Tutorial MediaWiki

Tulisan ini sebagai panduan untuk berkontribusi dalam wiki The Target yg beralamat di wiki.situstarget.com. Wiki milik The Target menggunakan software MediaWiki yang juga dipakai untuk membangun website wikipedia.org. Setiap software mempunyai cara yang berbeda dalam mengolah kontennya, maka dari itu tulisan ini bertujuan juga untuk memahami cara kerja MediaWiki.

Membuat Halaman Baru

  • Menggunakan Wikilinks

    Cara ini menggunakan link berwarna merah yang ada pada sebuah halaman, jika link berwarna biru artinya halaman sudah dibuat, jika berwarna merah berarti halaman belum dibuat seperti gambar dibawah ini.

    Klik link yang berwarna merah, maka selanjutnya anda akan dibawah menuju halaman untuk mengedit halaman tersebut, selanjutnya anda bisa menulis untuk kemudian disimpan.

     

  • Melalui halaman pencarian

    Selain dengan link, pembuatan halaman bisa melalui pencarian yang tidak ditemukan, misalkan saya mencari halaman “PHP”, berhubung halaman untuk “PHP” belum dibuat maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini

    Dibagian  bawah terlihat tulisan Create page “PHP” on this wiki! , klik tulisan PHP yang berwarna merah tersebut untuk kemudian anda edit dan kemudian disimpan.

     

  • Menggunakan URL

    Pembuatan halaman bisa juga menggunakan URL. Struktur URL MediaWiki adalah sebagai berikut

    http://wiki.situstartget.com/index.php/ARTICLE

    ganti ARTICLE dengan nama halaman yang akan anda buat, misalnya untuk membuat halaman PHP, maka langsung saja anda buka URL seperti dibawah ini

    http://wiki.situstarget.com/index.php/PHP

    Jika ternyata halaman yang dimaksud belum dibuat akan tampil halaman seperti gambar dibawah ini

    Selanjutnya anda klik tulisan edit this page dan anda akan dibawa ke halaman untuk mengedit halaman yang dimaksud, dalam hal ini PHP.

About The Author

Gabung Bersama +30.000 Pembaca Kami!

Daftarkan email anda untuk mendapatkan artikel terbaru dari Situstarget.com.

Proses pendaftaran hampir selesai, mohon cek email Anda dan Klik tombol konfirmasi.

Pin It on Pinterest

Share This