Mengenal Berbagai Jenis Sertifikat SSL Web

Ketika Anda berpikir bahwa sepertinya Anda perlu melindungi toko online yang Anda miliki dengan SSL. Tahukah Anda bahwa jenis sertifikat SSL web sebenarnya ada empat macam dan peruntukannya juga berbeda-beda?

Jenis sertifikat SSL pertama, yaitu domain validation. Biasanya harga SSL ini kisaran antara Rp. 130.000 hingga Rp. 600.000,- adapun yang diperlukan untuk validasi domain adalah email seperti admin@domainAnda.com atau webmaster@domainAnda.com. Proses dari pembelian SSL-nya sendiri kurang dari satu hari sudah bisa Anda pasang pada server Anda.

Lanjut, jenis yang kedua yaitu SSL untuk validasi organisasi. Jika Anda memiliki domain website untuk organisasi baik profit maupun non-profit, guna meningkatkan trust dari member maupun non-member yang berasal dari pengujung website Anda. SSL ini bisa digunakan sebagai validasi atas kesahan web organisasi Anda.

Ketiga itu adalah SSL yang dipergunakan untuk perusahaan yang ingin menampilkan green bar dengan tulisan nama perusahaan mereka pada browser klien. Biasanya ini dipergunakan oleh perbankan atau toko online berskala menengah hingga besar. Adapun beberapa dokumen penting KTP/SIM, akte pendirian perusahaan apakah CV/PT, dsb. Harganya berkisar antara Rp. 4.000.000,- hingga Rp. 30.000.000,-. Proses pembuatan SSL kedua dan ketiga memakan waktu 3 atau 7 hari kerja paling lama.

Dan yang terakhir ada wildcard SSL. Apabila Anda ingin melindungi setiap website yang Anda miliki dengan SSL, misalnya web websatu.domainAnda.com; webdua.domainAnda.com; hingga *.domainAnda.com. Anda bisa menggunakan wildcard SSL ini. Biasanya instasi kepemerintahan, universitas, atau perbankan menggunakan SSL tipe ini. Semoga informasi di atas bermanfaat!

Subscribe via Email
Dapatkan akses ekslusif untuk tips, panduan, artikel, dan banyak lagi.
Robi Erwin Setiawan

Robi Erwin Setiawan adalah Ex-Bliblioneers dan Founder dari Situstarget.com, saat ini sedang mengembangkan tools SEO online gratis untuk semua orang yang dapat kamu akses di tools.situstarget.com.

Artikel Terbaru

Cara Membuat Kartu Keluarga Baru Dan KIA Di Kota Depok

Cara mudah membuat Kartu Keluarga (KK) baru dan Kartu Identitas Anak (KIA) secara online khusus…

Cara Broadcast WhatsApp Ke Ribuan Kontak

WA sendiri menyediakan fitur bawaan untuk membuat pesan broadcast WhatsApp ke nomor yang sudah pernah…

Cara Mudah Mengecek Keamanan Nextcloud

Kamu memiliki situs web berbasis Nextcloud? Berikut cara mengecek keamanan Nextcloud dengan cepat dan mudah…

Cara Update Antivirus Clamav Untuk Server

Pada saat menjalankan perintah "freshclam" untuk update antivirus Clamav di server malah muncul eror? Berikut…

Cara Memperbarui Rclone Di Server Ubuntu

Untuk dapat membackup data-data di server tanpa gangguan, kamu perlu memperbarui Rclone ke versi terbaru.…

Cara Mengubah JPG Ke PDF Tanpa Aplikasi

Sangat mudah mengubah file JPG ke PDF atau sebaliknya, kamu tidak perlu menginstal aplikasi apapun…