Dennis Ritchie, Bapak Pemrograman Bahasa C Meninggal

 

Dunia kini telah kehilangan satu orang hebat lagi, setelah kepergian Steve Jobs, kini Dennis Ritchie, pembuat dari bahasa pemrograman yang digunakan luas di dunia, yaitu bahasa pemrograman C, tutup usia pada umur 70 tahun.

Ritchie tutup usia di kediamannya, menurut sebuah post di Google+ milik Rob Pike. Sebuah entri di Wikipedia mengatakan dia meninggal di Murray Hill, New Jersey.

Kepergiannya dikonfirmasi hari ini oleh Bell Labs, dalam sebuah pesan dari direkturnya, Jeong Kim kepada para pegawai.

Dennis Ritchie juga memberi kontribusi besar pada sistem operasi Unix, dimana ia menerima Turing Award pada 1983, bersama koleganya Kenneth Thompson.

Bill Clinton (saat masih menjabat presiden) memberikan penghargaan pada Ritchie dan Thompson yaitu National Medal of Technology pada 1999. Selain itu ia juga mendapat penghargaan nasional dan internasional lainnya untuk karyanya dan dipilih untuk masuk ke National Academy of Engineering pada 1988 karena pengembangan bahasa pemrograman C dan sistem operasi Unix.

Ritchie bekerja di Computing Sciences Research Center milik Bell Labs pada 1967 dan dikenal sebagai “dmr”. Selamat jalan Ritchie.

About The Author

Gabung Bersama +30.000 Pembaca Kami!

Daftarkan email anda untuk mendapatkan artikel terbaru dari Situstarget.com.

Proses pendaftaran hampir selesai, mohon cek email Anda dan Klik tombol konfirmasi.

Pin It on Pinterest

Share This