Tips Tekno

AMP: A mandatory attribute is missing from an HTML tag

Pada tutorial kali ini saya ingin berbagi mengenai cara memperbaiki error A mandatory attribute is missing from an HTML tag dari report Google Search Console.

Setelah sekian lama akhirnya Blog Situstarget kembali menggunakan plugin AMPforWP. Dahulu saya sempat menggunakan plugin yang sama dan berlangganan selama satu tahun.

Kebetulan saya dapat diskon potongan 50%, namun setelah menggunakan beberapa bulan kok jadi nyesel ya. Waktu itu ada banyak masalah kompabilitas dan error yang belum bisa saya selesaikan.

Mungkin karena produk baru, jadi masalah kompabilitas dengan plugin populer lainnya masih sering saya jumpai. Saat ini, sepertinya produknya semakin mature dan saya kembali menggunakan plugin AMPforWP.

Untuk mengidentifikasi masalah error A mandatory attribute is missing from an HTML tag. Ada baiknya kamu menggunakan tools Rich Results Test. Lalu, masukkan halaman yang bermasalah.

Untuk pengaturan default saja. Pilih Googlebot smartphone, dan klik tombol Test URL. Tunggu beberapa menit untuk mengetahui hal-hal apa saja yang terdeteksi sebagai error.

Pada contoh kasus saya, waktu itu muncul error pada bagian AMP, A mandatory attribute is missing from an HTML tag. Script yang tidak kompatibel berada di plugin Bloom, tepatnya di form subscribe.

Untuk memperbaiki masalah kompabilitas ini, kamu membutuhkan plugin tambahan yang bernama AMP Plugins Manager. Dengan plugin tersebut kamu bisa memilih plugin mana saja yang harus dimatikan pada mode AMP.

Pengaturannya ada di menu AMPforWP > Plugin Manager > dan beri tanda centang pada plugin yang akan kamu nonaktifkan pada mode AMP. Di sini, saya menonaktifkan plugin Bloom.

Jangan lupa untuk menghapus cache yang ada di server atau Cloudflare. Setelah itu, kembali ke Google Search Console. Lakukan pengujian kembali URL yang bermasalah tadi.

InsyaAllah, masalahnya sudah hilang. Berikut hasil screenshot dari halaman yang tadinya bermasalah pada bagian AMP, A mandatory attribute is missing from an HTML tag.

Alhamdulillah. Masalahnya sudah selesai, kini menunggu proses validasi ulang oleh Google. 😅

Subscribe via Email
Dapatkan akses ekslusif untuk tips, panduan, artikel, dan banyak lagi.
Robi Erwin Setiawan

Robi Erwin Setiawan adalah Ex-Bliblioneers dan Founder dari Situstarget.com, saat ini sedang mengembangkan tools SEO online gratis untuk semua orang yang dapat kamu akses di tools.situstarget.com.

Artikel Terbaru

Cara Memperbaiki USB Ethernet Adapter Macbook yang Tidak Konek

Setelah upgrade ke MacOS ke versi terbaru tiba-tiba USB ethernet adapter Macbook tidak bisa digunakan…

Tips Mengatasi Failed To Create Bus Connection: No Such File or Directory

Kalalu server kamu mengalami pesan error seperti ini failed to create bus connection: no such…

Cara Menggunakan Plugin IndexNow Dari Microsoft Bing

Dengan menggunakan plugin IndexNow, setiap halaman yang ada di WordPress akan disubmit otomatis ke Bing…

Cara Uninstal Aplikasi Di MacBook Pro, Air, iMac, Dkk

Pelajari lebih lanjut mengenai beberapa cara uninstal aplikasi di Macbook Pro, Macbook Air, iMac, Mac…

Cara Memperbaiki Error Duplicate Field “HowTo”

Situs kamu memiliki error duplicate field "HowTo" di Google Search Console? Berikut cara memperbaiki error…

Cara Reset WordPress Ke Pengaturan Awal Atau Default

Untuk melakukan reset WordPress ke pengaturan awal, kamu bisa melakukannya dengan dua cara ini. Baik…