Persiapan melakukan self hypnosis

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum melakukan self-hypnosis yaitu Persiapan melakukan self hypnosis. Persiapan bertujuan agar proses bisa berjalan dengan baik dan menghasilkan hasil yang optimal. Persiapan untuk melakukan self-hypnosis terbilang cukup sederhana.

Proses self-hypnosis sendiri dapat terjadi apabila seseorang fokus pada kondisi internal dirinya. Gelombang otak pada kondisi self-hypnosis adalah alpha atau lebih rendah lagi. Biasanya seseorang menggunakan self-hypnosis bertujuan untuk memotivasi dirinya, menghilangkan kebiasan buruk seperti suka menggigit kuku jari, latah, mudah emosi atau marah, dan kebiasan buruk lainnya.

Pada kasus tertentu seseorang membutuhkan orang lain sebagai pembimbing atau yang disebut sebagai seorang hypnotherapist. Mengapa? Salah satu tujuannya adalah untuk membantu orang tersebut agar bisa memasuki kondisi relaksasi yang mendalam, serta memudahkan untuk pemberian sugesti-sugesti.

Seorang hypnotherapist hanyalah pembimbing, dan atau pendukung, dan atau penyedia sarana yang menunjang proses hypnosis itu sendiri. Subjeknya adalah orang yang di-hypnosis. Mengapa subjek bukan objek?

Karena faktor penentu dari keberhasilan dari hypnosis itu sendiri berada pada sisi client. Seorang pembimbing dalam hal ini hypnotherapist hanya sebagai orang yang membimbing agar Subjek memasuki kondisi relaksasi dan membantu memberikan sugesti.

Minimal ada 4 hal yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan self-hypnosis:

  1. Kenali masalah Anda
  2. Buatlah tujuan yang Anda inginkan setelah proses self-hypnosis
  3. Persiapkan ruangan yang kondusif untuk melakukan self-hypnosis
  4. Latihlah fokus diri Anda

Mengapa kita perlu mengenali masalah yang dihadapi? Coba Anda bayangkan betapa sulitnya diri Anda ketika Anda berhadapan dengan musuh atau lawan yang tidak Anda kenali pada saat di medan petempuran. Seseorang terkadang bingung dengan masalah yang ia hadapi saat ini. Kemampuan mengindentifikasi masalah sangat rendah. Sehingga penyelesaian masalahnya pun menjadi terhambat.

Kenali masalah yang Anda hadapi
Kenali masalah yang Anda hadapi

Perlu Anda untuk berlatih mengenali diri Anda lebih jauh. Sehingga apabila Anda kenal dengan diri Anda secara seutuhnya, akan memudahkan Anda untuk mengindentifikasi setiap kelebihan dan kekurangan diri Anda. Coba renungkan tentang konsktruksi hidup Anda. Setelah hal itu sudah dilakukan, Anda baru mulai bisa mengindentifikasi permasalahan yang saat ini sedang terjadi.

Membuat tujuan akhir dari proses self-hypnosis

Contohnya Anda galau, malas, dan seterusnya. Kira-kira apa akar penyebab dari permasalahan tersebut? Coba renungkan kira-kira mengapa hal tersebut bisa terjadi. Apa dan di mana sisi kekurangan dari diri Anda yang perlu diperbaiki.

Selanjutnya adalah membuat tujuan atau goal dari proses self-hypnosis itu sendiri. Misalnya adalah Anda ingin semangat, tambah percaya diri, atau menghilangkan kebiasan buruk yang tadi disebutkan di atas. Tahap berikutnya adalah persiapkan ruangan yang kondusif untuk melakukan proses self-hypnosis. Pertama adalah pilihlah ruangan yang tenang, jauh dari kebisingan atau kegaduhan, serta hal-hal yang menganggu lainnya, serta ruangan yang sejuk.

Ruangan yang nyaman dan tenang untuk relaksasi

Anda bisa menambahkan alunan musik untuk relaksasi dan membakar wangi-wangian dari aroma terapi guna mencapainya kondisi relaksasi.

Tahap terakhir adalah latihlah diri Anda untuk fokus melakukan proses self-hypnosis. Beberapa kejadian yang dialami oleh orang yang melakukan self-hypnosis adalah ketiduran! Iya, ketiduran.

Sangking enaknya relaksasi sampe lupa klo pada saat itu ia sedang melakukan proses self-hypnosis. Ingat, beda loh ya antara kondisi hypnosis dengan tidur lelap. Kondisi hypnosis, seseorang hanya berfokus pada satu hal saja(internal). Bagaimana Anda sudah siap melakukan self-hypnosis?

