9 Hal yang Kamu Syukuri ketika Mendapatkan Program Beasiswa

Beasiswa merupakan salah satu program pendukung pendidikan. Ada yang diberikan sebagai bentuk penghargaan prestasi atau bantuan karena kesulitan dalam pembiayaan.

Beasiswa dapat digunakan untuk membayar iuran sekolah, membeli buku dan lain sebagainya. Sebelulmnya kita juga membahas tentang 9 Hal yang Kamu Syukuri ketika menjadi Mahasiswa Tingkat Akhir.

Untuk mendapatkan beasiswa dibutuhkan perjuangan yang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Oleh karena itu, penerima beasiswa harus banyak bersyukur dan memanfaatkan beasiswa yang diterima dengan sebaik-baiknya. Berikut 9 hal yang patut disyukuri ketika mendapatkan beasiswa, antara lain :

1. Bantuan Biaya Pendidikan

Biaya pendidikan di Indonesia memang masih relatif mahal. Padahal pendidikan adalah salah satu sektor utama dalam pembangunan. Beasiswa dapat dijadikan sebagai upaya pemerintah atau swasta guna meningkatkan kapabilitas sumber daya manusianya.

Maka daripada itu, dengan adanya beasiswa tentu akan lebih merangsang minat masyarakat untuk mengenyam pendidikan. Bila kamu menjadi salah satu penerima beasiswa, kamu harus bersyukur karena bantuan biaya tersebut akan menunjang kebutuhan pendidikanmu agar kamu menjadi penerus bangsa yang cerdas.

2. Ekonomi Rendah Bisa Sekolah Tinggi

Dengan adanya beasiswa, pelajar dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi walaupun mereka berasal dari keluarga yang kurang mampu secara finansial.

Contohnya, seorang anak petani miskin yang memiliki kemauan kuat untuk sekolah tentu layak menjadi penerima beasiswa. Kesempatan ini harus disyukuri karena mudah-mudahan beasiswa tersebut dapat mengubah nasib mereka menjadi lebih baik.

3. Rezeki dari Sang Maha Pemurah

Beasiswa adalah rezeki yang kamu raih melalui sebuah kesempatan yang kamu ambil dan perjuangkan. Ada orang memperoleh beasiswa dengan mudah, sebagian lainnya harus tertatih-tatih berjuang. Percayalah, bagaimanapun juga semua telah diatur dengan baik oleh Sang Maha Pemberi Rezeki. Sebagaimana orang yang sedang mendapatkan rezeki, tentu harus bersyukur.

4. Semangat Menimba Ilmu

Jika kita telah mendapatkan sesuatu, biasanya lebih sulit mempertahankan  daripada meraihnya. Ketika kamu meraih beasiswa, tentu kamu harus mempertahankan semangat untuk menimba ilmu dari awal hingga akhir masa pendidikan. Hal itu kamu lakukan sebagai bentuk pertanggung jawaban dan upaya mempertahankan beasiswamu. Syukurilah obor semangat yang tidak boleh padam itu.

5. You Deserved It

Setelah melalui beberapa tahap seleksi beasiswa yang penuh rintangan, akhirnya kamu dinyatakan sebagai salah satu penerimanya. You deserved it guys!

Puji syukur kamu lolos untuk mendapatkan beasiswa, apalagi beasiswa yang memiliki kuota, pasti kamu bersaing dengan banyak kandidat.

Selain itu, banyak beasiswa yang memiliki standar persyaratan atau target yang tinggi. Yakinlah bahwa semua itu merupakan buah dari usaha keras yang layak kamu terima.

6. Unggul Dalam Prestasi

Demi membuktikan kelayakanmu sebagai penerima beasiswa, sebaiknya kamu terus unggul dalam prestasi, baik prestasi akademik maupun non-akademik.

Pertanggungjawaban tersebut juga berdampak baik untuk dirimu sendiri dan harus disyukuri. Kamu akan lebih sungguh-sungguh dalam belajar, rajin mengerjakan tugas dan aktif dalam ekstrakulikuler, sehingga kamu dapat menunjukkan kepada pemberi beasiswa bahwa kamu adalah orang yang tepat.

7. Kesempatan Untuk Berkembang

Beberapa program beasiswa tidak hanya memberikan bantuan berupa uang maupun barang lainnya. Ada juga yang memberikan berbagai macam kegiatan yang berguna untuk melatih hard skill dan soft skill, seperti seminar, pelatihan, kursus singkat dan lain sebagainya.

Kenyataan di lapangan, masih ada penerima beasiswa yang malas mengikuti kegiatan tambahan tersebut. Padahal harusnya mereka lebih bersyukur, karena tidak semua orang bisa mendapatkan kesempatan berharga seperti itu.

8. Beasiswa Dari Uang Rakyat

Tahukah kamu kalau beasiswa dari pemerintah itu menggunakan uang rakyat? Iuran pajak dari rakyatlah yang sebagian dialokasikan untuk program pendidikan melalui APBN.

Penerima beasiswa harus menyadari bahwa nominal beasiswa yang didapatkan itu merupakan hasil dari keringat rakyat. Bersyukur dan berkontribusilah secara maksimal untuk rakyat yang telah bersusah payah membiayai beasiswa tersebut.

9. Meringankan Beban Orang Tua

Awalnya orang tuamulah yang membanting tulang untuk membayar semua kepentingan pendidikanmu. Kini setelah kamu mendapatkan beasiswa, kamu dapat mengurangi tanggungan mereka tersebut.

Anggaran yang biasa dikeluarkan oleh orang tua untuk sekolahmu selanjutnya bisa digunakan untuk kepentingan keluarga yang lain, misalnya biaya sekolah adikmu yang masih kecil. Kamu harus bersyukur karena beasiswa memungkinkan terbantunya kondisi ekonomi keluargamu.

About The Author

Gabung Bersama +30.000 Pembaca Kami!

Daftarkan email anda untuk mendapatkan artikel terbaru dari Situstarget.com.

Proses pendaftaran hampir selesai, mohon cek email Anda dan Klik tombol konfirmasi.

Pin It on Pinterest

Share This