Cara Uninstal Aplikasi Di MacBook Pro, Air, iMac, Dkk

Macbook memiliki ruang penyimpanan yang sangat terbatas. Sehingga melakukan uninstal aplikasi di MacBook bisa menjadi solusi agar ruang penyimpanan SSD tidak cepat penuh.

Memang ada sih opsi untuk upgrade SSD ke 1TB atau yang lebih besar daripada itu. Namun, biaya yang kamu butuhkan juga lumayan, sekitar satu juta hingga dua juta tergantung kapasitas SSD atau merk SSD-nya.

Kita pakai cara lain yang lebih hemat, yaitu dengan menghapus aplikasi yang makan banyak tempat, seperti aplikasi desain, edit video, atau menghapus aplikasi yang secara fitur memiliki kesamaan fungsi.

Nah, cara uninstal aplikasi di Macbook Air maupun Macbook Pro sama, karena keduanya menggunakan MacOS maka produk lain seperti Mac Pro, Mac Mini, dan iMac cara uninstal aplikasinya pun tidak ada perbedaan.

Cara Menghapus Aplikasi Di MacOS

Untuk melakukan uninstal aplikasi di MacBook, bisa dengan dua cara. Pertama, menggunakan Launchpad dan yang kedua kita akan menggunakan Folder Application.

Total Time: 2 menit

Cara menghapus aplikasi di MacBook melalui Launchpad

Langkah pertama untuk membuka Launchpad, bisa kamu klik pada bagian Dock atau buka dari folder aplikasi. Jika kamu tidak menemukannya, coba gunakan fitur search.

Tekan pada keyboard shortcut berikut ini Command+Option+tombol Space/spasi secara berbarengan untuk memunculkan fitur search. Lalu, ketik Launchpad dan klik dua kali pada aplikasi tersebut.

Setelah aplikasi Launchpad terbuka, selanjutnya yang perlu kamu lakukan yaitu tekan tombol Option yang ada di keyboard, atau pilih sebuah aplikasi, lalu tekan tombol klik kanan di trackpad, dan tahan selama beberapa detik.

Sehingga aplikasi yang ada di Launchpad bergoyang semua. Tinggal klik tombol x, yang berada di pojok kiri atas untuk proses uninstal aplikasi di MacBook.

Sayangnya aplikasi yang bisa kamu uninstal dengan metode ini hanya aplikasi yang berasal dari App Store saja. Terbukti di Macbook saya hanya ada pilihan menghapus untuk Speedtest dan Final Cut Pro.

Kebetulan kedua aplikasi tersebut saya instal dari App Store. Lantas bagaimana cara menghapus aplikasi yang diunduh dari internet? Poin berikutnya saya akan jelaskan.

Cara Uninstall Aplikasi Di Macbook Air Melalui Launchpad

Cara uninstal aplikasi di Macbook Pro, Air, iMac, Mac Pro dan Mac Mini melalui folder Aplikasi.

Untuk menghapus aplikasi yang ada di MacOS, kamu juga bisa menggunakan Finder lalu buka folder Application. Pada folder ini, kamu akan menemukan berbagai aplikasi yang terpasang di Macbook.

Proses penghapusan aplikasi yang ada di folder ini pun cukup mudah, kamu bisa klik kanan pada aplikasi lalu pilih Move to Trash. Atau menyeret aplikasi ke Trash atau tempat sampah.

Beberapa aplikasi pada saat proses penghapusan ada yang meminta konfirmasi atau izin penghapusan. Tinggal kamu masukkan saja password Mac kamu untuk proses approval-nya.

Cara menghapus aplikasi di Macbook Pro, Macbook Air, Mac Mini, Mac Pro, dan iMac.

Beberapa cara lain yang bisa kamu lakukan yaitu menghapus sebuah aplikasi menggunakan uninstaller bawaan dari aplikasi tersebut, atau bisa juga menggunakan software pihak ketiga seperti CleanMyMac.

Gabung Bersama +30.000 Pembaca Kami!

Daftarkan email anda untuk mendapatkan artikel terbaru dari Situstarget.com.

Proses pendaftaran hampir selesai, mohon cek email Anda dan Klik tombol konfirmasi.

Pin It on Pinterest

Share This