9 Hal yang Dapat Kamu Syukuri di Masa-masa SMA

Banyak yang bilang kalau masa-masa SMA adalah masa yang paling indah dan punya sejuta cerita. 

Walaupun sebenarnya masa kuliah juga merupakan masa yang cukup menyenangkan akan tetapi tetap saja masih kalah dengan masa putih abu-abu ini. 

Pengalaman-pengalaman di masa SMA yang luar biasa tentu susah untuk dilupakan dan sepertinya akan terus menjadi kenangan. 

Apa saja yang dapat kamu syukuri di masa-masa SMA?

 

1. Bersyukur Memiliki Banyak Teman Ketika Masa SMA

Alasan yang membuat masa SMA begitu indah dan sulit dilupakan adalah kehadiran teman-teman dan akhirnya menjadi sahabat. 

Pada masa SMA, kita akan benar-benar mendapatkan teman yang memang sangat asyik diajak bercanda dan berbagi. Hal ini berbeda dalam dunia perkuliahan. 
 
Walaupun banyak mendapatkan teman, akan tetapi mungkin karena kita belajar dengan sistem kontrak mata kuliah, membuat kita jarang berkumpul dengan teman yang sama dalam jangka waktu yang cukup lama. 

Sedangkan pada masa SMA, hampir dapat dipastikan kita akan selalu bersama karena kita selalu sekelas.
 

2. Ekstrakulikuler Menjadi Ajang untuk Mempererat Tali Silaturahmi dan Mengembangkan Bakat Kemampuan

Biasanya di jenjang SMA, siswa diwajibkan mengikuti setidaknya satu kegiatan ekstrakulikuler, baik yang yang bernuansa seni budaya maupun olahraga. 

Kegiatan ekstrakurikuler merupakan kegiatan penunjang pembelajaran yang dilaksanakan di luar jam tatap muka.  

Bersyukurlah karena disana kamu bisa mengasah minat dan bakat sekaligus berprestasi di dalamnya.
 

3. Keseruan pada Saat Class Meeting Menjadi Salah Satu Hal yang Paling Membahagiakan

Sejak sekolah dasar atau bahkan taman kanak-kanak, siswa sudah diperkenalkan dengan kegiatan class meeting. 

Biasanya class meeting diselenggarakan secara rutin dalam rangka memperingati ulang tahun sekolah atau refreshing setelah ujian. 
 
Class meeting di masa SMA pasti lebih seru. Perguruan tinggi jarang melakukan kegiatan seperti ini, padahal class meeting merupakan wadah untuk meningkatkan kompetisi, komunikasi dan kreatifitas antar warga kelas dalam sebuah sekolah. 

Selagi masih menjadi siswa SMA, syukurilah adanya kegiatan class meeting ini. 
 

4. Senam Bersama Berbagi Keceriaan Bersama

Banyak sekolah yang mengadakan senam pagi bersama paling tidak seminggu sekali untuk seluruh warga sekolah. 

Senam pagi sangat penting bagi kesehatan jasmani maupun rohani. Tradisi ini akan membentuk rasa kebersamaan antara guru, siswa dan warga sekolah lainnya. 
 
Selain itu,  kegiatan senam pagi bersama dapat membangkitkan energi yang luar biasa bagi terbentuknya iklim sekolah yang sehat dan bersahabat. 

Pengalaman ini harus kamu syukuri apalagi untukmu yang jarang berolahraga.
 

5. Masa Ababil Ketika SMA Merupakan Proses Menuju Kedewasaan

Pernahkah kamu mendengar kalau anak SMA itu disebut sebagai ABG labil atau istilah ngetrendnya “ababil”? 

Secara usia memang siswa SMA itu masih dalam kategori remaja. Individu remaja ini sedang berada di persimpangan  jalan antara dunia anak-anak dan dunia dewasa, sehingga mereka masih suka berubah-ubah, tidak konsisten atau mudah goyah pendiriannya. 

Bersyukurlah kalau kalian pernah mengalami masa itu, artinya kalian sudah belajar bagaimana menjadi dewasa dan jadilah dewasa yang positif.
 

6. Upacara Bendera pada Masa SMA Bisa Dibilang Tidak Terulang pada Masa Kuliah Nanti 

SMA merupakan masa akhirmu untuk melaksanakan upacara bendera setiap hari Senin. Setelah lulus, mungkin kamu akan merindukan kebiasaan itu. 

Upacara bendera mengajakmu untuk berjiwa nasionalis dan patriotik. Berdiri dan memberi hormat kepada Sang Bendera Merah Putih dengan diiringi lagu Indonesia Raya tentu dapat menggetarkan hatimu. 

Kamu sebaiknya bersyukur karena masih bisa melakukan upacara bendera saat ini.
 

7. Mendapatkan Keringanan Biaya Pendidikan Melalui Program Kartu Jakarta Pintar

Pemerintah mulai berupaya untuk memberikan bantuan dana pendidikan kepada siswa yang tidak mampu dari segi ekonomi secara berkala melalui Kartu Jakarta Pintar (KJP). 

Berdasarkan informasi, siswa SMA dan SMK Negeri mendapatkan bantuan sebesar Rp 280.000,’ dan Swasta mendapatkan Rp 580.000,- per bulan. 

Jadi bagi kamu yang mendapatkan KJP harus lebih bersyukur karena telah terbantu oleh program pemerintah ini guna membeli buku, seragam, sepatu serta kebutuhan pendidikan lainnya.
 

8. Deg-degan Ketika Sebelum dan Sesudah Ujian Nasional Menjadi Moment yang Tidak Terlupakan

Di tingkat SMA, Ujian Nasional (UN) akan menjadi ujian terakhir sebelum kelulusan.
Sebelum munculnya kebijakan terbaru dari Menteri Anies Baswedan yang menyatakan bahwa UN kini hanya digunakan sebagai pemetaan, UN merupakan suatu hal yang menakutkan bagi para siswa kelas tiga karena penentuan kelulusan siswa dinilai dari hasil UN yang diraih.
UN harusnya tidak menjadi momok negatif, namun sebaiknya disyukuri agar kamu semakin sungguh-sungguh dalam belajar. 
 

9. Ratusan PR

Tugas rumah bagi siswa biasa disingkat dengan PR. Rasanya kesal kalau setiap hari ada PR, bayangkan jika dalam satu hari ada 5 pelajaran maka kemungkinan akan ada 5 PR setiap harinya. 

Namun janganlah mengeluh dengan adanya PR, bersyukur lebih baik. Cara terbaik agar kamu tidak kewalahan mengerjakan PR adalah dengan cara mencicil dalam mengerjakannya. 

Belajarlah mengatur waktu dengan baik, karena itu semua akan berguna pada saat kamu kuliah nanti. Baiklah hari ini kita sudah membahas tentang 9 Hal yang Dapat Kamu Syukuri di Masa-masa SMA. 

Sebelumnya kita juga sudah menulis artikel lain yang berjudul 9 hal yang dapat kamu syukuri ketika memiliki kendaraan pribadi. Jika Kamu mau berbagi tulisan ke kita. Mohon hubungi Kami melalui email ini ya hi@poltek.id.

About The Author

Gabung Bersama +30.000 Pembaca Kami!

Daftarkan email anda untuk mendapatkan artikel terbaru dari Situstarget.com.

Proses pendaftaran hampir selesai, mohon cek email Anda dan Klik tombol konfirmasi.

Pin It on Pinterest

Share This