Blog Situstarget » Tips Tekno » Cara Optimasi Gambar di WordPress Tanpa Ribet dan Budget

Cara Optimasi Gambar di WordPress Tanpa Ribet dan Budget

Optimasi gambar di WordPress terkadang memakan budget yang cukup besar. Bayangin aja kamu mungkin memerlukan sewa jasa CDN (Content Delivery Network), tools untuk mengkonversi gambar ke ekstensi .webp, atau tools untuk editing gambar, dsb.

Berapa sih harga CDN per bulan? Rentang harga ada yang dari $10, $25, hingga ribuan dollar per BULAN. Layanan CDN yang harganya cukup murah mungkin kamu pernah mendengar seperti BunnyCDN, Cloudflare, KeyCDN, dan StackPath.

Baca juga: Apa Itu Load Testing dan Bagaimana Melakukannya

Adapun yang harganya selangit dan biasanya perusahaan besar gunakan yaitu Amazon CloudFront, Akamai, Microsoft Azure CDN, dan Google Cloud CDN. Layanan CDN mereka harganya bisa ratusan sampai ribuan dollar per bulannya guys! Wadidaw.

Saat ini, speed menjadi salah satu rank factors jika situs kamu ingin tetap berada di ranking pertama di hasil pencarian Google. Situs yang lambat bisa jadi salah satu penyebab mengapa situs kamu tidak pernah mendapatkan posisi SERP yang baik.

Banyak hal sih memang yang harus dilakukan untuk meningkatkan kecepatan situs, salah satunya yaitu dengan mengoptimasi gambar. Nah, yang jadi pertanyaan kalau bayar hosting aja sudah beratin kantong, ada ga si cara optimasi gambar di WordPress yang zero cost?

Baca juga: 7 Plugin WordPress untuk Optimasi SEO

Masalah hosting berat di kantong bukan kamu aja yang ngerasain sob, kita juga sama! Jadi curhat kan tuh. Setelah browsing untuk permasalahan ini, akhirnya saya menemukan cara optimasi gambar di WordPress yang bisa dibilang tanpa ribet dan juga tanpa budget.

Hasil optimasinya gimana? Mantep deh pokoknya dan cobain aja sendiri di blog kamu. Nama pluginnya adalah Flying Images oleh WP Speed Matters. Bagaimana cara setup plugin Flying Images oleh WP Speed Matters ini? Berikut panduannya:

Optimasi Gambar di WordPress Menggunakan Plugin Flying Images

Waktu yang dibutuhkan: 3 menit.

Berikut panduan melakukan optimasi gambar di WordPress menggunakan plugin Flying Images oleh WP Speed Matters. InsyaAllah, dengan cara ini situs kamu akan lebih cepat saat diakses melalui mobile dan desktop. Yuk, kita mulai.

  1. Lakukan Instalasi Plugin Flying Images di WordPress

    Proses instalasi seperti biasa, login sebagai administrator di WordPress kamu, lalu pilih menu Plugin > Tambah Baru > cari plugin Flying Images oleh WP Speed Matters, klik Install sekarang, lalu aktifkan plugin tersebut.Cara instalasi plugin Flying Images oleh WP Speed Matters di situs WordPress

  2. Cara Setting Lazy Load Pada Plugin Flying Images By WP Speed Matters

    Plugin ini mendukung pengaturan Lazy Load, yang di mana pengunjung tidak akan langsung melakukan load gambar secara keseluruhan, namun load gambar hanya dilakukan saat kamu scroll ke lokasi gambar dan terlihat pada viewport (area pandang). Isi centang pada Enable lazy loading dan pada Lazy load method pilih JavaScript only.Cara Menggunakan Lazy Load Pada Flying Images by WP Speed Matters

  3. Cara Mengaktifkan CDN Statically Pada Plugin Flying Images

    Mengenai CDN Statically pernah kita bahas pada artikel sebelumnya tipis-tipis. Siapa yang menyangka jika salah satu karya terbaik anak bangsa ini disukai oleh developer luar negeri juga lho. Terima kasih banyak mas Frans Allen. Dengan mengaktifkan CDN Statically, kamu banyak mendapat manfaat seperti responsive (adaptive) images, kompres gambar, dan otomatis convert ke WebP pada browser yang mendukung. Boom! Fitur yang super mahal jika kamu berlangganan CDN berbayar di atas, dengan Statically ini semua gratis. Mantep kan? Cukup klik enable CDN dan Save Changes.Cara Menggunakan CDN Statically Pada Plugin Flying Images by WP Speed Matters

Semoga dengan tips optimasi gambar di WordPress dengan cara di atas bisa bermanfaat. Jangan lupa untuk follow akun Instagram, Facebook, YouTube dan Twitter kami. Bagikan juga tulisan ini kepada teman-teman yang lain ya.