Review Buku #Unstoppable: Berani Gagal, Berani Bangkit, Berani Sukses

Review Buku #Unstoppable Karya Ilman Akbar

Baru jumat kemarin saya menyempatkan diri ke gramedia karena kebetulan perkuliahan sedang libur. Moment berharga tersebut saya manfaatkan untuk mencari buku #unstoppable.

Buku ini adalah tulisan kedua dari Muhammad Ilman Akbar. Buku pertamanya sudah menjadi best seller dengan judul 101 young ceo dan menjadi salah satu koleksi buku di rumah saya.

Sedikit cerita sebelum mereview buku #unstoppable ini. Muhammad Ilman Akbar adalah pendiri dari situs media online AnakUI.com. Mas ilman juga bagian dari guru kehidupan saya.

Sempat berkolaborasi dan sedikit bantu-bantu di AnakUI.com waktu itu. Saya banyak mendapatkan ilmu, pengalaman, dan masukan dari mas ilman mengenai banyak hal terkait bisnis, kuliah, dan keluarga.

Baik pada saat pertemuan langsung, maupun pada saat video call menggunakan Google Hangout dan Skype. Buku kedua ini kebetulan terbit berselang beberapa bulan tidak lama setelah anak kedua mas ilman lahir.

Mungkin ini bagian dari rasa syukur tersebut sehingga menerbitkan buku kedua. Tapi ini hanya dugaan saya saja. Hehe. Buku ini selesai saya baca hingga tuntas hanya memakan waktu sekitar 4 hingga 5 jam saja!

Buku-buku bagus biasanya saya baca hingga selesai hanya dalam sekali duduk. Buku ini membahas mengenai cerita nyata kehidupan pengusaha-pengusaha muda sukses nasional yang mengalami kegagalan dalam bisnis mereka.

Sebelum akhirnya saat ini mereka menjadi bagian dari pengusaha nasional yang juga menggerakan roda perekonomian di Indonesia. Mengapa kisah-kisah pengusaha selalu menarik untuk dibaca atau didengarkan?

Itu karena mereka adalah orang-orang yang berada paling depan di garis perubahan. Banyak ketidakpastian di garis perubahan karena harus meninggalkan zona nyaman atau bahkan zona aman.

Mereka memiliki tekad yang kuat untuk mewujudkan visi hidup mereka, berusaha menjadi solution maker bagi permasalahan orang lain, dan nyatanya itu semua tidak mudah dilakukan oleh kebanyakan orang.

Terkadang “seleksi alam” menggugurkan impian seseorang untuk menjadi pengusaha. Banyak yang ketika gagal lalu menyerah begitu saja, takut mencoba kembali, bahkan malah lari dari suatu masalah.

Buku #Unstoppable Ini Bisa Menjadi Obat Bagi Hati yang “Terluka”

Buku ini menurut saya bisa menjadi terapi bagi pengusaha-pengusaha muda yang pernah mengalami suatu kegagalan. Saya menjadi bagian yang terobati lantaran pernah mengalami hampir dropout kuliah karena bisnis.

Sebenarnya bukan karena bisnisnya yang salah. Namun apa yang ada diisi kepala saya yang pada saat itu mengalami “korsleting”. Semua yang kita kerjakan itu berasal dari hati dan pikiran.

Jika hati itu bersih, pikiran secara otomatis akan mampu untuk berpikir jernih. Kejernihan pemikiran dan hati yang bersih juga perlu didukung dengan kompetensi (pemahaman, kemampuan, pengetahuan, minat, sikap, dan nilai).

Ketika seseorang mengalami kegagalan, banyak orang memaknai bahwa kegagalan itu bagian yang amat pahit dalam hidup, menyakitkan, memalukan, dan hal-hal buruk lainnya.

Buku ini memberitahu kita bahwa manisnya kesuksesan baru bisa dirasakan setelah kita pernah mengalami suatu kegagalan. Karenanya itu kita bersyukur atas apa yang sudah kita dapatkan.

Ada kisah menarik seorang pengeluh yang mendatangi seorang ustad untuk meminta sebuah wejangan. Namanya juga pengeluh ya kerjaan setiap harinya hanya mengeluh dan mengeluh.

Ia merasa tuhan tidak adil dan merasa bahwa hanya dialah orang satu-satunya yang paling tidak beruntung di dunia ini. Ustad yang bijak ini hanya menyuruh pengeluh tadi untuk menulis semua hal yang menjadi beban hidupnya pada sebuah kertas.

Ternyata dalam hitungan detik si pengeluh tadi bisa mengisi penuh kertas yang diberikan oleh ustad tersebut. Setelah itu sang ustad meminta agar ia menaruh kertas yang telah diisi oleh keluhannya tadi pada sebuah kotak.

Kotak tersebut berisi banyak tumpukan kertas. Setelah itu sang ustad mengaduk kertas-kertas yang ada di dalamnya. Sehingga tercampurlah kertas yang ditulis oleh si pengeluh tadi dengan kertas punya orang lain.

Lalu sang ustad menyuruh ia agar mengambil beberapa kertas dari dalam kotak tersebut. Setelahnya ia disuruh oleh sang ustad untuk membaca apa isi dari kertas yang dia ambil.

Dan betapa terkejut dan kagetnya setelah ia mengambil 3 kertas. Ia membaca ternyata ada banyak masalah orang lain yang lebih besar dari masalah yang ia hadapi.

Mulai dari kehilangan harta benda bernilai milyaran rupiah, kehilangan orangtua karena suatu bencana, dan ada juga yang harus mengalami cacat fisik padahal ketika dilahirkan dalam kondisi normal karena suatu kecelakaan.

Sambil membaca dan berlinang air mata. Pada saat yang sama ia malah merasa telah menjadi orang yang paling beruntung lantaran masalah-masalah yang ia hadapi selama ini tidak seberat masalah orang lain.

Buku #Unstoppable ini adalah kumpulan kisah-kisah gagal para pengusaha muda nasional yang menyedihkan dan masalah yang dibahas dalam buku ini mungkin lebih besar dari kisah kegagalan kita pada masa lalu.

Pesan yang dalam dari Buku #Unstoppable ini yaitu ketika kita gagal. Tidak peduli seberapa sering kita gagal, yang terpenting kita cepat bangkit, dan belajar dari kegagalan tersebut.

Buku ini bisa jadi sarana Anda mensyukuri hidup berserta masalah  yang ada di dalamnya. #TetapSemangat! Berani Gagal, Berani Bangkit, dan Berani Sukses. Because you are unstoppable!

About The Author

Gabung Bersama +30.000 Pembaca Kami!

Daftarkan email anda untuk mendapatkan artikel terbaru dari Situstarget.com.

Proses pendaftaran hampir selesai, mohon cek email Anda dan Klik tombol konfirmasi.

Pin It on Pinterest

Share This