9 Hal yang Dapat Kamu Syukuri ketika Berkesempatan untuk Kuliah

Kuliah merupakan kesempatan yang didambakan oleh para pelajar. Kebanyakan orang berpendapat bahwa kuliah merupakan salah satu solusi untuk memperoleh masa depan yang lebih baik. Berlanjutnya pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi diharapkan dapat meningkatkan taraf kehidupan masyarakat.

Hari ini kita akan mengulas tentang 9 Hal yang Dapat Kamu Syukuri ketika Berkesempatan untuk Kuliah. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi kamu yang akan memasuki masa-masa perkuliahan. Kita baru bisa merumuskan 9 hal saja, jika kamu menemukan hal lain yang bisa kamu syukuri ketika berkesempatan untuk kuliah. Kamu bisa menambahkan hal lainnya dengan memberikan komentar di bawah artikel ini.

Jika kamu tertarik untuk memberikan tulisan kepada kami tentang hal yang kamu syukuri dalam hidup. Kamu bisa kirimkan artikel kamu ke email kami di admin@nikmatbersyukur.com. Sebelumnya kami juga sudah mengulas tentang 9 hal yang dapat kamu syukuri ketika memiliki kendaraan pribadi. Baiklah mari kita bahas kesembilan hal yang dapat kamu syukuri ketika berkesempatan untuk kuliah.  Apabila saat ini kamu sedang berkuliah, ada beberapa hal yang patut kamu syukuri di antaranya :

1. Berubahnya Pola Pikir dan Kematangan Dalam Berpikir Serta Bertindak

Saat berada dalam dunia perkuliahan, cara berpikirmu akan berubah 180 derajat dibanding ketika SMA dulu. Jalan pikiran mahasiswa dibentuk agar lebih idealis, kritis, solutif, terstruktur, prinsipil, out of the box, serta memiliki visi dan misi. Kita harus bersyukur karena mendapat kesempatan untuk kuliah, sehingga cara pandang kita akan jauh lebih dewasa dari sebelumnya.

2. Kesempatan Kamu Menjadi Expert Lebih Terbuka Karena Edukasi yang Mendalam di Dunia Kampus

Kuliah merupakan sebutan bagi kegiatan belajar di tingkat D3, S1, S2 dan S3. Artinya, dengan berkuliah kamu dapat menambah serta memperdalam ilmu pengetahuan yang sudah kamu peroleh sampai jenjang pendidikan menengah. Pandangan dan wawasan mengenai dunia luar semakin terbuka, sehingga kamu mampu menemukan hal-hal baru yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya.

Bersyukurlah karena kamu masih diberikan kesempatan untuk mendapatkan pendidikan setinggi-tingginya. Kesempatan kamu untuk menjadi seorang expert juga semakin terbuka lebar. Ada banyak fasilitas dari kampus yang bisa kamu manfaatkan untuk meningkatkan kemampuan baik hardskill maupun softskill kamu.

3. Kesempatan untuk Memperlebar dan Memperluas Relasi dengan Para Profesional

Setelah lulus dari perkuliahan, kamu akan masuk ke dalam dunia profesional. Selama kamu kuliah, kamu bisa memperoleh banyak teman dan kenalan baru yang akan berguna sebagai relasi saat kamu mulai berkarier. Bisa jadi kenalanmu ternyata juga seorang pegawai senior di sebuah perusahaan, sehingga ia mampu merekomendasikanmu untuk mendapatkan penawaran kerja disana.
Selain dalam hal memperoleh pekerjaan, relasi juga bermanfaat untuk kerja sama bisnis atau bantuan dalam mengatasi masalah hidup. Sebaiknya kamu bersyukur, karena dalam dunia perkuliahan kamu bisa memperluas jejaring profesional untuk masa depanmu. Jaringan ini nantinya akan sangat berguna sekali ketika kamu lulus dan masuk ke “dunia yang sebenarnya” (Dunia Kerja).

 

4. Kamu Mendapatkan Kesempatan yang lebih untuk Berkarir yang Lebih Baik Lagi Kedepan Karena Adanya Ijasah

Saat lulus dari institusi pendidikan, maka lulusannya akan menerima ijazah yang mengakui bahwa mereka adalah orang yang terpelajar, memiliki kualitas baik dan mampu diandalkan. Dalam melamar pekerjaan, ijazah tersebut akan dipergunakan oleh perusahaan dalam memilih kandidat mana yang berpendidikan dan tidak berpendidikan.

Berarti ijazah merupakan jembatan penghubungmu pada kesuksesan di masa depan. Bersyukurlah karena dengan berkuliah, kamu bisa mendapatkan ijazah dengan level pendidikan yang lebih tinggi dan bergelar akademik (bisa sarjana, master dan doktor) untuk mendapatkan pekerjaan yang kamu idamkan.