Subscribe via Email
Dapatkan akses ekslusif untuk tips, panduan, artikel, dan banyak lagi.
Robi Erwin Setiawan

Robi Erwin Setiawan adalah Ex-Bliblioneers dan Founder dari Situstarget.com, saat ini sedang mengembangkan tools SEO online gratis untuk semua orang yang dapat kamu akses di tools.situstarget.com.

Berbagi
Dipublikasikan oleh
Robi Erwin Setiawan
Label: ACHE memberAdiAdi W GunawanAesteticsAlam bawah sadarAltered Mind ConsciousnessAnchorAnugerah PekertiarticlesAseanAsiaAsianAura Photographybelajar hipnoterapiBelajar Hipnotis sendiriBloggingBody and Mind Energy IntegrationBuddhist TherapistCara belajar hipnotiscara belajar ilmu hipnotiscara cepat belajar hipnotiscara hipnoterapicara mudah belajar hipnotisChildren HypnotherapistChildren PastlivesClassic Hypnosisclinical hypnotherapyCoachDinoyoEducatorFemale Therapistfree hypnotismfree hyponosisget rid of habitsGunawanhealing the mindHipnosishipnosis IndonesiahipnoterapiHipnoterapi Indonesiahipnoterapi jakartahipnoterapi klinishipnoterapis IndonesiaHipnotishipnotis cepathipnotis Indonesiahipnotis oranghow to hypnotize myselfHTI member in IndonesiaHypno-birthingHypnosisHypnosis in ParentingHypnosis in Sellinghypnosis workshypnotherapeutichypnotherapeutic techniquehypnotherapisthypnotherapist IndonesiaHypnotherapyIARRT member in IndonesiaIBHIBHCenterIHS 2013ilmu hipnotisIndonesiaIndonesianIndonesian Hypnosis SummitJakartaJawa Baratjinkamus besar bahasa indonesiakehamilankehidupan laluklinik hipnoterapilagu hipnotislaw of associationlaw of repetitionlaw of repetition law of associationLBLLife Between LivesLife PurposeManage weightmanta hipnotismarriage counselling in Indonesia and JakartaMedical HypnosismelahirkanMind NavigatorMotivationMotivatorNatural and Metaphysics Health Condition AnalysisNeo NLPNeo NLP Neuro Linguistic Programming NLP Academy NLP University Richard Candler John Grinder Robert Dilts NFNLP Michael Hall Neuro SemanticsNeuro Tendon Stimulation/ Urat Syaraf Terjepitnew neo nlpNLPNLP toolsNLP-HypnosisOzon TherapyPast Life Therapypelatihan hipnoterapipelatihan hipnotisPhobia / Afraid of closed roomPhobia / Afraid of firePhobia / Afraid of heightPhobia / Afraid of waterPlaquex TherapypregnancyPublic Speakerregresi kehidupan laluRegressionRegression TherapyrelaksasiRelaxation and HypnotherapyScientific EEG And Clinical Hypnotherapyself confidenceSelf hypnosisself-hypnosis techniquesself-hypnotherapysetanSoulmateSoutheast AsiaStage HypnotismStop smokingSubconscious mindSulap hipnotisSurabayaTechniqueterapi untuk anakTrainertrik trik hipnotistuyuluya kuyauya kuya hipnotisways to hypnotizewhat is self-hypnosiswritting

Artikel Terbaru

Cara Membuat Kartu Keluarga Baru Dan KIA Di Kota Depok

Cara mudah membuat Kartu Keluarga (KK) baru dan Kartu Identitas Anak (KIA) secara online khusus…

Cara Broadcast WhatsApp Ke Ribuan Kontak

WA sendiri menyediakan fitur bawaan untuk membuat pesan broadcast WhatsApp ke nomor yang sudah pernah…

Cara Mudah Mengecek Keamanan Nextcloud

Kamu memiliki situs web berbasis Nextcloud? Berikut cara mengecek keamanan Nextcloud dengan cepat dan mudah…

Cara Update Antivirus Clamav Untuk Server

Pada saat menjalankan perintah "freshclam" untuk update antivirus Clamav di server malah muncul eror? Berikut…

Cara Memperbarui Rclone Di Server Ubuntu

Untuk dapat membackup data-data di server tanpa gangguan, kamu perlu memperbarui Rclone ke versi terbaru.…

Cara Mengubah JPG Ke PDF Tanpa Aplikasi

Sangat mudah mengubah file JPG ke PDF atau sebaliknya, kamu tidak perlu menginstal aplikasi apapun…