Blog Situstarget » Tips Tekno » Cara Menggunakan Termius SSH Di HP Android

Cara Menggunakan Termius SSH Di HP Android

Sebagian pembaca mungkin memiliki blog yang ditenagai oleh VPS (Virtual Private Server), blog ini termasuk yang menggunakan layanan VPS. Saya sendiri sering kali merasa ribet jika mau mengakses SSH harus membuka laptop terlebih dahulu.

Bawa laptop kemana-mana juga rada ribet sih, lebih enteng bawa smartphone kan. Keperluan terhubung dengan SSH kalau saya pribadi lebih ke backup data-data website ke Google Drive.

Dahulu saya menggunakan aplikasi SSH client untuk smartphone yang bernama Juice SSH (ini sekali bayar). Namun saat ini, saya lebih memilih menggunakan Termius (versi gratisan). Secara tampilan, lebih nyaman memang Termius dibandingkan Juice SSH.

Lantas bagaimana cara menggunakan Termius ini?

Waktu yang dibutuhkan: 5 menit.

Jika sebelumnya kamu belum memiliki aplikasi Termius, unduh dan instal terlebih dahulu aplikasi Termius melalui Google Playstore. Oh iya, tidak hanya di Android, aplikasi ini hadir juga di iOS, Windows 10, dan MacOS guys!

  1. Cara Membuat New Host Di Aplikasi Termius

    Langkah pertama yang harus kamu lakukan yaitu membuat host baru, klik New Host.

    Cara Menggunakan Termius di HP Android

  2. Isi Data Kredensial Server

    Langkah selanjutnya yaitu memasukkan data kredensial server, seperti IP Address, Username, Password, Key (jika menggunakan), dan Port.

  3. Menghubungkan Host

    Langkah terakhir yaitu menghubungkan host.

Jika menggunakan Mac ataupun Windows, saya lebih memilih CMD dan Terminal compare to Termius ini. Versi gratisnya sudah lebih dari cukup menurut saya, mungkin akan upgrade suatu saat nanti setelah memiliki tim yang lebih besar.

Semoga cara menggunakan Termius ini bisa bermanfaat, jangan lupa membaca artikel lainnya ya:

Gabung Bersama +30.000 Pembaca Kami!

Daftarkan email anda untuk mendapatkan artikel terbaru dari Situstarget.com.

Proses pendaftaran hampir selesai, mohon cek email Anda dan Klik tombol konfirmasi.

Pin It on Pinterest

Share This