Blog Situstarget » Info Teknologi » Ini Alasan Cloud Record Zoom Tidak Direkomendasikan

Ini Alasan Cloud Record Zoom Tidak Direkomendasikan

Setiap akun Zoom premium per lisensi diberikan kapasitas penyimpanan cloud record Zoom sebesar 1 GB per pengguna. Kapasitas sebesar 1 GB ini sangat kecil dan sayangnya tidak bisa diintegrasikan dengan layanan semisal Google Drive.

Ketika kamu memiliki meeting dengan durasi yang panjang misalnya, lebih dari empat jam. Saya menyarankan agar kamu tidak melakukan record Zoom menggunakan penyimpanan cloud.

Baca juga : Zoom Meeting vs Google Meet

Penyimpanan 1 GB cloud record Zoom berdasarkan pengalaman saya sebelumnya, hanya bisa digunakan untuk meeting dengan durasi kurang dari empat jam-an. Harga addon untuk penyimpanan cloud di Zoom sangat mahal, berikut tabelnya:

Plan Kapasitas Penyimpanan Additional 1 GB
$40 per Bulan 100 GB $1.5/GB
$100 per Bulan 500 GB $0.5/GB
$500 per Bulan 3 TB $0.1/GB

Solusi dari permasalahan ini, sebaiknya jika kamu hendak melakukan record meeting di aplikasi Zoom. Gunakan saja penyimpanan lokal, pastikan komputer atau laptop memiliki ruang penyimpanan yang cukup.

Terdapat dua rekaman yang dibuat oleh aplikasi Zoom, yaitu berupa file suara dan file video. Bagi yang belum mengetahui cara melakukan record meeting di Zoom, berikut panduannya:

Cara Record Meeting Zoom

  1. Buka aplikasi Zoom dan lakukan sign in terlebih dahulu bisa menggunakan GMail, Facebook, SSO, maupun akun Zoom yang melalui proses pendaftaran secara manual.
    Cara login ke aplikasi Zoom
  2. Setelah login, di bagian bawah ada tulisan record, kamu klik lalu akan muncul dua pilihan yaitu rekam pada komputer ini atau rekam pada penyimpanan cloud.
    Cara merekam meeting zoom di cloud maupun di komputer lokal
  3. Pilih Record to the Cloud, apabila durasi meeting Zoom yang kamu lakukan kurang dari empat jam. Sedangkan, pilihan record on this Computer bisa kamu gunakan untuk durasi meeting yang lebih lama.
  4. Cara mengakses hasil rekaman yang ada di penyimpanan Cloud itu mudah, tinggal kamu login terlebih dahulu pada website Zoom > Admin > Account Management > Recording Management.
    Cara mengakses rekaman meeting Zoom yang ada di Cloud
  5. Terdapat pilihan tombol Share (lihat gambar nomor empat) untuk membagikan hasil rekaman meeting Zoom kepada orang lain, kamu bisa membagikan rekaman tersebut untuk publik, memberikan tanggal kadaluarsa pada link, dan memproteksinya dengan passcode.
    Cara berbagi hasil rekaman meeting Zoom kepada orang lain
  6. Kamu juga bisa melihat hasil rekaman Zoom secara online, caranya yaitu dengan mengklik link pada bagian topik atau pada link file size (lihat pada gambar nomor empat). Ada dua berkas file yang bisa kamu unduh, yaitu suara saja dan atau file video.
    Cara melihat hasil rekaman meeting Zoom secara daring

Sebagai tips tambahan, bagi kamu yang lebih suka menyimpan recording meeting pada sistem penyimpanan Cloud, jangan lupa untuk rajin membersihkan file record yang sebelumnya masih tersimpan.

Baca juga: Cara Memperpendek Tautan Zoom Meeting

Cara menghapus rekaman meeting Zoom yang tersimpan di Cloud, caranya yaitu lihat gambar nomor empat, klik tombol More dan pilih Delete. Pada kotak konfirmasi popup yang muncul, klik tombol Yes untuk melakukan penghapusan.

Cara menghapus rekaman zoom meeting pada penyimpanan Cloud

File yang telah dihapus akan disimpan selama 30 hari kedepan, kamu masih bisa melakukan restore pada hasil rekaman yang telah dihapus selama durasi waktu tersebut. Setelah lebih dari 30 hari, maka file akan di-delete secara permanen.

Cara mengakses berkas yang sebelumnya telah kamu hapus yaitu dengan cara membuka website Zoom > Admin > Account Management > Recording Management > Trash. Kamu masih bisa melakukan restore atau hapus permanen.

Cara menghapus rekaman meeting Zoom secara permanen dan restore file dari tempat sampah

Semoga tips ini bisa bermanfaat ya!

Gabung Bersama +30.000 Pembaca Kami!

Daftarkan email anda untuk mendapatkan artikel terbaru dari Situstarget.com.

Proses pendaftaran hampir selesai, mohon cek email Anda dan Klik tombol konfirmasi.

Pin It on Pinterest

Share This