Cara Instal Antivirus Clamav di Ubuntu Server

Ubuntu berbeda dengan Windows, setiap aplikasi yang dijalankan pada keluarga Linux. Umumnya akan berjalan sebagai user biasa bukan root (super administrator). Sehingga tidak akan berdampak signifikan pada sistem.

Namun install antivirus bisa jadi sebuah kebijakan yang diambil oleh perusahaan guna melindungi data pelanggan mereka. Berikut adalah tata cara instalasi antivirus Clamav di Ubuntu Server:

Baca juga : Cara Mengamankan Macbook dari Serangan Hacker

  1. Buka terminal, lalu perbarui terlebih dahulu OS ubuntu dengan perintah berikut: “sudo apt-get update“, tanda petik tidak perlu di copy-paste.
  2. Setelah berhasil, saatnya untuk instal antivirus Clamav di Ubuntu server dengan command berikut “sudo apt-get install clamav clamav-daemon“.
  3. Setelah proses berjalan hingga selesai, ya mungkin cuma dalam hitungan beberapa detik saja sudah berhasil. Tahap berikutnya yaitu cek versi Clamav dengan perintah “clamscan –version“.
  4. Tahap berikutnya bagaimana cara melakukan update database virus? Jalankan perintah berikut pada terminal “sudo systemctl stop clamav-freshclam“. Setelah itu, jalankan perintah ini untuk update otomatis “sudo freshclam“.
  5. Jalankan lagi program dengan perintah “sudo systemctl start clamav-freshclam“. Baik, sekarang kamu sudah mengetahui cara update antivirus Clamav dari poin keempat dan kelima ini.
  6. Sekarang bagaimana cara melakukan proses scanning antivirusnya? Misalnya saya ingin scan seluruh folder home. Maka jalankan perintah berikut “clamscan –infected –remove –recursive /home/“. Proses scanning memakan waktu yang cukup lama, tergantung dari berapa banyak jumlah file dan resource RAM server kamu.
  7. Bagaimana jika ingin uninstall antivirus clamav ini? Mudah kok, tinggal jalankan perintah berikut pada terminal “sudo apt-get remove clamav clamav-daemon“.
  8. Sebagai poin tambahan, apabila kamu menggunakan Ubuntu Desktop, bisa menggunakan Clamav versi GUI. Jadi semua proses scanning dan pengaturan lainnya menjadi lebih mudah. Instal dengan perintah berikut: “sudo apt-get install clamtk“.

Baca juga : Tips Melindungi Android dari Virus dan Malware

Adapun beberapa list antivirus untuk Ubuntu Server yang berbayar yaitu:

  • Avast Business Antivirus untuk Linux
  • Bitdefender’s Enterprise Security
  • ESET Endpoint Antivirus untuk Linux
  • Symantec endpoint security

Oh ya, jangan mikirin soal keamanan kalau masih menggunakan antivirus bajakan ya!

Semoga  ketujuh cara instal antivirus Clamav di atas bisa bermanfaat. Jangan lupa untuk membagikan tulisan di atas melalui Facebook, Twitter, LinkedIn, WhatsApp, Line, dan Telegram ya! 

Subscribe via Email
Dapatkan akses ekslusif untuk tips, panduan, artikel, dan banyak lagi.
Robi Erwin Setiawan

Robi Erwin Setiawan adalah Ex-Bliblioneers dan Founder dari Situstarget.com, saat ini sedang mengembangkan tools SEO online gratis untuk semua orang yang dapat kamu akses di tools.situstarget.com.

Artikel Terbaru

Cara Membuat Kartu Keluarga Baru Dan KIA Di Kota Depok

Cara mudah membuat Kartu Keluarga (KK) baru dan Kartu Identitas Anak (KIA) secara online khusus…

Cara Broadcast WhatsApp Ke Ribuan Kontak

WA sendiri menyediakan fitur bawaan untuk membuat pesan broadcast WhatsApp ke nomor yang sudah pernah…

Cara Mudah Mengecek Keamanan Nextcloud

Kamu memiliki situs web berbasis Nextcloud? Berikut cara mengecek keamanan Nextcloud dengan cepat dan mudah…

Cara Update Antivirus Clamav Untuk Server

Pada saat menjalankan perintah "freshclam" untuk update antivirus Clamav di server malah muncul eror? Berikut…

Cara Memperbarui Rclone Di Server Ubuntu

Untuk dapat membackup data-data di server tanpa gangguan, kamu perlu memperbarui Rclone ke versi terbaru.…

Cara Mengubah JPG Ke PDF Tanpa Aplikasi

Sangat mudah mengubah file JPG ke PDF atau sebaliknya, kamu tidak perlu menginstal aplikasi apapun…