9 Hal yang Dapat Kamu Syukuri Ketika Menjadi Mahasiswa Baru

Pendidikan wajib 12 tahun bagi pelajar Indonesia diakhiri oleh sebuah ujian nasional. Setelah lulus, mereka dihadapkan dengan dua pilihan besar yakni langsung melamar kerja atau melanjutkan pendidikan tinggi.

Bagi mereka yang memilih untuk bekerja, kadang mereka beralasan “sudah capek belajar terus”. Artikel ini juga berkaitan dengan artikel sebelumnya tentang 9 Hal yang Dapat Kamu Syukuri ketika Berkesempatan untuk Kuliah loh

Hal tersebut berbanding terbalik dengan mereka yang pilih berkuliah, tentu harus belajar dan menyesuaikan diri kembali dalam dunia akademik sebagai mahasiswa baru.

Bersyukurlah terhadap apapun pilihan yang kita ambil. Berikut ada 9 hal yang dapat kamu syukuri ketika menjadi mahasiswa baru, yaitu :

1. Berganti Status Menjadi Mahasiswa

Beberapa bulan lalu masih disebut sebagai siswa, kini kamu sudah mendapatkan predikat tertinggi pembelajar formal yaitu mahasiswa.

Dimana kamu dan lulusan SMA sederajat lainnya berkompetisi dalam seleksi masuk perguruan tinggi favorit, ada yang langsung lolos tetapi ada juga yang harus menerima kegagalan terlebih dahulu.

Kamu harus mensyukuri kesempatan untuk memasuki babak baru ini, buah dari kerja keras dan doa-doamu.

 

2. Energi Belajar yang Tinggi

Berbagai pertimbangan memilih jurusan dan universitas sebagai tempat belajar telah dilakukan, kemudian berita gembira datang menyatakan bahwa kamu adalah salah satu mahasiswa yang diterima disana. Perasaan bahagia tersebut tentu memberikan energi positif bagimu untuk bertekat belajar dengan sungguh-sungguh dan hal ini harus kamu syukuri.

3. Rekan Baru untuk Bersama Menggapai Cita-cita

Pada masa awal perkuliahan, dilaksanakan orientasi yang biasa disebut ospek. Beberapa universitas menyelenggarakan ospek serempak tiap fakultasnya, sehingga kamu bakal menyadari betapa banyak mahasiswa baru sepertimu disana. Setelah itu, kamu berkenalan dengan teman-teman sekelas yang akan berinteraksi denganmu di setiap perkuliahan.

Tidak hanya di kelas, namun juga yang ada di lintas program studi, jurusan dan fakultas dalam satu universitas. Mereka adalah rekan barumu yang setidaknya memiliki misi yang sama denganmu untuk menggapai cita-cita. Syukurilah pertemuan dengan mereka, jadikan mereka relasi kesuksesanmu.

4. Bertemu Dengan Senior yang Baik Hati

Biasanya mahasiswa baru akan diperkenalkan dengan senior mereka yang sekaligus menjadi panitia ospek. Tak jarang di antara mereka berbaik hati untuk memberikan informasi mengenai perkuliahan atau bahkan meminjamkan buku. Bersyukurlah bila kamu berkenalan dengan senior tersebut, maka jangan sungkan untuk berkomunikasi dengan mereka.

5. Tetapkan Impian dan Yakini Impianmu Akan Terwujud

Siapa saja yang memutuskan untuk melanjutkan pendidikan, tentu memiliki keyakinan kuat untuk meraih segala yang terbaik dalam hidup di masa depan.

Orang yang yakin pada mimpinya hingga melakukan aksi nyata, itulah orang yang sukses. Mahasiswa baru harus mensyukuri adanya keyakinan tersebut, karena hal itu merupakan cikal bakal kesuksesan baginya.

 

6.Uji Nyali” Agar Bisa Menjadi Lebih Mandiri

Banyak di antara kita yang memilih untuk berkuliah di universitas yang berada jauh dari rumah, bahkan harus menyebrangi pulau.

Mau tidak mau akhirnya harus menetap di daerah dekat kampus alias tinggal di kost-kosan atau di rumah saudara. Misalnya ini terjadi padamu, kamu biasanya tinggal bersama keluarga, tidak pernah memasak atau melakukan pekerjaan rumah lainnya.

Kini, demi mencapai cita-cita kamu harus rela hidup merantau dan mandiri. Namun kamu harus selalu bersyukur, karena dengan begitu nyalimu dapat teruji hingga nantinya akan menjadi pengalaman yang berharga.

 

7. Menjadi Anak Kebanggaan Orang Tua

Orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk buah hatinya, termasuk dalam hal pendidikan. Banyak orang tua yang bercita-cita menyekolahkan anaknya ke jenjang yang lebih tinggi daripada mereka, bahkan mereka siap banting tulang kembali untuk itu.

Tahukah, saat orang tuamu menceritakan kepada orang lain bahwa kamu telah diterima di sebuah universitas, aura wajah mereka berseri-seri. Jadi, rasa bangga mereka merupakan salah satu hal yang patut kamu syukuri.

 

8. Kamu Memiliki Kesempatan Dikenal Oleh Dunia

Ospek yang diselenggarakan secara gabungan memungkinkan adanya pertemuan dengan mahasiswa baru lainnya. Kesempatan yang baik bagimu untuk “unjuk gigi” melalui potensi yang kamu miliki di hadapan mereka semua.

Misalnya kepemimpinan, kamu bisa berinisiatif menjadi koordinator angkatan atau melalui pemikiran kritismu dengan aktif mengutarakan pertanyaan atau pendapat.

“Unjuk gigi” di sini maksudnya bukan show off atau pamer ya. Kamu tentunya melakukan hal itu dengan niat yang baik dan cara yang baik juga tentunya agar kesan yang muncul bukan show off atau pamer.

Setelah itu kamu harus bersyukur karena kamu akan dikenal dengan sendirinya. Selanjutnya, hal ini juga dapat dilakukan terhadap teman-teman di kelas dan dosen-dosen yang mengajar untuk membantu mereka mengenal dirimu dengan baik.

 

9. Kamu Menjadi Role Model di Lingkunganmu!

Masih banyak orang di luar sana yang ingin menjadi mahasiswa namun terhalang oleh kendala tertentu, misalnya kemauan yang rendah, tidak ada biaya, maupun kurangnya informasi.

Sosokmu sebagai mahasiswa baru setidaknya menginspirasi orang-orang di sekitarmu untuk melanjutkan pendidikan setinggi-tingginya juga.

Bersyukurlah karena kamu bisa menjadi panutan dan motivasi serta penyemangat bagi mereka. Baca juga tulisan kita yang lain mengenai 9 Hal yang Kamu Syukuri ketika Mendapatkan Program Beasiswa.

About The Author

Gabung Bersama +30.000 Pembaca Kami!

Daftarkan email anda untuk mendapatkan artikel terbaru dari Situstarget.com.

Proses pendaftaran hampir selesai, mohon cek email Anda dan Klik tombol konfirmasi.

Pin It on Pinterest

Share This