Blog Situstarget » Tips Tekno » Cara Mengatasi Ubuntu 14.04 Tidak Bisa Update
Cara Mengatasi Ubuntu 14.04 Tidak Bisa Update

Cara Mengatasi Ubuntu 14.04 Tidak Bisa Update

Cara mengatasi Ubuntu 14.04 tidak bisa update karena muncul pesan error seperti ini: ” Not enough free disk space ubuntu. The upgrade needs a total of 84,0 M free space on disk ‘/boot’. Please free at least an additional 24,2 M of disk space on ‘/boot’. Empty your trash and remove temporary packages of former installations using ‘sudo apt-get clean’.”

Untuk menyelesaikan masalah karena tidak bisa update pada OS Ubuntu, coba Anda jalankan dahulu perintah ini ‘sudo apt-get clean’ melalui terminal. Jika sudah dicoba, namun tetap tidak bisa melakukan update Ubuntu. Anda perlu menghapus kernel-kernel lama.

Sebelumnya cek terlebih dahulu versi kernel yang sedang Anda pakai saat ini dengan menggunakan perintah ‘uname -r’ pada jendela terminal. Contoh akan muncul seperti ini 3.16.0-45-generic | Maka versi lama dibawah versi yang Anda pakai bisa Anda hapus dengan menggunakan perintah di terminal atau aplikasi seperti Ubuntu-tweak.

Instalasi aplikasi bisa Anda lakukan dengan cara men-download aplikasinya dan melakukan instalasi dengan menggunakan Ubuntu Software Center. Setelah proses instalasi usai, arahkan ke Menu Janitor> Lalu beri centang pada Old Kernel. Proses selanjutnya Anda tinggal pilih kernel lama yang perlu dihapus saja. Setelah itu OS Ubuntu Anda sudah bisa lagi untuk di-update

Cara Mengatasi Ubuntu 14.04 Tidak Bisa Update

Sumber gambar: http://askubuntu.com/questions/2793/how-do-i-remove-or-hide-old-kernel-versions-to-clean-up-the-boot-menu

Pin It on Pinterest