WordPress memiliki pustaka media yang berisikan file gambar, musik, video, pdf, dst. Kamu bisa mengunggah berbagai macam file di pustaka media WordPress guna menunjang tulisan di blog agar lebih menarik.

Sayangnya pada pengaturan dasar WordPress, pada saat kamu mau menunggah file yang berukuran besar, akan muncu pesan eror kurang lebih seperti ini …exceeds the maximum upload size for this site.

Sebagai contoh, di blog ini saya memberikan batasan untuk unggah file maksimal adalah 100 MB. Mengapa tidak lebih dari angka 100 MB? Jawabannya sederhana karena situs ini menggunakan Cloudflare gratisan, ada limit batasan pada saat mengunggah file.

Lantas, bagaimana cara meningkatkan nilai maximum upload size di WordPress?

1. Meningkatkan Maximum Upload Size Dengan .Htaccess

File .htaccess di WordPress sendiri fungsinya banyak, yang pernah kita bahas adalah meningkatkan keamanan WordPress dengan .htaccess ya. Sekarang, mengenai cara meningkatkan maximum upload size.

Hal yang perlu kamu lakukan yaitu dengan mengedit file .htaccess bisa menggunakan file manager yang ada di cPanel atau mengeditnya melalui FTP bisa juga. Setelah itu masukkan baris kode berikut ini:

php_value upload_max_filesize 100M
php_value post_max_size 128M

Kamu juga perlu meningkatkan maximum execution time dan maximum input time-nya juga agar server tidak muncul masalah 500 internal server error dengan menambahakn baris kode berikut:

php_value max_execution_time 300
php_value max_input_time 300

Setelah itu, tinggal kamu simpan hasil editing di atas.

2. Meningkatkan Maximum Upload Size Dengan File php.ini

File php.ini termasuk file penting yang berisikan konfigurasi di PHP server kamu. Di beberapa layanan shared hosting memang ada yang memberikan batasan ketat mengenai editing di file php.ini.

Karena resource yang diberikan pada setiap akun itu sangat terbatas. Kesalahan pengaturan pada file php.ini pun akan berdampak pada akun lain di satu server yang sama.

Kamu cek terlebih dahulu melalui FTP atau File Manager apakah di folder WordPress kamu saat ini terdapat file php.ini atau tidak. Jika sudah ada, kamu bisa manfaatkan file yang ada saja tidak perlu membuat file yang baru.

Jika tidak ada, kamu bisa membuat file php.ini yang baru lalu masukkan kode berikut untuk meningkatkan maximum upload size di situs WordPress kamu:

post_max_size = 128M
upload_max_filesize = 100M
memory_limit = 128M

Terkait memory_limit kamu bisa tanyakan terlebih dahulu ke penyedia jasa hosting, pada layanan yang kamu saat ini gunakan berapakah limit memorinya, kamu bisa sesuaikan dengan batasan yang mereka berikan.

Terakhir, lakukan save untuk menyimpan perubahan.

3. Menaikan Maximum Upload Size Dengan File .user.ini

Jika penyedia jasa hosting ternyata tidak mengizinkan kamu mengotak-atik file php.ini, kamu bisa mencoba cara berikutnya yaitu melalui file .user.ini. Cek pada direktori WordPress kamu apakah ada file .user.ini atau tidak.

Jika tidak ada, silahkan kamu membuat file baru dengan nama .user.ini. Lalu tambahkan beberapa kode berikut:

upload_max_filesize = 100M
post_max_size = 128M
memory_limit = 128M

4. Menaikan Maximum Upload Size Dengan Plugin

Cara berikutnya yang paling mudah untuk menaikan Maximum Upload Size yaitu dengan plugin WP Maximum Upload File Size. Instal dan aktifkan plugin WP Maximum Upload File Size.

Pada halaman pengaturan plugin tersebut, kamu bisa mengubah nilai maksimum upload file menyesuaikan dengan jatah yang diberikan oleh perusahaan jasa hosting.

Pada nilai maksimum apabila mau melebihi dari jatah yang diberikan oleh perusahaan hosting, kamu tidak bisa melakukannya melalui plugin ini. Kamu harus menghubungi pihak perusahaan hosting untuk menaikkan batas maximum upload size di server mereka.

Informasi terbaru untuk menaikkan upload_max_size dan post_max_size hanya bisa dilakukan melalui beberapa file berikut ini saja php.ini, .htaccess, http.conf, atau .user.ini. Pada tutorial kali ini kamu tidak akan menemukan editing di file wp-config.php.

Sekarang tinggal kamu verifikasi dengan mengakses menu WordPress, yaitu Media > Tambah Baru. Lihat pada kotak yang berwarna kuning di bawah ini. Bertuliskan Ukuran maksimal unggahan berkas: 100 MB.

Cara Menaikan Maximum Upload Size Dengan Plugin