6 Cara Pencegahan Database WordPress Crash yang Mendadak

Saya mengalami database WordPress crash sudah beberapa kali dan qadarullah wa maa syaa a fa’al minggu ini kembali terjadi. Artikel yang ada di blog ini secara mendadak hilang seperti terhapus secara keseluruhan.

Ada banyak faktor yang bisa membuat database di WordPress menjadi crash. Beberapa kondisi ini bisa saja membuat database WordPress crash:

  • Adanya gangguan pada server. Jika server yang kamu gunakan untuk menjalankan WordPress tidak stabil atau mengalami masalah teknis, hal ini dapat menyebabkan database WordPress crash.
  • Terdapat masalah pada plugin atau tema. Plugin atau tema yang tidak kompatibel atau korup atau rusak dapat menyebabkan masalah pada database WordPress, termasuk membuat database WordPress crash.
  • Pembaruan otomatis WordPress, plugin, atau tema yang tidak sukses atau tidak stabil dapat menyebabkan masalah pada database WordPress.
  • Jika ada konflik antara plugin atau tema yang diinstal pada WordPress, hal ini juga yang dapat menyebabkan database WordPress menjadi crash.
  • Adanya permasalahan pada hardware(virtual) yang kamu gunakan. Hardware yang tidak stabil atau kurang memadai dapat menyebabkan database WordPress crash.

Belajar Dari Pengalaman Database Korup

Belajar dari pengalaman sebelumnya pada saat terjadi crash atau gangguan lainnya. Saya menggunakan beberapa layer untuk backup.

Backup pertama di level server, yang di mana ini dijalankan secara otomatis untuk membackup keseluruhan data yang ada di server.

Sehingga apabila terjadi WordPress yang database-nya crash, saya bisa restore pada level sistem operasi. Kekurangan dengan cara ini adalah hasil restore akan berimbas pada website lain.

Saya memiliki beberapa website lain di satu server ini, yang apabila saya melakukan proses restore di level OS. Secara tidak langsung akan berpengaruh ke website yang lain.

Backup kedua di level aplikasi web, saya menggunakan tools seperti rclone untuk proses backup database server dan file-file situs web dan di backup ke Google Drive.

Kurang lebih ada 8TB data backup di Google Drive dan proses backup ini dilakukan daily agar tidak memberatkan server, kalau situs kamu e-commerce mungkin perlu backup situs web secara realtime.

Tips Pencegahan Agar Database WordPress Tidak Crash

Proses backup memang menjadi salah satu cara pencegahan yang bisa kita lakukan apabila mengalami database yang korup atau crash.

Selain itu, beberapa tips lainnya yang bisa kamu lakukan untuk mencegah agar tidak mengalami database WordPress yang crash di antaranya:

1. Gunakan Server yang Stabil

Pastikan server yang kamu gunakan untuk menjalankan WordPress memiliki kapasitas yang cukup untuk menampung traffic pengunjung dari situs web kamu.

Sebagai rujukan kamu bisa melihat requirement server yang dibutuhkan untuk menjalankan WordPress dan lihat juga di Google Analytics seberapa banyak pengunjung situs web kamu per bulannya.

Usahakan pilih juga penyedia jasa hosting yang memiliki uptime yang tinggi. Segera pindah ke penyedia web hosting yang lebih baik apabila situs web kamu sering mengalami downtime yang tinggi.

2. Selektif Dalam Menggunakan Plugin dan Theme

Pastikan kamu hanya menginstal plugin dan tema yang di-maintenance dan diperbarui secara teratur. Perlahan mulai ganti atau hapus plugin yang sekiranya sudah tidak kompatibel dengan WordPress versi terbaru.

Jangan menginstal plugin atau tema yang tidak diperbarui atau tidak lagi didukung oleh si developer. Salah satu kelebihan dari plugin berbayar adalah kamu mendapatkan support yang lebih dibandingkan plugin gratisan.

Hal ini bersifat tentatif, tidak mutlak karena ada juga plugin gratis, yang secara komunitas sudah besar sehingga untuk mendapatkan dukungan dari komunitas pun juga mudah mendapatkan pertolongan.

3. Hati-hati Dengan Pembaruan Otomatis WordPress

Pastikan untuk membackup database WordPress sebelum melakukan pembaruan WordPress, plugin, atau tema. Saya menyarankan untuk situs yang menggunakan banyak plugin untuk menonaktifkan fitur update otomatis.

Kamu juga perlu memeriksa apakah ada masalah yang mungkin timbul setelah pembaruan, pengecekan ini bisa dilakukan jika kamu memiliki staging site.

Dan jangan ragu untuk meminta bantuan di forum WordPress jika kamu memerlukan bantuan.

4. Cari Tahu Tentang Konflik Plugin atau Theme

Jika kamu mengalami masalah setelah menginstal plugin atau tema baru, cobalah menonaktifkan plugin atau tema tersebut untuk melihat apakah masalah tersebut berhasil teratasi atau tidak.

Jika teratasi, mungkin ada konflik antara plugin atau tema tersebut dengan plugin atau tema lainnya. Berdasarkan pengalaman pribadi plugin security sering kali membuat konflik antar plugin dan theme.

Konflik ini biasanya karena pengaturan plugin security yang tidak sesuai dengan requirement dari plugin atau tema lainnya. Sehingga pengaturannya harus dibuat lebih fleksibel dan tidak terlalu strict.

5. Gunakan Hardware yang Memadai

Pastikan kamu menggunakan hardware yang memadai untuk menjalankan WordPress agar database tidak mengalami masalah.

Setelah traffic visitor situs web kamu meningkat dari waktu ke waktu, pertimbangkan juga untuk melakukan upgrade paket hosting atau server secara berkala.

Kalau tidak di scale up ketika resource server penuh, visitor akan merasa situs web kamu sangat lambat dan berat saat dibuka.

Selain itu, kemungkinan peluang database WordPress crash bisa saja sering terjadi. Hal ini dikarenakan server tidak memiliki resource yang cukup untuk melakukan update WordPress, tema, dan plugin.

6. Backup Database Secara Teratur

Pastikan untuk membackup database WordPress secara teratur agar kamu dapat melakukan restore apabila terjadi masalah. Seperti yang saya sampaikan di awal tadi, kamu harus punya backup reguler.

Backup bisa di level server, web aplikasi, atau menggunakan plugin backup untuk WordPress. Pastikan juga hasil backup tidak mengalami korup atau crash.

Dan terakhir jangan lupa untuk meminta kepada Allah agar selalu dijaga dari kondisi atau situasi buruk, salah satunya seperti database WordPress crash ini. Ikhtiar pol, dibarengi juga dengan doa.

Semoga artikel ini bermanfaat ya. Mohon bantu share, jazakumullah khair.

Pin It on Pinterest

Gabung Bersama +30.000 Pembaca Kami!

Daftarkan email anda untuk mendapatkan artikel terbaru dari Situstarget.com.

Proses pendaftaran hampir selesai, mohon cek email Anda dan Klik tombol konfirmasi.