Blog Situstarget » Tips Tekno » Cara Cek Kecepatan SSD Dan HDD Dengan BlackMagic
CARA CEK KECEPATAN SSD DAN HDD DENGAN BLACKMAGIC

Cara Cek Kecepatan SSD Dan HDD Dengan BlackMagic

Saat baru membeli SSD atau HDD, kamu bisa cek kecepatan SSD atau HDD tersebut menggunakan tools yang bernama Blackmagic. Ini bukan perkara dukun lho ya ada tulisan magic gitu. Hehe.

Nama lengkap aplikasinya adalah Blackmagic Disk Speed Test, kamu bisa unduh Desktop Video versi terbaru dari situs resminya secara gratis. Aplikasi ini juga dapat berjalan di Mac, Windows, maupun Linux.

Cara download Desktop Video Blackmagicdesign terbaru untuk Mac, Windows, dan Linux

Saat hendak mengunduh aplikasinya akan muncul halaman popup seperti gambar di atas. Kamu tidak perlu registrasi dan unduh, langsung klik tombol download only. Lakukan instalasi aplikasi seperti biasa, baik di Windows, MacOS, dan Linux.

Setelah berhasil melakukan instalasi aplikasi Desktop Video, kamu bisa membuka aplikasi bawaannya yaitu Blackmagic Disk Speed Test. Cek kecepatan SSD dan HDD menggunakan aplikasi cukup mudah, kamu hanya perlu klik Start (Mulai) saja.

Dan hasil kecepatan uji test SSD di Mac saya sebagai berikut:

Hasil uji cek kecepatan SSD dan HDD menggunakan Blackmagicdesign Disk Speed Test

SSD standar pabrikan dari Apple menggunakan merk Samsung, hasil test menunjukan untuk kecepatan write mentok diangka 300 MB/s. Adapun kecepatan read SSD mencapai 1.000 MB/s.

Gambar di atas setelah saya mengganti SSD baru dengan merk Silicon Power yang 1TB, si MacBook Air dulu hanya memiliki ruang penyimpanan sebesar 128GB.

Software alternatif yang kamu bisa gunakan untuk mengecek kecepatan SSD atau HDD di komputer Windows, yaitu:

Berikut daftar artikel yang relevan dengan tulisan saat ini:

Apakah artikel ini bermanfaat? Yuk bantu share tulisan di atas, baik di Facebook, Twitter, LinkedIn, WhatsApp, Telegram, dan Line.

Gabung juga dengan newsletter Situstarget dan follow akun media sosial kami ya!

Pin It on Pinterest

Share This