Beberapa Pertimbangan Sebelum Membeli Emas

Hal yang Perlu Jadi Bahan Pertimbangan Sebelum Membeli Emas

Apakah Anda sudah siap untuk menginvestasikan sebagian uang Anda, hasil jerih payah selama ini ke dalam bentuk emas? Emas sebagai salah satu instrumen investasi yang dapat memberikan proteksi nilai terhadap inflasi.

Daripada ditabung di bank lebih baik kalau uang sudah cukup Anda bisa membeli emas. Seratus persen kontrol investasi emas ada pada diri Anda. Pada artikel kali ini saya ingin membuat beberapa poin penting yang dapat jadi bahan pertimbangan Anda sebelum membeli emas. Penting menurut saya untuk pemula membaca artikel ini hingga selesai.

Tentunya semua tulisan yang ada di www.situstarget.com/blog hanya bersifat saran saja. Jika Anda memiliki alur pemikiran yang lain atau memiliki masukan dari penasihat perencanaan keuangan Anda. Beberapa pertimbangan berikut ini bisa mengayakan sudut pandang Anda sebelum memutuskan untuk membeli emas.

Pertimbangan-pertimbangan Sebelum Membeli Emas:

1. Ketahui Harga Terbaru Emas atau Harga Terkini Emas Sebelum Memutuskan untuk Membeli Emas

Sebelum membeli emas, ada baiknya Anda mengetahui harga emas terkini melalui website PT Antam atau Menggunakan aplikasi android. Tujuannya untuk mempersiapkan dana sebelum membeli emas. Berikut ini cara mengecek harga melalui website resmi PT Antam Tbk dan melalui aplikasi Android:

  1. Notifikasi Naik Turun Harga Emas Di Android
  2. Cek Harga Emas Antam Hari Ini via Web
  3. Aplikasi Ponsel Pintar untuk Update Harga Emas Terkini

2. Apabila Hendak Membeli Emas, Pastikan Emas Memiliki Sertifikat Bukti Keaslian Emas

Kalau Anda hendak membeli emas pastikan emas memiliki sertifikat bukti keaslian emas. Transaksi jual beli emas yang paling aman yaitu melalui toko emas yang telah memiliki nama besar dan reputasi baik, atau bisa juga melalui kantor pegadaian dan bank syariah.

Baca juga: Tempat Beli Emas Batangan yang Terpercaya

Keaslian dari sertifikat yang dikeluarkan oleh Antam misalnya dapat kita cek secara manual. Karena sertifikat emas sulit untuk dipalsukan. Sedangkan emas palsu biasanya tidak memiliki bukti sertifikat keaslian emas.

Baca juga: Cara Mudah Investasi Emas Syariah

Paling aman membeli emas cetakan pabrikan yang telah memiliki standar nasional maupun internasional. Contohnya emas yang dikeluarkan oleh PT Aneka Tambang (Antam).

3. Cari Tahu “Kemuliaan Emas” Sebelum Membeli Emas

Kemuliaan emas atau istilah lainnya yaitu karat dari kandungan emas. Semakin tinggi maka semakin baik. Karat terendah dari emas yaitu 18, di bawah itu tidak layak dijadikan investasi. Karena kemurniannya yang tidak mencukupi.

Semakin tinggi karat emas maka semakin baik untuk dijadikan investasi jangka panjang. Lazimnya yaitu emas 24 karat dan emas 22 karat. Pembahasan komplit mengenai karat emas saya telah bahas pada artikel berikut ini: “Berapa Harga Emas 22 Karat?“.

4. Persiapkan Tabungan Rupiah dan Tabungan Emas

Mengapa harus dipisah antara tabungan emas dengan tabungan rupiah? Tabungan rupiah dibutuhkan ketika ada hal-hal yang butuh uang cepat atau kebutuhan yang sifatnya rutin untuk dikeluarkan, misalnya kebutuhan bulanan.

Sedangkan tabungan emas itu lebih kepada tabungan yang jarang “diganggu” oleh kebutuhan bulanan, tabungan yang satu ini bisa dipergunakan di kondisi situasional saja. Misalnya ketika darurat butuh uang, bisa digadai.

Kalau semua dikonversi dari tabungan rupiah ke tabungan emas, yang terjadi pada saat Anda butuh uang untuk kebutuhan bulanan. Anda harus gadai emas. Proses gadai dari rumah ke pegadaian atau ke bank misalnya. Ini sudah memakan waktu. Jadi kurang praktis.

Tapi kalau Anda memiliki tabungan rupiah dan juga tabungan dalam bentuk emas. Pada saat Anda butuh uang untuk belanja bulanan. Anda tinggal pergi ke ATM terdekat dan tabungan emas Anda tidak perlu “di sekolahkan”.

Yuk bantu share tulisan di atas melalui jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Google Plus, LinkedIn, dan Path ke teman-teman Anda yang baru atau ingin memulai berinvestasi emas. Semoga tulisan di atas bisa menjadi bahan pertimbangan sebelum membeli emas.

Daftarkan alamat email dan nama lengkap Anda di kotak berlangganan artikel di bawah tulisan ini. Setiap minggunya tim kami akan mengirimkan tulisan terbaru dari www.situstarget.com/blog melalui alamat email yang telah Anda daftarkan sebelumnya.

About The Author

Gabung Bersama +30.000 Pembaca Kami!

Daftarkan email anda untuk mendapatkan artikel terbaru dari Situstarget.com.

Proses pendaftaran hampir selesai, mohon cek email Anda dan Klik tombol konfirmasi.

Pin It on Pinterest

Share This