Tips Tekno

Cara Cepat Mendapatkan Approval Template WhatsApp Business

Approval template WhatsApp Business itu bisa berhari-hari, cuma kadang bisa kurang dari setengah jam. Kamu sudah bisa gunakan untuk nge-blast pesan.

Saya sendiri mempersiapkan template untuk broadcast yang menggunakan WhatsApp Business API itu satu minggu dari jadwal blast, suka ga ketebak durasi waktu approval template dari pihak WhatsApp.

Oh ya, bagi yang belum pernah menggunakan layanan dari WhatsApp Business Solution Provider, jadi dengan menggunakan layanan WhatsApp Business API.

Akun WhatsApp Business kamu akan memiliki centang berwarna hijau. Badge ini juga yang akan membuat reputasi bisnis kamu semakin terpercaya di mata pelanggan, karena WhatsApp Official Business Account tadi.

Keuntungan lainnya yaitu saat kamu blast pesan WA ke ribuan kontak, kamu tidak perlu khawatir akun WhatsApp kamu terblokir.

Selain itu juga, kamu bisa mengelola akun WhatsApp Business tadi dengan beberapa agen, setiap pesan yang masuk juga bisa kamu berikan tanda atau tag, dan terkelola dalam satu dashboard.

Sekarang saya mau bahas sedikit mengapa approval template WhatsApp Business ada yang cepat dan ada yang lama sekali bahkan ditolak atau reject.

Jadi ada beberapa alasan mengapa template yang kamu submit ditolak atau direview lebih lama oleh pihak WhatsApp, diantaranya karena:

1. Menggunakan Shortener Link

Terdapat URL atau Link yang terlalu panjang atau shortener link semisal bitly. Jadi link yang terlalu panjang masalah, tetapi kalau link yang panjang tadi diperpendek dengan tools online semisal bitly juga tidak boleh.

Shortener link tadi memiliki potensi celah keamanan yang dapat diselewengkan. Sehingga hindari penggunaan shortener link pada template WhatsApp.

2. Konten atau Bisnis Terlarang

Dalam banyak kasus pengajuan template atau bahkan pengajuan WhatsApp Official Business Account, tidak mendapatkan persetujuan karena jenis industri, bisnis atau konten yang dilarang.

WhatsApp sendiri tidak memperbolehkan beberapa jenis industri seperti online gambling, judi, P2P, dan semisal. Serta, terkait konten yang dilarang seperti SARA, politik, seksual, ancaman, dsb.

3. Abiguitas Template WhatsApp Business

Alasan lain mengapa template ditolak oleh pihak WhatsApp adalah penggunaan bahasa yang ambigu dalam template, yang berpotensi membingungkan pengguna.

Dalam kasus mixed language misalnya, percampuran antara lebih dari satu bahasa, kayak bahasa anak Jaksel. Itu sudah bisa dipastikan bakal ditolak sih template WA Business-nya.

Saat membuat pesan template, sebaiknya gunakan bahasa Indonesia sesuai dengan KBBI. Atau misalnya kamu mau menyampaikan pesan dalam bahasa Inggris, gunakan bahasa formal, jangan bahasa slank atau gaul.

4. Perhatikan Limitasi Input Karakter

Secara teknis batasan untuk setiap template WA Business yaitu kurang dari 1024 karakter. Kamu tidak bisa membuat pesan yang sangat panjang atau bertele-tele.

Setiap kali membuat pesan, coba baca lagi kira-kira dari template yang akan kamu submit tadi apakah ada yang bisa dihilangkan atau dipersimpel lagi jika sudah di atas 1024 karakter.

5. Konten Hard Selling

Pengalaman saya beberapa kali submit konten yang hard selling, proses approval jadi memakan waktu lebih lama. Kebayangkan kalau urgent dan mau mengejar momentum jualan tapi menguap gitu aja karena hal ini.

Sebaiknya konten-konten yang hard selling, kamu submit satu minggu sebelum rencana kamu blast pesan WA. Trik lainnya juga bisa dengan memanfaatkan variabel.

Template WhatsApp yang mengandung unsur hard selling bisa kamu buat dengan menambahkan beberapa variabel, untuk mempersonalisasikan pesan seperti pada kata-kata berikut ini:

  • Gratis
  • Promo
  • Voucher
  • Hadiah
  • Doorprize
  • Nominal uang
  • Link

6. Perhatikan Cara Penggunaan Simbol

Kamu juga harus bijak dalam menggunakan tanda baca seperti titik, koma, titik dua, dan semisalnya. Approval template WA Business kamu bisa saja menjadi lebih lama karena kesalahan berikut:

  • Menggunakan tanda di titik di akhir kalimat namun ada spasi sebelumnya.
  • Atau kamu menggunakan tanda titik dua dengan spasi, seharusnya ✔️ Tanggal: bukan ❌ Tanggal :.

Pada saat kamu hendak melakukan highglight juga perlu diperhatikan. Seperti tanda garis bawah dua kali (__) untuk huruf cetak miring dan tanda dua bintang (**) untuk bold atau mempertebal cetak tulisan.

7. Jangan Sungkan Bertanya

Pada saat proses approval lebih lama dari biasanya, jangan sungkan untuk bertanya kepada tim Customer Support dari pihak WhatsApp Business Solution Provider.

Dari tim CS, mereka biasanya akan memberikan saran atau masukan terkait dengan template yang kamu ajukan.

Mereka sendiri tidak bisa membantu proses percepatan approval template. Karena yang melakukan approval template hanya bisa dilakukan dari pihak WhatsApp.

Semoga ketujuh tips di atas bisa bermanfaat ya. Mohon bantu share tulisan ini ya di akun jejaring sosial kamu.

Barakallahufik.

Subscribe via Email
Dapatkan akses ekslusif untuk tips, panduan, artikel, dan banyak lagi.
Robi Erwin Setiawan

Robi Erwin Setiawan adalah Ex-Bliblioneers dan Founder dari Situstarget.com, saat ini sedang mengembangkan tools SEO online gratis untuk semua orang yang dapat kamu akses di tools.situstarget.com.

Artikel Terbaru

5 Cara Menambah View Video dengan SEO YouTube

Apa saja faktor ranking YouTube dan bagaimana cara optimasi SEO YouTube? Berikut penjelasan lengkapnya mengenai…

4 Cara Membuat Redirect URL Di WordPress

Pada artikel berikut ini, kami akan memberitahukan cara membuat redirect URL di WordPress dengan .htaccess…

Cara Membuat Custom URL Login WordPress

Faktor keamanan menjadi salah satu alasan mengapa kamu perlu membuat custom URL login WordPress, agar…

Kena Covid Untuk Kedua Kali Dan Dapat Chat Dari Kemenkes RI

Program bantuan dari Kemenkes RI ini sangat membantu sekali, terutama bagi mereka yang terkena Covid…

2 Cara Mudah Update Forum Discourse

Forum Discourse sendiri harus di update minimal dua kali dalam sebulan. Kamu bisa melakukan update…

3 Cara Download Video Di Facebook Tanpa Instal Aplikasi

Download video di Facebook bisa kamu lakukan dengan cepat tanpa perlu instalasi aplikasi apapun di…