-kali transaksi, keuntungan juga akan semakin berlipat.

6. Blogger/ Vlogger

Di era digital seperti sekarang ini, profesi blogger maupun vlogger sudah bukan hal asing bagi masyarakat Indonesia, terutama di kalangan anak muda.

Bila Anda seorang mahasiswa, Anda juga bisa menjajal profesi ini. Selain karena nyaris tanpa modal, prospeknya tergolong bagus dan berpotensi mendatangkan banyak uang.

Untuk menjadi seorang blogger, Anda harus mampu mengelola blog atau situs dengan baik, apalagi bila berniat memanfaatkan Google AdSense yang sangat bergantung pada traffic situs.

Untuk mendapatkan traffic, Anda harus rajin mengisi situs dengan konten berkualitas sekaligus mempromosikannya di media sosial.

Sementara untuk menjadi seorang vlogger, YouTube adalah media yang tepat untuk memulainya. Buatlah video dengan konten yang unik dan menarik untuk menggaet banyak penonton.

Semakin tinggi jumlah penonton, maka akan semakin besar kesempatan seorang vlogger untuk mendapatkan uang.

7. Jasa Kurir Sepeda

Bila Anda memiliki sepeda atau motor, jasa kurir dalam kota bisa menjadi pilihan bisnis yang pas. Bisnis ini memiliki prospek yang cukup menjanjikan, apalagi saat ini banyak toko online yang pelanggannya berada di wilayah yang sama.

Mereka pastinya sangat butuh jasa kurir seperti ini agar proses pengiriman barang bisa dilakukan dengan cepat.

Hal lain yang juga bisa dilakukan oleh jasa kurir adalah memberikan pelayanan kirim/ambil paket di kantor pos atau jasa ekspedisi lain.

Pelayanan ini pastinya sangat menguntungkan bagi mereka yang sibuk dan tak punya waktu untuk mengurus paket.

Nah, ternyata ada banyak bisnis tanpa modal yang justru berpeluang menghasilkan banyak keuntungan.

Mahasiswa berbisnis tentu boleh-boleh saja, bahkan dianjurkan untuk melakukannya, tapi jangan sampai bisnis menyita waktu belajar.

Lakukan semuanya dengan seimbang agar tak hanya sukses di bisnis tapi juga berprestasi di bidang akademik.

About The Author

Gabung Bersama +30.000 Pembaca Kami!

Daftarkan email anda untuk mendapatkan artikel terbaru dari Situstarget.com.

Proses pendaftaran hampir selesai, mohon cek email Anda dan Klik tombol konfirmasi.

Pin It on Pinterest

Share This