Printer Epson L365 Lampu Tinta Dan Kertas Berkedip Bersamaan

Setelah menggunakan printer Epson L365 lebih dari tujuh tahun baru kali ini mengalami masalah yaitu lampu tinta dan kertas berkedip bersamaan.

Saat saya mencoba mencari solusi dengan bantuan mbah Google, saya hanya menemukan cara melakukan reset main pad counter menggunakan aplikasi tambahan di Windows.

Beberapa kali coba di laptop yang berbeda, saya tetap tidak bisa terhubung dengan printer. Informasi yang ditampilkan yaitu printer sedang sibuk atau karena adanya kertas yang tersangkut.

Sayangnya dengan cara ini, permasalahan printer Epson dengan lampu tinta dan kertas berkedip bersamaan belum juga selesai. Akhirnya saya memutuskan untuk membawa printer ini ke service resmi printer Epson.

Setelah diperiksa oleh teknisi, ternyata ada gear yang copot makanya solusi reset menggunakan software untuk main pad counter tadi tidak berhasil.

Kok bisa ada gear-nya copot? Jadi, tipe printer yang menaruh kertasnya dari atas, seperti model Epson L365 ini.

Gear yang untuk menarik kertas hanya diatur untuk satu arah saja dan tidak bisa untuk dua arah.

Kesalahan yang saya lakukan adalah menarik kertas yang tersangkut dengan berlawanan arah.

Cara yang benar apabila ada kertas yang tersangkut atau paper jam adalah dengan menarik kertas secara pelan searah jalan keluarnya kertas. Jangan terlalu keras dan cepat pada saat menarik kertas ini.

Jangan juga menarik kertas secara berlawanan arah, hal ini bisa membuat adanya komponen printer yang rusak seperti gear yang copot seperti yang saya alami atau adanya sensor yang rusak.

Kesimpulannya adalah tidak selamanya lampu tinta dan kertas berkedip bersamaan karena adanya kerusakan pada software, bisa juga karena adanya komponen hardware yang bermasalah.

Dan sebagai tips terakhir bagi kamu pengguna printer Epson yang menggunakan tinta cair. Dari teknisi menganjurkan agar printer digunakan minimal dua hari sekali.

Karena pada printer yang saya gunakan saat ini, apabila melakukan print dengan mode normal. Hasilnya seperti ada garis putus-putus kemungkinan di head printer-nya ada tinta yang kering.

Namun jika melakukan print dengan mode high quality, hasilnya jadi bagus. Salah satu solusi agar head printer Epson awet ya sering-seringlah melakukan print kertas, bisa hanya fotokopi hitam putih atau berwarna.

Semoga tips memperbaiki lampu tinta dan kertas yang berkedip pada printer Epson ini bermanfaat ya!

Pin It on Pinterest

Gabung Bersama +30.000 Pembaca Kami!

Daftarkan email anda untuk mendapatkan artikel terbaru dari Situstarget.com.

Proses pendaftaran hampir selesai, mohon cek email Anda dan Klik tombol konfirmasi.