10 Negara Ini Penghasil Emas Paling Banyak di Dunia

Siapa yang tak tertarik dengan emas? Sepanjang sejarah umat manusia, emas telah begitu banyak berpengaruh. Bangsa-bangsa berperang memperebutkannya.

Para produsen emas berlomba-lomba mengeruk emas sebanyak-banyaknya. Emas telah ditempa dalam berbagai bentuk dan dimanfaatkan dalam banyak aspek kehidupan.

Dengan kemilaunya yang cerah dan menarik mata, emas banyak digunakan sebagai bahan pembuat perhiasan. Selain itu, emas juga dipakai sebagai alat tukar dalam perdagangan.

Kemudian, lantaran sifatnya yang dianggap mulia, emas juga dipakai untuk membuat benda-benda yang dianggap penting, seperti patung dewa sesembahan, mahkota, dan sebagainya.

Baca juga: Ini Dia Negara-Negara Pemilik Emas Terbanyak di ASEAN

Dengan tingginya kedudukan emas di mata umat manusia, emas pun sering kali dijadikan patokan kemakmuran. Semakin banyak emas yang dimiliki, menandakan bahwa dia adalah seorang yang makmur.

Kepemilikian emas juga sering kali dikaitkan dengan kedudukan dalam masyarakat. Misalnya, seorang yang memiliki emas lebih banyak, dianggap kaya dan makmur, karena itu dia akan lebih dihormati.

Lalu, bagaimana dengan kedudukan emas dalam skala yang lebih luas? Ternyata kepemilikan emas juga melambangkan kemakmuran suatu bangsa.

Misalnya, cadangan devisa dalam bentuk emas yang bisa mencapai ribuan ton. Ditambah dengan emas yang dimiliki masyarakat dalam bentuk perhiasan, tentu jumlahnya tak terhitung.

Hal ini mengindikasikan bahwa emas dalam volume besar beredar dan dimiliki masyarakat dunia. Akan tetapi, dari mana semua emas ini berasal?

Baca juga: Sejarah Emas Sebagai Simbol Kemakmuran dari Masa ke Masa

Emas yang beredar di dunia merupakan hasil tambang dari berbagai lokasi di seluruh dunia. Berdasarkan data yang diterbitkan US Geologial Survey pada Januari 2015, negara penghasil emas terbanyak di dunia adalah Tiongkok.

Selain Tiongkok, negara mana saja yang paling unggul dalam produksi emasnya? Simak daftar negara penghasil emas berikut.

1. Tiongkok Adalah Negara Produsen Emas Terbanyak Pertama di Dunia

Tiongkok merupakan negara produsen emas terbesar di dunia. Rata-rata emas yang dihasilkan Tiongkok mencapai setidaknya 355 ton. Menurut data dari US Geologial Survey, jumlah produksi emas Tiongkok mencapai 450 ton sepanjang tahun 2014.

Baca juga: Ingin Kaya di Usia Muda? Investasi Emas Saja

Angka ini meningkat meningkat 4,65% dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya mencapai volume 430 ton. Emas di Tiongkok diambil dari beberapa sumber pertambangan yang profuktif, di antaranya: Shandong, Henan, Jiangxi, Yunnan, dan

Fujian. Di sisi lain, Tiongkok juga merupakan negara dengan konsumsi emas yang besar, yakni mencapai 813,6 ton pada tahun 2014.

2. Australia Berada Diurutan Kedua Sebagai Negara Penghasil Emas Terbanyak di Dunia

Menyusul Tiongkok adalah negara benua, Australia, sebagai negara produsen emas terbesar di dunia. Tahun 2014 saja, produksi emas Australia mencapai 270 ton.

Angka ini meningkat sebesar 1,88%, atau sekitar 5 ton dari tahun sebelumnya. Pada tahun 2014, Australia menghasilkan 265 ton emas.

Emas sebanyak ini didapatkan dari beberapa lokasi penambangan besar di Negeri Kanguru tersebut, yaitu Western Australia, South Australia dan New South Wales. Diperkirakan cadangan tambang emas yang dapat ditambang Australia mencapai 9.800 ton.

3. Rusia Adalah Negara Ketiga Penghasil Emas Terbanyak di Dunia

Penghasil emas terbanyak ketiga di dunia adalah Rusia dengan jumlah produksi sebesar 245 ton pada tahun 2014. Produksi emas Rusia meningkat sebesar 15 ton dari tahun sebelumnya.

Baca juga: Harga Emas Anjlok? Harga Emas Naik?

Sementara itu, cadangan tambang emas yang dapat dikeruk Rusia diperkirakan mencapai 5.000 ton. Emas ini didapatkan dari beberapa wilayah pertambangan utama, seperti: Amur, Irkutsk, Khabarovsk, Krasnoyarsk, Magadan dan Sakha-Yakutia.

