Cara Install WPS Office di OS Ubuntu 16.04

Tips Install WPS Office di Sistem Operasi Ubuntu

Bagi pengguna windows yang baru datang ke dunia linux mungkin sedikit bingung atau khawatir bagi yang mau migrasi ke ubuntu, perihal aplikasi kantor ada apa ngga yang mumpuni di linux.

Biasanya menggunakan microsoft office di OS Windows, di linux pengelolaan data seperti dokumen, ppt, pdf, dan seterusnya itu bagaimana? Ada si aplikasi libreoffice tapi kok tampilannya ga familiar ya?

LibreOffice adalah salah satu aplikasi gratisan yang bisa Anda gunakan untuk kegiatan kantor semisal membuat surat, jurnal, menghitung, membuat presentasi, secara umum fungsinya sama dengan microsoft office.

Sayangnya memang tampilan dari aplikasi LibreOffice kurang user-friendly. Saya sendiri juga kebingungan ketika menggunakan aplikasi tersebut untuk kegiatan kantor.

Sebagai solusi, Anda bisa menggunakan aplikasi WPS Office untuk menggantikan LibreOffice. Menurut saya tampilan WPS Office lebih kece dan lebih mudah digunakan dibandingkan aplikasi LibreOffice.

Baca juga : Cara Upgrade Ubuntu 18.04 ke 20.04 LTS Menggunakan Terminal

Secara tampilan aplikasi WPS Office hampir menyerupai aplikasi besutan dari Microsoft. Mungkin Anda yang lebih familiar dengan microsoft office bisa mencari penggantinya dengan aplikasi WPS Office Ini.

Seperti apa tamilan dari WPS Office? Berikut ini adalah gambar-gambarnya:

[tabs slidertype=”images” fx=”slide”] [imagetab width=”” height=””]http://www.situstarget.com/wp-content/uploads/sites/2/2016/09/Women_in_Dance_SpellCheck.png[/imagetab] [imagetab width=”” height=””]http://www.situstarget.com/wp-content/uploads/sites/2/2016/09/Spreadsheets_Screenshot_Arial.png[/imagetab] [imagetab width=”” height=””]http://www.situstarget.com/wp-content/uploads/sites/2/2016/09/Presentation_Slide2.png[/imagetab] [/tabs]

Tidak hanya berjalan di sistem operasi Ubuntu saja, beberapa sistem opeasi linux lainnya seperti Fedora, CentOS, OpenSUSE,  Mint, dan Knoppix juga kompatibel dengan WPS Office.

Selain itu, WPS Office juga hadir untuk pengguna smartphone berbasis Android dan IOS. Pengguna sistem operasi Windows yang mau hijrah dan membeli aplikasi office yang lebih murah juga bisa menggunakan aplikasi ini.

Sekarang panduan meng-install WPS Office di OS Ubuntu 16.04 Xenial Xerus, yaitu:

  1. Download File WPS Office for Linux terlebih dahulu.
  2. Pilih file dengan ekstensi *.deb dan sesuai dengan OS Ubuntu Anda apakah 64 atau 32 bit
  3. Klik dua kali untuk proses instalasi
  4. Setelah selesai proses instalasi, berikutnya jika Anda ingin menggunakan spell checker download di sini.

Dalam hitungan menit Anda sudah menyelesaikan proses instalasi di atas dengan mudah. Jika Anda membutuhkan bantuan? Kirimkan komentar Anda di kotak komentar di bawah artikel ini.

Bantu sebarkan tulisan di atas menggunakan jejaring sosial yang Anda miliki seperti Facebook, Twitter, Google Plus, LinkedIn, dan Path untuk teman-teman Anda sesama pengguna sistem operasi Linux.

Dan jika Anda ingin bergabung dengan keluarga besar Situstarget.com. Daftarkan nama lengkap beserta alamat email Anda di kotak berlangganan artikel di bawah tulisan ini. Semoga memberikan manfaat. 😀

Subscribe via Email
Dapatkan akses ekslusif untuk tips, panduan, artikel, dan banyak lagi.
Robi Erwin Setiawan

Robi Erwin Setiawan adalah Ex-Bliblioneers dan Founder dari Situstarget.com, saat ini sedang mengembangkan tools SEO online gratis untuk semua orang yang dapat kamu akses di tools.situstarget.com.

Artikel Terbaru

Cara Membuat Kartu Keluarga Baru Dan KIA Di Kota Depok

Cara mudah membuat Kartu Keluarga (KK) baru dan Kartu Identitas Anak (KIA) secara online khusus…

Cara Broadcast WhatsApp Ke Ribuan Kontak

WA sendiri menyediakan fitur bawaan untuk membuat pesan broadcast WhatsApp ke nomor yang sudah pernah…

Cara Mudah Mengecek Keamanan Nextcloud

Kamu memiliki situs web berbasis Nextcloud? Berikut cara mengecek keamanan Nextcloud dengan cepat dan mudah…

Cara Update Antivirus Clamav Untuk Server

Pada saat menjalankan perintah "freshclam" untuk update antivirus Clamav di server malah muncul eror? Berikut…

Cara Memperbarui Rclone Di Server Ubuntu

Untuk dapat membackup data-data di server tanpa gangguan, kamu perlu memperbarui Rclone ke versi terbaru.…

Cara Mengubah JPG Ke PDF Tanpa Aplikasi

Sangat mudah mengubah file JPG ke PDF atau sebaliknya, kamu tidak perlu menginstal aplikasi apapun…