Ini pengalaman pertama saya akun Zoho Mail diblokir tidak secara permanen, namun secara parsial oleh sistem Zoho. Saat hendak mengirimkan email terdapat pesan eror sebagai berikut “Unable to send message;Reason:554 5.1.8 Email Outgoing Blocked“.

Kebetulan email yang saya gunakan ini memang untuk keperluan marketing, sehingga sering kirim email untuk penawaran. Akun Zoho Mail yang saya pakai juga yang versi gratisan, dengan limit 5GB ruang penyimpanan.

Pemblokiran secara parsial ini membuat email Zoho saya hanya bisa menerima pesan masuk, saat hendak membalas email maka muncul pesan eror “Unable to send message;Reason:554 5.1.8 Email Outgoing Blocked“.

Setelah Googling, ternyata banyak juga yang senasib dengan saya. Lain hal mungkin kalau berlangganan email yang berbayar, kasus di sini saya menggunakan email gratisan, mungkin ada batasannya juga email keluar per harinya.

Ternyata eh ternyata, Zoho Mail tidak mengizinkan untuk aktivitas email seperti berikut ini:

  • Email Promosi
  • Kirim Email Masal
  • Email Marketing
  • Newsletter
  • Email Otomatis

Cara Unblock Akun Zoho Mail

Nah, kalau kamu memiliki masalah yang sama terkait pemblokiran akun Zoho Mail pada email keluarnya. Kamu bisa melakukan beberapa hal berikut untuk banding atau komplain ke tim Zoho. Syukur-syukur akun emailnya bisa pulih normal kan? 🙂

Waktu yang dibutuhkan: 3 menit.

Cara melakukan banding saat akun Zoho Mail diblokir oleh sistem.

  1. Buat Laporan Melalui Email

    Kamu bisa mengajukan banding melalui alamat email berikut ini [email protected]. Tim Zoho akan membalas ajuan komplain atau banding dan meminta beberapa data.

    Namun sebelum melanjutkan ke poin kedua dan seterusnya. Kamu bisa cek terlebih dahulu apakah akun kamu diblokir atau tidak melalui halaman berikut https://mail.zoho.com/UnblockMe.

    Jika hasilnya tidak ada pemblokiran maka kemungkinan hanya email keluarnya saja yang sistem Zoho blocked.Cara  Unblock Akun Zoho Mail Yang Diblokir oleh Sistem

  2. Persiapkan Data Yang Diminta

    Tim Zoho akan meminta kamu menjelaskan perihal aktivitas email yang telah kamu lakukan sebelumnya. Serta, membutuhkan informasi mengenai aktivitas bisnis kamu seperti apa dan bagaimana.

  3. Manfaatkan Komunitas Zoho

    Mungkin yang memiliki masalah yang sama seperti kamu itu banyak, alhasil balasan dari tim Zoho juga kadang lama banget. Kamu bisa memanfaatkan fasilitas Komunitas Zoho untuk bertanya di sana.

    Buatlah sebuah topik (Topic), lalu pilih tipe topiknya (Topic Type) adalah masalah (Problem). Jelaskan perihal masalah yang kamu hadapi, yaitu tidak bisa kirim email keluar dan muncul pesan eror Email Outgoing Blocked.

    Dan tunggu balasan dari tim Zoho. Tim Support akan meneruskan setiap komplain terkait hal ini ke bagian Abuse team untuk pengecekan lebih lanjut, pembukaan blokir, dan best practice lainnya.Akun Zoho Mail Diblokir Coba Lakukan Hal Ini Untuk Unblock-nya

Agar Tidak Terjadi Hal Serupa

Ikuti segala aturan main yang ada, tentu karena Zoho Mail ini memberikan layanan gratis ada batasan-batasan kirim email, setiap penyedia jasa memiliki aturan yang berbeda, aturan di Outlook dan Google Suite mungkin tidak serupa dengan di Zoho Mail.

Referensi bacaan mengenai kebijakan penggunaan layanan Zoho, aktivitas tidak biasa, dan Troubleshoot-nya bisa kamu pelajari pada halaman berikut ini https://www.zoho.com/mail/help/usage-policy.html#alink1.

Semoga tips di atas bisa bermanfaat. Silahkan lajutkan bacaan kamu pada beberapa artikel pilihan berikut:

Mohon bantu sebarkan tips di atas melalui Facebook, Twitter, LinkedIn, WhatsApp, Line, dan Telegram ya. Solusi lain yang mungkin bisa kamu lakukan yaitu pindah layanan email premium seperti Google Suite atau Outlook 365 for Business.

Email Newsletter yang premium bisa menggunakan MailChimp atau Amazon SES, yang paling murah memang si Amazon Simple Email Service (SES). Yuk, sharing pengalaman yang sama di kolom komentar terkait pembahasan ini.