9 Hal yang Kamu Syukuri ketika menjadi Mahasiswa Tingkat Akhir

Waktunya segera tiba, kelulusan untuk mendapatkan gelar sarjana, master atau doktor semakin dekat. Namun, kita terlebih dahulu harus melewati fase akhir sebagai bentuk implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu membuat sebuah penelitian, baik berupa skripsi maupun tesis atau disertasi.

Sebelumnya kita juga sudah menulis artikel tentang dunia perkuliahan loh pada artikel yang berjudul: “9 Hal yang Dapat Kamu Syukuri ketika Berkesempatan untuk Kuliah“. Banyak mahasiswa tingkat akhir berpendapat bahwa fase tersebut merupakan masa terberat ketika akhir masa perkuliahan.

Namun, orang bijak berkata “Dibalik setiap kesulitan pasti ada kemudahan” atau “badai pasti berlalu”.  Nah, bersyukur adalah salah satu cara untuk meringankan beban atau melewati suatu hajat yang besar. Apa saja yang dapat kamu syukuri saat menjadi mahasiswa tingkat akhir?

 

1. Bimbingan Dosen Akan Mempermudah Kamu Dalam Menyelesaikan Skripsi/Tesis/Desertasi-mu

Kamu akan mengerjakan tugas akhir di bawah bimbingan dosen-dosen yang ahli pada bidang yang ingin kamu teliti.

Sebenarnya dalam menghadapi dosen pembimbing tentu ada suka dukanya. Sukanya, mereka pasti memberi berbagai masukan guna mendukung kelancaran penelitianmu.

Selain itu, mereka akan mendampingimu saat ujian atau sidang hasil penelitian. Walaupun selama prosesnya kamu sempat merasakan kegalauan ketika proposal dicoret, direvisi, menunggu mereka berjam-jam untuk bimbingan, atau sulitnya menghubungi mereka.

Bagaimanapun kamu tetap harus bersyukur bila sudah memiliki mereka, bisa jadi ada salah satu temanmu yang tertunda tugas akhirnya karena belum mempunyai dosen pembimbing.

2. Kamu berkesempatan untuk mengeksplorasi ide-ide baru dan belajar menjadi seorang problem solver

Melalui tugas akhir yang merupakan syarat kelulusan ini, mahasiswa dituntut untuk melakukan penelitian sesuai bidang ilmu mereka.

Biasanya, judul tugas akhir itu tidak boleh sama dengan teman seangkatan atau senior beberapa angkatan sebelumnya. Bersyukurlah karena dalam situasi ini tentu kamu berkesempatan untuk mengeksplor ide-ide baru.

Kamu juga bisa belajar untuk menjadi seorang problem solver bagi permasalahan orang lain. Kamu dituntut tidak hanya mengeksplor data-data skunder yang ada di perpustakaan, tetapi data-data primer atau data-data di lapangan juga.

Hal itu akan menambah ilmu pengetahuan dan pengalaman kamu. So, manfaatkan dengan baik kesempatan mengeksplor ide-ide baru ini.

3. Kamu Akan Menjadi Lebih Rajin Membaca dan Datang Ke Perpustakaan

Penelitian tentu memerlukan studi literatur yang mendalam. Membaca akan menjadi hobi barumu sebagai mahasiswa tingkat akhir.

Kamu bisa menghabiskan waktu berjam-jam di perpustakaan demi mencari teori-teori yang relevan dengan penelitianmu.

Buku bacaan dan jurnal-jurnal akan menjadi sahabat inspiratif yang patut kamu syukuri karena selain membantu pengerjaan tugas akhir, mereka akan menambah pengetahuanmu.

4. Kamu Juga Akan Belajar Tentang Realitas Kehidupan Melalui Survey Ke Masyarakat Langsung

Hal yang diteliti biasanya berupa suatu masalah. Sebagian besar penelitian membahas tentang fenomena yang terjadi di masyarakat, sehingga diperlukan survei langsung untuk melihat kondisi nyatanya.

Penelitian tentang kesehatan misalnya, kamu sempat melihat data statistik di sebuah sumber terpercaya yang menyatakan bahwa 80% anak-anak di daerah A menderita busung lapar.

Akhirnya, kamu merasa perlu terjun langsung kesana dan bisa melihat permasalahan yang ada secara nyata. Setelah itu kamu akan bersyukur karena kamu masih memiliki kehidupan yang lebih beruntung dari mereka.

