AMP: A mandatory attribute is missing from an HTML tag

Pada tutorial kali ini saya ingin berbagi mengenai cara memperbaiki error A mandatory attribute is missing from an HTML tag dari report Google Search Console.

Setelah sekian lama akhirnya Blog Situstarget kembali menggunakan plugin AMPforWP. Dahulu saya sempat menggunakan plugin yang sama dan berlangganan selama satu tahun.

Kebetulan saya dapat diskon potongan 50%, namun setelah menggunakan beberapa bulan kok jadi nyesel ya. Waktu itu ada banyak masalah kompabilitas dan error yang belum bisa saya selesaikan.

Mungkin karena produk baru, jadi masalah kompabilitas dengan plugin populer lainnya masih sering saya jumpai. Saat ini, sepertinya produknya semakin mature dan saya kembali menggunakan plugin AMPforWP.

Untuk mengidentifikasi masalah error A mandatory attribute is missing from an HTML tag. Ada baiknya kamu menggunakan tools Rich Results Test. Lalu, masukkan halaman yang bermasalah.

Cara memperbaiki error yang ada di Google Search Console

Untuk pengaturan default saja. Pilih Googlebot smartphone, dan klik tombol Test URL. Tunggu beberapa menit untuk mengetahui hal-hal apa saja yang terdeteksi sebagai error.

Pada contoh kasus saya, waktu itu muncul error pada bagian AMP, A mandatory attribute is missing from an HTML tag. Script yang tidak kompatibel berada di plugin Bloom, tepatnya di form subscribe.

Untuk memperbaiki masalah kompabilitas ini, kamu membutuhkan plugin tambahan yang bernama AMP Plugins Manager. Dengan plugin tersebut kamu bisa memilih plugin mana saja yang harus dimatikan pada mode AMP.

Pengaturannya ada di menu AMPforWP > Plugin Manager > dan beri tanda centang pada plugin yang akan kamu nonaktifkan pada mode AMP. Di sini, saya menonaktifkan plugin Bloom.

Jangan lupa untuk menghapus cache yang ada di server atau Cloudflare. Setelah itu, kembali ke Google Search Console. Lakukan pengujian kembali URL yang bermasalah tadi.

InsyaAllah, masalahnya sudah hilang. Berikut hasil screenshot dari halaman yang tadinya bermasalah pada bagian AMP, A mandatory attribute is missing from an HTML tag.

Alhamdulillah. Masalahnya sudah selesai, kini menunggu proses validasi ulang oleh Google. 😅

Menunggu proses validasi ulang oleh Googlebot

Pin It on Pinterest

Share This

Gabung Bersama +30.000 Pembaca Kami!

Daftarkan email anda untuk mendapatkan artikel terbaru dari Situstarget.com.

Proses pendaftaran hampir selesai, mohon cek email Anda dan Klik tombol konfirmasi.