Cara Instal Antivirus Clamav di Ubuntu Server

Ubuntu berbeda dengan Windows, setiap aplikasi yang dijalankan pada keluarga Linux. Umumnya akan berjalan sebagai user biasa bukan root (super administrator). Sehingga tidak akan berdampak signifikan pada sistem.

Namun install antivirus bisa jadi sebuah kebijakan yang diambil oleh perusahaan guna melindungi data pelanggan mereka. Berikut adalah tata cara instalasi antivirus Clamav di Ubuntu Server:

Baca juga : Cara Mengamankan Macbook dari Serangan Hacker

  1. Buka terminal, lalu perbarui terlebih dahulu OS ubuntu dengan perintah berikut: “sudo apt-get update“, tanda petik tidak perlu di copy-paste.
  2. Setelah berhasil, saatnya untuk instal antivirus Clamav di Ubuntu server dengan command berikut “sudo apt-get install clamav clamav-daemon“.
  3. Setelah proses berjalan hingga selesai, ya mungkin cuma dalam hitungan beberapa detik saja sudah berhasil. Tahap berikutnya yaitu cek versi Clamav dengan perintah “clamscan –version“.
  4. Tahap berikutnya bagaimana cara melakukan update database virus? Jalankan perintah berikut pada terminal “sudo systemctl stop clamav-freshclam“. Setelah itu, jalankan perintah ini untuk update otomatis “sudo freshclam“.
  5. Jalankan lagi program dengan perintah “sudo systemctl start clamav-freshclam“. Baik, sekarang kamu sudah mengetahui cara update antivirus Clamav dari poin keempat dan kelima ini.
  6. Sekarang bagaimana cara melakukan proses scanning antivirusnya? Misalnya saya ingin scan seluruh folder home. Maka jalankan perintah berikut “clamscan –infected –remove –recursive /home/“. Proses scanning memakan waktu yang cukup lama, tergantung dari berapa banyak jumlah file dan resource RAM server kamu.
  7. Bagaimana jika ingin uninstall antivirus clamav ini? Mudah kok, tinggal jalankan perintah berikut pada terminal “sudo apt-get remove clamav clamav-daemon“.
  8. Sebagai poin tambahan, apabila kamu menggunakan Ubuntu Desktop, bisa menggunakan Clamav versi GUI. Jadi semua proses scanning dan pengaturan lainnya menjadi lebih mudah. Instal dengan perintah berikut: “sudo apt-get install clamtk“.

Baca juga : Tips Melindungi Android dari Virus dan Malware

Adapun beberapa list antivirus untuk Ubuntu Server yang berbayar yaitu:

  • Avast Business Antivirus untuk Linux
  • Bitdefender’s Enterprise Security
  • ESET Endpoint Antivirus untuk Linux
  • Symantec endpoint security

Oh ya, jangan mikirin soal keamanan kalau masih menggunakan antivirus bajakan ya!

Semoga  ketujuh cara instal antivirus Clamav di atas bisa bermanfaat. Jangan lupa untuk membagikan tulisan di atas melalui Facebook, Twitter, LinkedIn, WhatsApp, Line, dan Telegram ya! 

About The Author

Gabung Bersama +30.000 Pembaca Kami!

Daftarkan email anda untuk mendapatkan artikel terbaru dari Situstarget.com.

Proses pendaftaran hampir selesai, mohon cek email Anda dan Klik tombol konfirmasi.

Pin It on Pinterest

Share This