Cara Aktivasi Token SMS untuk Internet Banking Bank Syariah Mandiri (BSM)

Token Internet Banking Masih Pakai Kertas? Rawan! Gunakan Fitur Token SMS untuk Transaksi Melalui Internet Banking BSM

Bagi nasabah Bank Syariah Mandiri (BSM) yang belum aktivasi token SMS pada internet banking yang anda miliki. Saya menyarankan agar anda segera mengaktivasi fitur token SMS.

Nomor TAN yang di-prinout pada kertas sangat tidak aman. Umumnya di bank konvesional sudah menggunakan token digital dan fisik. Ada yang berupa software (SMS atau berupa aplikasi smartphone) dan ada juga yang berbentuk hardware.

Saat ini sudah lebih banyak bank yang menawarkan fitur token dalam bentuk software untuk internet banking mereka dibandingkan yang berbentuk hardware seperti gambar di atas.

Menurut saya rawan apabila kertas yang berisi nomor TAN itu hilang. Seseorang bisa menyalahgunakan informasi sensitif yang ada pada kertas tersebut. Meskipun internet banking BSM dilindungi dengan password dan pin otoritasi.

Baca juga : Daftar Alamat Website Internet Banking Seluruh Bank di Indonesia

Sederhananya TAN (Transaction Access Number) di BSM itu mirip dengan nilai angka yang dihasilkan oleh token yaitu sebuah angka yang bisa dibilang sama dengan password namun hanya sekali pakai.

Tips Bertransaksi Mudah dengan Internet Banking BSM

Proses pengaktifan token SMS di internet banking BSM cukup mudah kok. Pertama, login dahulu ke akun internet banking BSM anda. Kedua, pilih menu aktivasi token pada bagian admin.

Ketiga, klik setuju. Keempat, masukkan nomor ponsel, alamat email, kode TAN, dan pin otorisasi. Kelima, setelah itu klik submit dan pastikan anda melihat pemberitahuan bahwa registrasi aktivasi token SMS telah berhasil.

(Di akhir artikel saya akan memberikan e-book cara mengaktifkan token SMS untuk internet banking BSM dan cara request BSM token untuk transaksi melalui internet banking menggantikan fungsi TAN.)

Setelah proses aktivasi token SMS berhasil, secara otomatis kode TAN yang di-prinout oleh Bank Syariah Mandiri sudah tidak berfungsi lagi. Jika anda ingin transaksi di internet banking, anda butuh token SMS tadi.

Baca juga : Serba Serbi Mengenai E-banking di Indonesia

Cara mendapatkan SMS yang berisi kode token, anda klik menu request BSM token. Tunggu beberapa menit, dan lihat kotak masuk SMS pada smartphone anda. Sekali generate token SMS, ada 6 kode token yang bisa anda pakai.

Artinya apabila anda menggunakan internet banking lebih dari 6 kali transaksi sekali waktu. Anda butuh meng-generate token SMS kembali. Kadang di jam sibuk SMS yang berisi kode token baru tiba 45 – 60 menit kemudian.


Menurut anda apakah BSM perlu membuat token dalam bentuk aplikasi smartphone? Atau fitur token SMS ini saja sudah cukup? Share pendapat anda pada grup facebook www.situstarget.com/blog di sini.

About The Author

Gabung Bersama +30.000 Pembaca Kami!

Daftarkan email anda untuk mendapatkan artikel terbaru dari Situstarget.com.

Proses pendaftaran hampir selesai, mohon cek email Anda dan Klik tombol konfirmasi.

Pin It on Pinterest

Share This