Blog Situstarget » Info Teknologi » Wi-Fi vs Ethernet Mana Koneksi yang Terbaik?
Wi-Fi vs. Ethernet Mana Koneksi yang Terbaik?

Wi-Fi vs Ethernet Mana Koneksi yang Terbaik?

Wi-Fi vs Ethernet, kira-kira buat kegiatan live streaming atau gaming lebih mantep yang mana ya? Well, ini kembali ke pertanyaan yang paling mendasar sih.

Kalau kamu sekiranya bekerja atau do something di internet hanya buat sekedar browsing atau chit chat di sosial media. Pembahasan ini mungkin kurang menarik buat dibahas.

Ya wong sepertinya sama aja antara Wi-Fi dan Ethernet. Namun kalau kegiatan kamu seperti content creator yang butuh live streaming, bermain game, kerja remote, dst. Pembahasan menjadi ini cukup penting. Mengapa?

Karena faktanya kualitas koneksi internet antara Wi-Fi dan Ethernet itu berbeda jauh lho. Tidak terlalu terasa sih saat cuma main sosmed dan nonton YouTube. Namun, saat kegiatan Zoom meeting, live streaming, dan gaming terasa sekali.

Wi-Fi vs Ethernet

Pada pembahasan artikel ini kita akan mencoba membahas lebih jauh mengenai kelebihan dan kekurangan dari Wi-Fi maupun Ethernet. Yuk kita bahas satu per satu.

1. Kemudahan Mobilitas

Apabila pekerjaan kamu butuh mobile kesana-kesini, pindah dari satu ruangan ke ruangan yang lain. Misalnya untuk kegiatan meeting di kantor.

Tentu, Wi-Fi adalah sebuah solusi compare to ethernet. Koneksi ethernet memerlukan kabel dan tidak bisa dipindah ke berbagai lokasi semau hati.

Selain itu, lubang colokan kabel ethernet saat ini juga sudah tidak disematkan lagi pada laptop baru yang tipis-tipis itu. Kalau komputer masih ada, tetapi laptop termasuk si MacBook terbaru juga sudah tidak ada.

Sehingga kamu perlu membeli device tambahan berupa Ethernet to USB Adapter jika ingin menggunakan koneksi kabel.

2. Stabilitas Koneksi Jaringan

Berbicara mengenai stabilitas koneksi jaringan, tentu ethernet lebih baik dibandingkan dengan koneksi Wi-Fi. Kegiatan berat seperti live streaminggaming, dan meeting Zoom membutuhkan koneksi internet yang stabil.

Jika kamu menggunakan koneksi Wi-Fi untuk kegiatan semacam di atas, kemungkinan besar kamu akan mengalami gangguan atau menurunnya kualitas jaringan di waktu tertentu.

Penurunan kualitas jaringan Wi-Fi bisa terjadi karena berbagai hal, bisa karena lokasi kamu termasuk dead spots (banyak terhalang oleh dinding, beton, dst).

Belum lagi gangguan yang mungkin bisa mempengaruhi koneksi Wi-Fi, seperti smartphone, speaker bluetooth, koneksi Wi-Fi punya tetangga, dsb.

3. Kecepatan Koneksi Internet

Uji coba yang pernah saya lakukan terkait kecepatan koneksi internet Wi-Fi vs Ethernet memang pemenangnya adalah ethernet. Cukup berbeda jauh hasilnya, jika paket berlangganan dari ISP itu 300 Mbps.

Dengan koneksi internet Wi-Fi paling mentok hanya disekitar seratusan Mpbs. Saat, dicolok dari modem ke laptop melalui koneksi ethernet, kecepatan internet bisa di atas itu.

Memang secara teori kecepatan internet Wi-Fi bisa mengungguli ethernet, namun soal konsistensi kecepatan koneksi internet, ethernet lebih unggul dibandingkan Wi-Fi.

4. Latency

Latency (juga dikenal sebagai “ping”) adalah waktu yang dibutuhkan oleh data untuk sampai ditujuan dan diukur dalam satuan mili detik. Penting sekali pengaruh latency ini pada kegiatan seperti live streaming dan gaming.

Ethernet lebih unggul mengenai hal ini, di mana latency menggunakan koneksi kabel lebih kecil dibandingkan koneksi Wi-Fi. Salah satu dampak latency yang terlalu tinggi pada kegiatan live streaming biasanya antara gambar dan suara tidak sesuai.

Terkadang mulutnya cuap-cuap apa, eh suaranya terlambat, bisa juga kebalikannya. Kalau saat main game bisa jadi teman-teman yang lain sudah mulai bermain game, kamu masih loading sampai koneksi internetnya tersambung optimal. Wkwk.

5. Keamanan

Berbicara soal keamanan, data yang dikirim melalui koneksi ethernet karena terhubung dengan jaringan secara langsung. Maka kemungkinan data loss atau terkena serangan hacking menjadi lebih kecil.

Sedangkan koneksi Wi-Fi pada jaringan publik sangat tidak aman, saat kamu mentransmisikan data sensitif atau kredensial, kemungkinan orang lain bisa mengintip password atau membajak koneksi Wi-Fi kamu lho.

Jadi jangan pernah sembarangan bertransaksi finansial di Wi-Fi publik atau umum. Beberapa tempat seperti perpustakaan, bandara, taman di kota-kota besar kan ada tuh yang suka kasih hotspot gratisan.

Sebaiknya kamu hindari deh, kecuali kalau cuma dipakai tiktok-an sih aman yak. Hehe.

Wi-Fi vs Ethernet Jadi Pilih yang Mana?

Keduanya punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing sih memang, kalau colok kabel sudah pasti gerak kamu jadi lebih terbatas. Pun kalau menggunakan Wi-Fi minimal kamu akan menghadapi kendala berikut:

  • Sinyal yang naik turun
  • Latency yang lebih tinggi
  • Kecepatan internet yang menurun

Tetapi ketiga hal itu, bakal ga terasa kalau aktivitas yang kamu lakukan itu cuma sekedar browsing dan sosmed.

Namun, kalau aktivitas kamu itu seperti live streaming, download dan upload, gaming, dan Zoom meeting, ada baiknya menggunakan koneksi ethernet.

Kalau kamu sendiri suka menggunakan Wi-Fi atau Ethernet?

Bantu sebarkan tulisan di atas melalu Facebook, Twitter, LinkedIn, WhatsApp, Line, dan Telegram juga ya. Jangan lupa untuk follow akun sosmed kami Facebook, Twitter, Instagram, dan YouTube.

Pin It on Pinterest