Cara Reset WordPress Ke Pengaturan Awal Atau Default

Blog Situstarget sendiri telah mengalami banyak perubahan dari tahun 2009 hingga saat ini. Beberapa kali saya melakukan reset WordPress ke pengaturan awal.

Dahulu lokasi blog berada di domain utama, lalu saya ubah ke subdirektori /home/, kemudian berubah lagi menjadi subdomain blog.situstarget.com, dan sekarang berada di subdirektori /blog/.

Tiga perubahan pertama benar-benar saya lakukan reset WordPress ke default secara manual. Ya, semua mulai dari nol lagi. Di awal saya membuat blog ini, Blog Situstarget juga pernah dihack satu kali.

Dan ada mirror-nya juga pada situs zone-h.org, terekam pada tanggal 2011-02-09 19:37:27. Terkadang lebih mudah untuk memulai dari nol dibandingkan kamu membersihkan WordPress dari malicious code.

Beberapa peretas tidak hanya mengubah tampilan homepage situs menjadi sebuah halaman yang bertuliskan “your site is hacked“, ada juga yang menyusupinya dengan kode jahat atau perusak.

Kode jahat tersebut terkadang sulit untuk ditemukan oleh blogger pemula. Sehingga melakukan reset WordPress ke pengaturan awal bisa menjadi pilihan yang tepat.

Selain itu, ada alasan lain mengapa seseorang melakukan reset WordPress di antaranya:

  • Pertama, di awal membuat situs WordPress, mungkin kamu belum mengetahui apa yang paling dibutuhkan saat membuat sebuah blog, dan ingin melakukan trial error pada situs WordPress.
  • Kedua, sama seperti kasus saya di atas, situs web kamu terkena hack, ada banyak file asing atau file yang telah diubah oleh si peretas dan disusupi malcodes.
  • Ketiga, pada saat melakukan kustomisasi plugin ternyata situs WordPress menjadi sangat lambat, berat, dan menghabiskan banyak resource server.
  • Keempat, adanya perubahan strategi atau goal bisnis. Dan kamu menganggap konten yang ada saat ini sudah tidak lagi relevan dengan bisnis kamu kedepannya.
  • Kelima, kamu telah melakukan push dari staging site ke live. Lalu situs staging tersebut, hendak kamu reset kembali ke pengaturan awal.

Bagaimana Cara Reset Situs WordPress?

Pada tutorial kali ini saya akan melakukan reset WordPress dengan bantuan sebuah plugin yang bernama WP Reset maupun secara manual tanpa menggunakan plugin.

Baik reset WordPress dengan menggunakan plugin atau secara manual akan mengembalikan pengaturan WordPress ke default. Sebelum melakukan hal ini sebaiknya kamu melakukan backup WordPress terlebih dahulu.

Total Time: 7 menit

Cara reset WordPress menggunakan plugin WP Reset

Akses dashboard WordPress, lalu pilih menu Plugins > Tambah Baru > ketikan WP Reset.

Selanjutnya klik tombol Instal Sekarang. Tunggu beberapa detik untuk proses pemasangan.

Terakhir, tinggal kamu klik tombol Aktifkan.

Cara Reset WordPress Dengan Bantuan Plugin WP Reset

Akses menu Peralatan > WP Reset

Selanjutnya untuk cara reset wordpress ke pengaturan awal.

Kamu bisa mengakses menu plugin WP Reset. Pada bagian tab Resets, lakukan scroll hingga ke bawah.

Pada bagian Site Reset, ada bagian yang perlu kamu ketikan kata “reset” di dalamnya.

Setelah itu, kamu klik tombol Reset Site untuk melanjutkan proses pengembalian WordPress ke default.

Cara Melakukan Reset WP ke Pengaturan Default

Selanjutnya akan muncul popup konfirmasi

Klik tombol Reset WordPress untuk konfirmasi akhir. Jika kamu ragu dan ingin membuat sebuah snapshot, kamu juga bisa melakukannya dengan plugin ini.

Popup Konfirmasi Sebelum Melakukan Reset WP

Tunggu beberapa menit untuk proses reset

Dengan fitur Site Reset ini, data yang akan dihapus yaitu Posts, pages & custom post types, Comments, Media, Users, User Roles, Widgets, Transients, Settings & options (from WP, plugins & themes), Data in all default WP tables, dan Custom database tables with prefix wp_.

Proses pengembalian WordPress ke versi default

Sekarang, cara manual untuk reset WordPress

Kalau misalnya reset wordpress melalui cPanel yaitu dengan menghapus database WordPress yang ada di MySQL® Databases.

Cara yang akan saya tunjukan kepada kamu, yaitu dengan menggunakan bantuan phpMyAdmin. Dengan cara menghapus data atau tabel WordPress yang ada saat ini.

Cara menghapus data atau table yang ada di phpMyAdmin

Terkahir, menghapus file dan folder tambahan selain file inti WordPress

Kamu bisa mengetahui file dan folder bawaan WordPress itu apa saja dengan membaca tulisan saya sebelumnya mengenai direktori WordPress di sana.

Memahami struktur folder dan file bawaan WordPress

Kesimpulan

Dengan dua cara di atas, kamu dapat mengembalikan pengaturan WordPress ke versi awal atau default. Baik menggunakan plugin atau secara manual.

Ada beberapa kondisi yang sebaiknya kamu tidak melakukan proses di atas, seperti proses redesign sebuah tampilan halaman situs web atau migrasi server.

Atau kamu hanya menginginkan untuk menghapus seluruh konten post. Cara-cara tersebut bisa kamu lakukan tanpa reset WordPress ke pengaturan awal.

Jika kamu masih memiliki pertanyaan seputar pembahasan kita kali ini. Kita bisa berdiskusi melalui Forum Situstarget. Dan jangan lupa subscribe untuk mendapatkan informasi terbaru dari blog ini.

Semoga bermanfaat!

Gabung Bersama +30.000 Pembaca Kami!

Daftarkan email anda untuk mendapatkan artikel terbaru dari Situstarget.com.

Proses pendaftaran hampir selesai, mohon cek email Anda dan Klik tombol konfirmasi.

Pin It on Pinterest

Share This