Cara Memperbarui Rclone Di Server Ubuntu

Tidak ingin mengalami gangguan saat backup server? Salah satu caranya yaitu dengan memperbarui Rclone ke versi terbaru.

Rclone adalah sebuah aplikasi berbasis command-line yang bisa kamu gunakan untuk membackup data-data di server ke penyimpanan cloud.

Aplikasi gratis ini bisa kamu gunakan untuk membackup data di server, lalu kamu bisa simpan file backup-nya ke berbagai penyedia jasa remote cloud seperti Google Drive, Dropbox, OneDrive, Blackblaze, pCloud, dst.

Ada belasan penyimpanan cloud yang bisa kamu integrasikan untuk backup data server ini. Pada tutorial kali ini, saya ingin berbagi cara update Rclone ke versi terbaru.

  1. Login dahulu ke server SSH kamu
  2. Setelah itu, unduh versi Rclone terbaru. Sesuaikan dengan OS server yang kamu gunakan. Sebagai contoh saya menggunakan OS server Ubuntu.
  3. Unduh file terbaru dengan menggunakan perintah wget. Jalankan perintah ini: wget https://downloads.rclone.org/v1.58.0/rclone-v1.58.0-linux-amd64.zip.
  4. Kemudian setelah file berhasil diunduh pada server, lakukan unzip. Jalankan perintah berikut: unzip rclone-v1.58.0-linux-amd64.zip
  5. Terakhir, kamu cukup jalankan perintah copy saja untuk memperbarui aplikasi RClone dengan cara ini: sudo cp ./rclone-v1.58.0-linux-amd64/rclone /usr/bin/
  6. Lakukan pengecekan apakah versi Rclone kamu sudah terupdate atau belum dengan menjalankan perintah: rclone version. Jika informasi yang muncul adalah rclone v1.58.0 maka selamat proses update Rclone berhasil!

Semoga tips ini bermanfaat ya!

Pin It on Pinterest

Share This

Gabung Bersama +30.000 Pembaca Kami!

Daftarkan email anda untuk mendapatkan artikel terbaru dari Situstarget.com.

Proses pendaftaran hampir selesai, mohon cek email Anda dan Klik tombol konfirmasi.