Blog Situstarget » Tips Tekno » Cara Upgrade SSD Macbook Air 2017 Dengan Mudah
CARA UPGRADE SSD MACBOOK AIR 2017 DENGAN MUDAH

Cara Upgrade SSD Macbook Air 2017 Dengan Mudah

MacBook pertama saya adalah MacBook Air 2017 dengan ruang penyimpanan hanya 128GB. Pada minggu ini alhamdulillah rencana tersebut berhasil saya realisasikan atas izin Allah untuk upgrade SSD MacBook Air ini menjadi 1 TB.

Rasanya ruang penyimpanan hanya 128GB, laptop jadi terasa cepat penuh. Belum lagi apabila ada aplikasi yang membutuhkan library yang notabene tidak bisa dipindahkan berkasnya ke hardisk eksternal. Jadi stuck kan…

Saat cek di Tokopedia, terdapat beberapa seller yang menjual SSD MacBook Air dengan paket All in One, maksudnya adalah SSD yang kamu beli sudah termasuk adapter SSD, SSD baru, dan software terinstal (semisal Adobe, MacOS, Microsoft Office, dst.).

Namun jika kamu terliti dalam melihat, harga yang ditawarkan untuk jasa upgrade SSD MacBook Air yang All in One tadi cukup mahal. Padahal kamu bisa kok dengan mudah melakukan upgrade SSD MacBook Air. Apa saja langkahnya?

Cara Upgrade SSD MacBook Air

Sebelum kita lanjut ke langkah upgrade SSD, kamu bisa terlebih dahulu nih backup data-data penting yang ada di MacBook kamu. Saya pribadi hanya membackup data penting saja jadi tidak keseluruhan data.

Kalau misalnya mau membackup data secara keseluruhan kamu bisa memanfaatkan fitur backup Time Machine. Proses backup-nya cukup lama sih menurut saya. Makanya saya lebih memilih untuk membackup secara manual saja.

Selanjutnya checklist apa saja nih yang perlu dipersiapkan?

  • Koneksi internet yang kencang, di sini saya menggunakan MyRepublic 300 Mbps.
  • Obeng untuk pembuka sekrup MacBook Air.
  • Adapter SSD merk Sintech.
  • SSD baru, di sini saya menggunakan SSD dari Silicon Power A80 (SP80) 1TB .

Waktu yang dibutuhkan: 1 jam dan 30 menit.

Proses upgrade SSD MacBook Air ini sekitar satu jam tiga puluh menit. Proses terlama yaitu saat instalasi OS Big Sur, restore backup data, sedangkan penggantian SSD hardware-nya tidak sampai 10 menit kok.

  1. Tahap Pembukaan Casing MacBook Air

    Proses pembukaan casing MacBook membutuhkan obeng yang berukuran khusus untuk sekrup pentalobe (P5). Detail informasi lanjut mengenai sekrup yang MacBook Air gunakan dapat kamu lihat melalui situs Wikipedia berikut ini.

  2. Pemutusan Aliran Listrik Baterai MacBook

    Apabila kamu melihat tutorial di YouTube, banyak yang langsung melakukan replacement SSD tanpa memutuskan aliran listrik baterai MacBook. Menurut saya, cara seperti ini kurang aman.

    Lakukan prosedur pemutusan aliran listrik baterai pada saat penggantian SSD Macbook. Mudah, tinggal tarik saja seperti solatip bening kayak gambar di bawah ini.

    Jangan lupa untuk memasang kembali aliran listrik baterai sebelum melanjutkan proses instalasi OS Big Sur.
    Pemutusan Aliran Listrik Baterai Macbook Air

  3. Tahap Penggantian dan Pemasangan SSD di MacBook Air

    Langkah ketiga yang perlu kamu lakukan yaitu mengganti dan memasang SSD yang baru. Kamu perlu membuka sekrup kecil yang menahan SSD MacBook, ukuran obeng yang bisa kamu gunakan yaitu Torx T5 2.9 mm.

    Seperti yang saya sebutkan di awal bahwasannya saya menggunakan SSD Silicon Power 1TB. Perlu adapter untuk SSD, pasang terlebih dahulu adapter-nya baru setelahnya SSD yang baru.

    Jadi jangan dipasang antara SSD yang baru dan adapter secara bersamaan. Takutnya ada yang patah, jadi kamu pasang satu per satu aja lebih aman. SSD bawaan dari MacBook Air sendiri menggunakan merk Samsung.Penggantian SSD Macbook Air

  4. Instalasi OS Big Sur Online

    Terakhir yaitu tahap instalasi OS melalui koneksi internet, bisa juga kalau misalnya kamu instal OS dengan metode USB boot.

Proses Penting Lain

Proses penting pada saat melakukan upgrade MackBook Air, sebelum poin keempat ada format SSD, sehingga bisa dibaca dan dikenali oleh MacBook. Selain itu, selama proses instalasi Big Sur pastikan MacBook dalam kondisi dicas.

Setelah berhasil instal OS, kamu bisa lanjutkan dengan instalasi aplikasi sesuai kebutuhan. Misalnya Microsoft Office, Adobe Creative Cloud, VLC, WhatsApp, Chrome, Firefox, Atom, Canva, dst.

Performa Setelah Upgrade

Setelah upgrade SSD MacBook Air inilah performa read and write yang meningkat, hasil uji test menggunakan BlackMagic Disk Speedtest.

Sumber Gambar:

  1. ifixit.com
  2. ifixit.com

Pin It on Pinterest

Share This