Blog Situstarget » Keuangan » Cara Mudah Perpanjang STNK 2021

Cara Mudah Perpanjang STNK 2021

Ini tahun kedua saya melakukan perpanjang STNK di saat pandemi, dahulu pengen nulis cuma karena keburu males akhirnya lupa buat nerusin artikel ini hingga jadi. Bismisllah, semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk kamu semua.

Pertama, agar kamu tidak mengantri pada saat mengurus STNK, ada baiknya pajak tahunan kamu bayar melalui aplikasi toko online semisal Tokopedia, ada juga sih aplikasi seperti Samsat Online Nasional (Samolnas).

Namun rating di Google Playstore menunjukan pengguna sepertinya tidak nyaman dengan kendala maintenance, dan banyak user yang memberikan rating hanya satu, bisa disimpulkan aplikasi ini sangat mengecewakan.

Baca juga: Cara Membuat NPWP Pribadi dan Cara Lapor SPT Pajak Online

Cara yang saya gunakan yaitu melalui menu pembayaran tagihan yang ada di Tokped. Sebelumnya, kamu harus terlebih dahulu mendapatkan kode pembayaran melalui aplikasi Sambara.

Atau bisa juga dengan cara kirim SMS ke nomor 0811 211 9211 dengan format esamsat [spasi] no.rangka [spasi] NIK/KTP. kamu akan mendapatkan SMS balasan berupa informasi kode bayar, data kendaraan, dan jumlah tagihan.

Kedua, setelah mendapatkan kode bayar, kamu bisa membuka aplikasi Tokopedia > E-samsat. Masukkan kode bayar, setelahnya tinggal membayar sesuai dengan tagihan yang tertera. Selanjutnya tinggal datengin kantor Samsat terdekat.

Dokumen Untuk Perpanjang STNK

Dokumen yang harus dipersiapkan kalau hanya untuk perpanjang STNK, yaitu

  • STNK lama
  • KTP asli yang sesuai yang tertera pada STNK lama
  • Bukti bayar yang ada di email, bisa kamu printout.
  • BPKB perlu ga? Ngga perlu, kecuali kamu perpanjang STNK yang lima tahunan.
  • Jangan lupa siapkan berkas dan fotokopi STNK, KTP, dan bukti pembayarannya ya.

Ketiga, tinggal datangin kantor Samsat terdekat yang ada di kota kamu, sayangnya e-Samsat saat ini baru berlaku untuk daerah berikut ini saja (Kaltim, Jatim, Jabar, Jateng, Banten, dan Kep. Riau.). Semoga wilayah yang belum tercover bisa segera menyusul.

Di kantor Samsat Kota Depok misalnya, memisahkan antrian antara mereka yang membayar pajak kendaraan secara online dengan yang offline. Secara waktu, kamu akan menunggu lebih singkat jika menggunakan metode pembayaran online ini.

Tidak sampai 10 menit, sudah selesai. Antrian mungkin bisa saja panjang, tetapi prosesnya bisa lebih cepat (yang online). Kalau di rumah memiliki printer, semua fotokopi lakukan mandiri saja, kalau di sana yang pertama harus antri dan harganya lebih murah ngeprint sendiri.

Semoga tips ini bisa bermanfaat ya! Kalau ada yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan komentar di bawah artikel ini. InsyaAllah, pada tulisan kedua saya akan membahas mengenai cara perpanjang STNK untuk lima tahunan.