Peran dan Manfaat Emas dalam Berbagai Segi Kehidupan Manusia

Beberapa Manfaat Emas di Berbagai Sektor Kehidupan Manusia

Emas dapat mewakili berbagai makna. Dalam bidang ekonomi, emas menjadi lambang kemakmuran. Dalam bidang sosial, emas meninggikan status sosial pemilik dan pemakainya.

Bahkan dalam bidang agama, emas kerap digunakan untuk mewakili keagungan dewa-dewa. Memang begitu banyak peran dan manfaat emas.

Berikut adalah uraian tentang peran dan manfaat emas dalam berbagai segi kehidupan manusia.

Manfaat Emas Terkait Bidang Ekonomi

Manfaat emas salah satunya yaitu dapat dijadikan sebagai cadangan emas suatu negara via liputan6.com
Manfaat emas salah satunya yaitu dapat dijadikan sebagai cadangan emas suatu negara via liputan6.com

Manfaat emas dalam bidang ekonomi tak perlu diragukan lagi. Perannya dalam perekonomian telah tumbuh sejak zaman dahulu, ketika emas pertama kali dipakai sebagai alat tukar dalam perdagangan.

Dalam perkembangannya, dibuatlah uang emas yang memudahkan umat manusia dalam transaksi jual beli. Namun, karena jumlahnya yang langka, uang emas akhirnya tidak lagi dipakai atau karena alasan “politik tertentu”.

Meski demikian, emas masih dijadikan cadangan devisa suatu negara. Dengan nilai jualnya yang tinggi, memiliki emas berarti memiliki kekayaan. Fakta bahwa emas selalu dinilai tinggi ini menjadikan motivasi untuk menabung dalam bentuk emas. Maka dari itu, emas juga sering kali dijadikan alat investasi jangka panjang maupun pendek.

Manfaat Emas Terkait Bidang Sosial

Emas juga memiliki manfaat sosial
Emas juga memiliki manfaat sosial yaitu meningkatkan status sosial

Dalam kehidupan sosial, manfaat emas sangat mudah diamati. Dalam bentuk apapun, kepemilikan emas sangat berpengaruh terhadap kedudukan seseorang dalam status sosial.

Seorang yang memiliki emas akan dianggap lebih makmur dan, disadari atau tidak, ia akan menaiki tangga status sosialnya. Hal ini tak jauh dari nilai emas itu sendiri yang dianggap berharga dan menjadi simbol kemakmuran.

Seorang yang memiliki emas, sekalipun sebagai simpanan yang tidak dipamerkan, menjadikannya dipandang sebagai seorang berada. Lantas menjadikannya lebih dihormati.

Baca juga: Cara Membersihkan Perhiasan Emas

Manfaat emas dalam bidang sosial tak hanya itu. Bahkan ketika emas dipakai dalam bentuk perhiasan untuk mempercantik penampilan, secara tidak langsung kehadirannya memengaruhi pandangan kita terhadap si pemakai.

You are what you wear. Ungkapan ini menegaskan kecenderungan kita untuk menilai seseorang dari penampilan luarnya. Ketika melihat seseorang mengenakan emas sebagai perhiasan, misalnya, akan muncul kesan positif terkait kedudukannya dalam status sosial.

Manfaat Emas Terkait Bidang Budaya

Beberapa budaya juga memanfaatkan emas, salah satunya yaitu kintsukuroi via fairfaxpresbyterian.org
Beberapa budaya juga memanfaatkan emas, salah satunya yaitu kintsukuroi via fairfaxpresbyterian.org

Di Jepang ada sebuah seni yang disebut Kintsugi atau Kintsukuroi, yaitu seni memperbaiki cangkir yang telah pecah dengan emas. Dalam seni ini, cangkir yang telah pecah dapat digunakan kembali setelah serpihannya direkatkan dengan sepuhan emas.

Umumnya kaum kebanyakan membuang begitu saja cangkir yang telah pecah, karena tidak lagi bisa digunakan. Namun dalam seni Kintsugi, tumbuh filosofi bahwa sesuatu yang telah rusak lebih baik dari yang baru, broken is better than new.

Filosofi semacam ini membawa kita belajar untuk menerima ketidaksempurnaan dalam hidup. Selayaknya kita sebagai manusia yang berbuat salah dari waktu ke waktu, dan terus memperbaiki diri dari waktu ke waktu.

Manfaat Emas Terkait Bidang Agama

Emas juga dimanfaatkan dalam ritual agama tertentu via trover.com
Emas juga dimanfaatkan dalam ritual agama tertentu via trover.com

Dalam sejarah peradaban umat manusia, emas menduduki posisi yang tinggi, bahkan dalam bidang agama. Emas kerap kali digunakan sebagai media untuk mengungkapkan keagungan.

