Alasan Mengapa PIN Simcard Perlu Dinyalakan

Segera Aktifkan PIN SIM Card Anda untuk Melindungi Akun WhatsApp

Belajar dari pengalaman teman saya yang smartphonenya hilang karena dicopet ketika dalam perjalanan menuju kantor tempat ia magang sewaktu kuliah. Ia menceritakan ketika di bus yang ia tumpangi ada beberapa orang yang menjadi korban pencopetan secara serempak.

Entahlah katanya apakah mereka benar-benar menjadi korban atau bagian dari komplotan pelaku pencopetan, yang jelas smartphone dari teman saya itu benar-benar hilang. Ketika misalnya smartphone hilang. Bagi mereka yang menggunakan password untuk otentikasi memang sedikit aman.

Kok sedikit aman? Ya, setidaknya si pencopet tidak dapat mengintip isi dari smartphone. Apalagi kalau Anda mengaktifkan enskripsi untuk SDCard itu jauh lebih aman sedikit dibandingkan hanya lock screen saja. Sehingga file-file seperti foto/video maupun file penting di SDCard jika diakses pada perangkat lain data akan tetap aman karena sudah dienkripsi.

Lalu bagaimana dengan kartu simcard? Nah sayangnya jika Anda tidak mengaktfikan PIN simcard. Apabila si pencuri memindahkan ke perangkat yang lain. Simcard Anda bisa saja di akses olehnya tanpa otentikasi apapun. Jadi pulsa dan paket data bisa digunakan oleh si pencuri.

Segera Aktifkan PIN Simcard Anda

Nah nomor yang hilang apabila pencuri dapat mengaksesnya, bisa jadi layanan komunikasi online seperti Whatsapp, Line, dan Telegram anda bisa saja dibajak apabila anda tidak mengaktifkan fitur two factor authentication. Lain hal jika Anda mengaktifkan PIN simcard.

Ketika misalnya si pencuri berusaha mengambil pulsa Anda dengan cara memindahkan simcard ke perangkat lain. Maka ia perlu memasukan PIN otentikasi. Kurang lebih itulah manfaat dari PIN pada simcard. Saya sendiri mengaktifkan keduanya. Proteksi untuk smartphone dan simcard.

Bagaimana jika nomor saya hilang namun belum mengaktifkan fitur PIN tersebut? Segera hubungi provider simcard anda untuk memblokir nomor yang hilang agar tidak disalahgunakan sesegera mungkin. Pastikan minimal satu jam setelah kejadian anda langsung menghubungi provider untuk melakukan proses pemblokiran.

Beritahukan juga teman-teman Anda di sosmed tentang pentingnya penggunaan PIN pada simcard dengan cara share artikel ini jika Anda rasa bermanfaat atau klik tombol Like jika Anda menyukainya. Semoga bermanfaat. 🙂

About The Author

Gabung Bersama +30.000 Pembaca Kami!

Daftarkan email anda untuk mendapatkan artikel terbaru dari Situstarget.com.

Proses pendaftaran hampir selesai, mohon cek email Anda dan Klik tombol konfirmasi.

Pin It on Pinterest

Share This