Bikin Dropbox Sendiri Dengan OwnCloud

Apakah Anda termasuk orang yang memiliki resource dan space VPS yang berlimpah namun bingung untuk dimanfaatkan seperti apa? Bikin Dropbox sendiri dengan OwnCloud aja. Maksud saya, bikin ruang penyimpanan online seperti Dropbox di VPS Anda.

Mengapa VPS tidak di-sharedhosting saja? Karena biasanya aktivitas download dan upload memerlukan resource yang lebih, ketimbang dipakai hanya “blog biasa”. Sehingga apabila Anda tetap memaksakan untuk memakainya di layanan sharedhosting Anda rawan terkena banned.

Sharedhosting memang tidak didesain untuk menjalankan aplikasi atau script yang memakan resource besar pada server karena layanan tersebut dipergunakan oleh banyak pengguna dalam satu server. Sehingga apabila ada pengguna yang menggunakan server yang berlebih akan berdampak kepada pengguna yang lain.

Baca juga: Cara Mengatasi File Is Locked Pada OwnCloud

Berbeda dengan VPS yang membagi resource penggunaan di server seperti cluster. Sehingga antara pengguna satu dengan pengguna yang lain tidak bisa saling menganggu. Seperti yang terjadi pada sharedhosting.

Wait! Sekedar info saja nih. VPS tanpa didukung dengan teknologi SSD dalam hal penyimpanan file-file Anda juga seperti sayur asam tanpa garam. Asik dah. Oleh karena itu saran saya, gunakan VPS yang mendukung fitur SSD.

Secara garis besar, OwnCloud memiliki kesamaan dengan Dropbox dari segi fiturnya. Artinya Anda dapat membuat ruang penyimpanan data dan file Anda sendiri dengan memanfaatkan resource lebih pada VPS Anda. Selain itu juga, Anda dapat melakukan eksplorasi fitur-fitur yang ada di OwnCloud melalui halaman demo pada website mereka.

Bagaimana tertarik untuk mencoba OwnCloud?

About The Author

Gabung Bersama +30.000 Pembaca Kami!

Daftarkan email anda untuk mendapatkan artikel terbaru dari Situstarget.com.

Proses pendaftaran hampir selesai, mohon cek email Anda dan Klik tombol konfirmasi.

Pin It on Pinterest

Share This