Seperti dikutip dari buku karya V. Elbern, “emas dipandang sebagai bahan yang sesuai untuk menggambarkan dewa-dewa”. Bukti manfaat emas dalam bidang agama ini dapat kita temukan dengan mengamati sejumlah benda-benda keagamaan.

Di Barakat Gallery, Amerika Serikat, tersimpan peninggalan bersejarah dari kerajaan Hindu dan Budha yang pernah berjaya di Indonesia. Peninggalan ini berupa arca-arca yang terbuat dari emas. Arca-arca ini menggambarkan dewa-dewa yang disembah dalam agama Hindu.

Baca juga: Kelebihan Emas Dinar Dibandingkan Uang Kertas

Ada pula arca Budha yang terbuat dari emas. Bahkan hingga kini emas masih digunakan untuk membuat benda keagamaan. Karya yang paling fenomenal adalah patung Budha Dordenma setiggi 51 meter. Patung ini terletak di Trimphu, Bhutan dan terbuat dari sepuhan emas dan perak.

Dalam kaitannya dengan agama, manfaat emas tidak hanya berhenti pada arca Hindu dan Budha. Dalam agama lain pun emas dianggap mewakili kedudukan yang tinggi.

Salah satu buktinya adalah bangunan tempat peribadatan yang berlapis emas. Sebuah masjid milik kaum muslim Syi’ah yang terletak di Samarra, Irak merupakan tempat peribadatan yang bangunannya berlapis emas.

Kubahnya yang menjulang nampak berkilau dengan lapisan emasnya yang terhitung berjumlah 72.000 keping. Namun, masjid ini telah hancur akibat pengeboman pada tahun 2006 silam.

Manfaat Emas Terkait Bidang Industri

Emas juga berperan dalam dunia industri
Emas juga berperan dalam dunia industri

Berdasarkan sifatnya, emas termasuk logam lunak yang mudah ditempa. Lantaran sifatnya ini, emas mudah disulap ke dalam berbagai bentuk yang diinginkan.

Oleh karena itu, industri perhiasan yang memakai bahan dasar emas memungkinkan orang untuk menawarkan beragam perhiasan dalam beaneka bentuk dan desain yang cantik.

Baca juga: Hal-hal yang mempengaruhi harga emas dunia

Industri perhiasan mampu menyajikan desain apapun sesuai keinginan konsumen, dari perhiasan kecil seperti cincin hingga perhiasan berukuran besar seperti mahkota atau tiara.

Lantas, tak mengherankan lebih banyak perhiasan yang dibuat dari bahan emas. Selain penampilannya yang berkilau dan memukau, dari segi industri perhiasan itu sendiri emas merupakan bahan yang mudah dibentuk dan disulap ke dalam berbagai rupa.

Manfaat Emas Terkait Bidang Kesehatan

Selain gigi emas, emas juga dipakai untuk masker kesehatan via funnyicegrillz.com
Selain gigi emas, emas juga dipakai untuk masker kesehatan via funnyicegrillz.com

Manfaat emas pada bidang kesehatan dapat dilihat dari penggunaan logam mulia ini dalam mengatasi masalah gigi. Pada zaman dahulu, masalah gigi berlubang diatasi dengan menambalkan emas.

Bahkan, gigi yang tanggal bisa diganti dengan gigi palsu berlapis emas. Emas dipilih karena sifat logam ini yang tidak bereaksi terhadap oksidasi. Emas tidak akan berkarat sehingga menjadikannya logam yang paling aman untuk menggantikan gigi.

Itulah tadi ulasan tentang beberapa peran dan manfaat emas dalam berbagai kehidupan umat manusia. Melihat manfaat emas yang begitu banyak dalam berbagai segi kehidupan, kita dapat melihat bahwa emas memang memiliki kedudukan yang penting. Sepanjang umat manusia masih berlangsung, nampaknya emas masih akan terus digali dan digunakan.


Nah sekarang Anda sudah tahukan peran dan manfaat emas bagi kehidupan manusia. Jangan lupa bagikan tulisan di atas juga melalui sosial media yang Anda miliki baik di Facebook, Twitter, Google Plus, Path, dan LinkedIn.

Share tulisan di atas agar teman-teman Anda yang lain juga tau tentang hal ini. Suka dengan tulisan di www.situstarget.com/blog? Daftarin aja email Anda di kotak form di bawah artikel ini. Dan setiap minggunya kami akan kirimkan artikel-artikel terbaik dari www.situstarget.com/blog/ rutin untuk Anda. 😉

About The Author

Gabung Bersama +30.000 Pembaca Kami!

Daftarkan email anda untuk mendapatkan artikel terbaru dari Situstarget.com.

Proses pendaftaran hampir selesai, mohon cek email Anda dan Klik tombol konfirmasi.

Pin It on Pinterest

Share This