Cara Daftar BPJS Kesehatan Melalui Online dengan Smartphone

Seperti yang anda ketahui bahwa dahulu mendapatkan pelayanan kesehatan yang setara baik di puskesmas maupun rumah sakit merupakan hal langka yang sulit untuk ditemukan.

Hal tersebut dikarenakan perbedaan status ekonomi pasien sehingga tak jarang pihak pemberi layanan kesehatan melakukan tindakan diskriminasi.

Hadirnya BPJS Kesehatan saat ini dianggap sebagai salah satu “jalan keluar” dari permasalahan tersebut. Selain sangat membantu masyarakat, proses daftar BPJS Kesehatan yang mudah juga dianggap memudahkan semua kalangan masyarakat untuk memanfaatkan fasilitas ini.

BPJS Kesehatan sendiri atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan merupakan salah satu badan hukum resmi. Di mana badan hukum ini memiliki kewajiban untuk memberikan jaminan kesehatan dalam skala nasional.

Selain itu BPJS Kesehatan juga memiliki tanggung jawab kepada Presiden dan Pemerintahan Indonesia untuk dapat memberikan pelayanan secara maksimal tanpa adanya unsur diskriminasi.

Oleh karena itu baik dalam pelaksanaan maupun tahapan daftar BPJS Kesehatan yang diberlakukan juga diusahakan agar tidak menyulitkan masyarakat.

Sebenarnya program BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan merupakan kesatuan program yang tergabung di dalam JKN atau Jaminan Kesehatan Nasional.

Pada dasarnya jaminan ini diberikan untuk seluruh warga negara tanpa memperhitungkan usia dan status kewarganegaraannya.

Namun terdapat beberapa warga negara yang mendapatkan program BPJS Kesehatan yang sedikit berbeda dari segi pembayaran premi seperti anggota TNI/Polri, pegawai negeri sipil, veteran, dan perintis kemerdekaan beserta keluarga.

Namun dari segi tata cara daftar BPJS Kesehatan tidak ada perbedaan sedikitpun.

Kelebihan Dan Kekurangan Program BPJS Kesehatan

Sebelum mengetaui tahapan yang tepat untuk daftar BPJS Kesehatan maka ada baiknya jika anda memahami kelebihan dan kekurangan program ini.

Berikut beberapa kelebihan program BPJS Kesehatan dan manfaat yang akan anda dapatkan :

1. Biaya Premi Yang Terjangkau

BPJS Kesehatan merupakan satu-satunya layanan jaminan kesehatan dengan premi perbulan yang sangat terjangkau. Pada dasarnya fasilitas layanan kesehatan dibagi ke dalam tiga tingkatan.

Tingkat pertama yaitu layanan Kelas I dengan premi sekitar 80 ribu rupiah perbulan. Kemudian layanan Kelas II dengan premi sekitar 40 ribu rupiah perbulan dan layanan kelas III dengan premi sekitar 20 ribu rupiah perbulan.

Selain cara daftar BPJS Kesehatan yang mudah tentunya premi tersebut juga sangat fleksibel dan dapat disesuaikan dengan kemampuan ekonomi anda.

2. Layanan Seumur Hidup.

Pada faktanya di Indonesia hanya BPJS Kesehatan saja yang mampu memberikan pelayanan kesehatan seumur hidup. Di mana layanan kesehatan ini sudah bisa dinikmati oleh bayi yang baru lahir hingga lansia berapapun usianya.

Sehingga hal tersebut tentunya membuat BPJS Kesehatan sangat diminati oleh masyarakat karena untuk daftar BPJS Kesehatan pun mudah dan bisa dilakukan kapan saja.

3. Tanpa Medical Check Up

Pada beberapa jaminan kesehatan sebelum bisa terdaftar sebagai penerima jaminan maka anda akan diwajibkan melakukan prosedur medical check up menyeluruh.

Jika hasil yang didapat menunjukkan adanya penyakit kronis tertentu maka premi yang anda bayarkan akan semakin mahal. Tentunya hal tersebut tidak berlaku pada layanan BPJS Kesehatan.

Sehingga siapapun dan usia berapapun dapat langsung melakukan proses daftar BPJS Kesehatan secara gratis. Pada dasarnya segala sesuatu pasti ada sisi baik dan sisi buruk.

Begitu juga dengan program BPJS Kesehatan yang ternyata masih memiliki kelemahan. Berikut beberapa kelemahan layanan BPJS Kesehatan :

Pelayanan Berjenjang

Meskipun daftar BPJS Kesehatan mudah, pada pelaksanaannya setiap peserta BPJS Kesehatan yang mengalami keluhan diwajibkan untuk memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan tingkat I terlebih dahulu seperti klinik atau puskesmas.

Kemudian jika puskesmas atau klinik tidak dapat memberikan penanganan, maka pasien baru akan mendapatkan surat rujukan untuk melanjutkan pengobatan ke rumah sakit tertentu.

Namun pada keadaan darurat pasien bisa langsung ditangani oleh rumah sakit. Dengan catatan terkadang tidak semua biaya dapat ter-cover.

Sehingga pasien harus membayar kelebihan biaya perawatan yang tidak bisa ditanggung BPJS Kesehatan.

Tahapan Daftar BPJS Kesehatan Yang Tepat

Setelah mengetahui manfaat layanan BPJS Kesehatan maka hal selanjutnya yang perlu anda ketahui adalah mengenai cara daftar BPJS Kesehatan secara online.

Berikut tahapan pendaftaran online yang harus anda selesaikan :

  1. Langkah pertama adalah mengakses website resmi BPJS Kesehatan atau dengan mendownload aplikasi BPJS Kesehatan di smartphone anda.
  2. Setelah itu masukkan data awal berupa nomor Kartu Keluarga kemudian verifikasi captha yang muncul.
  3. Kemudian anda perlu mengisi formulir awal yang membutuhkan data berupa nomor HP, NPWP, dan pilih keluharan domisili anda saat ini.
  4. Setelah memilih keluharan, maka akan ditampilkan beberapa Fasilitas Kesehatan Tingkat I yang dapat anda pilih. Pastikan untuk memilih faskes dengan pelayanan yang cukup lengkap.
  5. Selanjutnya anda diminta untuk mengisi formulir kelengkapan data diri calon peserta BPJS. Selain itu anda juga diminta untuk menyertakan alamat email dan juga nomor rekening bank.
  6. Kemudian anda akan mendapatkan email konfirmasi yang berisi link menuju VA atau Virtual Account yang digunakan untuk proses pembayaran premi pertama.
  7. Setelah itu anda akan mendapatkan e-ID yang harus dicetak guna mengambil kartu BPJS ke kantor BPJS terdekat.
  8. Saat mengambil kartu BPJS Kesehatan pastikan anda membawa dokumen seperti e-ID yang sudah dicetak dan juga fotokopian berbagai dokumen yakni KTP, KK, Akta Kelahiran yang diserta dengan pas foto.

Demikian artikel ini semoga dapat memberikan informasi yang bermanfaat untuk anda.

About The Author

Gabung Bersama +30.000 Pembaca Kami!

Daftarkan email anda untuk mendapatkan artikel terbaru dari Situstarget.com.

Proses pendaftaran hampir selesai, mohon cek email Anda dan Klik tombol konfirmasi.

Pin It on Pinterest

Share This