4. Amerika Serikat Berada di Posisi Keempat Negara Penghasil Emas Terbanyak di Dunia

Selain menjadi negara maju dengan cadangan tambang emas dalam devisa terbesar di dunia, Amerika Serikat juga termasuk dalam lima besar negara penghasil emas terbanyak di dunia.

Sumber tambang emas Amerika Serikat tersebar di beberapa lokasi, yaitu: Nevada, Alaska, Kalifornia, Colorado dan South Dakota.

Tahun 2014, Amerika Serikat berhasil mengeruk emas sebanyak 211 ton dari tambang-tambang ini.

Angka ini menurun dibandingkan produksi pada tahun 2013 yang mencapai 230 ton. Namun, cadangan tambang emas di Amerika Serikat diperkirakan mencapai 3.000 ton.

5. Kanada Menjadi Negara Penghasil Emas Kelima Terbesar di Dunia

Kanada menjadi negara kelima penghasil emas terbanyak di dunia. Dengan mengeruk emas sebanyak 160 ton pada tahun 2014, produksi emas Kanada meningkat secara signifikan sebesar 29% dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya mencapai 124 ton. Emas sebanyak ini dikeruk dari lokasi pertambangan utama Kanada di Ontario. Diperkirakan cadangan tambang emas Kanada mencapai 2.000 ton.

6. Peru Negara Keenam Penghasil Emas Terbanyak di Dunia

Produsen emas keenam adalah negara Peru dengan jumlah produksi emas mencapai 150 ton pada tahun 2014.

Angka ini menurun sebanyak 0,7%, atau sekitar 1 ton dibandingkan produksi tahun sebelumnya. Meski demikian, cadangan tambang emas Peru diperkirakan masih 2.100 ton.

7. Afrika Selatan Berada di Posisi Ketujuh Sebagai Negara Penghasil Emas Terbanyak di Dunia

Dengan produksi emas sebanyak 150 ton pada tahun 2014, Afrika Selatan termasuk ke dalam deretan negara penghasi emas terbanyak di dunia.

Namun, produksi tahun 2014 ini menurun dibandingkan hasil tambang emas tahun sebelumnya yang mencapai 160 ton. Cadangan tambang emas yang dimiliki Afrika Selatan masih mencapai 6.000 ton.

Selain emas, hasil tambang Afrika Selatan yang populer adalah batu berlian.

8. Uzbekistan Berada di Urutan Kedelapan Sebagai Negara Penghasil Emas Terbesar di Dunia

Menduduki posisi kedelapan dalam deretan produsen emas terbanyak di dunia adalah Uzbekistan yang mengeruk emas sebanyak 102 ton pada tahun 2014.

Angka ini meningkat sebesar 4,1% dari produksi tahun sebelumnya yang mencapai 98 ton. Cadangan tambang emas Uzbekistan diperkirakan masih 1.700 ton.

9. Meksiko Negara Kesembilan yang Menjadi Penghasil Emas Terbanyak di Dunia

Jumlah produksi emas Meksiko pada tahun 2014 mencapai 92 ton, menurun sebesar 6,12% dari produksi emas tahu 2014 yang mencapai 98 ton. Cadangan tambang emas Meksiko diperkirakan masih sebanyak 1.400 ton.

10. Ghana Menjadi Negara Kesepuluh Penghasil Emas Terbesar di Dunia

Ghana juga masuk dalam sepuluh besar negara penghasil emas terbesar di dunia dengan jumlah produksi sebanyak 90 ton.

Jumlah produksi emas Meksiko tidak menunjukan perubahan dari tahun sebelumnya. Sementara itu, cadangan tambang emas yang dimiliki Ghana diperkirakan masih 2.000 ton.

Baca juga: Anda Ingin Investasi Emas? Hati-Hati Emas Palsu!

Bagaimana dengan Indonesia? Meski dibanggakan sebagai negara dengan kekayaan emas berlimpah, produksi emas Indonesia tahu 2014 menurut data dari US Geologial Survey hanya mencapai 65 ton.

Meski demikian, angka ini mengalami kenaikan dari produksi tahun sebelumnya yaitu 61 ton. Namun demikian, Indonesia masih punya segudang kekayaan alam lainnya, seperti tambang nikel, batubara dan minyak bumi.


Dapatkan artikel dari www.situstarget.com/blog setiap minggunya dengan cara mendaftarkan email Anda melalui kotak form di bawah artikel ini.

Bagikan juga artikel di atas, jika Anda menyukainya melalui Facebook, Twitter, Google Plus, LinkedIn, dan Path untuk teman-teman Anda.

About The Author

Gabung Bersama +30.000 Pembaca Kami!

Daftarkan email anda untuk mendapatkan artikel terbaru dari Situstarget.com.

Proses pendaftaran hampir selesai, mohon cek email Anda dan Klik tombol konfirmasi.

Pin It on Pinterest

Share This