Mengenal Investasi Emas Murni

Banyak orang ingin berinvestasi emas, tetapi tidak sedikit pula masyarakat yang belum teredukasi, sehingga memilih emas perhiasan sebagai investasi. Jika Anda ingin memasuki dunia investasi emas, maka investasi emas murni merupakan pilihan yang paling tepat.

Emas perhiasan nilainya selalu terdegradasi setiap tahun karena adanya pemakaian dan tren gaya perhiasan emas yang berubah, dan jika dijual kembali harganya selalu lebih rendah dibandingkan dengan harga emas murni yang cenderung stabil.
Emas murni dapat menjadi pilihan investasi yang tepat dan aman.

Emas murni harganya cenderung tetap tinggi mengikuti kenaikan “harga mata uang yang terkuat sekalipun” (currency). Emas murni juga tidak berisiko terkena inflasi. Emas murni yang tepercaya adalah emas batangan yang dikeluarkan oleh ANTAM.

Baca juga: Tempat Beli Emas Batangan yang Tepercaya

Setiap emas yang dikeluarkan ANTAM selalu dilengkapi oleh sertifikat yang menjamin keaslian emas dan memudahkan pembeli emas untuk menjualnya kembali di kemudian hari. 

Investasi emas murni berbeda dengan investasi emas perhiasan. Saat menjualnya kembali, emas murni tidak akan dikenakan biaya pemakaian, sedangkan pada emas perhiasan akan dikenakan biaya pemakaian.

Saat pembelian, emas murni juga tidak dikenakan biaya pengolahan, sedangkan emas perhiasan selalu dikenakan biaya pengolahan oleh toko emas.

Bicara soal kualitas, kualitas emas murni terjamin dan terjaga, sedangkan emas perhiasan hampir selalu dicampur dengan logam lain agar mudah dibentuk menjadi perhiasan. Dan kita tidak pernah tahu sebagus apa kualitas emas yang digunakan pada emas perhiasan.

Baca juga: Cara Membersihkan Perhiasan Emas

Investasi emas murni memang merupakan cara mudah dan aman untuk berinvestasi. Anda cukup menyiapkan uang untuk membeli emas, lalu meyimpan emas fisik beserta sertifikatnya. Dan ketika harga naik, Anda tinggal menjualnya.

Anda pun dapat menggunakan fasilitas cicilan emas untuk memulai investasi emas murni jika dana yang Anda perlukan belum banyak terkumpul. Kenaikan harga emas memang tidak cepat.

Membutuhkan waktu beberapa tahun untuk mencapai kenaikan harga yang signifikan. Investasi emas murni memang merupakan investasi jangka panjang yang menguntungkan, tapi bukan cara yang baik untuk berinvestasi dalam jangka waktu yang pendek.

Demikian ulasan mengenai investasi emas murni. Semoga bermanfaat dan selamat memasuki dunia investasi emas!

Subscribe via Email
Dapatkan akses ekslusif untuk tips, panduan, artikel, dan banyak lagi.
Robi Erwin Setiawan

Robi Erwin Setiawan adalah Ex-Bliblioneers dan Founder dari Situstarget.com, saat ini sedang mengembangkan tools SEO online gratis untuk semua orang yang dapat kamu akses di tools.situstarget.com.

Artikel Terbaru

Cara Membuat Kartu Keluarga Baru Dan KIA Di Kota Depok

Cara mudah membuat Kartu Keluarga (KK) baru dan Kartu Identitas Anak (KIA) secara online khusus…

Cara Broadcast WhatsApp Ke Ribuan Kontak

WA sendiri menyediakan fitur bawaan untuk membuat pesan broadcast WhatsApp ke nomor yang sudah pernah…

Cara Mudah Mengecek Keamanan Nextcloud

Kamu memiliki situs web berbasis Nextcloud? Berikut cara mengecek keamanan Nextcloud dengan cepat dan mudah…

Cara Update Antivirus Clamav Untuk Server

Pada saat menjalankan perintah "freshclam" untuk update antivirus Clamav di server malah muncul eror? Berikut…

Cara Memperbarui Rclone Di Server Ubuntu

Untuk dapat membackup data-data di server tanpa gangguan, kamu perlu memperbarui Rclone ke versi terbaru.…

Cara Mengubah JPG Ke PDF Tanpa Aplikasi

Sangat mudah mengubah file JPG ke PDF atau sebaliknya, kamu tidak perlu menginstal aplikasi apapun…