5. Tidak Semua Orang Seberuntung Diri Kamu Bisa Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi

Bersyukurlah ketika kamu bisa masuk perguruan tinggi dan mendapatkan jurusan yang memang diminati. Masih banyak teman-teman lain yang ingin kuliah namun terbentur biaya atau tidak lolos dalam seleksi. Walaupun kamu masuk ke perguruan tinggi namun tidak mendapatkan jurusan yang tidak kamu minati.

Tetaplah berusaha sebaik mungkin agar kamu tetap lulus tepat waktu dengan hasil yang dapat memuaskan dirimu dan keduaorangtua mu. Jadikan momen ketika lulus nanti sebagai momen terbaik diri mu karena kamu mendapatkan nilai yang sangat memuaskan. Ukirlah masa depan mu dengan tinta emas ketika kamu lulus nanti. Buatlah bangga keduaorangtua mu. 🙂

6. Kamu Juga Akan Bertemu Dengan Dosen-dosen yang Unik

Dosen-dosen yang kompeten tentu menjadi berkah tersendiri buatmu. Mereka mentransfer pengetahuan yang mereka miliki saat mereka mengajar. Supaya dapat menyerap semua ilmu yang diberikan, kamu harus memperhatikan setiap mata kuliah yang diajarkan oleh mereka. Walaupun dosen tersebut memiliki keunikan seperti killer, pelit nilai dan lain sebagainya. Syukurilah dan jangan sia-siakan ilmu yang mereka berikan padamu.
Di luar jam kuliah atau pada saat weekend. Sempatkanlah kamu bersama teman-teman untuk bersilaturahmi dengan para dosen. Buatlah ikatan yang baik dan solid dengan mereka. Karena setelah luluspun jika pada saat kuliah kamu menjaga silaturahmi dengan para dosen dengan baik, kamu masih bisa bertukarpikiran dengan mereka. Percayalah, hal ini akan membuat hidup mu semakin indah karena mendapatkan sudut pandang yang lain tentang hidup dari wejangan para dosen setelah lulus.

 

7. Kesempatan Lain Terbuka Lebar Bagi Mahasiswa yang Aktif dalam Kegiatan Positif di Lingkungan Kampus

Saat melanjutkan studi di perguruan tinggi, kamu memiliki waktu untuk membawa statusmu sebagai “mahasiswa” untuk aktif mengikuti berbagai kegiatan positif. Antara lain mengikuti pertukaran pelajar, seminar dan pelatihan yang diperuntukkan bagi mahasiswa. Syukurilah karena kegiatan tersebut akan berguna bagi peningkatan kapabilitasmu.
Jika kamu aktif mengikuti seminar, workshop, dan training yang ada di kampus kamu. Sadar atau tidak akan ada banyak perubahan dari cara berpikir mu menjadi lebih dewasa dan lebih bijak. Oh ya dari acara tersebut terkadang mendapatkan sertifikat dan berguna sekali dalam CV (curriculum vitae). Jangan sia-siakan waktu mu karena menjadi seorang mahasiswa yang biasa-biasa saja. Jadilah mahasiswa yang berprestasi baik di dalam kampus maupun di luar kampus.

 

8. Akan Selalu Ada Tantangan Dari Waktu ke Waktu

Kalau di tingkat SD sampai SMA ada Ujian Nasional, kalau di tingkat S1 ada ujian skripsi. Tesis di jenjang S2 dan disertasi untuk S3. Kamu harus mensyukuri adanya ujian-ujian akademis tersebut, karena hal tersebut akan semakin memotivasimu untuk memperdalam bidang ilmu yang dipelajari dan akan kamu teliti.

Semakin tinggi tingkatan pendidikan yang kamu tempuh tentunya beban yang kamu akan hadapi juga akan semakin bertambah. Namun tidak perlu khawatir. Karena kamu tidak sendirian, semua orang yang akan naik satu level di kelas kehidupan tentunya selalu mengalami hal yang sama seperti ini. Kamu hanya perlu mempersiapkan diri kamu dari waktu ke waktu serta menambah dari segi ilmu, pengetahuan, dan pengalaman kamu saja.

9. Ratusan Tugas yang Diberikan Dosen Melatih Kedisiplinan dan Rasa Tanggung Jawab Dirimu

Mungkin kalau dihitung, akan ada ratusan tugas yang harus kamu kerjakan selama berkuliah di universitas. Baik berupa tugas harian, mingguan, bulanan, semesteran dan tugas akhir untuk kelulusan. Semua itu jangan dijadikan beban, tetapi syukurilah karena dengan adanya tugas tentu akan menambah wawasan, membiasakan diri menghadapi tekanan, serta melatih kedisiplinan dan rasa tanggung jawab. Baca juga tulisan kami sebelumnya mengenai 9 Hal yang Dapat Kamu Syukuri di Masa-masa SMA.

About The Author

Gabung Bersama +30.000 Pembaca Kami!

Daftarkan email anda untuk mendapatkan artikel terbaru dari Situstarget.com.

Proses pendaftaran hampir selesai, mohon cek email Anda dan Klik tombol konfirmasi.

Pin It on Pinterest

Share This