5. Milikilah Keyakinan Bahwa Kamu Bisa Melewati Fase Ini Dengan Baik

Bersyukurlah bagi setiap mahasiswa akhir yang memiliki keyakinan bahwa mereka bisa melalui fase ini. Jika sedari awal tidak ada semangat, kemungkinan besar kamu akan menunda-nunda pengerjaan tugas akhir tersebut.

Ingat saja salah satu ungkapan dari orang bijak yaitu “bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian”. Penundaan tugas dari waktu ke waktu hanya akan memberatkan dirimu saja.

Jika kamu sedang suntuk atau bosan mengerjakan skripsi. Cobalah untuk merenungkan kembali hal ini “9 Hal yang Dapat Kamu Syukuri ketika Berkesempatan untuk Kuliah“, sedikit lagi kamu akan membanggakan keduaorangtua-mu apabila kamu berhasil lulus kuliah tepat waktu dan dengan nilai terbaik yang kamu impi-impikan.

Bersabarlah dalam berproses, nikmati prosesnya, kelak ketika foto wisuda sudah kamu rasakan, kamu bisa tersenyum lebar dan kembali bersyukur.

6. Ubah Kebiasaan Buruk Menjadi Kebiasaan Baik

Dahulu, kamu bisa saja merupakan seorang yang terlalu santai bahkan terkesan malas. Biasanya kurang peduli dengan tugas-tugas perkuliahan ataupun dosen. Namun, posisi sebagai mahasiswa tingkat akhir yang ingin segera lulus akan mendorongmu untuk melakukan perubahan-perubahan positif. Dari yang tadinya malas menjadi rajin, yang tadinya acuh menjadi peduli. Maka syukurilah setiap perubahan ke arah kebaikan yang kamu dapatkan dalam fase ini.

 

7. Kamu Akan Memiliki Waktu untuk “Me Time” Pada Saat Menjadi Seorang Mahasiswa Tingkat Akhir

Selama melakukan penelitian untuk menulis tugas akhir, biasanya tiada lagi perkuliahan di kelas. Kamu sendiri yang mengatur waktu dengan menyesuaikan jadwal-jadwal yang berkaitan dengan tugas akhir.

Sebenarnya waktu luang di sela penulisan tugas akhir itu ada banyak. Jadi, kamu bisa menggunakannya untuk bekerja paruh waktu, ikut seminar, jalan-jalan dan lain sebagainya. Cara mensyukurinya yaitu jangan sampai kamu malah melupakan tugas akhir.

 

8. Ukhuwah Semakin Erat Bersama Teman-teman yang Senasib dengan Diri Kamu

Dalam hitungan bulan kedepan kamu akan segera lulus. Kesempatan untuk bercengkrama dengan teman-temanmu seperti masa perkuliahan mungkin tidak banyak lagi.

Selama proses penulisan tugas akhir, kamu bisa memanfaatkan momen tersebut untuk mempererat rasa kekeluargaan.

Bisa dengan cara saling memotivasi teman yang hampir menyerah dalam penelitiannya, berdiskusi dan saling memberi masukan atau bersama-sama menghilangkan kejenuhan.

Bersyukurlah jika hal itu dapat kamu rasakan, karena mengerjakan tugas akhir tanpa dukungan moril dari teman-teman yang senasib, rasanya kurang bersemangat.

9. Hal Wajib yang Perlu Kamu Lakukan Ketika Menjadi Seorang Mahasiswa Tingkat Akhir Adalah Merencanakan Masa Depan

Di tingkat akhir perkuliahan, sudah sepantasnya mahasiswa merencanakan masa depan mereka setelah lulus. Contohnya, ada mahasiswa yang melakukan penelitian skripsi sekaligus magang di sebuah perusahaan dengan harapan bisa langsung direkrut menjadi karyawan disana setelah lulus.

Jadi, masa-masa menjadi mahasiswa tingkat akhir harusnya lebih mendorong kita untuk segera memikirkan apa yang akan kita lakukan setelah lulus. Hal ini juga harus kita syukuri.

About The Author

Gabung Bersama +30.000 Pembaca Kami!

Daftarkan email anda untuk mendapatkan artikel terbaru dari Situstarget.com.

Proses pendaftaran hampir selesai, mohon cek email Anda dan Klik tombol konfirmasi.

Pin It on Pinterest

Share This